LAPORAN PRAKTIKUM PERBENGKELAN

Oleh: Ardy Nugroho A1H009026

KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN FAKULTAS PERTANIN PURWOKERTO 2011

LAPORAN PRAKTIKUM

Latar Belakang . PENDAHULUAN A.PERBENGKELAN PENGENALAN ALAT-ALAT PERBENGKELAN Oleh: Ardy Nugroho A1H009026 KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN FAKULTAS PERTANIN PURWOKERTO 2011 I.

B. pentingnya bengkel serta peralatan bengkel dalam mebantu kehidupan manusia.Manusia dalam melakukan semua kegiatan dan aktivitasnya memerlukan bantuan dari alat dan mesin untuk mempermudahnya. Selain itu juga dapat mengetahui fungsi. tempat . Praktikum ini akan membahas tentang peralatan perbengkelan yang ada di lingkungan secara umum. perawatan maupun pembuatan dan perankitan alat-alat itu dapat dilakukan di sebuah bangunan yang bernama bengkel. TINJAUAN PUSTAKA Pengertian bengkel secara umum tempat (bangunan atau ruangan) untuk perawatan / pemeliharaan. modifikasi alat dan mesin (alsin). perbaikan. Mengetahui peralatan bengkel sederhana Mengetahui fungsi perlatan bengkel sederhana Mengetahui cara kerja peralatan perbengkelan sederhana II. Hal tersebut disebabkan oleh sifat alami barang-barang perlengkapan kehidupan yang selalu membutuhkan perawatan serta mengalami kerusakan dari waktu ke waktu. akan tetapi memerlukan suatu perawatan dan pemeliharaan agar dapat digunakan secara optimal. Kegiatan pemeliharaan. Tujuan 1. cara kerja dan manfaat dari alal-alat bengkel dan mesin tersebut. 2. 3. Pekerjaan perbengkelan selalu dibutuhkan oleh setiap unit kehidupan. Alat dan mesin tersebut bukanlah makhluk hidup. Sehingga.

Obeng. ring. tegangan. Pada suatu perusahaan yang banyak menggunakan mesin. Mesinmesin perlu dirawat secara berkala. Mesin-mesin juga mengalami kerusakan dalam pemakaiannya. Seluruh peralatan dan mesin tentu memerlukan suatu pekerja atau operator untuk mengoperasikannya. sehingga membutuhkan perkakas perawatan. sehingga diperlukan perbaikan. Perkakas bengkel ini selanjutnya dapat dibedakan menjadi perkakas tangan non bangku antara lain : 1. Di dalam bengkel terdapat banyak sekali peralatan-peralatan perbengkelan atau lebih sering disebut perkakas bengkel. Alat ukur yang lain adalah avometer yang berfungsi untuk mengukur variabel dalam kelistrikan (misalnya untuk mengukur arus. Semua peralatan tangan dan mesin akan menjadi bahaya bagi pengguan apabila digunakan secara tidak tepat dan sembarangan. Keselamatan seorang atau sekelompok menjadi sangat penting untuk berjalannya sistem kerja dalam bengkel. Dan setiap pihak yang bersangkutan dengan kegiatan ini harus memahami masalah keselamatan dan kesehatan kerja. Jika mesin rusak.pembuatan bagian mesin dan perakitan alsin. Dengan manajemen bengkel yang baik diharapkan dapat mengatur dan menggerakan sumber daya yang ada secara maksimal. Tang . Manajemen Bengkel merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengatur segala kegiatan bengkel sehingga diperoleh efektifitas dan efisiensi dalam bekerja. 3. Disamping itu dalam perbengkelan dikenal pula alat ukur yang berfungsi untuk mengukur variabel kerja dari elemen mesin (misalnya tachometer adalah alat ukur putaran poros). dan hambatan listrik). maka umur pemakaian akan berkurang sehingga merugikan perusahaan. Perkakas merupakan sarana peralatan perbengkelan yang difungsikan untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Jika mesin tidak dirawat dengan semestinya. maka jadwal kegiatan akan terganggu sehingga akan merugikan perusahaan. inggris. adanya bengkel adalah hal yang penting. Dengan demikian diperlukan manajemen bengkel yang baik. Kunci-kunci (kunci pas. Di dalam bengkel harus terdapat alat-alat dan bahan-bahan yang menunjang kegiatan-kegiatan yang dilakukan di bengkel tersebut. pipa) 2. sok.

perkakas pon dan perkakan lipat. pelurus dan pelengkung pipa dan pelat. Secara umum prinsip kerja perkakasperkakas tersebut adalah menggunakan prinsip geseran.4. batang. Tap wrench dan stock 7. meregang dan melantak pelat. membengkok pelat. Pekerjaan pelat. Pahat 8. perkakas bor. melubangi dengan pons. Palu 5. yaituperkakas yang pada saat digunakan harus terpasang pada landasan berupa bangku atau dasar meja tanpa kaki. pipa. penekuk. dan paku keling. diantaranya terdiri dari pekerjaan memotong dengan gunting. mengerol/mencanai pelat. irisan dan tekanan.METODOLOGI A. III. Alat dan Bahan 1. Gergaji 6. menyambung dengan patri. Perkakas kerja bangku merupakan berbagai macam alat yang diperlukan untuk menangani pekerjaan yang harus ditangani secara manual maupun dengan mesin. lipatan. Beberapa macam perkakas bangku utama yang banyak digunakan antara lain perkakan gunting. meluruskan pelat dengan paron dan palu. Alat tulis . dan las. dan lain sebagainya Disamping itu dikenal pula perkakas bangku. dan profil dalam konstruksi suatu alat dan mesin pertanian perlu dipersiapkan dengan menggunakan perkakas kerja bangku. dan profil. pipa.

Peralatan Bengkel B. Memperhatikan penjelasan asisten tentang fungsi dan cara kerja peralatan perbengkelan sederhana 2. Prosedur Kerja 1. DAFTAR PUSTAKA . Memberi keterangan alat-alat tersebut beserta fungsi dan cara kerja dari masing-masing alat.2. Menngambar peralatan perbengkelan tersebut 3.

Makalah Komponen Pengencang. 1983.45.. www. Penerbit Binacipta.48 Anonim.scribd. Diakses tanggal 4 Oktober 2011 jam 18. Krar. S. Diakses tanggal 29 september 2011 jam 12. Bandung. van Terheijden.50. J. 1971. Oswald.F.shvoong. C. http://engineeringtown. Anonim. dan Harun.com/kids/index.Anonim. J.St.com /doc/44966166/makalah-komponen-pengencang.W. 2011. Diakses tanggal 4 Oktober 2011 jam 17. Obeng. Machine Tool Operations. Amand. McGraw Hill International Editions.php/elektronika/ 150-obeng. http://id. 2009. 2011 ..E. . Kunci Inggris. Alat-alat Perkakas 2.com/products/auto/2125699kunci-inggris-adjustable-spanner/.