Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran Satuan Pelajaran Kelas/ Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu Tahun Pelajaran : Akidah Akhlak : SDIT : IV A & B / II :3 : 2 x 35 menit : 2010/2011

Standar Kompetensi ). Kompetensi Dasar ). Indikator

Memahami sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asmaul Husna (

Mengenal Allah melalui sifat-sifat yang terkandung dalam Asmaul Husna (

1. Mendefinisikan Al Asma Al Husna As Salaam, Al Mu’min, dan Al Latif. 2. Melafalkan Al Asma Al Husna As Salaam, Al Mu’min, dan Al Latif. 3. Mengartikan Al Asma Al Husna As Salaam, Al Mu’min, dan Al Latif. I. 1. 2. Latif. 3. II. Siswa mampu mengartikan Al Asma Al Husna As Salaam, Al Mu’min, dan Melalui Pembelajaran Asmaul Husna 2 Uraian materi pembelajaran 1. Definisi /arti lafal Asmaul Husna As Salaam, Al Mu’min, dan Al Latif. 2. Lafal Asmaul Husna As Salaam, Al Mu’min, dan Al Latif. III. Metode Pembelajaran Ceramah Al Latif. Tujuan Pembelajaran Siswa mampu mendefinisikan Al Asma Al Husna As Salaam, Al Mu’min, dan Siswa mampu melafalkan Al Asma Al Husna As Salaam, Al Mu’min, dan Al Al Latif.

Mencegah penyakit hati seperti iri dengki.Active learning strategi (everyone is a teacher) setiap orang adalah guru. misalnya tidak membenci. IV. Guru menjelaskan manfaat mengimani sifatAllah. yaitu: As Salaam : Menumbuhkan rasa cinta terhadap sesama Muslim. Kegiatan Awal b. dan tidak prnah berdusta. Membuka pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan do’a sebelum Memeriksa absensi dan menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti Melakukan appersepsi. belajar. Maha Halus yang dimaksud ialah Allah bersifat lembut dan penuh kasih sayang. Manusia tidak boleh meminta perlindungan kepada selain Allah karena merupakan perbuatan musyrik yang dosanya tidak terampuni. As Salaam berarti Allah Maha Sejahtera. Menjauhi dari perbuatan dosa. Orang yang beriman wajib meminta perlindungan kepada Allah dilaka merasa sempit/ terancam maupun dalam keadaan lapang. Al Latif berarti Allah Maha halus. Semua yang dilakukan Allah selalu benar dan tidak satupun yang tercela. pembelajaran. Menjaga lisan dari ucapan yang tidak baik. Kesejahteraan mamnuysia dapat diwujudkan jika seseorang mempunyai hati yang bersih. tidak iri dengki. Menjaga hati kita agar senantiasa selalu bersih.mengetahui perkara yang gaib atau hal-hal ynag tidak terlihat. Selain itu.S Al An’am 6/ 103).S Quraisy/ 106: 3-4). Selain itu. Allah . ini dokerenakan Allah itu Maha semperna tidak mempunyai kekurangan. tidak melakukan perbuatan dosa dan menjaga lisan. Sesuai dengan firman Allah (Q. Kegiatan Inti Guru menjelaskan arti atau definisi Asmaul Husna. “Asmaul Husna ialah sifatsifat Allah yang berjumlah 99”. Hal ini terdapat dalam firmannya (Q. dusta. Al Mu’min : . Al Mu’min berarti yang Maha Menjaga Keamanan. Langkah-Langkah a.

Al Latif : c. Merasa aman dan tidak ketakutan. b. Fiqih Islam. jika tidak mampu menjawab pertanyaan tersebut. Sampai menemukan jawaban yang paling tepat.Pertanyaan dari Aisyah dan Nabila : Apa contoh Allah itu bersifat Al Latif?. maka akan dilemparkan ke temanteman. Membina Akidah dan Akhlak Kelas IV MI. Contoh instrument: . Setelah kertas-kertas tersebut terkumpul guru mengacaknya dan membagikan pada pasangan siswa yang berrbeda. . Rasjid Sulaiman. Guru meminta mereka untuk menjawab pertanyaan tersebut.Jawaban dari Kiki dan Azam Contohnya Allah mencukupi semua kebutuhan manusia. Memumpuk cinta dan kasih sayang. Guru memberi pekerjaan rumah yaitu membuat 99 asmaul husna lengkap dengan artinya. Guru memastikan tidak ada siswa yang menerima soal yang ia tulis. Alat dan Sumber Serangkai. Memupuk rasa percaya terhadap hakl-hal yang gaib. Teknik lisan Jawaban yang diutarakan secara langsung Misalnya: Siswa menyebutkan secara langsung contoh Allah bersifat Al Latif yaitu Allah mencukupi semua kebutuhan manusia.- Membuat hati menjadi tenteram. Tiga Kegiatan Akhir . V Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah diajarkan. Sinar Baru Algensindo. Guru meminta siswa secara berpasangan untuk membuat 1 pertanyaan dalam secarik kertas dan menggulungnya. tidak gelisah. (2007). dilindungi oleh Allah. (2009). VI Penilaian Teknik tertulis Pertanyaan yang dibuat oleh siswa secara berpasangan. Wiyadi.

Curup. Januari 2011 Guru Pamong Guru PPL Hani’ah. I. Kepala Sekolah Fely Susanti NIM. SPd. 0759030 Eko Cahaya Ningsih NIY. NIP. 1971070320021222001 Mengetahui. 292 03 0073 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful