Tentang Koperasi dan 10 contoh soal

Sejarah Perkembangan Koperasi Sejarah Lahirnya Koperasi Koperasi umum nya berkembang dan pertama kali lahir di Inggris, bertempat di kota yang bernama Rochdale pada tahun 1844. Dan muncul pada masa perkembangan kapitalisme dan sebagai akibat dari Revolusi Industri. Awalnya Koperasi Rochdale berdiri dengan usaha penyediaan barang-barang konsumsi untuk kebutuhan hidup sehari-hari, dan perkembangan Koperasi di Rochdale sangat mempengaruhi beberapa perkembangan gerakan koperasi khususnya di Inggris maupun di luar Inggris. Pada tahun 1876, Koperasi ini telah melakukan beberapa ekspansi usaha di bidang Transportasi, Perbankan, dan Asuransi, dan pada tahun sebelumnya teah membuka usaha pada bidang penerbitan surat kabar dengan nama Cooperative News. Revolusi industri di Peranacis juga mendorong berdirinya Koperasi, dan mampu menyaingi Koperasi Inggris yang di pelopori oleh Charles Fourier dan Louis Blanc pada tahun 1772-1837 yang bertujuan untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat. Sejarah Berkembangnya Koperasi Di Indonesia Menurut Sukoco yang di tuangkan bukunya yang berjudul “ Seratus Tahun Koperasi di Indonesia ”, badan hukun koperasi Indonesia yaitu di Leuwiliang yang didirikan pada tanggal 16 Desember 1895. Dan pada tahun itu pun, Raden Ngabei Ariawiriaatmadja dan Patih Purwokerto beserta kawan-kawannya telah mendirikan Bank Simpan-Pinjam untuk menolong sejawatnya para pegawai negeri pribumi, Bank Simpan-Pinjam tersebut bisa dikatakan semacam Tabungan. Alhasil kesimpulan dari Koperasi di Indonesia adalah untuk memperbaiki Prekonomian Rakyat. Konsep, Aliran, dan Sejarah Koperasi Konsep Koperasi Pada dasarnya Munkner dari University of Marburg, Jerman Barat membedakan konsep Koperasi menjadi dua bagian yaitu Konsep Koperasi Barat dan Konsep Koperasi Sosialis. Konsep Koperasi Barat Koperasi merupakan sebuah Organisasi Swasta, yang dibentuk secara sukarela oleh orang-orang yang mempunyai kesamaan kepentingan dengan maksud mengurusi

yaitu : • Aliran Yardstick Koperai dapat menjadi kekuatan untuk mengimbangi.kepentingan para anggotanya seta menciptakan sebuah keuntungan timbale balik antara anggota koperasi maupun Perusahaan Koperasi. yaitu : • • • Liberalisme/kapitalis Sosialisme Tidak termasuk liberalisme maupun sosialisme Aliran Koperasi Sedangkan Koperasi menurut Hubert Casselman di badi menjadi 3 aliran. di samping itu dapat juga menyatukan rakyat dan aliran ini banyak di jumpai di Negara-negara Eropa Timur dan Rusia. dan di bentuk dengan tujuan merasionalkan produksi dan untuk menunjang perencanaan nasional. yaitu dominasi campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan penganbangan koperasi Latar Belakang Timbulnya Aliran Koperasi Koperasi sangat berkaitan erat dengan factor ideology dan pandangan hidup ( way of life ) secara garis besar ideology Negara-negara di dunia ini dibedakan menjadi 3 bagian. Konsep Koperasi Negara Berkembang Munkner hanya membedakan Koperasi berdasarkan dengan Konsep Barat dan Konsep Sosialis. Konsep Koperasi Sosialis Koperasi ini direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah. • Aliran persemakmuran ( Commonwealth ) . menetralisme dan mengoreksi berbagai keburukan yang di timbulkan oleh sistem kapitalis • Aliran sosialis Koperasi di pandang sebagai alat yang paling efektif untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. mengacu kepada kedua konsep tersebut. namun koperasinya sudah berkembang dengan cirri tersendirinya. Sementara di Negara ketiga.

Apakah judul buku yang di tulis oleh Sukoco ? a) b) c) d) Seratus Tahun Koperasi di Indonesia Laskar Pelangi Cinta Harry Potter 3. Yaitu : • • • • Cooperatives Commonwealth School The Socialis School School of Modified Capitalism Cooperative Sector School Soal 1. Siapakah pelopor berdirinya Koperasi di Perancis . Dimana dan pada tahun berapa berkembangya Koperasi di Inggris a) b) c) d) Rochdale ( 1844 ) Rochdale ( 1989 ) Berlin ( 1787 ) London (1878 ) 2.Koperasi dipandang sebagai alat yang lebih efesien dan efektif dalam meningkatkan kualitas ekonomi pada masyarakat dan hubungan pemerintah dengan Koperasi bersifat kemitraan ( partnership ) Menurut E. Badan hukun Koperasi didirikan pada ? a) b) c) d) 16 Desember 1895 23 Desember 2003 18 Juli 1989 12 Januari 1789 4.D Damanik koperasi di kelompokan menjadi 4 aliran Schools of Cooperatives yang berdasarkan peranan dan fungsinya dalam konstelasi perekonomian Negara.

Menurut Munkner Konsep Koperasi terbagi menjadi 2. yaitu ? a) b) c) d) Konsep Koperasi Barat dan Konsep Koperasi Sosialis Konsep Koperasi Timur dan Konsep Koperasi Terpimpin Konsep Koperasi Asia Tenggara dan Konsep Koperasi Terpilih Konsep Koperasi Barat dan Konsep Koperasi Ketimuran 8. Siapakah pendiri Bank Simpan-Pinjam untuk menolong sejawatnya para pegawai negeri pribumi di di Indonesia ? a) b) c) d) Noordin dan Urwah Ibrohin dan soewarno Raden Ngabei Ariawiriaatmadja dan Patih Purwokerto Ressa dan Abi noto 7. Menurut Hubert Casselman Koperasi dengan aliran Sosialis banyak di temuakan di ? a) b) c) d) China Eropa Timur dan Rusia Indonesia Jepang 6. Koperasi yang di dominasi campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan penganbangan koperasi adalah konsep dari koperasi ? a) b) Negarawan Sosialistis .a) b) c) d) Charles Fourier dan Louis Blanc Noo dan Blanc Sukoco Ferdinand 5.

Koperai dapat menjadi kekuatan untuk mengimbangi. menetralisme dan mengoreksi berbagai keburukan yang di timbulkan oleh sistem kapitalis adalah aliran ? a) b) c) d) Aliran Yardstick Aliran Sosialistik Aliran Kebaratan Aliran Ketimuran 10.c) d) Negara Berkembang Barat 9. Apakah Universitas Munkner ? a) b) c) d) University of Indonesia University of London University of Marburg University of Pakistan .

Organisasi Koperasi D. Mengelola koperasi dan usahanya B. budget dan belanja koperasi C. Anggota Koperasi 2. Mengajukan laporan keuangan & pertanggung jawaban E. Koperasi bertugas untuk menunjang kebutuhan para anggotanya (penyediaan barang dan jasa) Bobot 2. Mengajukan laporan keungan & pertanggung jawaban . Mewakili koperasi di dalam & luar pengadilan D.Yang bukan identifikasi cirri khusus dalam bentuk organisasi Ropke adalah ? A. Mudah 2 1. Kumpulan sejumlah individu dengan tujuan yang sama (kelompok koperasi) B.tugas soal ekonomi koperasi bab 3 organisasi & manajemen koperasi By 456vbn SOAL EKONOMI KOPERASI BAB 3 ORGANISASI & MANAJEMEN Bobot 1. Mengajukan rancangan rencana kerja. Mewakili koperasi di dalam & luar pengadilan 4. Menyelenggaraan rapat anggota D. Kelompok usaha E. Menyelenggaraan rapat anggota C. Suatu system social ekonomi atau social tehnik yang terbuka fdan berorientasi pada tujuan C. Sejumlah Individu C.Yang bukan tugas dari pengurus koperasi adalah ? A. Pemanfaatan koperasi secara bersama oleh anggota (perusahaan koperasi) E. Kelompok usaha untuk perbaikan kondisi social ekonomi (swadaya kelompok koperasi) D.Yang merupakan wewenang dari seorang pengurus adalah ? A. Maintenance daftar anggota dan pengurus E. sedang 3 3.Yang merupakan salah satu sub sistem koperasi. Dalam Hanel adalah ? A. Mengelola koperasi dan usahanya B. Individu B.

Mengemukakan pendapat / saran dalam rapat 9. Bertanggung jawab atas kewajiban B. Menerima bagian dari SHU 10. Rapat Manajer D. landasan dan sendi koperasi B. Sulit 5 6.Rapat anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi dan rapat anggota dihadiri oleh anggota yang pelaksanaannya diatur dalam anggaran dasar. landasan dan sendi koperasi D. 17 D.5. Rapat menteri E. Rapat Pengurus C. 20 E. Aktif dalam proses usaha koperasi E. Aktif dalam perkoperasian C. Mengamalkan asas. 22 C. Menerima bagian dari SHU E. Menghadiri dan aktif dalam rapat anggota C. 18 8.Yang merupakan salah satu hak para anggota adalah ? A. Memenuhi syarat kenggotaan koperasi Bobot 3. Mengamalkan asas. kecuali ? . Mendapatkan pelayanan yang sama C. 21 B. Tidak lagi memenuhi syarat keanggotaan koperasi E. Mengembangkan usaha koperasi D. Menghadiri RAT B. Rapat Anggota B.Yang merupakan tugas dari seorang pengurus koperasi.Yang merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi adalah ? A.Yang merupakan salah satu kewajiban para anggota adalah ? A. Rapat pendiri koperasi 7.Yang merupakan salah satu factor penyebab kita dikeluarkan dari keanggotaan koperasi oleh seorang pengurus adalah ? A.kedua pernyataan diatas di atur dalam UU.No 25 Tahun 1992 pasal A. Melunasi simpanan yang telah ditentukan D.

E 10.Sebutkan sub system dalam bentuk organisasi Ropke ! – Anggota Koperasi . Mengajukan rencana kerja serta APB koperasi C. Mengelola koperasidan usahanya B. 2. C 9. Memelihara buku daftar anggota dan pengurus KUNCI JAWABAN Bobot 1. E 4.Memutuskan penerimaan atau penolakan anggota baru serta pemberhentian anggota sesuai dengan ketentuan dalam anggaran dasar . A 2.Melakukan tindakan dan uapaya bagi kepentingan dan kemanfaatan koperasi .Badan usaha koperasi – Organisasi Koperasi 3. A 7. B 8. C 5. sedang 3 3.A.Sebutkan wewenamg dari seorang pengurus koperasi ! .Mewakili koperasi di dalam maupun di luar pengadilan . Mudah 2 1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengelola (manajer) koperasi ! Mereka yang diangkat dan diperhentikan oleh pengurus untuk mengembangkan koperasi secara efisien dan professional. Sulit 5 6. B Bobot 2. Mewakili koperasi di dalam maupun di luar pengadilan E. D Bobot 3. D ESSAY 5 1. Menyelenggarakan rapat anggota D.

4.Sebutkan isi pasal 29 ayat 2 UU No.25 Tahun 1992 ! “Pengurus merupakan pemegang kuasa rapat anggota.Sebutkan isi pasal 32 ayat 1 UU No. . 5.25 Tahun 1992 ! “Pengurus koperasi dapat mengangkat pengelola yang diberi wewenang dan kuasa untuk mengelola usaha”.

SHU anggota dibayar secara tunai E. Yang merupakan pengertian SHU menurut pasal 45 ayat (1) UU No. UK D. kecuali? A. maka semakin besar SHU yang akan diterima C. 25 / 1992. SHU yang di bagi adalah yang bersumber dari anggota B. Semakin besar transaksi (usaha dan modal) anggota dengan koperasinya. SHU Total koperasi pada satu tahun buku B. Sisa Hasil Usaha koperasi merupakan pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurangi biaya. SHU anggota adalah jasa dari modal dan transaksi usaha yang dilakukan anggota sendiri C. Jumlah simpanan per anggota E. Omzet atau Volume usaha per anggota 3. maka semakin besar SHU yang akan diterima E. PG 1. Yang merupakan informasi dasar.tugas soal ekonomi koperasi bab 5 dan bab 6 Written by ROMY ADITYA on November 7. Bagian (persentase) SHU anggota D. kecuali? A. Beberapa informasi dasar dalam penghitungan SHU anggota diketahui sebagai berikut 2. JUA B. Volume Usaha Total (total transaksi koperasi) disingkat menjadi ? A. Besarnya pemupukan modal dana cadangan ditetapkan dalam Rapat Anggota D. 2009 – 5:01 pm TUGAS SOAL BAB 5 SISA HASIL USAHA & BAB 6 POLA MANAJEMEN KOPERASI. VA C. SHU Total koperasi pada satu tahun buku B. Semakin besar transaksi (usaha dan modal) anggota dengan koperasinya. kecuali? A. JMA C. Sisa Hasil Usaha per anggota disingkat menjadi ? A. SHU anggota dibayar secara berangsur 4. dan kewajiban lainnya termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan C. SA 5. Pembagian SHU anggota dilakukan secara transparan D. UK . SHU pa B. SHU pa E. Di bawah ini yang merupakan prinsip – prinsip pembagian SHU koperasi. penyusutan.

Jasa dari modal dan transaksi usaha yang dilakukan anggota 8. Yang merupakan pengertian dari SHU Total adalah ? A. UK D. kecuali ? A. Anggota B. Tergantung simpanan masing – masing anggota D. VA 7. Kegiatan ekonomi antara penjual dan pembeli C. JUA B. TMS B. Sa E. JMA C. Jasa Modal Anggota. Kegiaan ekonomi (jual beli barang atau jasa) B. Total nilai penjualan atau penerimaan dari barang atau jasa D. TMS 6. disingkat menjadi ? A. Nilai penjualan atau penerimaan dari barang atau jasa E. Pengurus C. E Well Paul Roy . Besarnya SHU yang diterima oleh anggota akan berbeda. SHU yang di bagi adalah yang bersumber dari anggota E. SHU anggota dibayar secara tunai B.D. Yang termasuk ke dalam prinsip – prinsip pembagian SHU koperasi. Semua jawaban benar 10. Manajer . Sa E. disngkat menjadi ? A. JUA D.PH. tergantung pada ? A. Sa C.D. Besarnya partisipasi modal dan transaksi anggota terhadap pembentukan pendapatan koperasi B. Yang termasuk 4 unsur (perngkat) manajemen koperasi menurut Prof. Jual – beli barang dan jasa . Transaksi usaha setiap anggota 9. SHU yang terdapat pada neraca atau laporan laba – rugi koperasi setelah pajak (profit after tax) E. antara anggota terhadap koperasi C. JMA E. adalah ? A. TMS 11. SHU anggota adalah jasa dari modal dan transaksi usaha yang dilakukan anggota sendiri D. Pembagian SHU anggota dilakukan secara transparan C. Modal sendiri total (simpanan anggota total).

Pendekatan Neo Klasik . Simbol 14. serta membuat laporan tertulis tentang pemeriksaan B. Pengurus 17. Orang – orang yang bekerja di garis depan adalah ? A. Pengawas D. termasuk organisasi. Anggota C. usaha – usaha dan pelaksanaan kebijaksanaan pengurus. disebut dengan ? A. pengawas koperasi B. Suatu proses perencanaan B. Rapat Anggota 12. Melakukan pemeriksaan terhadap tata kehidupan koperasi.D. Semua jawaban benar 13. kerajinan. Koperasi penyediaan alat pertanian. Manajer E. Membuat rencana kedepan sesuai dengan ruang lingkup dan wewenangnya. tugas di atas merupakan tugas dari seorang ? A. Tempat dimana suara – suara anggota berkumpul dan hanya diadakan pada waktu – waktu tertentu. serba usaha. Karyawan E. Pembagain SHU E. Anggota C. Pemberi nasihat D. Pusat pengambil keputusan tertinggi C. Pengurus koperasi D. Pengarahan D. Karyawan 16. Anggaran dasar B. Rapat anggota C. Pengawasan usaha – usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya – sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah dtetapkan E. dan industri pernyataan di atas termasuk dalam ? A. Rencana kerja D. Yang merupakan definisi manajemen koperasi menurut Stoner adalah ? A. Kebijaksanaan umum 15. Karyawan B. Yang bukan fungsi dari seorang pengurus adalah ? A. Manajer E. Pengawas atau orang yang dapat dipercaya E. Pengorganisasian C.

Anggota 20. Sebutkan 2 pengertian SHU.B. IS 19. Anggota E. Yang bukan perangkat organisasi koperasi menurut UU No 25 / 1992 adalah ? A. (min 4) ! • SHU Total • Transaksi Anggota . Self help E. * Semakin besar transaksi (usaha dan modal). Karyawan E. Sebutkan istilah – istilah informasi dasar dalam SHU. Pendekatan sosiologi C. penjaga berkesinambungannya organisasi. yang kamu ketahui. ICS C. CS E. Sistem hubungan antara unit – unit usaha anggota dengan koperasi yang berhubugan dengan pelaksanaan dari perusahaan koperasi untuk unit usaha anggota mengenai beberapa tugas perusahaan. maka semakin besar SHU yang akan diterima. Pusat pengambil keputusan teringgi. Dua pernyataan tersebut merupakan fungsi dari seorang ? A. CC D. 25 / 1992 ! * Besarnya pemupukan modal dana cadangan ditetapkan dalam rapat anggota. pernyataan di atas disebut dengan ? A. Pengurus C. anggota dengan koperasinya. 2. BCS B. menurut pasal 45 (1) UU. Pengawas B. Cooperative interprise combine 18. Pengawas D. Manajer D. Pengurus C. Profit after tax D. Rapat anggota B. Sebutkan beberapa informasi dasar dalam SHU ! • SHU Total koperasi pada satu tahun buku • Bagian (persentase) SHU anggota • Total simpanan seluruh anggota 3. Manajer ESSAY Bab 5 1.

Tuliskan tugas dari seorang pengawas ! Melakukan pemeriksaan terhadap tata kehidupan koperasi. Menurut Prof. A 2. termasuk organisasi. bertindak sebagai pemimpin dan mampu melaksanakan kerjasama dengan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi (to get things done by working with and trough people). serta membuat laporan tertulis tentang pemeriksaan. Tuliskan definisi manajemen koperasi menurut Stoner ! Suatu proses perencanaan. B .• Partisipasi Modal • Omzet atau Volume 4. Ph. 7. kunci jawaban 1. sering disebut juga ? ( Total Transaksi Anggota ) Bab 6 6. pengorganisasian. mengelola sumberdaya secara efisien. Tuliskan peranan dari seorang manajer ! Membuat rencana ke depan sesuai dengan ruang lingkup dan wewenangnya.sebutkan ke 4 unsur tersebut ! • Anggota • Pengurus • Manajer • Karyawan merupakan penghubung antara manajemen dan anggota pelanggan 8.mengatakan bahwa manajemen koperasi melibatkan 4 unsur (perangkat). Sebutkan prinsip – prinsip pembagian SHU koperasi ! • SHU yang di bagi adalah yang bersumber dari anggota • SHU anggota adalah jasa dari modal dan transaksi usaha yang dilakukan anggota sendiri • Pembagian SHU anggota dilakukan secara transparan • SHU anggota dibayar secara tunai 5. dan pengawasan usaha – usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya – sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Volume usaha anggota. pengarahan. 10. Ewell Paul Roy. memberikan perintah. usaha – usaha dan pelaksanaan kebijaksanaan pengurus. D. 9. Apa yang dimaksud dengan ICS ? Adalah hubungan antara orang – orang yang berperan aktif dalam unit usaha anggota dengan koperasi yang berjalan.

E . E 18. A 7. B 15. A 19. A 9. E 10. B 11. E 12. E 13.3. A 14. D 8. D 17. B 20. C 6. D 5. E 4. C 16.

2 C. yang bertugas mengelola organisasi dan usaha adalah…… A.1.yang di sebut perusahaan koperasi.Rangkuman soal Bab 3 BAB 3.1. A.merupakan salah satu ciri-ciri organisasi koperasi menurut……….Rapat anggota D. 1.Anggota yang bergabung dalam koperasi memanfaatkan koperasi secara bersama. ORGANISASI DAN MANAJEMEN KOPERASI Nama : Angga Sugiantara Kelas : 2 EA11 Npm : 10208138 Universitas Gunadarma PG.F Stoner C.2 dan 3 D.Perangkat organisasi koperasi yang di pilih melalui rapat anggota.Pemegang kuasa tertinggi dalam menetpkan kebijakan umum di bidang organisasi manajemen dan usaha koperasi adalah…… A.Pengawas D.. A.Pengurus C. melakukan pengawasn terhadap koperasi 5. 5 B.Anggota koperasi C.H Gopar 3.3 dan 5 6. Pengelola B.Sebagai badan usaha yang bertindak sebagai perusahaan yang melayani anggota maupun non anggota.pengertian dari…. tercantum pada pasal 39 ayat…… A.Pengawas bertugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan dan pengelolaan kepersai. Mewakili koperasi di dalam dan luar negeri 4.3 dan 4 B.Hanel D. A.James A.Pengurus C.3 D. Pengawas 4. 2. Pengelola 2. A. Organisasi koperasi . memelihara buku daftar anggota dan pengurus Yang merupakan tugas dari pengurus terdapat pada nomer…. 2. Menyelenggarakan rapat anggota 3. 1. Rapat anggota B. 1 5.2 dan 5 C. Ropke B. Mengelola koperasi dan usahanya 2.

Struktur dan tatanan manajemen koperasi indonesi dapat di anut berdasrkan perangkat organisasi koperasi.25 tahun 1992 menyebutkan bahwa Rapat Anggota menetapkan……. Mengawasi koperasi B.Badan usaha koperasi D. proses dan gaya. 4.B. 3.H Gopar D. Pengawas B. .Pengelola C. A. Rochdale B.Mereka yang di angkat dan berhentikan oleh pengurus untuk mengembangkan usaha koperasi secara efisien dan professional adalah tugas……. A.menelola koperasi C. Rapat anggota ESSAY.Sebutkan 3 tugas dari pengurus……. Ropke B. organisasi.F Stoner D.Organisasi sebagai alat untuk mencapai tujuan.Ropke C.. 2. 5.A.Dalam pasal 23 UU No.mewakili koprasi di luar negeri D. 1.H Gopar mengatak bahwa manajemen koperasi pada dasarnya dapat di telaah dari tga sudut pandang yaitu……. Pengurus koperasi 7.H Gopar 8.Manajemen koperasi pada dasarnya dapat di telaah dari tiga sudut pandang yaitu. Anggaran dasar 9. merupakan definisi dari…. A.James A.Hanel C. Schulze 10. yaitu…….Sebutkan sub-sub system koperasi…….Sebutkan kriteri organisasi koperasi…….A.. A.merupakan definisi dari…… A.Pengurus D.

A. 1. Ropke 3. pemanfaatan sumber daya 2. cara kerja. James A.B.Sebagai pengusaha perorangan maupun kelompok yg memanfaatkan koperasi sbg pemasok (supplier) .D. – Anggota koperasi sbg individu yg bertindak pemilik dan konsumen . Anggaran dasar 9.Jawaban. Organisasi koperasi 7.H Gopar 10. Organisasi 2. Menyelenggarakan rapat anggota 3.Koperasi sebagai badan usaha yang melayani anggota koperasi dan masyarakat 3.A.2 dan 5 6.B.A Pengelola ESSAY.C. 1.C.F Stoner 8. Pengurus 2.B. Gaya .Substansi. A. 1. 1. * Rapat anggota * Pengurus * Pengawas * Pengelola 5. 1 5. Mengelola koperasi da usahanya 2. 1. Memelihara buku daftar anggota dan pengurus 4. Rapat anggota 4. PG. Proses 3.D. hubungan terhadap lingkungan hidup.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful