VISI, MISI DAN TUJUAN MTs PERSIS 3 PAMEUNGPEUK A.

VISI MTs PERSIS 3 PAMEUNGPEUK Salah satu tugas kepala madrasah adalah sebagai pimpinan pendidikan yaitu menetapkan arah lembaga pendidikan melalui perumusan visi, misi dan tujuan sekolah yang berorientasi ke masa depan sabda Rosululloh SAW: "Didiklah anak-anakmu sesungguhnya mereka diciptakan untuk suatu zaman yang tidak sezaman denganmu". Masa depan yang dihadapi sesuai dengan perkembangan dan tantangannya, antara lain menyangkut perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang semakin deras yang berpengaruh terhadp perubahan prilaku dan moral manusia, era informasi dan perdagangan bebas. Banyak pakar mendefinisikan visi, antara lain George L. Morissey (1996), visi didefinisikan sebagai berikut: "Visi merupakan refresentasi dari keyakinan kita mengenai bagaimana seharusnya bentuk organisasi di masa deoan dalam pandangan pelanggan, karyawan, pemilik dan stakeholder lainnya". Pengertian yang tidak jauh berbeda dikemukakan pula oleh mulyadi (1998) yang mendefinisikan visi sebagai berikut: "Visi adalah kondisi yang akan diwujudkan dimasa yang akan dating yang menjanjikan kesejahteraan bagi organisasi melalui penyediaan produk/jasa yang berkualitas bagi masyarakat". Dari pengertian diatas, maka visi merupakan suatu pikiran yang melampaui realitas sekarang, sesuatu yang ingin diwujudkan dimasa yang akan datang, yang belum pernah dipenuhi sebelummya, suatu keadaan yang yakini akan membawakita pada kehidupan yang lebih baik. Berdasarkan uraian diatas serta berbagai pertimbangan yang berdasarkan pada kondisi sekolah yang ada dan dihadapi pada saat ini, maka visi dari MTs Persis 3 Pameungpeuk adalah sebagai berikut: Terwujudnya MTs Persis 3 Pameungpeuk yang menghasilkan santri yang cerdas, ilmiah, religious, dan berakhlakul karimah sehingga dapat terwujudnya manusia sebagai khalifah di muka bumi. Visi tersebut dirancang untuk memberi inspirasi dan motifasi secara hasrat yang tinggi untuk mencapainya bagi pihak-pihak yang ada dan berkepentingan terhadap MTs Persis 3 Pameungpeuk. Indikator dari visi tersebut mencerminkan propil dan cita-cita yang ingin dicapai, antara lain Indikator: 1. Terwujudnya pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kondisi dan potensi yang ada. 2. Terwujudnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien; 3. Terwujudnya lulusan yang cerdas dan kompetitif; 4. Terwujudnya kecerdasan intelektual (IQ) kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) pada seluruh masyarakat madrasah.

Dengan demikian pernyataan misi suatu lembaga pendidikan memberikan gambaran yang jelas tentang jenis produk/jasa yang ditawarkan. Sebagai dasar identifikasi diri dan evaluasi bagi setiap elemen yang ada di sekolah. Terwujudnya manajemen sekolah yang mampu mengadaptasi seluruh kondisi dan potensi daerah. Lembaga Pendidikan ada karena ada misi yang akan dijalankannya. brtujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. sehat.” Misi tersebut diharapkan dapat bermanfa'at untuk 1.5. Terwujudnya prasarana dan sarana pendidikan yang relevan dengan kondisi zaman. cakap. Sebagai dasar iklim organisasi dan motivasi kerja 4. sebagai dasar evaluasi kinerja sekolah 6. 6. mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab". mendapatkan komitmen dari seluruh elemen yang ada disekolah C. memanfaatkan sumber daya dan dana secara optimal 3. 5. pengetahuan. berilmu. Menjamin kesatuan dan kebulatan tujuan sekolah 2. pelanggan yang dilayani. akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Berdasarkan uraian diatas. kreatif. maka tujuan MTs Persis 3 Pameungpeuk adalah sebagai berikut: . TUJUAN MTs Persis 3 Pameungpeuk Konsep Pendidikan berbasis kompetensi dijelaskan dalam Bab II Pasal 3 UU Sisdiknas 2003 bahwa: "Pendidikan Nasional berpungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermanfa'at dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasarkan fungsi tujuan pendidikan nasional tujuan pendidikan dasar. MISI MTs Persis 3 Pameungpeuk Dari beberapa pengertian misi yang disampaikan para ahli dapat ditarik kesimpulan bahwa misi merupakan alasan eksistensial berdirinya suatu lembaga pendidikan. B. kepibadian. memberikan kerangka acuan dan perencanaan 7. berakhlak mulia. Visi dan Misi sekolah. Sedangkan tujuan umum pendidikan dasar adalah: meletakan dasardasar kecerdasan. maka misi MTs Persis 3 Pameungpeuk adalah “Menjadikan santri MTs Persis 3 Pameungpeuk sebagai kader mubaligh yang siap menjadi uswah hasanah dalam ruang lingkup kehidupan sehari-hari sehingga menjadi insane Ulul Albab selaku muslim kaffah yang Tafaqquh Fid Dien. dan ciri khas lembaga pendidikan dalam menghantarkan produk/jasa kepada para pelanggan yang menjadikan lembaga tersebut unik.

mampu mengunakan ilmunya dengan penuh manfaat bagi dirinya dan masyarakat lingkungannya. bertaqwa. menjadi pemimpin yang adil dimasa depan dan dapat menyebarkan rahmat bagi sekelilingnya. Menumbuhkan sikap sense of belonging. beramal saleh. maka profil siswa atau lulusan MTs Persis 3 Pameungpeuk yang diharapkan adalah sosok lulusan yang berilmu. Berdasarkan tujuan tersebut. dan berakhlak Meningkatkan nilai keagamaan dalam masyarakat. mulia. 2. . berilmu. beriman. Menghasilkan santri yang beriman. serta selalu berpegang teguh kepada kebenaran. 3.1. sense of responsibility dan sense of participation di lingkungan sekolah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful