ORGANISASI A. PENGERTIAN Menurut Prof Dr. Sondang P.

Siagian, organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan. Sedangkan menurut Drs. Malayu S.P Hasibuan, organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja. Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakan bahwa organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Organisasi adalah suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan tanggungjawab. Karakterisitik organisasi menurut Schein meliputi struktur, tujuan, dan saling berhubungan antara bagian satu dengan bagian yang lain untuk mengkoordinasikan aktivitas di dalamnya. Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai bagian (orang dsb) sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur. Organisasi adalah

berarti minimal dua. Tujuan Setiap organisasi pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai oleh semua anggotanya.sistem sosial yang memiliki identitas kolektif yang tegas. yaitu: tujuan. growth (pertumbuhan). Ketiganya harus berjalan secara berkesinambungan demi kemajuan organisasi. dan prosedur pergantian anggota yang dinamis. Struktur Struktur dibentuk dalam sebuah organisasi dengan tujuan agar posisi setiap anggota organisasi dapat dipertanggungjawabkan. siapa yang berwenang dan siapa yang diberi wewenang. 2. mengenai hak maupun kewajibannya. Tujuan sebuah organisasi dicerminkan oleh sasaran-sasaran program kerja yang dilakukan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. karena terdapat struktur komando. 4. 1. tidak mungkin jika organisasi hanya terdiri dari satu orang yang ingin mencapai tujuannya sendiri. dan survive (bertahan hidup). sistem dan prosedur. Kumpulan Orang Jelas. Terdapat empat karakteristik utama dari sebuah organisasi. program kegiatan yang jelas. Dari definisi dijelaskan bahwa organisasi setidaknya terdiri dari kumpulan orang. 3. daftar anggota yang terperinci. Tiga bidang utama dalam tujuan sebuah organisasi yaitu profitability (keuntungan). kumpulan orang. Struktur dibentuk agar organisasi berjalan rapi. Sistem dan Prosedur Karakteristik yang terakhir ini menggambarkan bahwa sebuah organisasi diatur berdasarkan aturan-aturan yang ditetapkan . yang memiliki tujuan bersama. struktur.

Sumber motivasi kinerja semua anggota. ekonomi. Jadi. . 3. Sumber legitimasi guna mendapat sumber daya. sistem rekrut.bersama dan tentu saja harus dengan penuh komitmen dalam menjalankannya. entah itu demografi. juga alam sekitar. kemajuan organisasi harus selaras dengan perubahan lingkungan. Standart pelaksanaan program kerja. Implementasi dari sistem dan prosedur ini ialah adanya ketetapan mengenai tata cara. Sebagai dasar bagi sebuah organisasi untuk mencapai hasil akhir. 4. Adapun fungsi dari tujuan organisasi adalah sebagai berikut: 1. budaya. TUJUAN ORGANISASI Tujuan dari sebuah organisasi merupakan suatu keadaan atau sasaran yang ingin dicapai oleh sebuah organisasi di waktu yang akan datang melalui kegiatan organisasi dan program kerjanya. politik. Faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap eksistansi suatu organisasi. Organisasi cenderung memainkan peran menyesuaikan dengan keadaan lingkungan. dan birokrasi. B. 2.

Pembagian kerja antara karyawan 4. Output goals (Pelaksanaan fungsi organisasi). MANFAAT ORGANISASI Beberapa manfaat organisasi yaitu: 1. 3. 2. 4. Derivide goals (Tujuan turunan). Penempatan orang dan alat organisasi D. Pendelegasian wewenang 6. Dasar rasional pengorganisasian. . ASPEK PENTING DALAM ORGANISASI 1. Unsur-unsur alat organisasi 7. Produk goals (Karakteristik barang yang di buat). Organisasi Kepramukaan.5. System goals (Pelaksanaan fungsi organisasi). Parrow membagi tujuan organisasi menjadi beberapa aspek yaitu: 1. C. Adanya sistem kerja sama yang terstruktur dari sekolompok orang 3. Organisasi sebagai penuntun pencapaian tujuan. Social goals (Tujuan Kemasyarakatan). Pembagian dan pengelompokan pekerjaan yang terintegrasi 5. Organisasi dapat mengubah kehidupan masyarakat. jika organisasi bergerak di bidang kesehatan dapat membentuk masyarakat menjadi dan memiliki pola hidup sehat. 2. 5. Pencapaian tujuan akan lebih efektif dengan adanya organisasi yang baik. Ada tujuan tertentu yang ingin dicapai 2. Contoh dari manfaat ini ialah. akan menciptakan generasi mudah yang tangguh dan ksatria.

3. 4. 4. Produktivitas atau efisiensi. Organisasi selalu berkembang seiring dengn munculnya fenomena-fenomena organisasi tertentu. Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas. Menurut Peter Drucker unsur yang harus ada dalam organisasi : 1. Peran penelitian dan pengembangan sangat dibutuhkan sebagai dokumentasi yang nanti akan mengukir sejarah ilmu pengetahuan. Jika kita menginginkan karier untuk kemajuan hidup. Organisasi menawarkan karier. UNSUR-UNSUR ORGANISASI Secara ringkas unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah : 1. Organisasi sebagai cagar ilmu pengetahuan. 2. 3. Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai. berorganisasi dapat menjadi solusi. 4. Karier berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan. tujuan lain dari sebuah organisasi adalah sebagai berikut: 1. 2. Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama. 2. Posisi yang akan di rebut. 3. 3. Selain itu. Organisasi syarat utama manajemen Wadah dan alat pelaksanaan proses manajemen dalam Tempat kerja sama formal sekelompok orang dalam Mempunyai tujuan yang ingin dicapai mencapai tujuan melaksanakan tugas E. Harus ada orang-orang yang bekerja sama. Sumberdaya .

tetapi dalam arti yang abstrak. yang antara lain sebagai berikut : 1. Provitabilitas 5. Dalam pengertian umum. organisasi wanita. maka organisasi dapat berubah wadah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu misalnya organisasi buruh. mempunyai kemungkinan untuk di laksanakan dengan lebih baik hal ini berarti tanpa suatu organisasi maka proses sama itu hanya bersifat sementara. Proses kerja sama sedikitnya antara dua orang Suatu organisasi. Pengertian tempat di sini dalam arti yang konkrit. jika kerja sama tersebut di lakukan dengan banyak orang. Inovasi dan Prestasi 6. organisasi mahasiswa dan sebagainya. di mana hubungan antar kerja sama antara . sehingga dengan demikian tempat sini adalah dalam arti fungsi yaitu menampung atau mewadai keinginan kerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu. sebab setiap orang tidak mengetahui bagaimana cara bekerja sama tersebut akan dilaksanakan.4. Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama. 2. Tanggung jawab soslial dan politik Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu. selain merupakan tempat kerja sama juga merupakan proses kerja sama sedikitnya antar dua orang. Organisasi adalah merupakan suatu wadah atau tempat dimana orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan tanpa adanya organisasi menjadi saat bagi orangorang untuk melaksanakan suatu kerja sama. Dalam praktek. maka organisasi itu di susun harus lebih sempurna dengan kata lain proses kerja sama di lakukan dalam suatu organisasi.

4. b.pihak-pihak bersangkutan kurang dapat diatur dengan sebaikbaiknya. Suatu perencana yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan cenderung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang baik tetapi organisasi tidak baik. Selain itu dengan cara mengorganisasi secara baik akan mendapat keuntungan yaitu pelaksanaan tugas pekerjaan dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif. Jelas tugas dan kedudukannya masing-masing Dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masingmasing orang atau pihak hubungan satu dengan yang lain akan dapat lebih jelas. Tujuan primer yaitu nilai ekonomis yang diberikan pada masyarakat dalam bentuk barang dan jasa. 3. dengan demikian kesimpulan dobel pekerjaan dan sebagainya akan dapat di hindarkan. sebagian ahli yang lain memberikan unsur-unsur organisasi yang lain sebagai berikut: . Dengan kata lain tanpa orang yang baik mereka akan bingung tentang apa tugas-tugasnya dan bagaimana hubungan antara yang satu dengan yang lain. Contoh 3 Jenis Tujuan : a. Ada tujuan tertentu Betapa pentingnya kemampuan mengorganisasi bagi seorang manajer. c. Selain itu. Tujuan kolateral yaitu manfaat bagi masyarakat Tujuan sekunder yaitu nilai ekonomis dan efektifitas dalam pencapaian.

6. 9. 3. 2. 5. 3. 4. Asas tujuan organsaisi Asas Kesatuan tujuan Asas Kesatuan perintah Asas Pendelegasian wewenang Asas wewenang dan tanggung jawab Asas Pembagian kerja Asas Penempatan personalia Asas efisiensi Asas kordinasi G. 2. ASAS-ASAS ORGANISASI 1. 5. 4.1. Manusia Tempat kedudukan Tujuan yang ingin dicapai Pekerjaan Struktur Teknologi Lingkungan F. 3. 8. 5. Proses komunikasi Proses pengambilan keputusan Proses evaluasi hasil kerja Proses imbalan Proses sosialisasi dan proses karier . PROSES ORGANISASI 1. 6. 2. 7. 4. 7.