BENTUK NEGARA

: REPUBLIK FEDERASI

Bentuk negara federasi yang ada di Jerman bersifat rumit. Negara terdiri dari tingkat pusat berupa federasi dan 16 negara bagian. Undang-undang dasar menetapkan hal-hal yang harus ditangani oleh federasi, dan hal lain yang diurus oleh negara bagian. Dilihat dari aspek ini, sistem federal Jerman mirip dengan sistem di berbagai negara federasi lain. Kehidupan bernegara di Jerman pada dasarnya diatur oleh undang-undang federal. Sebaliknya para warga hampir selalu berurusan dengan kantor administrasi negara bagian, atau dengan kantor kotapraja dan komune yang bertindak atas nama negara bagian. Hal itu sesuai dengan prinsip kesubsideran. Prinsip itu diterapkan oleh undang-undang dasar dengan tujuan mengkombinasikan keuntungan negara kesatuan dengan keuntungan negara federasi. Warga dari negara federasi lain sehari-hari jauh lebih sering bertemu dengan pegawai instansi federasi. Menurut undang-undang dasar, taraf kehidupan di seluruh Jerman harus dapat diperbandingkan. Faktor penentu yang penting bagi taraf kehidupan itu ialah kebijakan politik di bidang ekonomi dan sosial. Dalam tatanan keuangan Jerman tidak diberi ruang gerak yang berarti kepada negara bagian untuk membiayai tugas mereka. Semua jenis pajak yang pemasukannya tinggi diatur dengan undang-undang federal. Dengan catatan bahwa undang-undang seperti itu harus memperoleh persetujuan Majelis Federal, Bundesrat. Sebagian dari jenis pajak tersebut seluruhnya masuk ke kas federasi atau ke kas negara bagian, sebagian lain dibagi antara federasi dan negara bagian, di antaranya jenis pajak yang pemasukannya sangat besar. Dalam hal ini negara federasi Jerman mirip dengan negara kesatuan. Walau begitu, negara-negara bagian mengendalikan sebagian besar dari kapasitas administrasi negara seluruhnya. Jadi, unsur-unsur federalistis mendominasi administrasi negara di Jerman. Kantor-kantor administrasi negara bagian melaksanakan undang-undang yang berlaku di negara bagian yang bersangkutan. Namun di samping itu instansi negara bagian tersebut mengeksekusi juga bagian terbesar dari undang-undang federal. Di masa lalu, banyaknya tugas yang diserahkan kepada negara bagian menyebabkan adanya beberapa negara bagian yang terjerumus dalam utang besar. Maka pada tahun 2009 diputuskan perubahan konstitusi yang melarang pengambilan kredit baru oleh negara bagian mulai 2020, dan yang membatasi volume utang baru dari federasi mulai tahun 2016 pada maksimal 0,35 persen dari produk domestik bruto – kecuali dalam hal terjadinya krisis ekonomi (rem utang). Ada tiga tugas negara sebagai keseluruhan yang dilaksanakan oleh negara bagian secara mandiri: Hal-hal yang menyangkut sekolah, termasuk

Setelah negara Jerman terpisah lalu pada tahun 1990 terjadi penyatuan kembali dengan diruntuhkannya tembok Berlin. itu terjadi tahun 1933. sebuah rezim otoriter yang dipimpin Adolf Hitler dan membawa kehancuran dalam perang dunia II. Seusai perang Perancis-Prusia (1870-1871) sistem pemerintahan negara ini berubah menjadi sistem parlementer dengan kanselir pemegang pemerintahan. keamanan dalam negeri. Pemerintahan yang sehari-harinya dipegang oleh Kanselir memegang peranan seperti perdana menteri. Posisi kanselir diraih secara otomatis oleh kandidat utama partai pemenang pemilihan umum federal. negara-negara bagian mendapat imbalan bagi kedudukan lebih tinggi yang ditempati federasi di bidang pembuatan undang-undang. SISTEM NEGARA : FEDERASI Negara Jerman adalah sebuah negera federasi di Eropa barat. Sistem pemerintahan berubah menjadi sistem pemerintahan demokrasi yang berbasis ideologi berlandaskan prioritas hak-hak asasi manusia. Setelah itu pemerintahan dipegang oleh NAZI. Lalu pemerintahan berpindah ke Jerman Barat. . serta perwujudan swatantra komunal. Awalnya pemerintahan negara ini berbentuk kekaisaran. Dalam hak ikut-menentukan cukup luas yang dimiliki oleh Bundesrat. Kanselir pertama adalah Otto Von Bismarck. Jerman juga pernah menganut sistem pemerintahan demokrasi tapi tidak berlangsung lama. Hal ini membuat Jerman terbagi menjadi dua yaitu Jerman Barat (Republik federal Jerman) dan Jerman Timur (Republik Demokratik Jerman).perguruan tinggi. Tapi Kekalahan dalam Perang Dunia II telah membuat Jerman kehilangan wilayah timur. termasuk kepolisian.

yang anggota-anggotanya adalah perwakilan pemerintahan negara-negara bagian. Bundesrat sering disamakan dengan senat. yang berperan seperti perdana menteri di negara lain dengan bentuk pemerintahan serupa. yang anggota-anggotanya dipilih.Dalam pemerintahan Jerman. Jerman juga memiliki makhamah konstitusi liberal. Posisi kanselir diraih secara otomatis oleh kandidat utama partai pemenang pemilihan umum federal. Parlemen dikenal sebagai Bundestag. SISTEM PEMERINTAHAN PARLEMENTER : REPUBLIK Jerman adalah negara demokrasi parlementer. . meskipun pada kenyataannya memiliki wewenang yang berbeda. Bundesrat sering disamakan dengan senat. Terdapat enam partai politik utama di Jerman. Selain Bundestag terdapat pula Bundesrat. Jabatan presiden lebih banyak bersifat seremonial. yaitu SPD (demokrat sosial. yang anggota-anggotanya dipilih. meskipun ia dapat menyetujui atau tidak menyetujui beberapa hal penting. dan Die Linke (berhaluan kiri. merupakan gabungan dari partai komunis dan sempalan SPD). Partai-partai lainnya adalah FDP (demokrat liberal). dengan tiga yang terbesar (dua di antaranya membentuk koalisi permanen). Selain Bundestag terdapat pula Bundesrat. berhaluan kiri progresif) dan CDU/CSU (kristen demokrat/sosialis yang berhaluan kanan konservatif). Pemerintahan seharihari dipegang oleh seorang kanselir. Parlemen dikenal sebagai Bundestag. Saat ini yang menjadi masalah dalam pemerintahan Jerman adalah mengenai penutupan pembangkit nuklir yang kerap menjadi sumber demonstrasi warga Jerman. yang anggota-anggotanya adalah perwakilan pemerintahan negara-negara bagian. meskipun pada kenyataannya memiliki wewenang yang berbeda. dimana setiap warga mempunyai hak mengajukan keberatan berdasarkan konstitusi jika ia merasa hak asasinya dilanggar oleh pemerintah. Bündnis 90/Die Grüne (kiri hijau). Partai yang memerintah adalah partai dengan koalisi dominan di dalam parlemen ini. Partai yang memerintah adalah partai dengan koalisi dominan di dalam parlemen ini. Selain Jerman. Austria juga memiliki kanselir. Walau secara konstitusional Jerman dipimpin oleh kanselir namun negara karena Jerman juga menganut sistem parlementer sehingga pimpinan negara dipegang oleh presiden yang dipilih setiap 5 tahun sekali.

MecklenburgVorpommern. dan Freistaat Thüringen) dan tiga kota setingkat negara bagian (Stadtstaaten atau Stadtländer. Niedersachsen. Freistaat Sachsen. *Negara-negara bagian (Länder) Jerman dan ibukotanya sejak penyatuan kembali 1990.* Pembagian administratif Republik Federal Jerman. Sejumlah Kreis membentuk negara bagian. yang dapat merupakan gabungan dari beberapa desa atau kota kecil. Unit kesatuan komunitas terendah (aras pertama) adalah Gemeinde. Freistaat Bayern atau Bavaria. Brandenburg. bukan perwakilan masyarakat. dan Hamburg). Di negara bagian kota (Stadtländer). Schleswig-Holstein. Sachsen-Anhalt. Rheinland-Pfalz. pembagian wilayah hanya bersifat administratif. Negara-negara bagian ini dibentuk secara bertahap semenjak berakhirnya Perang Dunia II sebagai penyederhanaan atas garis batas negara bagian peninggalan masa Reich Jerman yang lebih bersifat feodalistik. . Negara bagian diperintah oleh seorang perdana menteri (Ministerpräsident) lengkap dengan kabinetnya. Terdapat pula parlemen tingkat negara bagian. Beberapa Gemeinde akan membentuk satuan komunitas lebih besar yang disebut Kreis (diterjemahkan sebagai distrik) sebagai aras kedua. pemerintahan di banyak negara bagian membentuk Regierungsbezirk untuk membantu tata laksana administrasi. tidak dipilih langsung) ke Bundesrat. tetapi di Bayern terdapat satuan komunitas aras ketiga yang dikenal sebagai Bezirk. Nordrhein-Westfalen. Secara administrasi. Jerman adalah negara federasi (Bundesland) dengan 13 negara bagian (Flächenland. Hessen. Saarland. Setiap negara bagian mengirim wakilwakil (anggota kabinet. yaitu Baden-Württemberg. Bremen. Untuk melancarkan administrasinya. yaitu Berlin.