TENTANG ASEAN

A. SEJARAH BERDIRINYA ASEAN ASEAN adalah kepanjangan dari Association of South East Asia Nations. ASEAN disebut juga sebagai Perbara yang merupakan singkatan dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Gedung sekretarian ASEAN berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia. ASEAN didirikan tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. ASEAN diprakarsai oleh 5 menteri luar negeri dari wilayah Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura : 1. Perwakilan Indonesia : Adam Malik 2. Perwakilan Malaysia : Tun Abdul Razak 3. Perwakilan Thailand : Thanat Koman 4. Perwakilan Filipina : Narcisco Ramos 5. Perwakilan Singapura : S. Rajaratnam Sedangkan terdapat negara-negara lain yang bergabung kemudian ke dalam ASEAN sehingga total menjadi 11 negara, yaitu : 1. Brunei Darussalam tangal 7 Januari 1984 2. Vietnam tangal 28 Juli 1995 3. Myanmar tangal 23 Juli 1997 4. Laos tangal 23 Juli 1997 5. Kamboja tangal 16 Desember 1998

3

Australia. Malaysia. Singapura. Vietnam. Rusia dan India. Laos. 4 . Konferensi Menteri Luar Negeri. menteri luar negeri Tiongkok setiap tahun menghadiri sidang-sidang lanjutan konferensi tersebut. Uni Eropa. Pada tahun-tahun terakhir ini. Komite Tetap. Asean aktif melancarkan diplomasi multi arah. Selandia Baru. ASAS ASEAN Asas Asean adalah berupaya bersama mendorong pertumbuhan ekonomi. mengadakan kerjasama erat yang saling menguntungkan dengan organisasi-organisasi internasional dan regional. komite khusus serta lembaga-lembaga non pemerintah dan semi pemerintah. Desember 1997. Presiden Jiang Zemin menghadiri KTT informal 10 plus 3 yakni Asean dengan Tiongkok. 10 mitra dialog adalah Amerika Serikat. Juli 1994 didirikan Forum Regional Asean. konsultasi pejabat senior. Jepang dan Korea Selatan. KTT adalah badan pengambil keputusan tertinggi Asean yang bersidang sekali setiap tahun. September 1999 didirikan Forum Kerjasama Asia Timur-Amerika Latin. Jepang. dan menghadiri KTT informal pertama 10 plus 1 yakni Asean dengan Tiongkok. Sejak itu. Filipina. Dewan Bisnis. Komite Kerjasama Gabungan. Thailand. Tiongkok. Komite Tetap terutama membahas politik luar negeri Asean dan melaksanakan program kerjasama yang konkret. Papua Nugini adalah peninjau. Lembaga-lembaga Asean terutama adalah Konferensi Tingkat Tinggi. Myanmar dan Kamboja. Tiongkok menjadi mitra dialog Asean sejak tahun 1996. Menteri Luar Negeri Tiongkok ketika itu. Konferensi Menteri Ekonomi dan konferensikonferensi menteri lainnya. mendorong perdamaian dan kestabilan di kawasan ini sesuai dengan keadilan. kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan ini. Korea Selatan. dan pada Januari 2002 telah dihidupkan proses pembentukan daerah perdagangan bebas Asean. Indonesia. Qian Qichen menghadiri upacara pembukaan Konferensi Menteri Luar Negeri Asean Ke-24 pada bulan Juli 1991.B. Asean kini mempunyai 10 anggota yaitu Brunei. patokan hubungan antar negara dan Piagam PBB. mekanisme kerjasama 10 plus 3 dan 10 plus 1 juga telah didirikan. Komite Gabungan Ekonomi dan Dagang dan Komite Gabungan Ilmu dan Teknologi antara Tiongkok dan Asean telah membentuk 5 mekanisme dialog dan kerjasama pararel antara Tiongkok dan Asean. Kini. Sekretariat. Kanada. Konferensi Menteri Luar Negeri adalah badan penyusun kebijakan dasar Asean yang mengadakan sidang secara bergilir setiap tahun di negara-negara anggota.

TUJUAN ASEAN 5 . S. Ramos (Filipina). kesamaan. Tun Abdul Razak (Malaysia). seminggu setelah mencapai kemerdekaannya. yaitu pada tanggal 23 Juli 1997. Namun. Walaupun Kamboja sudah menjadi anggota ASEAN bersama sama Myanmar dan Laos. yaitu Bapak Adam Malik (Indonesia). Laos dan Myanmar menjadi anggota dua tahun kemudianya. Adapun yang bertanda tangan pada Deklarasi Bangkok tersebut adalah para menteri luar negeri saat itu. Pada tanggal 8 Januari 1984. dan Thanat Khoman (Thailand). DASAR DAN PRINSIP UTAMA ASEAN Prinsip-prinsip utama ASEAN digariskan seperti berikut: Menghormati kemerdekaan. tepatnya tanggal 28 Juli 1995. integritas dan identitas nasional semua negara Setiap negara memiliki hak untuk menyelesaikan permasalahan nasionalnya tanpa ada campur tangan dari luar Penyelesaian perbedaan atau perdebatan antar negara dengan aman Menolak penggunaan kekuatan dan kekerasan Meningkatkan kerjasama yang efektif antara anggota ASEAN dikukuhkan oleh lima negara pengasas. Narciso R. Kamboja terpaksa menarik diri disebabkan masalah politik dalam negara tersebut. Singapura dan Thailand di Bangkok Proses pembentukan ASEAN dibuat dalam sebuah penandatanganan perjanjian yang dikenal dengan nama “Deklarasi Bangkok”. Indonesia. D. negara Brunei masuk menjadi anggota ASEAN.C. 11 tahun kemudian. Filipina. dua tahun kemudian Kamboja kembali masuk menjadi anggota ASEAN pada 30 April 1999. Malaysia. Rajaratnam (Singapura).

3. di bidang ekonomi. peningkatan taraf hidup mereka. 5. kemajuan sosial. Saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana pelatihan dan penelitian Meningkatkan kerja sama yang lebih efektif dalam meningkatkan perbaikan sarana pengangkutan dan komunikasi. perluasan perdagangan komoditas internasional. profesional. penggunaan pertanian serta industri. Meningkatkan kerja sama yang aktif serta saling membantu satu dengan yang lain di dalam menangani masalah kepentingan bersama yang menyangkut berbagai bidang. antara lain sebagai berikut. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan dan ketertiban hukum di dalam negara-negara di kawasan ASEAN. 2. serta dalam bidang pendidikan. teknik. Mempercepat pertumbuhan ekonomi. serta pengembangan kebudayaan di kawasan ASEAN melalui usaha bersama dalam semangat dan persahabatan untuk memperkukuh landasan sebuah masyarakat bangsa-bangsa Asia Tenggara yang sejahtera dan damai. 4. juga mematuhi prinsip-prinsip Piagam PBB. 6 . Misalnya. teknik.Tujuan terbentuknya ASEAN tercantum dalam naskah Deklarasi Bangkok. 6. Memelihara kerja sama yang lebih erat dan bergabung dengan organisasi internasional dan regional lainnya untuk menjajaki segala kemungkinan saling bekerja sama secara lebih erat di antara mereka sendiri. ilmu pengetahuan. kebudayaan. 1. sosial. dan administrasi. dan administrasi. Selain itu.

negara ASEAN yang di adakan di setiap negara ASEAN menurut giliran abjad.pengarahan b) Sidang Tahunan Para Menteri Luar Negeri ASEAN (ASEAN Ministerial Meeting) Peranan dan tanggung jawab kegiatan sidang ini ialah perumusan garis kebijakan dan koordinasi kegiatan . STRUKTUR ASEAN 1.negara anggota ASEAN 2. Sesudah KTT Bali 1976 Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pertama yang di hadiri kelima kepala negara anggota ASEAN pada tahun 1976 di Bali.menteri luar negeri ASEAN untuk menangani persoalan . Pertemuan ini di adakan apabila di anggap perlu dalam memberikan pengarahan .Komite Tetap dan Komite . b) Standing Committee Komite ini merupakan sebuah badan yang bersidang di antara dua menteri . Salah satu di antaranya ialah Declaration of ASEAN Concord yang memberikan kesempatan untuk meninjau struktur organisasi ASEAN demi kelancaran tata kerjanya.Menteri Ekonomi Sidang ini di selenggarakan setahundua kali. 7 .Komite Khusus d) Sekertariat Nasional ASEAN pada setiap ibu kota negara . Dalam KTT kedua di Kuala Lumpur pada bulan Agustus 1977 di sepakati dan di sahkan struktur organisasi ASEAN sebagai berikut : a) Pertemuan Para Kepala Pemerintahan (Summit Meeting) yang merupakan otoritas atau kekuasaan tertinggi di dalam ASEAN. di hasilkan tiga deklarasi .E.kegiatan ASEAN c) Sidang Para Menteri . c) Komite . Sebelum KTT pertama di Bali 1976 Untuk memperlancar hubungan antar negara Asia Tenggara dalam Deklarasi Bangkok 1967 menteri luar negeri dari kelima negara Asia Tenggara tersebut sepakat untuk membentuk suatu wadah kerja sama regional yang di sebut ASEAN (Association of South East Asian Nations) dengan struktur sebagai berikut : a) Sidang Tahunan Para Menteri Sidang ini merupakan sidang tertinggi yang di hadiri oleh para Menteri Luar Negeri negara .persoalan yang memerlukan keputusan para menteri.

komite yang ada di bawahnya d) Sidang Para Menteri lainnya (Non-Ekonomi0 sidang ini merumuskan kebijakan kebijakan yang menyangkut bidangnya masing .hasil yang di lakukan komite .kebijaksanaan yang khusus menyangkut maslah kerja sama ASEAN bidang ekonomi juga mengevaluasi hasil . kesehatan .Tugasnya . kebudayaan . selain merumuskan kebijaksanaan .masing seperti penerangan . Badan ini bertugas seperti sebelum KTT I di Bali yang membuat keputusan . ilmu pengetahuan dan teknologi e) Standing Committee.keputusan dan menjalankan tugas .tugas perhimpunan di antara dua buah Sidang Tahunan Para Menteri Luar Negeri ASEAN 8 .

Laos. yaitu Brunei Darussalam. Singapura dan Thailand. Vietnam menjadi anggota serta memperkuat identitas ASEAN.F. KTT ke-3 • • • Mengesahkan kembali prinsip-prinsip dasar ASEAN. serta Persetujuan Pembentukan Sekretariat ASEAN. • KTT ke-4 • ASEAN dibentuk Dewan ASEAN Free Trade Area (AFTA) untuk mengawasi. Memberikan penilaian terhadap pelaksanaan Skema Tarif Preferensi Efektif Bersama (Common Effective Preferential Tariff/CEPT) menuju Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN. PELAKSANA KTT ASEAN KTT ke-1 • Deklarasi Kerukunan ASEAN. KTT ke-2 • Pencetusan Bali Concord 1. Filipina. KTT ke-7 9 . • KTT ke-5 • Membicarakan upaya memasukan Kamboja. KTT ke-6 • Pemimpin ASEAN menetapkan Statement of Bold Measures yang juga berisikan komitmen mereka terhadap AFTA dan kesepakatan untuk mempercepat pemberlakuan AFTA dari tahun 2003 menjadi tahun 2002 bagi enam negara penandatangan skema CEPT. Indonesia. melaksanakan koordinasi. Melibatkan masyarakat di negara-negara anggota ASEAN dengan memperbesar peranan swasta dalam kerjasama ASEAN. Usaha bersama dalam menjaga keamanan stabilitas dan pertumbuhan kawasan ASEAN. Solidaritas kerjasama ASEAN dalam segala bidang. Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama di Asia Tenggara (TAC). Malaysia.

Pengesahan ASEAN Tourism Agreement. pencegahan dan pengendalian penyakit AIDS serta masalah nuklir Semenanjung Korea. yaitu Komunitas Keamanan ASEAN (ASC). memorandum of understanding (MoU) pendirian ASEAN-Korea Center. Energi. KTT ke-12 • Membahas masalah-masalah mengenai keamanan kawasan. perundingan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). dan dokumen hasil KTT Asia Timur yang diberi label Deklarasi Singapura atas Perubahan Iklim. KTT ke-8 • • Pengeluaran deklarasi Terorisme. KTT ke-9 • Pencetusan Bali Concord II yang akan dideklarasikan itu berisi tiga konsep komunitas ASEAN yang terdiri dari tiga pilar.• • Mengeluarkan deklarasi HIV/AIDS. bagaimana cara-cara pencegahan. memperluas hubungan kerja sama dengan para mitra untuk membangun sebuah masyarakat ASEAN yang terbuka terhadap dunia luar dan penuh vitalitas pada tahun 2020. KTT ke-10 • Program Aksi Vientiane (Vientiane Action Program) yang diluluskan dalam konferensi tersebut menekankan perlunya mempersempit kesenjangan perkembangan antara 10 negara anggota ASEAN. dan Lingkungan Hidup. Mengeluarkan deklarasi Terorisme. KTT ke-11 • Perjanjian perdagangan jasa demi kerja sama ekonomi yang komprehensif dengan Korea Selatan. 10 . keamanan energi Asia Tenggara. Komunitas Ekonomi ASEAN (AEC) dan Komunitas Sosial Budaya ASEAN (ASSC). karena menyangkut serangan terorisme pada gedung WTC di Amerika.