P. 1
Leaflet Imunisasi

Leaflet Imunisasi

|Views: 1,483|Likes:
Published by Safrina Waldini

More info:

Published by: Safrina Waldini on Nov 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/26/2013

pdf

text

original

2010

Apakah yang dimaksud dengan IMUNISASI ?
Imunisasi adalah upaya pencegahan penyakit infeksi dengan menyuntikkan vaksin kepada anak sebelum anak terinfeksi. Anak yang diberi imunisasi akan terlindung dari infeksi penyakit-penyakit: sebagai berikut: TBC, Difteri, Tetanus, Pertusis (batuk rejan), Polio, Campak dan Hepatitis B. Dengan imunisasi, anak akan terhindar dari penyakit-penyakit, terhindar dari cacat, misalnya lumpuh karena Polio, bahkan dapat terhindar dari kematian.

Siapa saja yang harus diimunisasi?
Semua bayi dan anak umur 0-12 bulan harus mendapatkan imunisasi

Apa Saja JenisJenis Imunisasi ???
Yang termasuk imunisasi dasar bagi bayi usia 0-12 bulan: 1. Vaksin BCG untuk melindungi bayi dari penyakit Tuberkulosis. 2. Vaksin Polio untuk melindungi bayi dari penyakit Polio (lumpuh layu). 3. Vaksin Hepatitis B untuk melindungi bayi dari penyakit Hepatitis B. 4. Vaksin DPT untuk melindungi bayi dari penyakit Difteri, Pertusis (batuk rejan), Tetanus. 5. Vaksin Campak untuk melindungi bayi dari penyakit Campak
Dimana Imunisasi Dapat Diperoleh ???

Apa manfaat imunisasi ???
Imunisasi bermanfaat untuk memberikan kekebalan pada bayi dan anak sehingga tidak mudah tertular penyakit:TBC, tetanus, difteri, pertusis (batuk rejan), polio, campak dan hepatitis.

PrProgram Profesi Ners KEPERAWATAN KOMUNITAS PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FK UNSRI

POLIO5. merah di daerah penyuntikan Ringan : pembeng kakan nyeri di daerah suntikan Tidak ada JAdwal Imunisasi Dasar Jenis Vaksi n BCG Hepa titis B Polio DPT Cam pak Umur Pemberian Vaksin Bulan Lh r 1 1 2 2 3 4 3 5 6 7 8 9 1 0 1 1 Keadaan yang TIDAK memperbolehkan anak diimunisasi : 0 1 1 2 2 3 3 4 - Hepa 3 x dngan 0 . 2. Imunisasi ulangan (DPT4. dngan interval 4 mnggu 1x 0 . 3. DPT.11 bintik merah pada tempat suntikan Panas Tidak ada  BCG → Sakit kult/Luka di tempat suntikan  DPT 1 → Anak panas lebih > 380 C disertai kejang  DPT 2/3 → Reaksi berlebihan setelah diimunidasi DPT 1  Campak → Anak panas lebih > 380 C disertai kejang  Polio → Tidak ada  Hepatitis B → Tidak ada . Diare ringan bukan merupakan halangan untuk mendapatkan imunisasi.11 bulan 2 . Demam yang tidak terlalu tinggi bukan merupakan penghalang bagi anak untuk mendapatkan imunisasi.titis B MMR interval 4 mnggu bulan 15 bulan ulangan pada usia 12 thn Jarang dijumpai Imunisasi dapat diperoleh di: Posyandu Puskesmas Puskesmas Pembantu Puskesmas Keliling Praktek dokter/Bidan Rumah Sakit Hal-hal yang perlu diingat !!! 1. Hepatitis 4 dll) harus dilakukan untuk memperkuat kekebalan yang sudah didapat pada waktu bayi. dngan interval 4 mggu Polio Cam pak 4 x. kecil.11 bulan DPT 3 x. Imunisasi BCG di Lengan Kanan Atas Imunisasi Polio diberikan melalui mulut Jadwal Pemberian dan Efek Samping Imunisasi : Vaksin Imunisasi DPT/HiB di Paha bangian Luar BCG Jadwal 1x Waktu 0.11 bulan 0 .11 bulan Efek Samping Bengkak.

Ibu senang.Bayi Sehat. Untuk itu … .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->