ANALISIS BUTIR SOAL MENGGUNAKAN EXCEL

5 Januari 2010 Budisastro Tinggalkan komentar Go to comments

Kegiatan menganalisis butir soal merupakan salah satu ―kewajiban bagi setiap guru”. Dikatakan kewajiban karena setiap guru pada akhirnya harus dapat memberikan informasi kepada lembaganya ataupun kepada siswa itu sendiri tentang bagaimana dan sejauhmana penguasaan dan kemampuan yang telah dicapai siswa terhadap materi dan keterampilanketerampilan mengenai mata pelajaran yang telah diberikan. Sejalan dengan pengertian di atas maka evaluasi berfungsi sebagai alat untuk mengetahui tercapai tidaknya suatu tujuan pembelajaran, umpan balik bagi proses pembelajaran, sebagai dasar untuk menyusun laporan kemajuan belajar siswa, sebagai dasar merumuskan kriteria ketuntasan minimal dan untuk mengetahui sejauh mana kualitas butir soal yang disusun. Alat evaluasi yang berupa tes tertulis harus memiliki karakteristik atau syarat-syarat sebagai alat evaluasi yang baik, diantaranya harus memenuhi syarat validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitas serta sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan diukur. Adapun fungsi tes (Suharsimi, 1986:138) meliputi tiga hal, yaitu fungsi untuk kelas, fungsi untuk bimbingan dan fungsi untuk administrasi. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa nilai-nilai yang diperoleh siswa dari hasil ulangan umum masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya nilai tersebut kemungkinan adalah kualitas alat evaluasinya. Oleh karena itu menganalisis butir soal harus merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran yang tidak dapat ditinggalkan. Pada postingan ini akan dibahas mengenai analisis butir soal menggunakan Excel. Dengan melakukan Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Menggunakan Ms. Excel ini, akan diperoleh informasi sebagai berikut :
1. 2. 3. 4. 5. validitas suatu butir soal; tingkat kesukaran suatu butir soal; daya beda suatu butir soal; tingkat kesulitan siswa pada suatu konsep tertentu dan reliabilitas (tingkat keajegan) naskah soal.

Mengapa Excel?.
Kok bukan SPSS, SPS, Microsta, Anabut, Anates atau aplikasi lainnya khan lebih permanen dan bisa dipercaya? Halah kok bahasanya ganik-ganik nrithik seperti mau ujian saja. Metode Analisis Langkah-langkah yang ditempuh dalam analisis ini meliputi : pengumpulan data / lembar jawaban, koreksi, pemarkahan dan mengurutkan data serta menggolongkan data sesuai keperluan

Validitas Butir Soal Soal yang valid harus dapat mengukur apa yang akan diukur. cukup tabel hasil koreksi yang telah dibuat sebelumnya. Tingkat Kesukaran Untuk menentukan tingkat kesukaran suatu tes (Suharsimi. 1986:198)dapat digunakan rumus: keterangan : P = indeks kesukaran . Pada analisis ini menggunakan taraf signifikan 5%. 2. sebagai berikut: keterangan: rxy = koefisien korelasi Pearson antara variabel X dan variabel Y N = Jumlah responden X = skor nilai tes tiap-tiap butir Y = skor total Untuk mengerjakan hal ini excel dapat mengerjakan dengan cepat dan mudah. kandungan unsur-unsur dalam suatu zat menggunakan taraf signifikan 1%. Rumus yang digunakan adalah =PEARSON (data_hasil_ jawaban_siswa_pada_soal_no….analisis. Setelah didapat nilai (harga rxy). Jawaban yang benar diberi skor 1 dan jawaban salah diberi skor 0. data_ jumlah_jawaban).(pada postingan sebelum ini…red) Untuk penelitian sosial atau penelitian pendidikan. selanjutnya siswa/data diurutkan berdasarkan perolehan skor. Siswa yang memperoleh Skor tertinggi ditempatkan pada urutan paling atas. selanjutnya nilai tersebut kita bandingkan dengan konstanta/tetapan korelasi. Anda tidak perlu membuat tabel baru yang berisi kolom-kolom yang panjang dan banyak. Untuk mengetahui Validitas butir soal digunakan rumus product momment. Jika rxy  rxy tabel maka soal tersebut tidak Valid dan jika rxy hitung  rxy tabel. taraf signifikan yang digunakan adalah taraf signifikan 5%. Sedangkan pada penelitian ilmiah yang memerlukan validitas tinggi seperti ketepatan obat terhadap suatu penyakit. atau dapat membuat sendiri tabel korelasi momen produk dengan excel. skor terendah ditempatkan paling bawah. 1. artinya kebenaran atau dalam hal ini validitasnya mencapai 95%. Tetapan korelasi tersebut dapat diperoleh dari buku-buku serial statistik. maka soal tersebut valid.

JS = jumlah seluruh siswa peserta tes Untuk mengiterpretasikan tingkat kesukaran butir tes digunakan kriteria sebagai berikut: P antara 0.00–0. siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok.70 soal sedang. 3.B = banyaknya siswa yang menjawab soal itu dengan benar. Daya Beda Butir Soal Untuk membedakan antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai. dan P antara 0. P antara 0. Rumus yang digunakan adalah : keterangan: D = daya pembeda JA = banyaknya peserta kelompok atas JB = banyaknya peserta kelompok bawah BA = banyaknya peserta kelompok atas yang menjawab benar BB = banyaknya peserta kelompok bawah yang menjawab benar PA = BA / JA = proporsi peserta kelompok atas yang menjawab benar JB = BB / JB = proporsi kelompok bawah yang menjawab benar kriteria.20 : soal jelek 0. kelompok bawah 33% dan sisanya adalah kelompok tengah.70 : soal baik .30 — 0.00 — 0. jika D bernilai: 0.40–0.40 : soal sedang/cukup 0.20–0.70 — 1. yaitu kelompok atas 33%.30 soal sukar.00 soal mudah.

0 reliabilitas sangat tinggi 0.4 reliabilitas rendah 0.21 keterangan: r11 = koefisien reliabilitas tes secara keseluruhan n = banyaknya soal butir soal M = Mean atau rerata skor soal yang valid S = Simpangan baku Untuk menginterpretasikan besarnya r11 r11 : 0.8–1.6 reliabilitas cukup 0.8 reliabilitas tinggi 0.4–0.0–0.00 : soal baik sekali 4.0.6–0. Reliabilitas Suatu tes dapat dikatakan mempunyai taraf kepercayaan yang tinggi jika tes dapat memberikan hasil yang tetap.2 reliabilitas sangat jelek contoh hasil ulangan excel dapat diunduh di sini dan contoh pembuatan tabel produk momen dapat dilihat disini Postingan lain berkaitan dengan excel koreksi pilihan ganda dengan excel mencari hari lahir dan weton dengan excel ulangan harian mengirim jawaban ke hape guru diimpor/diekspor ke file excel persamaan parabola dengan excel .70–1.2–0. Rumus yang digunakan untuk menentukan reliabilitas pada tes obyektif adalah K-R. Jadi pengertian reliabilitas tes berhubungan dengan masalah ketetapan(keajegan) hasil.

'08 9:26 AM untuk Analisis soal dilakukan untuk mengetahui berfungsi tidaknya sebuah soal. dan bahasa.mencetak ukuran kertas folio (33x 21. karena terbukti terdapat beberapa kelemahan. Analisis bahasa dimaksudkan sebagai penelaahan soal yang berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar menurut EYD. Analisis konstruksi dimaksudkan sebagai penelaahan yang umumnya berkaitan dengan teknik penulisan soal. Analisis kualitatif lainnya dapat juga dikategorikan dari segi materi. . Analisis kualitatif sering pula dinamakan sebagai validitas logis (logical validity) yang dilakukan sebelum soal digunakan. yaitu apakah suatu soal (1) dapat diterima karena telah didukung oleh data statistic yang memadai. dan editorial. Analisis soal secara kuantitatif sering pula dinamakan sebagai validitas empiris (empirical validity) yang dilakukan untuk melihat lebih berfungsi tidaknya sebuah soal setelah soal itu diujicobakan kepada sampel yang representatif. isi. Analisis materi dimaksudkan sebagai penelaahan yang berkaitan dengan substansi keilmuan yang ditanyakan dalam soal serta tingkat kemampuan yang sesuai dengan soal. Analisis Kualitatif. Analisis secara isi dimaksudkan sebagai penelaahan khusus yang berkaitan dengan kelayakan pengetahuan yang ditanyakan. yaitu analisis kualitatif (qualitative control) dan analisis kuantitatif (quantitative control). (2) diperbaiki.5 cm) di excel(setting printer) kartu perpustakaan dengan excel Rate this: May 21. Analisis secara editorial dimaksudkan sebagai penelaahan yang khususnya berkaitan dengan keseluruhan format dan keajegan editorial dari soal yang satu ke soal yang lainnya. Analisis pada umumnya Analisis Butir Soal dilakukan melalui dua cara. Gunanya untuk melihat berfungsi tidaknya sebuah soal. Salah satu tujuan dilakukannya analisis adalah untuk meningkatkan kualitas soal. atau bahkan (3) tidak digunakan sama sekali karena terbukti secara empiris tidak berfungsi sama sekali. Yaitu berupa penelaahan yang dimaksudkan untuk menganalisis soal ditinjau dari segi teknis. Analisis secara teknis dimaksudkan sebagai penelaahan soal berdasarkan prinsip-prinsip pengukuran dan format penulisan soal. konstruksi.

Namun demikian. Kategori Tingkat Kesukaran Nilai p P < 0. tingkat kesukaran dapat dinyatakan melalui beberapa cara diantaranya (1) proporsi menjawab benar. Angka yang dapat memberikan petunjuk mengenai tingkat kesulitan item itu dikenal dengan istilah difficulty index (angka indeks kesukaran item). Ada beberapa alasan untuk menyatakan tingkat kesukaran soal. atau hal-hal lain yang berkaitan dengan kemampuan yang diukur oleh soal. apabila butir-butir item tersebut tidak terlalu sukar dan tidak pula terlalu mudah dengan kata lain derajat kesukaran item itu adalah sedang atau cukup. Analisis soal secara kuantitatif menekankan pada analisis karakteristik internal tes melalui data yang diperoleh secara empiris. kompleksitas. Secara umum. yaitu singkatan dari kata proportion (proporsi = proporsa). Butirbutir item tes hasil belajar dapat dinyatakan sebagai butir-butir item yang baik. yaitu jumlah peserta tes yang menjawab benar pada butir soal yang dianalisis dibandingkan dengan jumlah peserta tes seluruhnya merupakan tingkat kesukaran yang paling umum digunakan. Intinya.3 0.7 Tindak Lanjut Hasil Analisis Sukar Sedang Mudah Kategori .3 ≤ p ≤ 0. (3) indeks Davis. akan sulit menentukan mengapa sebuah soal lebih sukar dibandingkan dengan soal yang lain. yang dalam dunia evaluasi hasil belajar umumnya dilambangkan dengan huruf P.Analisis Kuantitatif. dua tambahan parameter yaitu dilihat dari peluang untuk menebak atau menjawab soal dengan benar dan berfungsi tidaknya pilihan jawaban.7 P > 0. menurut teori klasik. Digunakan untuk mengetahui sejauh mana soal dapat membedakan antara peserta tes yang kemampuannya tinggi dalam hal yang didefinisikan oleh kriteria dengan peserta tes yang kemampuannya rendah (melalui analisis statistik). Karakteristik internal secara kuantitatif dimaksudkan meliputi parameter soal tingkat kesukaran. dan (4) skala bivariat. Khusus soal-soal pilihan ganda. (2) skala kesukaran linear. Proporsi jawaban benar (p). dan reliabilitas. bermutu atau tidaknya butir-butir item tes hasil belajar pertama-tama dapat diketahui dari derajat kesukaran atau taraf kesukaran yang dimiliki oleh masing-masing butir item tersebut. yaitu penyebaran semua alternatif jawaban dari subyek-subyek yang dites. ketika kita mengkaji lebih mendalam terhadap tingkat kesukaran soal. Bisa saja tingkat kesukaran soal ditentukan oleh kedalaman soal. Tingkat Kesukaran. daya pembeda.

butir-butir item tersebut dikeluarkan lagi dalam tes hasil belajar yang akan datang. butir-butir yang terlalu sulit dapat digunakan kembali dalam tes (terutama tes seleksi) yang sifatnya sangat ketat. apakah kalimat soalnya kurang jelas. apakah kalimat soalnya kurang jelas. Butir item ini dapat dikeluarkan lagi dalam tes-tes hasil belajar pada waktu-waktu yang akan datang 1. butir-butir item tersebut dikeluarkan lagi dalam tes hasil belajar yang akan datang. dan ditelusuri sehingga dapat diketahui faktor yang menyebabkan butir item yang bersangkutan sulit dijawab oleh testee. Tindak Lanjut butir item dibuang atau didrop dan tidak dikeluarkan lagi dalam tes-tes hasil belajar yang akan datang diteliti ulang. apakah petunjuk cara Sukar Sedang Mudah mengerjakan solnya sulit dipahami. dan ditelusuri sehingga dapat diketahui faktor yang menyebabkan butir item yang bersangkutan sulit dijawab oleh testee. Salah satu tujuan analisis kuantitatif soal adalah untuk menentukan dapat tidaknya suatu soal membedakan kelompok dalam aspek yang diukur sesuai dengan perbedaan yang ada .Interpretasi Item 1. ataukah dalam soal tersebut terdapat istilah-istilah yang tidak jelas. 3. Setelah dilakukan perbaikan. 2. butir-butir yang terlalu sulit dapat digunakan kembali dalam tes (terutama tes seleksi) yang sifatnya longgar. 3. dilacak. apakah petunjuk cara mengerjakan soalnya sulit dipahami. ataukah dalam soal tersebut terdapat istilah-istilah yang tidak jelas. dsb. butir item dibuang atau didrop dan tidak dikeluarkan lagi dalam tes-tes hasil belajar yang akan datang diteliti ulang. Setelah dilakukan perbaikan. Daya Pembeda. dilacak. dsb. 2.

