MAKALAH

KOMPUTERISASI BAGI DUNIA PERGURUAN TINGGI

OLEH
Nama : Siti Latifah NIM : 11401778 Mata Kuliah : Pengantar Aplikasi Komputer Dosen : S. Simatupang, SE

S1 Akuntansi STIE SULTAN AGUNG PEMATANG SIANTAR 2011/2012

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan karunia- Nya kepada kita semua. Khususnya kepada saya, sehingga mampu untuk menyelesaikan makalah ini sebagai tugas kuliah dengan mata kuliah Pengantar Aplikasi Komputer. Makalah ini berjudul “ Komputerisasi Bagi Dunia Perguruan Tinggi”. Banyak kalangan yang berpendapat bahwa saat ini adalah era informasi global, dimana era ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Informasi yang perangkat utamanya adalah komputer. Informasi yang bisa dilakukan tidak hanya sekedar informasi suara atau gambar, namun informasi yang disajikan bisa bersifat multimedia. Kita dapat memanfaatkan komputer dengan beragam cara mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan programprogram penyelesaian problem-problem ilmiah, bisinis, mengendalikan mesin industri, bahkan mengendalikan pesawat ruang angkasa. Tujuan penggunaan komputer adalah agar setiap data yang diolah dapat dihasilkan informasi yang cepat, akurat, informatif dan efisien. Maka dari itu, saya akan menguraikan manfaat dan kegunaan computer dalam dunia perguruan tinggi. Namun, saya mohon maaf jika dalam makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan penggunaan bahasa. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran pembaca untuk perbaikan kedepannya. Pematangsiantar, Oktober 2011

Penulis

20 Daftar Pustaka ……………………………………………………………….... 1. 3.……………………………………………….……………….DAFTAR ISI Kata Pengantar ……………………………………………………………….……………….. 10 ………………………………………………….……….. Ilmu Komputer …………………………….……………………………………………. Sistem Komputer 4. Pengertian Komputer …………………………………………………. 14 BAB III: Penutup …………………………………………. BAB I : Pendahuluan ………. BAB II : Pembahasan ………. Daftar Isi …………………….……………………………………………….. 2. 21 .. Manfaat Komputer i ii 1 4 4 7 …………………………………………………….

Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama. Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris. Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Selain itu. perkembangan computer pun tidak kalah hebatnya.Asisten Babbage. bahwa perkembangan teknologi dari tahun ke tahun berkembang begitu pesatnya. sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik.Pada tahun 1980. . Tahun 1812. Dengan menggunakan tenaga uap. Begitu juga computer. misalnya teknologi internet.Charles Babbage (1791-1871). dengan semakin canggihnya teknologi. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun.yang disebut Analytical Engine.mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan.. Ia membantu merevisi rencana.mencari pendanaan dari pemerintah Inggris.BAB I : PENDAHULUAN Seperti yang kita ketahui dan kita rasakan. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial.Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial. pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama.

Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis. Hermen Hollerith ( 1860.1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Pada tahun berikutnya. berubah . Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat computer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Dengan berkembangnya populasi.000 komponen. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan untuk pemrosesan data hingga tahun 1960. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan. Bagaimanapun juga. Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu 10 tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus. Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu 7 tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Pada tahun 1903. disain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut. John V. kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis. Pada tahun 1889. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu 6 minggu. Dengan menggunakan alat tersebut. alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting.Mesin uap Babbage. walaupun tidak pernah selesai dikerjakan. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualnya ke masyarakat luas. Terdiri dari sekitar 50.

Dengan mengaplikasikan benar atau salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung atau terputus.system biner aljabar. . Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan. yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematika dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940.

ilmu komputer. Dalam bahasa Swedia. Definisi lain misalnya “komputer” secara umum pernah dipergunakan untuk bermaksud orang memperkerjakan untuk melakukan perhitungan aritmatika. dan dimana saja menggunakan komputer. a. kalkulator. Hampir setiap bidang pekerjaan manusia saat ini misalnya di kantor. walaupun di beberapa negara digunakan kata anglicism computadora. kemudian menjelang 1897 juga didefinisikan untuk mesin yang bisa menghitung. Bahkan beberapa pekerjaan sangat tergantung sekali terhadap pemakaian teknologi komputer ini. Industri atau pabrik modern yang mengontrol setiap proses produksi. dan lain sebagainya. penerbangan dan ruang angkasa untuk mengontrol pesawat. komunikasi data.BAB II: PEMBAHASAN 1. dan teknologi Informasi. Dalam bahasa Itali. Dalam bahasa Perancis misalnya kata komputer. disebut sebagai istilah “ordinateur“. kedokteran untuk mendiagnosa dan scanning penyakit pasien. komputer ialah “calcolatore“. komputer dipanggil “dator” dari “data”.di sekolah. di rumah. dengan atau tanpa mesin membantu. yang nantinya berkembang pada definisi tentang sistem komputer. yang pada era tahun . dengan arti sama. Pengertian Komputer Komputer. merupakan kata yang sudah tidak asing lagi bagi manusia yang hidup di jaman modern seperti saat ini. Sebenarnya istilah dari komputer itu sendiri berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti “menghitung” (to compute atau reckon). yang berarti kira-kira “organisator“. misalnya perbankan modern yang menggunakan transaksi on-line. kata komputer terdapat ke dalam penggunaan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata bagi “orang yang menghitung”. atau “memisahkan mesin”. Di Spanyol disebut ”ordenador“. di perusahaan. Banyak pendapat tentang definisi dari kata “kumputer”. menekankannya computasional menggunakan di balik yang logis seperti penyortiran. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology.

f. Asal mulanya. pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika. para ahli dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer. Dalam Bahasa Cina. namun pada dasarnya telah memiliki muara arti yang sama. Sedangan William M. memproses input tadi sesuai dengan programnya i. Karena luasnya bidang ilmu komputer. dengan atau tanpa alat bantu. tetapi arti kata ini kemudian digantikan kepada mesin itu sendiri. The Tool Of Business”. Namun definisi pada saat ini berkembang. k. Menurut Robert H. mendefinisaikan Komputer adalah suatu perangkat yang digunakan untuk perhitungan atau mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeric atau logika. diberinama “matematikmaskin” (mesin matematika). Hamacher dalam bukunya “Computer Organization” . menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan j. tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan pengolahan data. Menurut V. Menurut Wikipedia. dalam bukunya “Computer Annual”. edisi ke 2. Blissmer (1985).1950-an. komputer dipanggil “dian now” atau suatu “otak listrik”. komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital. kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya. Dalam Bahasa Inggris modern berkembang menjadi istilah “mesin pengolahan data”. c. b. menerima input h.C. d. menyediakan output dalam bentuk informasi. Kata ini semula dipergunakan untuk menggambarkan orang atas pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika. Fuori dalam bukunya “Introduction To The Computer. ensiklopedia bebas kata komputer dahulu berarti orang yang menghitung. berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses . e. Oxford English Dictionary (OED2). dan menghasilkan output berupa informasi. komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: g.

Matematika menyumbangkan metode analisa. tanpa campur tangan dari manusia. maka yang disebut dengan komputer adalah seperangkat elektronik yang dapat menerima masukan (input). dewasa ini banyak sekali peneliti yang mencoba membuat kajian dan melakukan pendefinisian terhadap Ilmu Komputer.csab. dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-isntruksi yang telah tersimpan dalam memori. memprosesnya. l. Menurut Sanders (1985). Bagaimanapun juga. Seiring dengan perkembangan Ilmu Komputer. CSAB (Computing Sciences Accreditation Board. yang ditambah dengan perangkat penyimpanan data atau informasi (storage devices). m. perangkat proses (process devices). komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input. serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan: . Di dalamnya terdapat teoritika. 2. dasar Ilmu Komputer adalah matematika dan engineering (teknik). Ilmu Komputer Komputer digunakan oleh manusia dengan cara mempelajari ilmu yang berhubungan dengan komputer. Dari beberapa pendapat tentang definisi komputer seperti diatas. dan engineering menyumbangkan metode desain pada bidang ini. eksperimen.org) membuat definisi menarik tentang Ilmu Komputer: Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. dan pendesainan komponen. http://www. dan perangkat keluarang (output devices). termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika.data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat. dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi. Maka perangkat utama untuk melakukan tindakan tersebut juga terdiri dari perangkat input (input devices).

desain. Ia mendefinisikan bahwa : Ilmu Komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentrasformasikan informasi.1. analisa. Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta. Makalah ini adalah laporan akhir dari proyek dan task force tentang the Core of Computer Science yang dibentuk oleh dua society ilmiah terbesar bidang komputer. Denning mendefinisikan Ilmu Komputer dalam makalahnya yang cukup terkenal tentang disiplin ilmu komputer . algoritma. yaitu ACM (http://acm.org). baik itu berhubungan dengan teori-teori. Beberapa definisi lain yang lebih abstrak adalah: Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang representasi pengatahuan (knowledge representation) dan implementasinya. ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya. yaitu :  Algoritma dan Struktur Data (Algorithms and Data Structures)  Arsitektur (Architecture)  Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)  Artificial Intelligence dan Robotik (Artificial Intelligence and Robotics)  Interaksi manusia dan Komputer (Human Computer Interaction)  Organisasi Informatika (Organizational Informatics)  Bahasa Pemrograman (Programming Languages)  Sistem Operasi dan Jaringan (Operating Systems and Networks) . implementasi. Dennings juga mengklasifikasi bidang ilmu komputer yang terbagi dalam 12 subbidang (versi sebelumnya adalah 9 subbidang). dan sistem 2. dan tool untuk merealisasikannya 4. program.org) dan IEEE Computer Society (http://computer. efisiensi. Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep 3. Peter J. Metodologi desain. Teori-teori untuk memahami komputer device. Atau definisi lain Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang abstraksi dan bagaimana mengendalikan kekomplekan sebuah komputer.

membentuk hipotesa (form a hypothesis) 2. dan saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Teori: adalah berlandaskan pada pendekatan matematika. pembuatan teorema (theorema) 3. menganalisa hasil (analyze hasil) . dimana dalam melakukan invesitigasi terhadap suatu fenomena. maka dari 12 subbidang diatas dimungkinkan terus bertambah. adalah berlandaskan pada metode eksperimen ilmiah. Abstraksi (Abstraction). harus melalui proses-proses sbb: 1. mendesain eksperimen dan mengumpulkan data (design an experiment and collect data) 4. Dennings menggambarkan bahwa ilmu komputer dapat direfleksikan dalam tiga hal: Teori (Theory). dimana untuk mendapatkan suatu teori yang valid. harus melalui proses-proses sbb: 1. membuat suatu model dan melakukan prediksi (construct a model and make a predition) 3. Dibanding dengan definisi CSAB diatas. pembuktian (proof) 4. yang dapat dijelaskan sebagai berikut : a. dan Desain (Design). pendefinisian (definition) 2. penginterpretasian hasil (interpret result) b. Karena kecanggihan teknologi komputer terus berkembang. Database dan Sistim Retrieval Informasi (Database and Information Retrieval Systems)  Grafika Komputer (Computer graphics)  Ilmu Komputasi (Computational Sciences)  BioInformatik (BioInformatics) Dennings memberi catatan khusus untuk bidang BioInformatik sebagai bidang baru yang merupakan gabungan antara Ilmu Komputer dan Biologi. Abstraksi: atau pemodelan (modeling).

2. komputer. melakukan desain dan implementasi sistem (design and implement the system) 4. harus melalui proses-proses sebagai berikut : 1. Desain: adalah berlandaskan pada pendekatann engineering (teknik). dimana pada saat mendesain sebuah sistem atau device untuk memecahkan masalah. metodologi. dan mengambil kembali. Pertanyaan mendasar berhubungan dengan Ilmu Komputer adalah. desain dan implementasi. mencakup bagaimana menginterpretasi. Sedangkan yang bergerak dalam masalah yang lebih teknis dengan memakai pendekatan engineering. Bidang-bidang ini tidak benar-benar terpisah. menyimpan. sekalipun mempunyai perbedaan penting. bahwa: Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berisi tentang teori. akan lebih banyak berkecimpung dalam ruang lingkup dua Abstraksi dan Desain. Keterkaitan Bidang Ilmu Komputer Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang lain. menyatakan requirement (state requirements). bisa disimpulkan bahwa yang bergerak dalam masalah penelitian ilmu komputer akan banyak berhubungan dengan konsep Teori dan Abstraksi. melakukan pengetesan terhadap sistem (test the system) Penjabaran diatas. dan algoritmanya dalam perspektif perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). menyatakan spesifikasi (state specifications) 3.c. berhubungan dengan komputasi. . “Apa yang bisa diotomatisasikan secara efisien”. menganalisa. Ilmu informasi dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan basis data. Kita bisa simpulkan dari persamaan pemakaian terminologi dan hakekat makna dalam definisi yang digunakan para peneliti diatas.  Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan informasi.

dan data. Rekayasa Perangkat Lunak menekankan analisa. desain. maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware.  Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menulis program komputer. dan konstruksi dari perangkat lunak menggunakan alat-alat dan cara kerja yang baru. Komputer. Persepsi Yang Salah Tentang Ilmu Komputer Beberapa persepsi yang kurang tepat tentang Ilmu Komputer terangkum seperti :  Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang komputer. software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk . dan perawatan komputer. atau ilmu biologi adalah juga bukan ilmu yang hanya mempelajari tentang mikroskop. Ilmu Komputer bukanlah ilmu yang hanya mempelajari tentang komputer. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen.  Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang pengunaan aplikasiaplikasi komputer. 3.  Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa dan implementasi dari keamanan sistem informasi (termasuk kriptografi). seperti juga ilmu astronomi yang bukan ilmu tentang teleskop. desain.  Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisa. perangkat lunak. Sistem Komputer Perangkat komputer bisa difungsikan harus secara komprehensif (kompak dan bersama-sama) dalam melaksanakan tugasnya yaitu dalam mengolah data atau informasi. dan bukan ilmu itu sendiri. dan konstruksi dari perangkat keras komputer.  Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi. Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data agar menghasilkan suatu informasi. teleskop dan mikroskop adalah alat dari ilmu. instalasi.

software. Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa diraba atau dipegang. pengolahan data (processing). dan mengeluarkan hasil (output). Contoh : Sistem Operasi Windows dan Linux. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya. Tahap Pengolahan Data Sistem komputer dalam melakukan operasi pengolahan data terdiri dari tiga tahap dasar yaitu pemasukan data (input).kesatuan yang saling mendukung untuk bekerjasama. Untuk melangkah antara tahap satu ke tahap . Elemen-elemen Sistem Komputer a. Bahasa Program Pascal dan visual basic. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software.1. Jadi dapat disimpulkan bahwa definisi dari sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer (Hardware. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. Paket Microsoft Office. Gambar 1. dan lainnya. dan lain sebagainya. brainware) yang salin berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan. CPU. Keyboard. Contoh : Monitor. demikian juga sebaliknya. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.

dengan menggunakan operasi atau perintah tertentu berupa perangkat lunak (software) pada komputer.3. process devices.2. Teknologi Informasi Hal lain yang berhubungan dengan istilah komputer diantaranya adalah Teknologi Informasi. namun sudah menjadi definisi umum bahwa istilah . Jadi pada dasarnya perangkat keras (hardware) komputer dibagi menjadi 3 perangkat utama yaitu input device. dan output devices (pembahasan lebih lengkap pada bab selanjutnya). Tahap Pengolahan Data Dasar Tahap yang terjadi adalah data yang telah didapatkan dan dikumpulkan selanjutnya dimasukkan oleh pemakai atau pengguna (brainware) pada perangkat input (input devices). seperti terlihat pada gambar dibawah ini : Gambar 1. Tahap pengembangan dari pengolahan data dasar diatas yaitu ditambah dengan perangkat penyimpan data atau informasi (storage devices). Gambar 1. Siklus Pengolahan Data yang Dikembangkan b. dan dibentuk dengan model siklus pengolahan data (data processing cycle). kemudian dengan metode tertentu data yang di-input-kan diolah atau diproses oleh perangkat proses (process devices) dan selanjutnya dihasilkan informasi oleh perangkat keluaran (output devices). harus diperintahkan atau dikendalikan oleh pemakai atau pengguna (brainware).berikutnya pada perangkat keras yang digunakan (hardware).

. Ada banyak definisi dari Information Technology atau Teknologi Informasi.teknologi informasi identik dengan komputer. together with communications equipment. pengembangan software komputer dan berbagai pelayanan komputer yang berhubungan. TI memang secara lebih mudah dipahami secara umum sebagai pengolahan informasi yang berbasis pada teknologi komputer yang saat ini teknologinya terus berkembang sehubungan perkembangan teknologi lain yang dapat dikoneksikan dengan komputer itu sendiri. (Industri Teknologi Informasi didefinisikan sebagai pengembangan teknologi dan aplikasi dari komputer dan teknologi komunikasi dasar untuk pengolahan (proses). presenting and managing data and information. Sebenarnya Istilah TI (Teknologi Informasi) atau IT (Information Technology) yang populer saat ini adalah bagian dari mata rantai panjang dari perkembangan istilah dalam dunia SI (Sistem Informasi) atau IS (Information System). komponen manufaktur dan pelayanan). Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke 2. component manufacturing and services. penyajian dan mengelola data dan informasi. The Information Technology Industry is defined as technology development and application of computers and communications-based technologies for processing. bersama-sama dengan perlengkapan komunikasi. dan bisa termasuk didalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha. mendefinisikan Teknologi Informasi adalah hardware dan software. Istilah TI memang lebih merujuk pada teknologi yang digunakan dalam menyampaikan maupun mengolah informasi. Berikut ini adalah salah satu definisi dari Information Technology yang diambil dari “Information Technology Training Package ICA99” yang diterbitkan oleh Australian National Training Authority (ANTA). Ini termasuk diantaranya perangkat keras (hardware) komputer dan komponen manufaktur. namun pada dasarnya masih merupakan bagian dari sebuah sistem informasi itu sendiri. computer software development and various computer related services. This includes computer hardware and component manufacturing. Sering nama IT merupakan bagian dari kegiatan usaha yang memanfaatkan perangkat elektronik komputer.

Data merupakan obyek yang belum dan akan dilakukan pengolahan yang sifatnya masih “mentah”. Informasi yang bisa dilakukan tidak hanya sekedar informasi suara atau gambar. Bahkan untuk pendidikan di kota-kota besar komputer sudah diperkenalkan sejak anak-anak masuk taman kanak-kanak atau play group untuk bermain atau games. a. memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan programprogram penyelesaian problem-problem ilmiah. Bidang Pendidikan Pada dunia pendidikan termasuk di Indonesia. dimana era ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Informasi yang perangkat utamanya adalah komputer. informatif dan efisien. akurat. Sedangkan Informasi adalah data yang telah 4. Pengolahan data dengan komputer tersebut juga dikenal dengan istilah Pengolahan data Elektronik (PDE) / Electronic Data Processing (EDP). Kita dapat memanfaatkan komputer dengan beragam cara mulai sebagai alat bantu menulis. memutar video. mengendalikan mesin industri. yang didefinisikan sebagai proses manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berguna berupa informasi dengan menggunakan komputer.Jadi pada intinya istilah Teknologi Informasi (Information Technology /IT) adalah teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat. Tujuan penggunaan komputer adalah agar setiap data yang diolah dapat dihasilkan informasi yang cepat. namun informasi yang disajikan bisa bersifat multimedia. Manfaat Kumputer Banyak kalangan yang berpendapat bahwa saat ini adalah era informasi global. mengedit foto. Selain diigunakan sebagai alat bantu untuk . komputer sudah diperkenalkan dan digunakan pada sekolah-sekolah dari pendidikan dasar sampai tingkat perguruan tinggi. bisinis. menggambar. bahkan mengendalikan pesawat ruang angkasa.

CAD (Computer Aided Design). dan sebagainya. Selain itu banyak peralatan laboratorium yang dilengkapi dengan komputer sehingga alat tersebut dapat bekerja lebih teliti dan presisi. juga bisa bersifat audiovisual untuk memudahkan proses pembelajaran itu sendiri. bahkan antar benua yaitu dengan metode teleconference. Komputer juga dugunakan untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran. dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction). penjadwalan. CAM (Computer Aided Manufacture). Sebagai TOOL. Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE (Computer Based Education). seperti pengolahan data nilai siswa. komputer menjadi alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran berintergrasikan komputer. peranan komputer dalam pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu TUTOR. misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan. Komputer juga memberi kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran secara efektif dan efisien yaitu dengan adanya perpustakaan elektronik (e-library). dan bisa digunakan sebagai simulasi. serta dapat mengatasi kendala hambatan indra manusia. Menurut pendapat Robert Taylor . komputer telah dipergunakan untuk mengontrol mesinmesin produksi dengan ketepatan tinggi. komputer berperanan sebagai pengajar melalui pendekatan pengajaran berbantukan komputer. Saat ini dengan adanya jaringan global bidang teknologi informasi. pulau. komputer juga bisa digunakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh.pembelajaran yang interaktif. yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik. Sebagai TUTEE komputer berperanan sebagai alat yang diajar. Bidang Industri dan Manufaktur Di bidang industri. misal sebuah mesin serba guna dalam industri metal sehingga dapat kita jumpai . TOOL dan TUTEE. b. beasiswa. Sebagai TUTOR. antar daerah.

dan sebagainya. SIM diterapkan pada semua tingkat atau level manajemen yang ada yaitu manajemen tingkat atas(top management). periodik. dan manajemen tingkat bawah (lower managementi). menengah. manajemen tingkat menengah (middle management). merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar. . Contohnya tangan robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip pada motherboard komputer. Di perusahaan dagang seperti department store.berbagai produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual. bahkan perusahaan kecil. c. inventori dan sebagainya. misalnya melakukan pewarnaan. Pada perusahaan jasa seperti perbankan komputer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis. dan sebagainnya. Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. membuat border. maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer. Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information system (MIS). transaksi on-line. ATM. untuk scanning barcode kode barang dagangan. Bidang Bisnis dan Perbankan Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin. telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat. menghitung rugi laba.

Bidang Penerbangan dan Kemiliteran Di bidang penerbangan dan luar angkasa komputer digunakan untuk mengontrol kendali pesawat menggantikan pilot. melakukan analisa keuangan. dan kecepatan. misalnya membuat model reaktor nuklir. Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan Komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang sulit dan membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. apotik dan bermacammacam usaha kecil lainnya. dan sebagainya. e. keadaan angin. Usaha Kecil dan Menengah (UKM).Komputer juga banyak digunakan untuk proses akuntansi. membuat model-model atom dan molekul. rugi laba. Ini biasanya digunakan untuk keperluan penelitian dan riset. dan sebagainya. bahan bakar. Komputer juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet. Dalam bidang bioteknologi. Bahkan ada beberapa software yang secara khusus disediakan untuk operasi akuntansi. Komputer juga bisa digunakan untuk bidang ilmu pengetahuan alam misalnya mempelajari keadaan struktur tanah. . Di bidang perhotelan komputer digunakan untuk menentukan jumlah dan jenis kamar yang telah terisi dan masih kosong. Pada bidang teknik sipil komputer digunakan untuk menghitung presisi dan kekuatan kunstruksi bangunan. Bahkan saat ini sudah masyarakat untuk penjualan pertokoan kecil. neraca. bidang arsitektur komputer digunakan untuk mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga dimensi. menghitung ketinggian pesawat. d. mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin. peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril. Para ahli biasanya akan mengadakan simulasi dengan komputer sebelum menguji coba sesungguhnya dari hasil temuannya. cuaca.

Sedangkan untuk yang bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstructor). yaitu teknik mendiagnosa dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen. Sistem CAT (Computerized Axial Tomography) untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. dan melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia militer. Komputer digunakan untuk mendiagnosa penyakit. Rehovot.8% itu. Ehud Shapiro beserta timnya dari Institut Sains Weizmann. Israel.Dibidang militer komputer digunakan untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali. yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat. dapat dikemas dalam setetes larutan. Saat ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA. f. menemukan obat yang tepat. SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography). Bidang Kedokteran Di bidang kedokteran komputer sangat berperan untuk menolong jiwa manusia. Oleh karena itu triliunan mesin-mesin biomolekul-yang bekerja dengan ketepatan lebih dari 99. Komponen penyusun komputer DNA adalah materi genetik yang diketahui urutan basanya. dan riset bidang kedokteran. yaitu melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh. Bentuk lain adalah PET (Position Emission Tomography) juga merupakan sistem komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif. Komputer DNA-menggunakan untai nukleotida sebagai masukan data. menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat. telah membuat komputer DNA ultrakecil yang mampu mendiagnosis dan mengobati kanker tertentu. Seperti diketahui bahwa urutan gen secara intrinsik mempunyai kemampuan inheren untuk mengolah informasi layaknya komputer. Selain itu NMR (Nuclear Magnetic Resonance). untuk melakukan simulasi peperangan. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam. merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif untuk mendeteksi partikelpartikel tubuh yang ditampilkan dalam bentu gambar. dan molekul biologi aktif sebagai luaran data- .

sidik jari. g. nama samaran. misalnya mendeteksi pelanggaran lalu lintas. menyediakan informasi tentang orang-orang yang pernah terlibat kejahatan berupa data pribadi. Mesin ini bahkan mampu mengerjakan soal-soal matematika. bahkan untuk bermain musik. MOTION (Metropolitan Orleans Total Information Online Network). CATCH (Computer-Assisted Terminal Criminal Hunt). ARJIS (Automated Reginal Justice Information System). yang dapat memberikan informasi mengenai masalah-masalah kriminalitas mana yang paling penting dan dapat memberikan informasi mengenai bukti-bukti dari tertuduh untuk dibawa ke pengadilan. melakukan sidik jari. settting. dan foto dari berbagai sudut. menyediakan informasi sidik jari dan tingkah laku pelaku kriminal. Polisi dapat mempelajari fakta dan mengambil kesimpulan dengan cepat dan tepat. Namun banyak yang digunakan untuk bidang entertainment dan permainan (games). dan sebagainya. menyediakan informasi mengenai deskripsi secara mendetail dari orang-orang yang dicurigai dan akan tampil di layer komputer. periklanan. Bidang Entertainment dan Games Saat ini komputer tidak saja digunakan pada bidang-bidang pekerjaaan dan penelitaian saja.dapat menghasilkan sistem kendali logis dari proses-proses biologi. Bidang entertainment misalnya untuk pembuatan animasi. Di bidang Permainan komputer bisa . Sistem komputer lain yang digunakan untuk bidang kriminalitas adalah : PROMIS (Prosecutor-Offender management Information System). h. yaitu sistem pendukung keputusan bidang kriminalitas. Bidang Kriminalitas Komputer dapat digunakan untuk Crime analaisis Support system.

pooling. rasanya manusia yang menggunakan internet seolah bisa “menggengam dunia”. video.digunakan untuk permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang menarik dan memberikan special efect. Atau kita bermain dengan lawan dari komputer itu sendiri. . dan sebagainya. Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet) Dengan adanya komunikasi jaringan global pada komputer yang biasa disebut dengan internet (inter networking) saat ini. video. informasi berita. tiket pesawat. periklanan. suara. misalnya bermain catur dan kartu. Bahkan kita dapat bermain dengan teman dalam satu komputer. Dengan internet manusia bisa melakukan komunikasi data teks. belanja atau pembayaran on-line. gambar. musik. pesan kamar hotel. memutar radio. bermain games.saling menukar informasi dan data (mail). chatting. buku dan perpustakaan. dan bahkan merusak komputer orang lain dari jarak jauh. sekolah. Segala sesuatu yang dibutuhkan tersedia pada internet baik yang gratis maupun membayar. i. bahkan komunikasi audiovisual secara langsung. kencan dan perjodohan. Pengguna internet bisa mencari informasi apa saja yang dibutuhkan misalnya . konsultasi dan Tanya jawab.

menggambar. sebuah mikroprosesor dapat di produksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. misalnya bermain catur dan kartu. Kita dapat memanfaatkan komputer dengan beragam cara mulai sebagai alat bantu menulis. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang. Tidak lama kemudian. Saat ini komputer tidak saja digunakan pada bidang-bidang pekerjaaan dan penelitaian saja. Komputer bukan lagi alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik abacus.BAB III: PENUTUP Sekarang komputer bukanlah suatu benda yang sulit untuk di dapat. bisinis. mengendalikan mesin industri. periklanan. Bahkan kita dapat bermain dengan teman dalam satu komputer. bahkan untuk bermain musik. Di bidang Permainan komputer bisa digunakan untuk permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang menarik dan memberikan special efect. Namun banyak yang digunakan untuk bidang entertainment dan permainan (games). oven dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor. settting. memutar video. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaanperusahaan besar atau lembaga pemerintah. mengedit foto. memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan programprogram penyelesaian problem-problem ilmiah. setiap perangkat rumah tangga seperti televisi. Sekarang. . Bidang entertainment misalnya untuk pembuatan animasi. Atau kita bermain dengan lawan dari komputer itu sendiri.orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. bahkan mengendalikan pesawat ruang angkasa.

wikipedia.DAFTAR PUSTAKA 1. Ajimedia. www.com 2.com . www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful