RPP dan LKS

Rencana Persiapan Pembelajaran

Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Materi Pokok Sub Materi Pokok Kelas/Semester Alokasi Waktu A. Standar Kompetensi

: SMP : Matematika : Lingkaran : Keliling Lingkaran : VIII/Ganjil : 2 x 40 Menit

Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukuran Lingkaran

B. Kompetensi Dasar 1. Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran 2. Menghitung keliling dan luas lingkaran

C. Indikator

o

Kognitif 1. Menyebutkan unsur-unsur lingkaran dan suatu gambar lingkaran. 2. Menentukan nilai (phi). 3. Menentukan Rumus keliling dan luas lingkaran 4. Menghitung keliling dan luas lingkaran

o

o

Afektif Karakter a) Dapat dipercaya b) Disiplin c) Teliti d) Menghargai e) Tanggung jawab individu f) Tanggung jawab sosial g) Peduli h) Sebar i) Adil Keterampilan Sosial a) Bertanya b) Memberikan ide atau pendapat c) Menjadi pendengar yang baik d) Kerja sama
Page 1

Pengembangan Program Pembelajaran Matematika

Siwa dapat Menghitung keliling dan luas lingkaran o Afektif 1. siswa aktif memberikan ide atau pendapat. Diantaranya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama. siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadapkesadaran dalam menunjukkan keterampilan sosial: 1. Dalam proses pembelajaran di kelas. Dalam diskusi kelompok atau kelas. 3. 6. bermain/berbuat berdasarkan aturan. 2. siswa dapat dilatihkan karakter dapat dipercaya. Diantaranya siswa jujur. Siswa dapat Menentukan nilai (phi). mencoba melakukan tugas yang diberikan. 5. tidak pernah mengambil keuntungan dari yang lain. Diantaranya siswa peka terhadapperasaan orang lain. dan siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadapkesadaran dalam menunjukkan karakter: 1. tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya. Dalam proses pembelajaran. secara suka rela membantu teman/guru. menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain. menjadi teman yang baik dan membantu orang lain. siswa dapat dilatihkan karakter mengharagai. siswa aktif mengajukan pertanyaan. siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab sosial. 3. Siswa dapat Menentukan Rumus keliling dan luas lingkaran 4. sopan dan hormat. siswa dapat dilatihkan karakter peduli. 3. Diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. mampu mengikuti komitmen. Page 2 Pengembangan Program Pembelajaran Matematika .RPP dan LKS D. siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab individu. Dalam diskusi kelompok atau kelas. 2. siswa dapat dilatihkan karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah curang. mencoba untuk membantu siswa/guru yang membutuhkan. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa. Dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran. Tujuan Pembelajaran o Kognitif 1. Dalam proses pembelajaran. tidak pernah menghina atau mempermainkan teman/guru. Siswa dapat Menyebutkan unsur-unsur lingkaran dan suatu gambar lingkaran. 2. Dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran. dapat dipercaya/diandalkan. siswa dapat menjadi pendengar yang baik. tidak pernah mempermalukan teman/guru. Diantaranya siswa memperlakukan teman/guru dengan baik. 2. 4. Keterampilan Sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa. peka terhadapperasaan orang lain.

siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok. M Mukti Aji.Wahyudin Djumanta(Grapindo Media Pratama) b.RPP dan LKS 4. Buku matematika kelas VIII semester 1. Metode Pembelajaran:Diskusi. E. metode. Guru mengajukan contoh masalah dari kehidupan sehari hari seperti menghitung jarak tempuh sebuah roda yang berputar b. pemberian tugas 3. Selama diskusi guru mengamati kerja setiap kelompok secara bergantian dan memberi motivasi kepada kelompok yang membutuhkan serta selalu mengingatkan setiap siswa supaya menerapkan keterampilan-keterampilan kooperatif selama dalam kerja kelompok Pengembangan Program Pembelajaran Matematika Page 3 . Model pembelajaran :Kooperatipe tipe STAD dengan pendekatan kontekstual 2.Tanya jawab. Pendahuluan (10menit) a. Kegiatan inti (60 menit) a. dkk (Intan Pariwara) c. M Cholik A. Guru memotivasi siswa dengan menginformasikan manfaat mempelajari lingkaran c. Dalam diskusi kelompok. alat dan sumber bahan pelajaran 1. Modal. Buku matemtika kelas VIII semester 1. Sugijono (Erlangga) F. jangka sorong. Guru mengasah pengetahuan siswa dengan cara mengajukan beberapa benda yang berbentuk lingkaran didalam kehidupan sehari hari b. busur derajat 4. Guru meminta siswa untuk membaca buku halaman 90-93 tentang unsur unsur lingkaran c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 2.kertas karton. pengaris. Buku matemtika kelas VIII semester 1. Alat pembelajaran:Jangka. Sumber bahan pembelajaran: a. Kegiatan Pembelajaran 1. Guru mengelompokkan siswa kedalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang Guru membagikan LKS untuk menentukan rumus keliling dan luas lingkaran d. gunting.

serta memberi tanggapan dan guru bertindak sebagai fisilitator f. Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran b. Untuk hitunglah Luas lingkaran dengan jari-jari 28 cm 6. Tali busur d. Kegiatan akhir (10 menit) a. hitung luas permukaan meja tersebut Pengembangan Program Pembelajaran Matematika Page 4 . Untuk hitunglah Keliling lingkaran dengan jari-jari 30 cm 4. Untuk hitunglah luas lingkaran dengan jari-jari 20 cm 7. hitung keliling lingkaran berikut. 5. Guru mengingatkan siswa untuk membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya G. Perhatikan gambar dibawah ini. Siswa diberi tugas mengerjakan latihan uji kompetisi 1A dan 1B halaman9597. Penilaian Teknik Bentuk instrumen : tes tertulis : Tes Uraian Contoh instreumen : 1. c. Gambar berikut ini menunjukkan sebuah meja yang permukaannya berbentuk lingkaran dengan diameter 1 m. sebutkan garis-garis yang di sebut a.RPP dan LKS e. Lingkaran tengah lapangan sepak bola berdiameter 8 m. Untuk hitunglah keliling lingkaran dengan jari-jari 49 cm 3. Setiap kelompok secara bergantian menyajikan hasil kerja kelompoknya dan kelompok lain mencermati. Jari-jari b. Diameter c. Apotema 2. Siswa kembali bekerja secara individu menyelesaikan soal yang telah disiapkan oleh guru 3.

Kelilingnya b. Perbandingan panjang jari-jari tiga buah lingkaran adalah 1 : 2 : 3. Luasnya Pengembangan Program Pembelajaran Matematika Page 5 .RPP dan LKS 8. Tentukanlah besar perbandingan : a.

Panjang diameter lingkaran dua kali panjang jari-jarinya. Siswa dapat menggunakan rumus Wacana: Dalam kehidupan sehari-hari begitu banyak kita temukan benda-benda yang berbentuk lingkaran. Sifat-sifat lingkaran     Panjang diameter sama dengan dua kali jari-jarinya Panjang jari-jari setengah panjang diameternya empunyai simetri lipat dan simetri putar tak terhingga A Mempunyai besar sudut 360° Mempunyai sumbu simetri tak terhingga Page 6 Pengembangan Program Pembelajaran Matematika . Diameter disebut juga garis tengah. Lingkaran adalah tempat kedudukan titik-titik yang mempunyai jarak sama terhadap suatu titik tertentu. Lingkaran : 4. Keliling dan Luas Lingkaran : 1. Kelas :.. dan piring.…………………………. Tanggal :……………… Kelompok : …………… Materi Pokok Sub Materi Pokok Tujuan : 4.titik tersebut menjadi pusat lingkaran.RPP dan LKS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) Nama :…………………………. mata uang.2.. Siswa dapat menentukan rumus keliling Lingkaran 3. seperti lingkaran. Siswa dapat menentukan hubungan keliling dan diameter Lingkaran 2.

missal benda berikut Pengembangan Program Pembelajaran Matematika Page 7 . Berupa apakah lintasan jarum jam tersebut? Berapa panjang lintasannya? Tahukah kalian cara menentukan keliling dan luas Permukaan jam weker (Yang berbentuk lingkaran) tersebut? Melalui percobaan ini kita akan menguraikan bagaimana cara menemukan rumus keliling lingkaran dan luas daerah lingkarannya serta menghitung keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran jika diketahui jari-jari atau diameternya. Lakukan kegiatan berikut: Alat dan sumber : penggaris. macam macam benda yang berbentuk lingkaran dalam berbagai ukuran. a.RPP dan LKS  Mempunyai satu titik pusat Permasalahan: Jarum jam menitan sebuah jam weker bergerak mulai dari angka 12 dan berhenti pada angka 12 dalam waktu satu putaran. tali. Pilih sebuah benda yang berbentuk lingkaran dengan ukuran yang kamu inginkan.

Lepaskan tali itu dan bentangkan. e. beri tanda pada tempat pertemuan ujung dan pangkal tali. Panjang tali tersebut merupakan keliling lingkaran tersebut. Lilitkan tali mengelilingi benda itu.RPP dan LKS b. Bagilah keliling lingkaran tersebut dengan diameternya f. Gunakan penggaris untuk mengukur diameter benda yang berbentuk lingkara tersebut c. kemudian ukur panjangnya dengan penggaris. Ulangi kegiatan a sampai e untuk dua benda yang berbentuk lingkaran dengan ukuran yang berbeda untuk melengkapi tabl berikut Pengembangan Program Pembelajaran Matematika Page 8 . d.

Jika perbandingan keliling dan diameter lingkarannya dinyatakan dalam bentuk (phi). Karena Panjang jari-jari (r) = ½ diameter (d) Maka rumus keliling lingkaran.. ……………… Rumus keliling lingkaran jika diketahui diameternya adalah : ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… 4.RPP dan LKS Objek 1 2 3 Diameter (d) …………………… …………………… …………………… Keliling (K) …………………… …………………… …………………… K/d …………………. Bagaiman hubungan keliling lingkaran dengan diameter lingkaran? Nyatakan dalam bentuk ……………… = ……………….. ………………….. …………………. Bagaimana hubungan antara keliling dan diameter? ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… 3.. 1.. jika diketahui jari-jari (r) adalah ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… Selamat bekerja Pengembangan Program Pembelajaran Matematika Page 9 . Apakah yang kamu dapat? ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… 2.

jika diketahui jari-jari (r) adalah ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… Selamat bekerja Pengembangan Program Pembelajaran Matematika Page 10 .RPP dan LKS Rumus keliling lingkaran jika diketahui diameternya adalah : ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… 4. Karena Panjang jari-jari (r) = ½ diameter (d) Maka rumus keliling lingkaran.