dianggap tidak memiliki daya pembeda Butir item yang bersangkutan telah 0. Indeks Dsikriminasi Item (D) Klasifikasi Interpretasi Butir item yang bersangkutan daya < 0.40 – 0. atau yang sering dikenal dengan istilah option atau alternatif. Indeks yang digunakan dalam membedakan antara peserta tes yang berkemampuan rendah adalah indeks daya pembeda (item discrimination). Indeks diskriminasi item umumnya diberi lambang dengan huruf D (singkatan dari discriminatory power).70 – 1.40 Satisfactory memiliki daya pembeda yang cukup (sedang) Butir item yang bersangkutan telah memiliki daya pembeda yang baik Butir item yang bersangkutan telah memiliki daya pembeda yang baik sekali Butir item yang bersangkutan daya pembedanya negative sekali (jelek sekali) 0.dalam kelompok itu. Tanda negatif menunjukkan bahwa peserta tes yang kemampuannya rendah dapat menjawab benar sedangkan peserta tes yang kemampuannya tinggi menjawab salah.20 – 0. Indeks daya pembeda soal-soal yang ditetapkan dari selisih proporsi yang menjawab dari masing-masing kelompok.20 Poor pembedanya yang baik lemah sekali (jelek).00 Bertanda negatif (-) Good Excellent - Fungsi Distraktor. Angka yang menunjukkan besarnya daya pembeda berkisar antara -1 sampai dengan +1. Dengan demikian soal indeks daya pembedanya negatif menunjukkan terbaliknya kualitas peserta. Indeks ini menunjukkan kesesuaian antara fungsi soal dengan fungsi tes secara keseluruhan. Dengan demikian validitas soal ini sama dengan daya pembeda soal yaitu daya dalam membedakan antara peserta tes yang berkemampuan tinggi dengan peserta tes yang berkemampuan rendah. Pada saat membicarakan tes objektif bentuk multiple choice item tersebut untuk setiap butir item yang dikeluarkan dalam tes hasil belajar telah dilengkapi dengan beberapa kemungkinan jawab.70 0. .

Pernyataan blangko ini sering dikenal dengan istilah omiet dan biasa diberi lambang dengan huruf O. Reliabilitas. Faktor yang Mempengaruhi Reliabilitas Skor Karakteristik umum yang permanen peserta tes 1 a. 2 kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam menghadapi tes kemampuan umum untuk memahami petunjuk tes kemampuan peserta didik yang berkaitan dengan atribut yang diukur dalam sebuah tes b. Berikut adalah faktor yang mempengaruhi perolehan skor peserta didik (Thorndike) yang berakibat pada ketidakajegan terhadap skor. Sebagai tindak lanjut atas hasil penganalisaan terhadap fungsi distraktor tersebut maka distraktor yang sudah dapat menjalankan fungsinya dengan baik dapat dipakai lagi pada tes-tes yang akan datang. testee menyatakan “blangko”. pengetahuan dan kemampuan khusus yang berkaitan dengan soal c. Dengan kata lain. Adapun yang dimaksud dengan pola penyebaran jawaban item adalah suatu pola yang dapat menggambarkan bagaimana testee menentukan pilihan jawabnya terhadap kemungkinankemungkinan jawab yang telah dipasangkan pada setiap butir item. dan dari kemungkinankemungkinan jawaban yang terpasang pada setiap butir item itu. keajegan respon peserta didik terhadap pilihan jawaban (misalnya mereka cenderung memberi jawaban A dari 4 alternatif yang disediakan b. sama sekali tidak dipilih oleh testee. Keajegan dan ketidakajegan skor tes merupakan fokus dari pengkajian tentang reliabilitas. Distraktor dinyatakan telah dapat menjalankan fungsinya dengan baik apabila distraktor tersebut sekurang-kurangnya sudah dipilih oleh 5 % dari seluruh peserta tes. yaitu bahwa dari keseluruhan alternatif yang dipasang pada butir item tertentu.Option atau alternatif itu jumlahnya berkisar antara 3 sampai dengan 5 buah. yaitu : menganalisis pola penyebaran jawaban item. sedangkan distraktor yang belum dapat berfungsi dengan baik sebaiknya diperbaiki atau diganti dengan distraktor yang lain. Suatu kemungkinan dapat terjadi. a. Menganalisis fungsi distraktor sering dikenal dengan istilah lain. salah satu diantaranya adalah merupakan jawaban betul (kunci jawaban). Jawaban-jawaban salah itulah yang biasa dikenal dengan istilah distractor (pengecoh). c. sedangkan sisanya adalah merupakan jawaban salah. kemampuan umum dan teknik yang digunakan ketika mengambil tes Karakteristik khusus yang permanent peserta tes .

fluktuasi ingatan yang dimiliki peserta didik b. cahaya. bebas dari gangguan. 4 c. c. kesehatan motivasi kemampuan umum dan teknik yang digunakan ketika mengambil tes pemahaman mekanisme tes faktor panas. e. hal-hal yang berkaitan dengan perhatian dan keakuratan Faktor penyelenggaraan 5 a. kelelahan 3 d. mengingat soal yang telah dilihatnya http://lussysf. c. pengetahuan dan kemampuan khusus yang berkaitan dengan soal Karakteristik umum yang temporer seperti : a. pengawasan Faktor yang tidak pernah diperhitungkan b.com/journal/item/114 UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS . waktu. ventilasi. gangguan emosi Karakteristik khusus yang temporer seperti : Khusus yang berkaitan dengan tes secara keseluruhan a.multiply. f.atau cenderung memilih B dari soal benar salah yang disajikan) Khusus yang berkaitan dengan soal a. 6 a. dan petunjuk yang jelas penskoran keberuntungan karena faktor menebak b. pengetahuan khusus yang berkaitan dengan fakta atau konsep khusus b. g. kebiasaan menghadapi sebuah tes Khusus yang berkaitan dengan soal a. trik atau teknik-teknik mengatasi tes d. dan lain sebagainya b. pemahaman terhadap petunjuk tes pengalaman/latihan menghadapi tes terlebih lagi dalam tes psikomotor b.

Intrumen dikatakan valid berarti menunjukkan alat ukur yang dipergunakan untuk mendapatkan data itu valid atau dapat digunakan untuk mengukur apa yang seharusnya di ukur (Sugiyono. 2010 by teorionline Dalam penelitian. A. karena data merupakan penggambaran variabel yang diteliti dan berfungsi sebagai alat pembuktian hipotesis. Penggaris dinyatakan valid jika digunakan untuk mengukur panjang. Dengan demikian. Sedang benar tidaknya data. Uji reliabilitas berguna untuk menetapkan apakah instrumen yang dalam hal ini kuesioner dapat digunakan lebih dari satu kali. tergantung dari baik tidaknya instrumen pengumpulan data. Banyak rumus yang dapat digunakan untuk mengukur reliabilitas diantaranya adalah rumus Spearman Brown Ket : R 11 adalah nilai reliabilitas . Pengujian instumen biasanya terdiri dari uji validitas dan reliabilitas. sebagai berikut : Item Instrumen dianggap Valid jika lebih besar dari 0.3 atau bisa juga dengan membandingkannya dengan r tabel. memakai rumus korelasi product moment. Uji validitas berguna untuk mengetahui apakah ada pernyataan-pernyataan pada kuesioner yang harus dibuang/diganti karena dianggap tidak relevan.Posted on January 24. paling tidak oleh responden yang sama akan menghasilkan data yang konsisten. Artinya. Definisi Validitas dan Reliabilitas Validitas adalah tingkat keandalah dan kesahihan alat ukur yang digunakan. reliabilitas instrumen mencirikan tingkat konsistensi. Teknik untuk mengukur validitas kuesioner adalah sebagai berikut dengan menghitung korelasi antar data pada masing-masing pernyataan dengan skor total. data mempunyai kedudukan yang paling tinggi. namun tidak valid jika digunakan untuk mengukur berat. 2004:137). Benar tidaknya data. Dengan kata lain. Jika r hitung > r tabel maka valid. instrumen yang valid merupakan instrumen yang benar-benar tepat untuk mengukur apa yang hendak di ukur. penggaris memang tepat digunakan untuk mengukur panjang. namun menjadi tidak valid jika penggaris digunakan untuk mengukur berat. sangat menentukan bermutu tidaknya hasil penelitian.

2007.wordpress. Bandung. maka sekarang dan besok tetap berwarna merah. karena jika instrument yang digunakan sudah tidak valid dan reliable maka dipastikan hasil penelitiannya pun tidak akan valid dan reliable. Sedangkan penelitian yang reliable bila terdapat kesamaan data dalam waktu yang berbeda. dirangkum dari : Sugiyono.7 (cukup baik). Kalau dalam objek kemarin berwarna merah. Sugiyono (2007: 137) menjelaskan perbedaan antara penelitian yang valid dan reliable dengan instrument yang valid dan reliable sebagai berikut : Penelitian yang valid artinya bila terdapat kesamaan antara data yang terkumpul dengan data yang sesungguhnya terjadi pada objek yang diteliti. Metode Penelitian Administrasi. http://teorionline. sedangkan data yang terkumpul berwarna putih maka hasil penelitian tidak valid. Pengukuran validitas dan reliabilitas mutlak dilakukan. jika objek berwarna merah. Artinya.8 (baik). di atas 0.Alfabeta.R b adalah nilai koefisien korelasi Nilai koefisien reliabilitas yang baik adalah diatas 0.com/2010/01/24/uji-validitas-dan-reliabilitas/ .

      Contact Privacy KIRIM PUISI KIRIM CERPEN Arsip Home      Zodiak Ramalan Bintang Ramalan Jodoh Ramalan Cinta Zodiak Hari Ini                   Puisi Patah Hati Puisi Jatuh Cinta Puisi Persahabatan Puisi Rindu Puisi Romantis Puisi Sakit Hati Puisi Putus Cinta Puisi Sedih Puisi Perpisahan Puisi Sahabat Cerpen Persahabatan Cerpen Remaja Cerpen Cinta Cerita Lucu Banget Cerita Lucu Abis Kata Kata Mutiara Kata Kata Cinta Kata Kata Bijak .

Kesehatan: Para Aries sebaiknya lebih berhati-hati di tahun ini. sekarang mari kita simak saja apa kata ramalan zodiak 2011 mengenai kehidupan anda di tahun 2011 nanti. Zodiak Taurus (April 20 . Sebaiknya lakukan tes darah jika demam tinggi. dan ramalan cinta atau ramalan asmara di tahun 2011 nanti. mekanik. atau aerobic karena ada kecenderungan berat badan Anda naik terlalu banyak. Stres menjadi penyebab utama masalah kesehatan yang dialami Taurus. bankir. karena serangan demam bisa jadi bukan karena influenza biasa. maka tahun ini Aries akan mengalami banyak pergolakan emosi. Sebaiknya istirahat cukup menjadi prioritas. kesehatan. Baik yang single maupun berpasangan.Mei 20) Asmara: Para Taurus akan berbahagia sepanjang tahun 2011 ini. Karir: Bidang pekerjaan Aries yang berjaya di tahun 2011: dokter spesialis bedah. silahkan lihat detilnya dalam Ramalan Cinta 2011 yang saya tulis kemarin. aktor. Nah. November 28. tentara. industri. karena juga berdampak pada rambut rontok serta problem kulit. 2010 Zodiak 2011 .  Kata Kata Indah Kata Kata Gombal Browse » Home » ramalan . mereka siap menemukan kebahagiaan Kesehatan: Ada kecenderungan bagi para Taurus mengalami masalah pada tekanan darah rendah. Zodiak Aries (Maret 21 . Khusus untuk ramalan cinta zodiak 2011. Pilih jenis olahraga yang menggerakkan seluruh tubuh. Sangat disarankan pula bagi Anda untuk berolahraga secara rutin. desainer .Ramalan zodiak 2011 ini khusus buat anda yang ingin mengetahui peruntungan. Anda disarankan untuk memimpin rekan kerja dengan gagasan yang baru dan inovatif agar bisa berkembang di tahun 2011.April 19) Asmara: Dipengaruhi oleh pergerakan planet Yupiter dan Saturnus. semisal lari. ramalan karir dan pekerjaan. zodiak » Ramalan Zodiak 2011 Ramalan Zodiak 2011 By Pemilik Blog on Sunday. atlit. Karir: Bidang pekerjaan Taurus yang berjaya di tahun 2011: desainer perhiasan. Saran: dengan keberanian yang menjadi anugerah alami orang Aries. berenang. mereka sangat menikmati hubungan asmaranya.

Leo akan stabil sepanjang tahun. Zodiak Leo (Juli 23 . sejarawan. karena Anda adalah seorang family oriented.Juli 22) Asmara: Menurut prediksi. akuntan. penata interior. Olahraga yang porsinya agak berat dibutuhkan oleh para Leo. problem kesehatan di tahun 2010 masih akan berlanjut. Hanya gangguan kesehatan kecil yang mungkin akan dialami. Problem tenggorokan hingga paru-paru bisa menjadi semakin parah jika tidak ditangani. Tekanan pekerjaan dan terlalu memforsir diri membuat kesehatan menjadi sering terganggu. sebaiknya Anda mengeluarkan semua kebingungan dan membereskan perselisihan yang ada. Saran: Taurus yang suka bekerja keras tidak boleh keras kepala dalam pekerjaan agar mendapatkan dukungan dari orang-orang yang penting di tahun 2011. Kesehatan: Jika Cancer tidak bisa mengontrol emosi dan pikirannya. Angkatan Laut. Karir: Bidang pekerjaan Cancer yang berjaya di tahun 2011: perikanan. . penulis. representatif. Lebih baik berusaha menenangkan diri.Agustus 22) Asmara: Tahun ini adalah tahun yang cukup cemerlang bagi para Leo. maka problem pencernaan akan menjadi masalah yang besar bagi mereka. serta tempat-tempat yang lembab atau dingin. Kesehatan: Sementara zodiak lain harus sangat berhati-hati dengan kondisi kesehatannya. terutama mereka yang memiliki masalah dengan lemak di sekitar pinggang. namun tak akan menimbulkan masalah yang besar. Karir: Bidang pekerjaan Gemini yang berjaya di tahun 2011: jurnalis. Beberapa dari mereka yang tak yakin dengan pasangan mulai berubah dan menjadi lebih mantap dalam menjalani hubungan. Hindari tidur dan mandi terlalu malam.Juni 20) Asmara: Para Geminian akan lebih bersemangat terhadap namanya asmara di tahun ini. baik yang single maupun berpasangan. Zodiak Gemini (Mei 21 . ahli diet. Menjaga asupan makanan dan menghindari makanan yang terlalu pedas juga akan sangat membantu. Cancer akan berhubungan dengan kekasih lama atau mungkin bertemu dengan seseorang di masa lalu.fashion. Lakukan yoga atau latihan pernafasan yang membuat Cancer menjadi lebih tenang. dealer properti. Zodiak Cancer (Juni 21 . pembaca berita. Saran: sebelum mengerjakan proyek baru di tahun 2011. Kesehatan: Berhati-hatilah bagi Gemini. Saran: Redam cekcok dari keluarga agar dapat bekerja dengan tenang.

Pencernaan juga harus diperhatikan. Saran: orang Leo yang dinamis dan berkharisma disarankan untuk memutuskan dan mengambil tindakan sebagai manajer dalam pekerjaan. hitung-menghitung. Kesehatan: Semua Virgo dihimbau untuk memperhatikan asupan makanannya. Membuat prioritas sangatlah dibutuhkan agar keduanya masih bisa berjalan seimbang Kesehatan: Bagi Libra tak ada masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan.September 22) Asmara: Di tahun 2011 ini para Virgo akan tampak lebih posesif dari tahun sebelumnya. investor. Zodiak Libra (September 23 . . ahli kimia. politisi. asuransi. aktor. Hal ini secara langsung berkaitan dengan asmara Kesehatan: Ada permasalahan di bagian punggung dan persendian di tahun ini. dokter. media massa.Karir: Bidang pekerjaan Leo yang berjaya di tahun 2011: diplomat. desainer fashion. Zodiak Virgo (Agustus 23 . terutama dalam hal emosi. akuntan. periklanan. Terutama bagi mereka yang baru saja menemukan pasangan dan menjalin hubungan asmara. Karir: Bidang pekerjaan Scorpio yang berjaya di tahun 2011: perawat. Saran: warga Libra yang kooperatif dan mudah bersosialisasi disarankan untuk menyelesaikan masalah di pekerjaan dengan sabar dan optimis selama tahun 2011. terutama jika Anda adalah pekerja keras yang kerap lupa akan jam makan.Oktober 22) Asmara: Para Libra harus lebih tegas memilih antara cinta dan karir di tahun 2011 ini. Hindari membeli makanan di sembarang tempat yang diragukan kebersihannya. Diprediksikan Virgo akan mengalami problem infeksi pencernaan. dan kehigienisan wajib diperhatikan. Saran: Scorpio yang ambisius dan memiliki intuisi tajam harus fokus pada tujuan. dokter. Zodiak Scorpio (Oktober 23 . dan memperbanyak asupan sayur dan buah yang kaya vitamin E dan C. Hanya memang perlu banyak berlatih pernafasan. polisi. Karir: Bidang pekerjaan Virgo yang berjaya di tahun 2011: ahli astrologi. pegawai negeri. model. Karir: Bidang pekerjaan Libra yang berjaya di tahun 2011: hakim. Saran: strategi pendekatan yang penuh perhitungan perlu ditunjukkan warga Virgo dalam pekerjaan untuk mendapatkan keuntungan maksimal di tahun 2011.November 21) Asmara: Tahun 2011 adalah tahun naik turun bagi para Scorpio. Sangat disarankan bagi Virgo untuk pilih-pilih makanan. dibarengi dengan dukungan dari rekan kerja dan tim di pekerjaan.

Terutama jika Anda wanita. teknisi. Saran: jangan berganti pekerjaan di awal tahun 2011. Anda dibuat berbunga-bunga merasakan jatuh cinta.Februari 18) Asmara: Berdasarkan posisi Venus di tahun 2011.Zodiak Sagittarius (November 22 . Karena masalah yang muncul. Safe sex juga sangat penting. Kesehatan: Kurang tidur dan istirahat menjadi masalah yang besar bagi Aquarius. Karir: Bidang pekerjaan Sagitarius yang berjaya di tahun 2011: hukum. tahun ini adalah tentang jatuh cinta. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan dan merasa bersyukur karena kehadiran mereka Kesehatan: Para Capri. konsultan.Januari 19) Asmara: Para Capri di tahun ini sangatlah bahagia.Desember 21) Asmara: Bagi para Sagitta. Saran: menghadapi rekan kerja dan klien baru dibutuhkan rasa tanggung jawab dan kerja keras agar bisa bersabar dan menjelaskan hal-hal yang penting di awal kerja sama. tahun ini banyak kendala asmara yang akan ditemui Aquarius. Karir: Bidang pekerjaan Aquarius yang berjaya di tahun 2011: ahli filsuf. terutama yang berhubungan dengan kandung kemih. maka ada sedikit problem pada masalah periode haid. terutama bagi Anda yang laki-laki. Tak ada salahnya disiplin dalam jam tidur dan berolahraga rutin. desainer perhiasan dan beautician. atlit. Zodiak Aquarius (Januari 20 . pemuka agama. terutama Anda yang sudah punya pasangan. Sedangkan problem lain hanya terjadi jika Anda kurang memperhatikan jam makan dan kurang istirahat. perbankan. agar terhindar dari penyakit jantung dan stroke. diingatkan untuk berhati-hati dalam hal makanan dan kegiatan. Beberapa gangguan kesehatan ringan akan dialami jika tidak berhati-hati. mereka jadi overprotect terhadap pasangan dan takut akan kehilangan orang yang mereka cintai. Perhatikan asupan juga. Saran: warga Aquarius yang berbakat dan realistis disarankan untuk lebih rendah hati di pekerjaan agar mendapatkan dukungan penuh dari rekan kerja dan bawahannya. Kesehatan: Para Sagittarian di tahun ini akan jauh dari problem kesehatan berat. arsitek. Zodiak Capricorn (Desember 22 . Perbanyak minum dan buah-buahan agar terhindar dari penyakit. Baik Anda yang sudah punya pasangan maupun masih single. hitungmenghitung dan ahli astrologi. pembuat sepatu. Zodiak Pisces (Februari 19 . Karir: Bidang pekerjaan Capricorn yang berjaya di tahun 2011: pertambangan. penata interior.Maret 20) . karena tekanan darah tinggi bisa menjadi momok yang berbahaya bagi Anda.

perawat dan pekerja sosial. Problem luka bakar ada kemungkinan terjadi di pertengahan atau akhir tahun. para Pisces masih juga dibuat bingung dan bimbang.Asmara: Mengawali tahun 2011 ini. Kesehatan: Problem jantung cenderung membayangi Pisces di tahun ini. Saran: Warga Pisces yang sensitif dan kreatif harus aktif melihat update dan perkembangan terbaru di bidang pekerjaannya selama 2011. sebaiknya berhati-hati saja saat dekat elemen api. Karir: Bidang pekerjaan Pisces yang berjaya di tahun 2011: pelukis. farmasi. anggota Angkatan Laut. Demikian ramalan zodiak 2011. Terutama jika Anda tidak bisa menghindari makanan yang tinggi kolesterol. Beberapa masalah dalam asmara menimbulkan keraguan yang cukup besar. semoga bermanfaat! .

perawat dan pekerja sosial. Demikian ramalan zodiak 2011. farmasi. Karir: Bidang pekerjaan Pisces yang berjaya di tahun 2011: pelukis.hati saja saat dekat elemen api. Saran: Warga Pisces yang sensitif dan kreatif harus aktif melihat update dan perkembangan terbaru di bidang pekerjaannya selama 2011. anggota Angkatan Laut. semoga bermanfaat! .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful