Bulu tangkis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Untuk kegunaan lain dari Badminton, lihat Badminton (disambiguasi).

Ardy B. Wiranata, pemain bulu tangkis terkenal dari Indonesia

Bulu tangkis (sering disingkat bultang) atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.
Daftar isi
[sembunyikan]

• • • • • o o

1 Partai 2 Lapangan dan jaring 3 Perlengkapan 4 Memainkan bulu tangkis 5 Servis 5.1 Sistem pindah bola 5.2 Sistem reli poin

• • • • •

6 Sistem perhitungan poin 7 Sejarah 8 Induk organisasi 9 Lihat pula 10 Pranala luar

[sunting]Partai

Lapangan bulu tangkis

Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, yaitu: 1. 2. 3. 4. 5. Tunggal putra Tunggal putri Ganda putra Ganda putri Ganda campuran

[sunting]Lapangan

dan jaring

Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yg lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Jaring setinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.

[sunting]Perlengkapan 
Raket

Secara tradisional raket dibuat dari kayu. Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih. Kini, hampir semuaraket bulu tangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.

Senar

Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulu tangkis adalah senar nya. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. Keawetan secara umum bervariasi dengan kinerja. Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. Kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang kuat dalam seleksi senar.

Kok

Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis, terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan juga kok dari plastik.

Sepatu

Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting, para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Sepatu bulu tangkis membutuhkan solkaret untuk cengkraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat; bulu tangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki.

sehingga bagian tangan antar ibu jari dan jaritelunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar. 2. Pegangan forehand (pegangan dasar) Pegangan ini dapat di peroleh dengan cara mendirkan raket yang sisinya tegak dengan lantai Pegangan ini hampir sama dengan posisi tangan sedang bersalaman. Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis a. Permainan berakhir bila salah satu pemain/pasangan telah meraih sejumlah poin tertentu. 3. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dikatakan "keluar". Permainan dimulai dengan salah satu pemain melakukan servis.[sunting]Memainkan bulu tangkis Area permainan Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi berseberangan pada kedua sisi jaring di lapangan bulu tangkis. Kemudian ambil dan peganglah raket pada pegangannya. sampai lawan tidak dapat mengembalikannya kembali. Area permainan berbeda untuk partai tunggal dan ganda. Pegangan backhand Pegangan ini dapat di peroleh dengan jalan memutar seperempat ke kanan dari pegangan forehead. yaitu: 1. Cara Memegang Raket Pegangan raket ada tiga macam. Pegangan pukul kasur/Amerika Cara pegangan ini adalah mula-mula raket diletakkan secara mendatar di atas lantai. . seperti yang diperlihatkan pada gambar. Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket. Setiap kali pemain/pasangan tidak dapat mengembalikan kok (karena menyangkut di jaring atau keluar lapangan) maka lawannya akan memperoleh poin. melewati jaring ke wilayah lawan.

Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dinyatakan "keluar" dan poin untuk penerima servis. Pukulan servis pendek b. Pukulan Servis Pukulan servis merupakan pukulan degan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan. [sunting]Servis Area servis Servis dilakukan dari satu sisi lapangan (kiri atau kanan) menyilang menyeberangi jaring ke area lawan. b. Pukulan servis panjang c. yaitu: 1. Terdapat macam-macam teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis. Pegangan campuran b. Overhead lob. Partai tunggal dan ganda memiliki area servis yang berbeda seperti yang diilustrasikan pada gambar. Pukulan servis cambuk 2. Pukulan Lob Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulitangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan. Pukulan lob dapat di lakukan dengan dua cara. . Macam-macam pukulan servis. yaitu pukulan lob yang dilakukan dari bawah dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan di lambungkan tinggi ke belakang. Underhand lob.4. yaiutu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang. Pukulan servis mendatar d. yaitu: a. yaitu: a. Teknik Pukulan Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan pada permainan bulitangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke lapanagn lawan.

Pemenang adalah pemain/pasangan yang telah memenangkan dua set. bukan oleh "orang pertama". servis pertama selalu dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan. Untuk partai ganda. Pilihan ini berlaku untuk setiap set yang dimainkan. tidak ada servis kedua.  Saat pindah bola.  Pemain yang sama akan terus melakukan servis sampai poin berikutnya diraih oleh lawan. [sunting]Sejarah . [sunting]Sistem perhitungan poin Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sistem perhitungan poin bulu tangkis Sejak Mei 2006. sedangkan untuk set berikutnya dilakukan oleh pemenang dari set sebelumnya.   Jumlah poin genap atau ganjil menentukan posisi "orang pertama" saat melakukan servis. beberapa peraturan berbeda diterapkan untuk perhitungan poin menggunakan sistem pindah bola dan sistem reli poin: [sunting]Sistem  pindah bola Sebelum pertandingan dimulai. kecuali servis pertama pada tiap-tiap awal set tidak mendapat kesempatan kedua.Posisi kiri atau kanan tempat servis dilakukan ditentukan dari jumlah poin yang telah dikumpulkan oleh pemain yang akan melakukan servis. Pada set pertama pemain/pasangan yang melakukan servis untuk pertama kali ditentukan dengan undian. Posisi kanan untuk jumlah poin genap dan posisi kiri untuk jumlah poin ganjil. Servis dilakukan oleh pemain yang posisinya sesuai dengan poin yang telah diraih oleh pasangan tersebut. harus ditentukan salah seorang pemain dari tiap-tiap pasangan sebagai "orang pertama". Setiap pasangan mempunyai dua kali kesempatan servis (masing-masing untuk tiap pemain) sebelum pindah bola. pada kejuaraan resmi seluruh partai menggunakan sistem perhitungan 3x21 reli poin. Servis dari posisi kanan juga dilakukan saat jumlah poin masih nol. [sunting]Sistem   reli poin Setiap pasangan hanya mendapat satu kali kesempatan servis.

seorang penyalur . Ini kemudian dengan segera menjadi permainan anakanak di wilayah setempat mereka. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah. Para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris pada 1850-an. Alih-alih. Ini cukup populer untuk menjadi nuansa harian di jalanjalan London pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini. Olah raga kompetitif bulu tangkis diciptakan oleh petugas Tentara Britania di Pune. Objek/misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan. India pada abad ke-19 saat mereka menambahkan jaring dan memainkannya secara bersaingan. objeknya dimanipulasi dengan kaki. Nenek moyang terdininya diperkirakan ialah sebuah permainan Tionghoa. Jianzi yang melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket. Olah raga ini mendapatkan namanya yang sekarang pada 1860 dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt.Permainan Battledore and Shuttlecock pada tahun 1854 Olah raga yang dimainkan dengan kok dan raket. Oleh sebab kota Pune dikenal sebelumnya sebagai Poona. permainan tersebut juga dikenali sebagai Poona pada masa itu. kemungkinan berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu tetapi juga disebut-sebut diIndia dan Republik Rakyat Cina. Republik Rakyat Cina. Penduduk Inggris membawa permainan ini ke Jepang. dan Siam (sekarang Thailand) selagi mereka mengolonisasi Asia. Di Inggris sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecocks sangat populer.

Kanada. Di Jakarta. Spanyol. Asosiasi bulu tangkis Inggris dibentuk pada 1893 dan kejuaraan internasional pertamanya berunjuk-gigi pertama kali pada 1899 dengan Kejuaraan All England. dan Perancissebagai anggota-anggota pelopornya. dan di negara-negara Skandinavia. BBU secara umum diikuti oleh orang-orang keturunan Tionghoa yang mempunyai kesadaran nasional tinggi. Pada IBF Extraordinary General Meeting di Madrid.mainan Inggris. terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara. Rencengan peraturan yang pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Lalu. PORI Pusat pada saat itu berkedudukan di Yogyakarta. Indonesia dan Korea Selatan sama-sama memperoleh masing-masing dua medali emas tahun itu. SEJARAH PERKEMBANGAN BULUTANGKIS DI INDONESIA Di Indonesia. bulu tangkis menjadi sebuah olah raga populer di dunia. Inggris. Olah raga ini menjadi olah raga Olimpiade Musim Panas di Olimpiade Barcelona tahun 1992. Ini melukiskan permainan tersebut dimainkan di Gedung Badminton (Badminton House). Perkembangan bulutangkis di Indonesia terkait dengan adanya kesadaran bahwa olahraga dapat membawa nama harum bangsa Indonesia di dunia. berjudul "Badminton Battledore .a new game" ("Battledore bulu tangkis . Selandia Baru. Oleh karenanya mulailah didirikan berbagai perkumpulan. Pada zaman Belanda. usulan untuk mengubah nama International Badminton Federation menjadi Badminton World Federation (BWF) diterima dengan suara bulat oleh seluruh 206 delegasi yang hadir. Skotlandia. estat Duke of Beaufort's diGloucestershire. berdiri perkumpulan bulu tangkis yakni Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) pada tanggal 20 januari 1947. September 2006. India bergabung sebagai afiliat pada tahun 1936. yang saat ini mendominasi olah raga ini. Belanda. badminton dikenal juga sebagai bulutangkis. Irlandia. . Ketua PORI adalah Tri Tjondokusumo. [sunting]Induk organisasi International Badminton Federation (IBF) didirikan pada tahun 1934 dan membukukan Inggris.sebuah permainan baru"). Denmark. Wales. persatuan bulutangkis tersebut dinamakan BBL (Bataviasche Badminton Leaque) yang kemudian di lebur menjadi BBU (Bataviasche Badminton Unie ).

Tasikmalaya. E. olahraga ini kembali dimainkan tidak lama setelah Indonesia merdeka. Ramli Rakin. Ang Bok Sun. Penyebaran bulutangkis di tanah air. bulutangkis sudah menjadi permainan tingkat nasional dan dimainkan diseluruh kota di Indonesia.Setelah sempat berhenti pada masa penjajahan jepang. Pertandingan antar kota sudah mulai diadakan. Di jawa barat. Sudirman dan rekan-rekannya menghubungi teman-temannya di seluruh Indonesia untuk mendirikan perkumpulan bulu tangkis. Pada 5 mei 1951 barulah dapat dibentuk Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). dan Khow Dji Hoe. Di kota kecil itu disebutkan ada delapan klub. Sulawesi. di Cianjur bulutangkis juga berkembang meskipun belum pernah menghasilkan jago yang berkiprah di tingkat nasional. antara lain Sudirman Liem Soei Liong. antara lain dapat dilihat dalam pekan olahraga nasional (PON) I di Surakarta tahun 1948 yang diikuti banyak wilayah (karesidenan). selain Bandung. Empat tahun kemudian Indonesia baru mengikuti piala Thomas tahun 1957-1958. Sumantri.mereka mengubah BBU menjadi Perbad (Persatuan Badminton Djakarta) yang diketuai oleh Tjoang Seng Tiang. Selanjutnya agar organisasi ini menjangkau seluruh Indonesia. jawa. Pada tahun 1949 Perbat bertukar pikiran dengan para tokoh bulu tangkis Indonesia. dan Cirebon. dan Kalimantan. dengan dua klub memiliki pemain baik yakni PB Chung Hua dan PB Hudaya DIPOSKAN TEHNIK DASAR BERMAIN BULUTANGKIS . walau hanya antar perkumpulan. Pada tahun 1950-an . khususnya di Sumatera. Untuk selanjutnya Indonesia mulai masuk secara resmi di IBF pada tahun 1953.

. dan memanfaatkan tenaga pergelangan tangan pada saat memukul kok. Hindari memegang raket dengan cara menggunakan telapak tangan (seperti memegang golok). Pegangan raket yang benar adalah dasar untuk mengembangkan dan meningkatkan semua jenis pukulan dalam permainan bulutangkis. Untuk tahap awal para pemula biasanya diajarkan cara memegang forehand terlebih dahulu. Ini terjadi karena pergeseran pegangan tangan dari forehand ke backhand dan sebaliknya hanya sedikit dan terjadi secara otomatis. sulit sekali meningkatkan kualitas permainan. Karena itu. rileks. telah menggunakan tenaga secara lebih efisien namun efektif. dapat meningkatkan mutu pukulan dan mempercepat laju jalannya kok. apabila teknik pegangan raket salah dari sejak awal. Salah satu teknik dasar bulutangkis yang sangat penting dikuasai secara benar oleh setiap calon pebulutangkis adalah pegangan raket. Dua macam cara memegang raket di atas. ltulah sebabnya. Oleh karena itu. namun harus tetap bertenaga pada saat memukul kok. merupakan modal penting untuk dapat bermain bulutangkis dengan baik pula. hanya dua bentuk pegangan yang sering digunakan dalam praktek. Semua jenis pukulan dalam bulutangkis dilakukan dengan kedua jenis pegangan ini. Menguasai cara dan teknik pegangan raket yang betul. Jenis Pegangan Raket Pada dasarnya. benar tidaknya cara memegang raket akan sangat menentukan kualitas pukulan seseorang. Cara pegangan raket yang benar adalah raket harus dipegang dengan menggunakan jari-jari tangan (ruas jari tangan) dengan luwes. pada kenyataannya digunakan secara bergantian sesuai situasi dan kondisi permainan.1. Pegangan raket yang benar. kemudian baru backhand. Pegangan Raket (Grip) Bulutangkis dikenal sebagai olahraga yang banyak menggunakan pergelangan tangan. ini berarti. Namun. Pada akhirnya untuk pemain yang sudah terampil akan terlihat pegangan raketnya hanya satu grip. dikenal beberapa cara pegangan raket. sejak dini peserta latih harus membiasakan memukul kok dengan menggunakan tenaga pergelangan tangan (tenaga pecut). yaitu cara memegang raket forehand dan backhand.

3. Pegang raket dengan tangan kiri. Cara Memegang Raket Backhand Untuk backhand griop. Begitu juga gerakan ke depan dan ke belakang. Sikap dan Posisi Sikap dan Posisi Berdiri di Lapangan . b.Cara Memegang Raket Forehand 1. 3. 3. 2. Memukul bola (kok) ke tembok. Posisi "V" tangan berada pada bagian grip raket yang lebar. Letakkan ibu jari diantara tiga jari dan telunjuk. 4. Tiga jari. Lakukan gerakan raket ke axah kanan dan kiri. Kecepatan gerak kaki tidak bisa dicapai kalau footwork-nya tidak teratur. Footwork Footwork merupakan dasar untuk bisa menghasilkan pukulan berkualitas. 1. Bouncing ball. Untuk bisa memukul dengan posisi balk. manis dan kelingking menggenggam raket. Bentuk "V" tangan diletakkan pada bagian gagang raket. Gerakkan pergelangan tangan ke atas dan ke bawah. kepala raket menyamping. bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar. perlu dilakukan latihan untuk adaptasi menggerak-gerakkan pergelangan tangan dengan tetap memegang raket dengan benar. luwes. 2. dan tetap rileks. sedangkan jari telunjuk agak terpisah. dengan menggunakan tenaga pergelangan tangan. Letaknya di samping dalam. 5. Peserta latih dibiasakan selalu memegang raket dengan jari-jari tangan. jari-jari rapat dan sejajar. tetapi tetap mempunyai tenaga. yaitu jari tengan. Cara Latihan Sebelum praktek melakukan latihan pukulan. Pegang raket dengan cara seperti "jabat tangan". yaitu apabila dilakukan dalam posisi baik. seorang atlet harus memiliki kecepatan gerak. sehingga terasa betul terjadinya tekukan pada pergelangan tangan. Kesalahan Yang Terjadi a. Memegang raket dengan menggenggam. 2. geser "V" tangan ke arah dalam.

Senantiasa berdiri dengan sikap dan posisi yang tepat di atas Iapangan.Sikap dan posisi berdiri di lapangan harus sedemikian rupa. Lakukan gerak Iangkah ke depan. Overhead (atas) untuk right handed . Waktu sekian detik yang ada pada masa persiapan ini juga dipakai untuk menentukan pukulan apa yang akan dilakukan. 3. Senantiasa waspada dan perhatikan jalannya kok selama permainan berlangsung. 4. Sikap dan Tahap Kerja Langkah Kaki Sikap dan langkah kaki yang benar dalam permainan bulutangkis. 3. Karena itu posisi persiapan ini sangat penting dilakukan dengan balk dalam upaya menghasilkan pukulan berkualitas. Raket harus dipegang sedemikian rupa. 2. Beberapa faktor yang harus diperhatikan: 1. Kedua kaki terbuka selebar bahu dengan posisi kaki sejajar atau salah satu kaki diletakkan di depan kaki lainnya. sangat penting dikuasai secara benar oleh setiap pemain. Gerak Iangkah sambil meluncur cepat. 4. sehingga lengan bagian atas yang memegang raket tetap bebas bergerak. atau pada saat bergerak untuk memukul kok. ke belakang. Hal yang perlu diperhatikan: a. ke samping kanan dan kiri pada saat memukul kok. sangat efektif sebagai upaya untuk memukul kok. Ini sebagai syarat untuk meningkatkan kualitas ketrampilan memukul kok. Hitting Position Posisi memukul bola atau kerap disebut preparation. 5. sehingga posisi pinggang tetap tegak dan rileks. 4. Kedua lengan dengan siku bengkok pada posisi di samping badan. Tekuk kedua lutut. sehingga berat badan tetap berada pada kedua kaki dan tetap menjaga keseimbangan tubuh. sehingga kepala (daunnya) raket berada lebih tinggi dari kepala. sambil tetap memperhatikan keseimbangan tubuh. Harus berdiri sedemikian rupa. Beberapa faktor yang harus diperhatikan: 1. Hindari berdiri dengan telapak kaki di lantai (bertapak) pada saat menunggu datangnya kok. 2. sehingga dengan sikap yang baik dan sempurna itu. dapat secara cepat bergerak ke segala penjuru lapangan permainan. berdiri pada ujung kaki.

Untuk pukulan underhand(bawah)/net . c. servis merupakan modal awal untuk bisa memenangkan pertandingan. seorang pemain tidak bisa mendapatkan angka apabila tidak bisa melakukan servis dengan baik. Lutut/paha tidak turun.. juga pemain tidak memberikan perhatian khusus untuk melatih dan menguasai teknik dasar ini. Pada posisi memukul kaki dan badan sejajar dengan net.Posisi memukul adalah kaki kanan selalu berada di depan dan kaki kid di belakang. Service (Service) Dalam aturan permainan bulutangkis.Posisi badan harus selalu berada di belakang bola yang akan dipukul. . 4.Posisi badan menyamping dengan arah net. sehingga paha bagian bawah agak turun. Pada saat memukul bola harus terjadi perpindahan beban berat badan dari kaki kanan ke kaki kiri. .Lutut kaki kanan dibengkokkan. 2. Pada ready position. tumpuan kaki tidak berada di bagian depan atas kaki. jangkauan kurang. Oleh karena itu. Kesalahan yang Terjadi 1. 3. Posisi lutut lurus. 5. b. Akibatnya reaksi menjadi lambat. apabila pemain tidak mahir melakukan servis dengan benar. Pada posisi underhand. 2. Untuk footwork maju-mundur Cara Latihan 1. Sedangkan saat bola dipukul posisi kaki kid harus tetap berada di belakang dan hanya bergeser ke depan sedikit. Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kid. Namun. 3. Dengan kata lain. lambat kembali ke bagian tengah lapangan. banyak pelatih. 5. keseimbangan kaki tidak ada dan sulit mengarahakan bola dengan tepat. Akibatnya pukulan tidak kuat. . tidak bengkok. sikap tersebut merupakan kekeliruan besar. Kita mengetahui bahwa angka/poin dalam permainan bulutangkis tidak akan tercipta. Kerendahannya sesuai dengan ketinggian bola yang akan dipukul. kaki kiri berada di depan. Dari depan ke belakang dan sebaliknya. sebagai langkah dasar hanya dua langkah dimulai dengan kaki kiri kemudian kanan. Dari tengah ke depan. Dari tengah ke belakang.

biasanya servis digabungkan ke dalam jenis atau bentuk yaitu servis forehand dan backhand. Servis Forehand Tinggi .Perhatikan gerakan ayunan raket.Tujuan servis pendek ini untuk memaksa lawan agar tidak bisa melakukan serangan. Oleh karena itu. yaitu servis pendek. Servis Forehand a. . Namun. kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai.Biasakan selalu berkonsentrasi sebelum memukul kok. Servis Backhand Jenis servis ini pada umumnya.Pada saat perkenaan dengan kepala (daun) raket dan kok. . servis tinggi. . . siku dalam keadaan bengkok.Kok harus dipukul dengan menggunakan tenaga penuh agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan. Servis Forehand Pendek . . . dan perhatikan peralihan titik berat badan Anda. Dan kok sedapat mungkin melayang retatif dekat di atas jaring (net). dapat mengusai teknik servis forehand tinggi dengan sebalik-baiknya. ada tiga jenis servis.Dalam permainan bulutangkis. .Kok harus dipukul dengan ayunan raket yang relatif pendek. harus dilakukan dengan sempurna serta diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang kekaki depan yang harus be langsung kontinu dan harmonis. Ke belakang.Variasi arah dan sasaran servis pendek ini dapat dilatih secara serius dan sistematis. arah dan jatuhnya kok sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan. dan flick atau servis setengah tinggi.Hanya dengan berlatih tekun dan berulang-ulang tanpa mengenal lelah. b. Selain itu lawan dipaksa berada dalam posisi bertahan. Masing-masing jenis ini bervariasi pelaksanaanya sesuai dengan situasi permainan di lapangan. ke depan dan setelah melakukan pukulan.Cara latihannya adalah menggunakan sejumlah kok dan dilakukan secara berulang-ulang. jenis servis ini kerap digunakan oleh pemain ganda. . untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan. .Jenis servis ini terutama digunakan dalam permainan tunggal.Saat memukul kok. .

7. Posisi kaki menginjak garis tengah atau depan. Sikap berdiri adalah kaki kanan di depan kaki kiri. Servis yang Salah : 1. Perkanaan kok harus berada di bawah pinggang. Kaki kiri melakukan langkah. Penerima servis bergerak sebelum kok servis dipukul. 4. Jangan lupa. Penerima servis bergerak sesaat setelah servis dipukul. 3. harus dalam satu rangkaian. Sebelum melakukan servis. Kaki kiri statis. sikap badan tetap rileks dan penuh konsentrasi. sehingga kok hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan. Ayunan raket relatif pendek. 6. 2. perlu diperhatikan adanya peraturan servis. Servis yang Benar : 1. 4. Hindari menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan. Biasakan berlatih dengan jumlah kok yang banyak dan berulang-ulang tanpa mengenal rasa bosan. Rangkaian mengayun raket dan memukul kok tidak boleh terputus. kepala (daun) raket lebih tinggi dari pinggang. Kedua kaki terbuka selebar pinggul. 5. sehingga dengan sikap seperti ini. perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan. 6. kepala (daun) raket lebih tinggi atau sejajar dengan grip raket. sampai dapat menguasai gerakan dan ketrampilan servis ini dengan utuh dan baik/sempurna. dengan irama gerak kontinu dan harmonis. 2. 4. Pada saat memukul.1. Kaki kanan melangkah sebelum kok dipukul. tigngi kepala (daun) raket harus berada dibawah pegangan raket. 3. karena akan mempengaruhi arah dan akurasi pukulan. 5. sehingga dapat mengarahkan kok ke sasaran yang tepat dan sesuai perkiraan. Pada saat memukul bola. Selain itu. Berikut aturan bagaimana melakukan servis yang salah dan benar. Kaki hanya bergeser. 3. Pengembalian Service . 2. Rangkaian mengayun raket. 6. Titik perkenaan kok. titik berat badan berada di antara kedua kaki. dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan. tetapi tidak lepas dari tanah. lutut dibengkokkan.

posisi pada saat itu kurang menguntungkan. harus melakukan pukulan penyelamatan dengan cara mengangkat kok tinggi ke daerah belakang lapangan lawan. Fungsi pukulan dasar ini antara lain: . untuk menguasai teknik dasar ini. harus trampil berlari sambil melakukan langkah lebar. Jangan sampai gerak langkah terhambat karena kaki kiri tertahan gerakannya. gunakan tenaga kekuatan siku dan pergelangan tangan. lawan akan bergerak untuk memukul kok itu.Untuk mengembalikan pukulan pendek atau permainan net lawan. Hindari melakukan "smes keras". 3. tatkala berdiri pada posisi di bagian belakang lapangan sendiri. dengan kaki kanan berada di depan kaki kiri untuk menjangkau jatuhnya kok. pertama-tama. sehingga is terpaksa meninggalkan posisi strategisnya di titik tengah lapangannya. 2. sangat penting dikuasai dengan benar oleh setiap pemain bulutangkis. seharusnya kok dipukul terarah cepat. Prinsipnya. atau dengan teknik "pukulan pendek" (drop pendek) ke sudut depan lapangan lawan. Underhand (Pukulan dari Bawah) Jenis pukulan ini dominant digunakan dalam permainan bulutangkis. agar telapak kaki kanan tetap kontak dengan lantai sambil menjangkau kok. dengan penempatan kok yang tepat.Pukulan dasar ini dapat dilakukan dengan teknik pukulan forehanddan backhand. Seperti halnya teknik dasar"pukulan dari atas kepala". sehingga lutut kanan dalam keadaan tertekuk. Perhatikan.Sebagai cara bertahan akibat pukulan serang lawan. Dalam permainan ganda. Pada saat memukul kok. Dalam situasi tertekan dalam permainan.Teknik pengembalian servis. 1. Sikap menjangkau ini. sebaiknya servis lob lawan dikembalikan dengan teknik pukulan keras dan tinggi ke salah satu sudut bagian belakang lapangan lawan. apabila smes dapat dikembalikan dengan penempatan yang akurat atau terarah oleh pemain lawan. hendaknya siku dalam keadaan bengkok dan pertahankan sikap tubuh tetap tegak. Oleh karena. 7. . dan arah pukulan senantiasa menukik jatuh ke lapangan lawan atau ke bagian tubuh lawan. hingga gerakan lanjut dari pukulan ini berakhir di atas bahu kiri. Arahkan kok ke daerah sisi kanan dan kiri lapangan lawan atau ke sudut depan atau belakang lapangan lawan. . . Dalam permainan tunggal.

3. Overhead Clear/Lob Pusatkan perhatian lebih untuk menguasai pukulan overhead lob ini. agar tidak diulangi lagi. siku juga agak bengkok. Berlatihlah dengan tekun dan selalu mengevaluasi sendiri kesalahan yang dilakukan. Deep lob/Clear. Posisi akhir raket sesuai arah bola. Sambil melangkahkan kaki kanan ke depan. harus terjadi perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri. bolanya tinggi ke belakang. ayunkan raket ke belakang lalu pukul bola dan pada saat perkenaan bola. 2. dan pegangan backhand untuk underhand backhand. umpan dengan lemparkan banyak bola. 8. Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri dan pada saat memukul bola. Clear Underhand. Pegangan raket forehand untuk underhand forehand. pegang raket dan posisinya di samping bahu. Bola dipukul kira-kira dekat kaki kanan bagian luar. 5. adalah menciptakan suasana berlatih bersama tim dengan memukul kok yang diarahkan relatif jauh dari jangkauan. Attacking lob/Clear. Cara Latihan Untuk tahap pemula. posisinya biasanya dari belakang lapangan dan diarahkan keatas pada bagian belakang lapangan. 4. Ada dua jenis pukulan underhand: 1. Flick Underhand. Pergelangan tangan agak bengkok ke belakang. 2. Hal yang Perlu Diperhatikan 1. Pergunakan pegangan forehand. Hal yang Perlu Diperhatikan 1. bolanya tidak terlalu tinggi. 2. Posisi badan menyamping (vertikal) dengan arah net. Pukulan overhead lob adalah bola yang dipukul dari atas kepala. pukulan atau dorongan yang diarah kan tinggi ke belakang. . 2.Cara berlatih yang efektif untuk menguasai teknik dasar ini. Untuk koordinasi pukul bola sambil melangkah kaki kanan. karena teknik pukulan lob ini banyak kesamaannya dengan teknik smes dan dropshort. posisi tangan lurus. pukulan atau dorongan mendatar ke arah belakang. Ada dua jenis overhead lob : 1.

5. Ayunkan. Posisi badan harus diupayakan selalu bera di belakang bola. 2. Round The Head Clear/Lob/Drop/Smash Adalah bola overhead (di atas) yang dipukul di bagian belakang kepala (samping telinga sebelah kih). Untuk mempermudah. Bola dipukul seperti gerakan melempar. badan harus condong ke depan. Smash Yaitu pukulan overhead (atas) yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh. Posisi preparation sama dengan overhead biasa. sehingga terjadi perpindahan berat badan. 3. Karena. Pukulan smes adalah bentuk pukulan keras yang sering digunakan dalam permainan bulutangkis. Lecutkan pergelangan (raket) saat kena bola. kaki kiri mendarat lebih dulu. Pada saat perkenaan bola. 6. Karakteristik pukulan ini adalah. Ialu dilepas. bisa digunakan hitungan (1. Karena untuk bisa melakukan pukulan (teknik) ini diperlukan ekstra kekuatan kaki. footwork yang balk. sedang raket jatuh di depan badan. pukulan di belakang kepala ini relatif lebih sulit. Untuk alat bantu guna membiasakan gerakan dan memperoleh timing memukul yang pas. 2. 2. Pukul). pertama badan diputar yaitu dengan melangkahkan kaki kanan ke belakang. gunakan gantungan kok yang bisa diatur ketinggiannya. Biasanya pukulan ini dilakukan secara terpaksa karena untuk melakukannya harus dengan pukulan backhand. Setelah memukul. lalu lompatkan kaki kanan sambil badan dan raket diputar untuk menjangkau kok yang berada di belakang kepala. Karena itu tujuan utamanya untuk mematikan lawan. 9. biasanya bola berada jauh di belakang kepala kita. Hal yang Perlu Diperhatikan 1.3. laju jalannya kok cepat menuju Iantai . Posisi akhir raket mengikuti arah bola. Untuk para pemula yang baru belajar. 3. dan koordinasi. Dibanding dengan overhead yang biasa. Tujuannya supaya timing memukul bisa diperoleh. sebaiknya pertama-tama latihan dengan cara mengumpan mereka dengan lemparan bola. 4. Pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang. tangan harus lurus. kelenturan. Posisi siap. untuk menjangkaunya. di bagian depan kaki (agak berjingkat). Cara Latihan 1. keras. 10.

Manfaatnya sangat besar untuk meningkatkan kualitas permainan. Biasakan bergerak cepat untuk mengambil posisi pukul yang tepat. Sikap badan harus tetap lentur. Perbedaannya pada posisi raket saat perkenaan dengan kok. Oleh karena itu harus mampu melakukan pukulan yang sempurna dengan berbagai sikap dan posisi badan dari sudut-sudut lapangan permainan. 5. Perkenaan raket dan kok di atas kepala dengan cara meluruskan lengan untuk menjangkau kok itu setinggi mungkin dan pergunakan tenaga pergelangan tangan pada saat memukul kok. Dalam praktek permainan.Pukulan sines backhand .Pukulan smes penuh . bahu. gerak kaki yang cepat. Bola dipukul dengan dorongan dan sentuhan yang halus.Oleh karena itu pukulan smes dapat berbentuk: . 11. 3. Dropshot (pukulan potong) yang balk adalah apabila jatuhnya bola dekat dengan net dan tidak melewati garis ganda. kok sentiasa jatuh dekat jaring di daerah lapangan lawan. adalah menempatkan kok pada sudut-sudut lapangan lawan . Dalam pelaksanaan pukulan potong ini. dan fleksibilitas pergelangan tangan serta koordinasi gerak tubuh yang harmonis. Karakteristik pukulan potong ini adalah. Akhiri rangkaian gerakan pukul itu dengan gerak Ian-jut ayunan raket yang sempurna ke depan badan. Perhatikan pegangan raket. Faktor pegangan raket. Dropshot (Pukulan Potong) Adalah pukulan yang dilakukan seperti smes. 2. lengan. Sikap persiapan awal dan gerak memukul tidak berbeda dengan pukulan smes.Pukulan smes potong . sehingga pukulan ini membutuhkan aspek kekuatan otot tungkai. kedua lutut dibengkokkan dan tetap berkonsentrasi pada kok.Pukulan smes melingkar atas kepala Teknik pukulan smes tersebut secara bertahap setiap pemain harus menguasainya dengan sempurna. posisi badan dan proses perpindahan berat badan yang harmonis pada saat memukul merupakan faktor penentu keberhasilan pukulan ini. pukulan smes dapat dilakukan dalam sikap diam/berdiri atau sambil loncat (King Smash).Iapangan. 4. Hal yang Perlu Diperhatikan 1.

Netting Adalah pukulan yang dilakukan dekat net. posisi kaki kanan berada dibelakang kaki kiri. Perhatikan gerak langkah dan keseimbangan badan pada saat dan setelah memukul kok. dengan variasi gerak tipu badan dan raket sebelum perkenaan raket dan kok. Pergunakan pegangan forehand. Karakteristik teknik dasar ini adalah kok senantiasa jatuh bergulir sedekat mungkin dengan jaring/net di daerah lapangan lawan. Posisi akhir raket mengikuti arah bola. Untuk arah forehand lawan. posisi raket dan kok saat perkenaan. 6. 4. 7. harus terjadi perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri. diarahkan sedekat mungkin ke net.sedekat mungkin jaring/net. yang menyebabkan lawan terlambat mengatisipasi dan bereaksi atas datangnya kok secara mendadak. 2. menjangkau bola dan dorong dengan sentuhan halus. Pada saat memukul bola. posisi kepala (daun) raket sejajar dengan Iantai pada saat perkenaan raket dan kok yang harus diperhatikan selama proses pukulan jaring berlangsung. Di samping itu sikap dan posisi kaki . serta daya konsentrasi adalah faktor-faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan pukulan ini. 9. Posisi badan menyamping (vertikal) dengan arah net. keseimbangan tubuh. lengan. pukul bagian Iengkungan bola sebelah kanan dan lengkung kiri bola untuk tujuan backhand. 3. tangan harus lurus.Biasakan bergerak cepat mengambil posisi pukul yang tepat di belakang kok. 8. Pegang raket dan posisinya di samping bahu. 5. Koordinasi gerak kaki. Pukulan netting yang baik yaitu apabila bolanya dipukul halus dan melintir tipis dekat sekali dengan net. Pukulan potong ini mengandung aspek kehalusan gerak dan gerak tipu. Hal yang Perlu Diperhatikan 1. Posisi badan harus selalu diupayakan berada di belakang bola. Pegang raket dengan jari-jari tangan (ruas jari tangan). 12. dipukul dengan sentuhan tenaga halus sekali. Pada saat perkenaan bola. Kok harus dipukul dengan sikap lengan lurus dan hanya menggunakan tenaga kecil. pergelangan tangan tetap rileks.

Cara Latihan 1. Banyak terjadi pada permainan tunggal. Jenis-jenis pengembalian smash: 1. Return Smash Adalah pukulan yang lebih identik dengan pola pertahanan. dengan lutut kanan dibengkokkan. 3. Tingkatkan faktor intensitas dan kesulitan latihan dengan cara sambil bergerak. 4. . Posisi siap (stand). buat tarikan kecil dan pergelangan tangan. yaitu pengembalian bola ke arah belakang lagi. Hal yang Perlu Diperhatikan 1.tumpu harus tetap kokoh menapak di Iantai. Pukulan ini blasanya hanya bisa dilakukan oleh pemain yang sudah trampil dan mempunyai pergelangan tangan kuat. Berdiri kira-kira dua langkah dari jaring sambil memegang raket. Pengembalian drive (mendatar). 2. 3. Penyaji melemparkan kok berturut-turut ke daerah jaring dan Anda berusaha memukul kok itu. 5. sehingga tidak terjadi gerakan tambahan yang dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh. 2. Pengembalian pendek. Arah dan sasaran pukulan dapat berbentuk lurus. Tujuannya untuk memaksa lawan berlari jauh. Pengembalian panjang. Lakukan latihan ini di sisi kanan dan kiri secara bergantian. 2. Sesaat sebelum perkenaan bola. 4. silang atau dengan cara mendorong kok itu ke berbagai arah. Akhir kepala raket menghadap atau sejajar dengan langit-langit. Siku agak bengkok dan pergelangan ditekuk sedikit ke belakang.lebih banyak dilakukan pada permainan ganda. yaitu pengembalian dimana bolanya jatuh dekat net. 13. Namun demikian pengembalian smash yang baik bisa menjadi serangan balik. Pegangan raket forehand untuk forehand net dan backhand untuk backhand samping net. 3. kaki kanan berada di depan dan bola dipukul pada posisi setinggi mungkin. lihat keterangan dibagian footwork. Hal yang Perlu Diperhatikan 1. Tujuannya untuk tidak memberi kesempatan lawan melakukan serangan. Pukul bola pada bagian lengkung kanan dan kiri sampai pada bagian bawah bola. Pada saat memukul.

Tetapi . lalu ayun raket. Lutut dan siku kanan agak bengkok. apabila dekat bisa dilakukan dulu langkah kecil dari kaki kiri. Hal yang Perlu Diperhatikan 1. 4.2. Lakukan posisi slap dengan posisi raket di tangan. Untuk mempermudah bisa digunakan alat bantu. Drive Adalah pukulan cepat dan mendatar banyak digunakan dalam permaianan ganda. Tanpa ketiga hal tersebut. Kaki kanan sudah mendarat pada saat bola dipukul. Cara Latihan Latih dahulu gerakan tanpa bola . Tujuannya untuk menghindari lawan menyerang atau sebaliknya memaksa lawan mengangkat bola dan berada pada posisi bertahan. apabila dekat biosa dilakukan dengan satu langkah kaki kanan. yaitu gantuingan kok setinggi timing seorang atlit 15. Untuk pengembalian backhand. 2. 14.3) bisa dilakukan sambil melangkahkan kaki kanan. Pukulan ini menuntut ketrampilan grip. juga penguasaan grip dan timing yang tepat. tenaga besar sekalipun tidak bisa menghasilkan kualitas pukulan yang baik. mungkin perlu dilakukan dulu langkah kecil dari kaki kiri. Cara kedua. rangkaian pukulan di atas (No. dengan melangkahkan kaki kanan ke belakang kiri. Sebagai Dasar Hal yang Perlu Diperhatikan 1. Pukulan ini akan diajarkan lebih jauh pada tahap selanjutnya. 3. aapbila jauh mungkin perlu dilakukan dulu langkah kecil dari kaki kanan. Backhand Overhead Pukulan ini bisa dlkategorikan paling sulit. reflek yang sepat dan kekuatan pergelangan tangan. Putar badan. Gerakan diakhiri dengan lecutan pergelangan tangan. Rangkaian memukul mulai dari mengayunkan raket (siku ke dekat ketiak) dorong dengan pinggang dan siku menjadi lurus. tatapi apabila jauh. Pegangan raket dengan satu grip/cepat berpindah. Karena secara biomekanik teknik pukulan ini selain menuntut koordinasi anggota badan yang sempurna. Untuk pengembalian dari forehand. . terutama bagi pemain pemula. 3.

16. bisa dikatakan berada di atas angin apabila selalu bisa: 1. gunakan "lecutan" pergelangan pada saat bola dipukul. Sudah berada di tengah lapangan sebelum lawan memukul bola. maka selanjutnya dapat membuat variasi pukulan. bisa melakukan pada posisi underhand yang baik. Melakukan pukulan dengan posisi selalu berada di belakang bola. dan seluruh tekni dasar (basic stroke) dengan baik. Untuk bisa melakukan ketiga hal di atas. menguasai footwork. Cara Latihan 1. selain melalukan netting bisa juga melakukan flick. dan stamina yang kuat menjadi faktor yang dominan diperlukan seorang pemain tunggal. Selain kekuatan bahu. Dan gerakan-gerakan yang cepat itu bisa berlangsung untuk jangka waktu lama maka diperlukan stamina yang memadai. Latih reflek pukulan drive kiri/kanan ke tembok.2. Pemain harus memillki footwork yang teratur dan cepat. Dalam posisi ini artinya siap melakukan serangan yang mematikan. . footwork yang cepat. Sebaliknya berusaha untuk cepat berada pada posisi memukul sebelum lawan kembali ke tengah. Karenanya. selain lob dengan sedikit mengubah grip dan arah raket/putaran raket. Tunggal Pada permainan tunggal. Misalnya pukulan overhead. Variasi Stroke/Taktik Permainan Setelah seorang atlit berhasil menguasai cara memegang raket. Penguasaan pukulan dasar dan variasi akan terasa sekali manfaatnya pada saat mulai bermain dalam game (hitungan). Berpikirlah menggunakan taktik apa agar bisa mematikan lawan dan memenangkan pertandingan. 2. Berikit adalah beberapa tips dan taktik permainan. Dengan kata lain. 3. Gunakan raket yang lebih berat atau botol berisi pasir untuk melatih kekuatan pergelangan tangan. teratur. 2. pada satu jenis posisi yang baik dapat melakukan beberapa pilihan pukulan.

Selain itu ganda adalah permainan yang mengandalkan kerja sama.Ganda Permainan ganda memllikl tuntutan yang agak berbeda dengan tunggal. bisa menjadi pemain ganda yang baik. Pukulan harus dirancang. Ini terlihat dalam karakter permainan ganda sekarang ini yang menganggap bahwa pertahanan yang baik adalah dengan menyerang. dan disadari oleh peserta latih sebagai alat/sarana untuk mencapai prestasi puncak. Seorang pemain yangfootwork-nya kurang baik tetapi memiliki kecepatan dan reflek pukulan serta power yang besar. dan wiping(menyapu) adalah jenis pukulan yang wajlb dan harus dikuasi dengan trampll. Filosofi Ini rata-rata dipegang oleh setiap pemain ganda. dinikmati. Sejarah perbulutangkisan Indonesia mencatat. Model. adanya dukungan sarana pelatihan yang memadai serta terciptanya suasana pelatihan yang menyenangkan. smash. return smash. Walaupun penguasaan pukulan dasarnya sama dengan tunggal. Aspek kontinuitas. merupakan laktor-faktor pendukung yang selama ini tercipta di lembaga bulutangkis Indonesia. Karena permainan ganda memiliki jenis pukulan yang khusus. harus melalui proses pelatihan dalam kurun waktu lama. aplikasi pelatihan yang sistematis. kemudian mematikan lawan dengan pukulan hasil kerja sama. Berikut ini adalah beberapa contoh dan model suasana pelatihan yang menggambarkan betapa sistem pelatihan harus disikapi. Variasi Gerak serta Penampilan Pemain Bulutangkis Elite Indonesia Kunggulan dan pencapaian prestasi puncak dalam olahraga bulutangkis. . banyak pemain yang memiliki ketrampilan yang baik dan satu dengan lainnya saling berbeda. Dalam permainan ganda ada filosofi yang berbunyi "Siapa yang bisa menyerang lebih dahulu dia akan menang". program pelatihan yang dirancang dengan baik. serve. Pukulan cepat seperti drive. tetapi seorang pemain tunggal yang baik belum tentu bisa menjadi pemain ganda yang baik.

anak-anak Duke of Beaufort VII. Christian Hadinata. Pada abad XII permainan ini pun telah digelar di lapangan olahraga kerajaan Inggris dan di tahun 1860 itu ada seorang penjual mainan dari London-mungkin juga penyedia peralatan battledore . Badminton House. Minarti Timur. Ade Chandra. Sejarah Bulu Tangkis: Dari Bristol sampai ke Indonesia Banyak dari kita pasti pernah melakukan olahraga rakyat yang satu ini. Inggris hingga akhirnya dapat berkembang luas pada abad XIX di Eropa. Panjang raket battledorenya sendiri kurang lebih setengah meter dengan kepala bulat tanpa senar. Tony Gunawan. dll. masingmasing kaya dengan varlasi pukulan yang berbeda. Candra Wijaya. Antara tahun 1840 sampai 1850. yup Bulu Tangkis atau badminton. . kini masih menyimpan koleksi peralatan battledore dan shuttlecocknya.Tipe dan karakteristik serta gaya permainan Rudy Hartono.bernama Isaac Spratt. Mereka bermain menyeberangkan shuttlecock melewati tali tersebut dan hal inilah awal mula dari penggunaan net. Johan Wahyudi. Ketrampilan itu diperoleh lewat proses pelatihan yang ketat. Tjun Tjun. Adalah Inggris sebagai biang keladi dari terciptanya olahraga ini. Ricky Soebagdja. beregu maupun campuran ini memang bukan olahraga asli kreasi anak bangsa. Kayu penepak ditutup kertas kulit sehingga menimbulkan bunyi. "Jangan berpikir tentang hasil akhir yang dicapai. Olahraga yang asik dimainkan secara tunggal. Lius Pongoh. konsentrasi dan ketrampilan teknik yang memukau. Iie Sumirat. tujuh laki-laki dan empat perempuan. seperti orang memukul tambur. akan tetapi berpikirlah tentang proses latihan yang benar". Permainan ini dikenalkan dan dikembangkan awalnya oleh keluarga Sonnerset dari Bristol. Rexy Mainakai. Susy Susanti. bermain bulu tangkis dengan cara merentangkan tali antara pintu dan perapian. Shuttlecock saat itu beratnya dua kali lipat dibanding dengan yang ada sekarang. Lim Swie King. Variasi pukulan dalam pembinaan bulutangkis. sarat dengan penampilan gerak yang atraktif. Icuk Sugiarto. salah satu tempat bersejarah olahraga bulu tangkis. Berkat jasa mereka pulalah pihak kerajaan Inggris tak segan memberikan gelar Duke of Beaufort kepada Keluarga Sonnerset. melainkan produk import yang datangnya dari Eropa.

Walau cuma sehari. bentuk dan ukuran lapangan bulu tangkis banyak mengalami variasi. Nah. Skotlandia pada tahun 1907. Adapun Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) sendiri didirikan pada tahun 1951. Denmark. Tapi dalam perkembangannya. Tahun 1921 Kanada mengadakan kejuaraan pertamanya. Turnamen bulu tangkis terbuka pertama diadakan di Amerika Serikat pada tahun 1954.menulis Badminton Battledore-a new game. Pada tahun itu juga terbit The Badminton Gazette yang menjadi jurnal resmi persatuan bulu tangkis Inggris. seperti Malaysia. bulu tangkis juga dikenalkan dalam bentuk turnamen yang sangat berperan dalam memperkenalkan olahraga ini ke negara lain. dan melakukan eksibisi antar tim dari berbagai negara di Eropa. dan tahun 1936 di Amerika Serikat. (berbagai sumbe . dengan memberikan sumbangan Thomas Cup untuk kejuaraan beregu putra pertama pada tahun 1948.S Uber pemain ganda putri terbaik Amerika Serikat menjadi pemrakarsa untuk kejuaraan beregu putri tingkat dunia. Beberapa tahun kemudian untuk lebih mendisipilinkan jalannya permainan. London. Tujuan pendirian PBSI adalah untuk menangani dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan bulu tangkis di Indonesia. Tahun 1901. Irlandia. Hollywood juga disinggahi. Tapi peraturan permainan bulu tangkis yang sekarang berlaku di IBF hanya mengalami perubahan sedikit sekali dari peraturan yang dikeluarkan pada tahun 1890. kemudian diperbarui lagi di tahun 1890. dan sempat dibuat film Good Badminton untuk mengembangkannya. Inggris. dengan New York sebagai kota persinggahan pertama. Para pemain datang ke Inggris untuk belajar olahraga bulu tangkis. Sebelumnya. Wales. Tulisan di situ menggambarkan terjadi evolusi permainan itu di Badminton House. Selandia Baru. 15-9 dalam pertandingan the best of five match. Selain di Eropa dan Amerika olahraga bulu tangkis juga berkembang di daerah jajahan Inggris. Tahun itu terselenggara Seri Dunia yang mempertemukan Jack Purcell dari Kanada dan Jess Willard dari AS. dan Prancis sebagai negara pendiri. Hal ini dimaksudkan agar pemain Amerika dapat meningkatkan kualitas permainan mereka. dengan Purcell menang 15-7. Tahun 1956 Mrs. bukti lain menyebutkan anggota kerajaan Polandia juga telah memainkan olahraga ini pada akhir abad XVII. Massey adalah salah seorang pemain terkenal di Inggris dan menjadi sosok yang cukup berperan dalam administrasi badminton pada masa itu. H. Hal ini disambut baik oleh Sir George Thomas. Maka pada tahun 1934 didirikan IBF yang bertujuan untuk membantu mengembangkan bulu tangkis di tingkat internasional dengan Inggris Raya (Inggris. lewat dua negara inilah bulu tangkis sampai juga bulu tangkis ke Indonesia melalui Medan dan Palembang . Perkembangan badminton yang cepat menjadi olahraga dunia itu menuntut dibentuknya sebuah badan internasional. dan Skotlandia). Kejuaran pertama bulu tangkis All England pun digelar di tahun 1897 yang hanya berlangsung selama satu hari tanggal 4 April di London-Scottish Drill Hall di Buckingham Gate. Dilanjutkan dengan pertandingan internasional pertama kali antara Inggris melawan Irlandia pada tahun 1903. Hal itu didukung menurut catatan yang yang menyatakan di tahun 1933 sudah ada perkumpulan bulu tangkis di Jakarta. BBL (Batavia Badminton League). disusul Kejuaraan Aberdeen. pada tahun 1877 dikeluarkanlah peraturan pertama tentang bulu tangkis. Namun baru 1905 Badminton menarik banyak perhatian masyarakat. sehingga di kedua negara tersebut muncul persatuan bulu tangkis pada tahun 1931 di Kanada. Selain kejuaraan. seperti Kejuaraan Irlandia pada tahun 1900. Namun ada pula yang berpendapat permainan bulu tangkis ini dibawa langsung ke Jakarta pada tahun 1930. yaitu BBB (Batavia Badminton Bond). Badminton juga menyebar ke Amerika Serikat. sukses penyelenggaraan Kejuaraan All England telah merangsang munculnya kejuaraan lainnya.M Massey yang terbit pada tahun 1911. mulailah bentuk dan ukuran lapangan yang sekarang sudah mulai dipakai. meskipun kebanyakan menggunakan bentuk jam. Kanada. Di tahun 1870 bulu tangkis hanya diperuntukkan untuk kalangan aristokrat saja dan dimainkan di ruang tamu mereka yang sangat luas. yang mengijinkan pemain dari luar negeri untuk bergabung. Tahun 1925 tim Inggris mengadakan lawatan ke Kanada. dan Singapura. Banyak segi positif dari lawatan ini. Tak hanya di Inggris saja. 15-6. Buku pertama yang menceritakan tentang permainan ini adalah “Badminton” disusun oleh S. dan BBU (Batavia Badminton Unie). Sekitar 3000 penonton memadati gedung di Seattle ini. olahraga ini semakin meriah dengan dengan hadirnya sebuah klub bulu tangkis pertama yang bernama Folkstone yang berdiri di daerah Kent. Menyeberang Lautan Atlantik bulu tangkis hinggap di British Columbia tahun 1914 dan tahun 1920-an menyebar ke berbagai kota Kanada.

India pada abad ke-19 saat mereka menambahkan jaring/net dan memainkannya secara bersaingan. raketnya memakai dayung/tongkat (Battledores). terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara. Ini kemudian dengan segera menjadi permainan anakanak di wilayah setempat mereka. Para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris pada 1850-an.sebuah permainan baru"). estat Duke of Beaufort's di Gloucestershire. Federasi Bulutangkis Internasional (IBF) didirikan pada 1934 dan membukukan . yang saat ini mendominasi olah raga ini. Asosiasi Bulutangkis Inggris dibentuk pada 1893 dan kejuaraan internasional pertamanya berunjuk-gigi pertama kali pada 1899 dengan Kejuaraan All England. Oleh sebab itu kota Pune dikenal sebelumnya sebagai Poona.Sejarah Perkembangan Bulutangkis di Indonesia Olah raga yang menggunakan bola dan raket ini berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu. Ini melukiskan permainan tersebut dimainkan di Gedung Badminton (Badminton House). pada masa itu permainan tersebut juga dikenali sebagai Poona. Ini cukup populer di jalan-jalan London pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk permainan ini.a new game" ("Battledore Bulutangkis . seorang penyalur mainan Inggris. permainan ini dimainkan oleh anak-anak disebut dengan Battledores atau Shuttlecocks. Nenek moyangnya adalah sebuah permainan Tionghoa bernama Jianziyang melibatkan penggunaan bola tetapi tanpa raket. Inggris. Objek atau misi permainan ini adalah untuk menjaga bola agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan. Rencengan peraturan yang pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Olah raga kompetitif bulutangkis diciptakan oleh petugas Tentara Britania di Pune. Bulutangkis menjadi sebuah olah raga populer di dunia. dan di negara-negara Skandinavia. berjudul "Badminton Battledore . Penduduk Britania membawa permainan ini ke Jepang. dan Siam selagi mereka mengolonisasi Asia. Di Inggris sejak zaman pertengahan. Tiongkok. Olah raga ini mendapatkan namanya yang sekarang pada 1860 dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt.

pertandingan kompetisi yang teratur. menjadi saksi sejarah bagaimana olahraga ini mulai dikembangkan menuju bentuknya yang sekarang. Namun cabang olahraga ini baru menemukan bentuk organisasinya setelah tiga tahun diselenggarakan PON I di Solo 1948. Skotlandia. Inggris. Wales. India bergabung sebagai afiliat pada 1936. Di bangunan tersebut. dengan cepat menjadikan cabang olahraga ini digemari masyarakat. Tidak saja hasil di Thomas Cup. gerakan kemerdekaan. sebuah istana) di kawasan Gloucestershire. misalnya. bangsayang baru saja hancur karena perang kemerdekaan.an. Irlandia. terutama dari mana cabang itu berasal. Kanada. Kegiatan yang semarak. demikian nama istana tersebut. sejak saat itu para pemainIndonesia mampu menunjukkan prestasinya di pelbagai turnamen internasional. Badminton hanya menjadi nama karena dari situlah permainan ini mulai . Keberhasilan itu sekaligus menarik perhatian pemerintah masyarakat. Asian Games. melompati jaring ke wilayah di seputar batasan/aras tertanda sebelum pemain atau pasangan lawan bisa memukulnya balik. Duke of Beaufort dan keluarganya pada abad ke-17 menjadi aktivis olahraga tersebut. Persatuan Bulutangkis Indonesia baru terbentuk disingkat PBSI di kota Bandung. sampai dengan periode pembangunan masa orde baru dewasa ini. Orang hanya mengenal nama badminton berasal dari nama sebuah rumah (kalau menurut ukuran Indonesia.Inggris. sekitar 200 kilometer sebelah barat London. Badminton House. Setelah memenangi satu poin. dalam waktu tujuh tahun telah membuahkan hasil yang positif yakni keberhasilan merebut Thomas Cup. Hampir tidak masuk akal menurut pertimbangan ilmiah. cabang ini telah merasuk di setiap pelosok masyarakat. sejak masa sebelum revolusi fisik. ternyata mampu meraih prestasi gemilang di dunia internasional. Uber Cup dan lain-lainnya. Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah cock menggunakan raket. seperti All England. Duke of Beaufort bukanlah penemu permainan itu. Indonesia dan Korea Selatan sama-sama memperoleh masing-masing dua medali emas tahun itu. sehingga sejak tahun 1958 itu. Pada sekitar tahun 40 . SelandiaBaru. Cara bermain bulutangkis Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi pada kedua sisi jaring di atas wilayah persegi panjang yang ditandai di lantai. Beberapa orang Belanda membawa jenis cabang olahraga ini. sang pemilik. Belanda. PBSI tidak lagi bekerja seorang diri. Tepatnya tanggal 5 Mei 1951. tetapi juga memberikan pengaruh yang mantap. dan Prancis sebagai anggota-anggota pelopornya. lambang supremasi dunia Bulutangkis. pemain atau pasangan penyervis mencetak skor satu poin. Denmark. serta pelajar-pelajar Indonesia yang pulang belajar dari luar negeri. Sejarah awalnya. Perkembangan Bulutangkis di Indonesia tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan bangsa Indonesia. Keberhasilan ini tidak saja mengejutkan dari arti prestasi. Untuk setiap kali ini berhasil dilakukan oleh reguyang menyervis. Akan tetapi. pemain yang sama men Misteri Badminton Tidak ada cabang olahraga yang memiliki banyak tanda tanya seperti bulutangkis. Olah raga ini menjadi olah raga Olimpiade Musim Panas di Olimpiade Barcelona tahun 1992.

Badminton menjadi satu-satunya cabang olahraga yang namanya berasal dari nama tempat. sudah ada di sekitar kita. Rumah-rumah besar dengan ruangan-ruangan dan halaman luas menjadi tempat yang subur bagi permainan itu. yang terbuat dari gabus. Pada abad berikutnya. Tidak terkecuali di Badminton House tadi. memungkinkan orang mengejar dan menepaknya lagi ke atas. Yang kemudian menjadi tanda tanya adalah di Inggris ataukah di India mula-mula permainan seperti yang sekarang dilakukan? Bukti-bukti menunjukkan di Indialah mulamula peraturan permainan olahraga ini ditulis. Jepang. ada kepala dengan salah satu ujung bulat dan di ujung lain yang datar tertancap belasan bulu sejenis unggas? Bahan-bahan untuk membuat kok memang sudah ada di alam. Yang menjadi tanda tanya. yang sctiap kawasan berbeda bentuknya. Juga tanda tanya besar bagaimana nama permainan ini berubah dari battledore menjadi badminton. Apapun evolusi yang terjadi disekitar alat-alatnya. Di Badminton House itu kini masih ditemukan koleksi menarik peralatan permainan battledore dan shuftlecock-nya. Asal mula permainan battledore dengan menggunakan shuttlecock (kok) sendiri juga misteri. Siam (Thailand). yang ketika itu terbuat dari bulu unggas. dan kemudian menancapnancapkan pena. Dua orang menepak “burung” itu ke depan dan ke belakang selama mungkin. Nama asal permainan dua orang yang menepak bola ke depan(forehand) atau ke belakang (backhand) selama mungkin ini tadinya battledore. Pertanyaannya. Ini terjadi tahun 1870-an. bagaimana awalnya bulu-bulu itu bisa menancap ke kepala kok? Ada yang berpendapat. dia melamun dan memikir sesuatu yang jauh. Pada abad ke-l6 permainan semacam itu terkenal diantara anak-anak. Permainan menggunakan kok memang mempunyai daya tarik tersendiri. dengan satu atau dua penepak kayu. Kok zaman itu dua kali lebih besar dan berat . Jerman. Beberapa pena tertancapkan dan jadilah bentuk sederhana sebuah kok. Tentu ini tidak ada buktinya. Bentuk kepala kok. Kadang-kadang dimainkan oleh satu orang yang memukul-mukul atau menepak-nepak kok itu ke atas. bisa ditemukan dalam buah-buahan atau batu. Sebuah permainan lain yang hampir sama featherball (dengan bola dari kulit ayam yang lunak) dimainkan di Denmark. Dulu orang menggunakan penepak dari kayu (bat). permainan yang biasa disebut juga jeu de volant ini menjadi pengisi acara saat-saat luang di banyak negara Eropa. bagaimana bisa terbentuk kok seperti sekarang. Permainan macam ini sudah dilakukan kanak-kanak dan orang dewasa lebih dari 2000 tahun lalu di India. pada abad ke-19 permainan itu menyebar luas di kawasan pinggiran kota-kota Inggris. Jika ditepak atau dipukul keatas maka begitu "jatuh" (menurun) kok akan melambat.dikenal di kalangan atas dan kemudian menyebar. Di Inggris ditemukan ukiran kayu abad pertengahan yang memuat gambar anak-anak sedang menendang-nendang shuttlecock. dan Swedia. Yunani dan Cina. Di kawasan terakhir ini dimainkan lebih banyak dengan dengan kaki. Keluarga Sommerset yang teiah tinggal di rumah itu sejak zaman Charles II kemudian mendapat anugerah gelar sebagai Duke of Beaufort. Hanya kernudian memang terbentuk alat permainan seperti itu. Perancis. yang bulat. ketika orang sedang duduk di kursi dan di depannya meja tulis. Tanpa disengaja dia mengambil tutup botol.

Panjang "raket" atau battledore-nya sekitar setengah meter dengan kepala bulat. pada bentuknya yang paling awal. Lain lagi dengan cerita Sir George Thomas. Begitulah bunyi yang terdengar jika di ruang depan (Front Hall) Badminton House sedang ada permainan battledore. Di salah satu bagian yang terdiri dari 10 halaman. tetapi sebelum itu dimainkan di India. Versi lain menyebut India sebagai asal badminton. BBC 1980) anak-anak Duke-tujuh laki-laki dan empat perempuan-inilah yang mulai memainkannya di Ruang Depan. Akhir tahun 1850-an mulailah dikenal jenis baru permainan itu. Dalam pembukaan dia menulis tentang sejarah singkat permainan itu dalam empat paragraph kecil 'badminton pertama kali dimainkan. terwujud.dibanding yang ada sekarang. Betapapun. Racquets etc yang terbit tahun 1883. kemudian keluarga Duke-lah yang memperkenalkan permainan ini ke masyarakat. menulisBadminton Battledore-a new game.. Terbukti. hal itu sesuai dengan selera pesta itu dan kemudian menjadi hiburan yang biasa diselenggarakan di rumah itu . Sir Thomas lebih menyebut seorang pengunjung pesta dibanding keluarga Duke. saya percaya di India dan diperkenalkan ke Inggris oleh Duke of Beaufort pada musim panas tahun 1874'. Encyclopedia Britannica edisi tahun 1911 menulis tentang badminton: “Permainan ini tampaknya muncul di Inggris sekitar tahun 1873. Semua alat itu tersedia di istana ini dan orang yang akan main tinggal datang. sebagai pemain dan organisator. pengarang menyebut badminton sebagai 'tenis lapangan yang dimainkan dengan shuttlecock dan bukan bola’. yang selama 70 tahun bergerak di bulutangkis. Piala Thomas. Tulisan di situ menggambarkan terjadi evolusi permainan itu di Badminton House." Nah. Tertulis dalam sebuah naskah tentang peraturan Lawn Tennis. Tahun 1860 itu ada seorang penjual mainan dari London-mungkin juga penyedia peralatan battledore . dan rumah itu betapapun dipercaya sebagai asal permainan itu" kata tokoh yang kemudian menyumbangkan piala untuk diperebutkan bagi kejuaraan beregu putra. Kayu penepak itu ditutup kertas kulit sehingga kalau seseorang memukul menimbulkan bunyi seperti orang memukul tambur.bernama Isaac Spratt. Mereka kemudian merentangkan tali antara pintu dan perapian dan bermain dengan menyeberangkan kok melewati tali itu. Salah seorang peserta pesta memiliki gagasan cermerlang. Tidak ada senar.. yang saat itu masih popular. Siapa yang menulis naskah itu tidak diketahui. Menurut Bernard Adams (The Badminton Story. Pada tahun 1840-an dan 1850-an keluarga Duke of Beaufort Ke-7 paling sering menjadi penyelenggara permainan ini. pada suatu pesta hujan turun dan orangorang berusaha mencari suatu kegembiraan baru dari permainan battledare yang biasanya. Itu versi yang menyebut Inggrislah sebagai asal permainan itu. Ia mengatakan. Itulah awal net. keterangan itu makin menambah tanda tanya tentang . "Ia merentangkan tali melintas ruangan dan menyingkirkan semua mainan anak-anak dan badmiton. Croquet. Cerita-cerita di atas didapat dari keturunan Duke of Beaufort yang sekarang. Lama-lama mereka bosan permainan yang itu-itu saja. Dia dengan jelas memberi waktu tahun 1863-68 sebagai perkiraan awal dari badminton.

di Guilford. Tampaknya. Hart. terutama kok-nya. Hampshire. Badminton dimainkan di Madras. yang biasa disebut 'Sunday badminton'. C. S. Amerika Utara. Pada yang pertama kejuaraan hanya berlangsung satu tanggal 4 April dengan mengambil tempat di London-Scottish Drill Hall di Buckingham Gate. Vidal . Inilah tahun pertamabadminton memasuki era kompetisi. Bombay (kini Mumbay). Peraturan pertama dikenalkan di Poona pada tahun l873. dan G. Peraturan yang lengkap sendiri baru bisa disusun tahun 1901 .yang kemudian berangsur-angsur menyusun peraturan permainannya.antara lain S.E. Ketika mereka kembali ke Inggris dan pensiun mereka tetap memainkannya di kawasan permukiman tempat mereka menghabiskan masa pensiun mereka. baik para perwira atau pegawai Inggris yang ke India maupun keluarga Duke of Beaufort dan para tamunya yang sering berkunjung ke Badminton Housemempunyai andil untuk pengembangan badminton ini. Majalah Badminton Gazette pun dibuat. tetapi lebih superior. Pada tahun 1920-an badminton menyebar ke Eropa Utara. Pada tahun 1898 diselenggarakan turnamen terbuka. Jerman. khusus ganda. Dari situ lalu dikenalkan kemasyarakat luas. Kejuaraan All England sendiri terus berlangsung dan hanya sempat terhenti tahun 1915-1919 karena terjadinya Perang Dunia I dan 1930. Klub-klub pun muncul dan pada tahun 1893 mereka bersepakat membentuk Persatuan Badminton Inggris (Badminton Association of England) dalam suatu pertemuan di Southsea. dan bahkan Kepulauan Falklands (dikenal di sini dengan nama Kepulauan Malvinas) dan New York. Permainan itu sendiri berkembang pesat di India dan menjadi favorit untuk di luar gedung. mereka membawa pulang ke Inggris. kebanyakan di daerah pantai seperti South Sea dan Bath. Tentara Inggris tampaknya memang yang banyak bergaul dengan badminton ini. Sebelum tahun 1900 badminton menyebar ke Irlandia dan Skotlandia pada tahun 1907 menyeberang ke jajahan Inggris yang jauh seperti Afrika Selatan. British Columbia (Kanada sekarang).W. Dari India atau Inggris? Ada keterangan. Demikian terkenalnya sehingga hari Minggu pun orang lupa untuk pergi ke gereja demi main badminton. Tahun- . perwira-perwira Inggris yang bertugas di India memainkan permainan yang sejenis dengan badminton. Bagned Wild. meskipun permainan itu sendiri hanya berfungsi sebagai sarana pergaulan dan belum ada kompetisi. Lalu beberapa perwira ini diundang Duke of Beaufort untuk memainkannnya di Badminton House. Di situ diatur antara lain tentang lapangan yang bentuknya seperti sekarang. The Field. dan Calcutta.H. Dolby. Setahun kemudian dilangsungkan kejuaraan All England. Karena sangat menyukai permainan yang cepat itu. Mereka yang kembali ke Inggris kemudian lebih serius memainkan badminton. lengkap dengan peralatannya. dan Asia. J.1946 karena meletusnya Perang Dunia II. tidak seperti sebelumnya yang hanya menjadi berita kecil di majalah tennis. sehingga tidak bisa dikatakan benar-benar terjadi. Meski tahun 1908 berdiri klub di Hamburg. Bukti tentang ini pun tidak lengkap.asal muasal badminton. tetapi perkem-bangan di daratan Eropa memang tidak menggembirakan. yang dikenal dengan namaPoona. Sebelum Perang Dunia I badminton memasuki masa emasnya. Merekalah . London. tujuannya agar berita-berita badminton mendapat tempat yang lapang.

hampir separuh jumlah di Inggri saat itu. Dalam sepuluh tahun. dan Prancis sebagai negara pendiri. kini Malaysia. Tahun 1937 mereka sudah mengadakan Kejuaraan Terbuka Malaya dan tahun itu . Irlandia. Sekitar 3000 penonton memadati gedung di Seattle ini. Tahun 1921 Kanada mengadakan kejuaraan pertamanya. Perkembangan badminton yang cepat menjadi olahraga dunia itu menuntut dibentuknya sebuah badan internasional. Pada bulan Juli 1934 dibentuk Federasi Bulutangkis Internasional (International Badminton Federation. Buku Badminton Malaysia. Tahun itu terselenggara Seri Dunia yang mempertemukan Jack Purcell dari Kanada dan Jess Willard dari AS. Menyeberang Lautan Atlantik badminton hinggap di British Columbia tahun 1914 dan tahun 1920-an menyebar ke berbagai kota Kanada. Tahun 1920-1923 Sir George Thomas melawat ke Pulau Pinang dan mendapatkan permainan itu sudah digemari masyarakat di situ. Denmark memberi warna tersendiri pada olahraga itu. IBF) dengan Inggris Raya (Inggris. Badminton juga menyebar ke Amerika Serikat. tercatat di seluruh AS 20. Kanada. perkembangan di India ternyata lebih lambat dibanding di Malaya. Di Eropa. Selandia Baru.000 pemain. Hollywood juga disinggahi. Wales. dan Skotlandia). Tahun 1925 berdirilah Persatuan Badminton Pulau Pinang. 15-6. Pada tahun 1938 tercatat sekitar 25. dengan New York sebagai kota persinggahan pertama. Penggemar pun makin banyak. dengan Purcell menang 15-7. Perkembangan di Malaya cepat sekali. Sejarah dan Perjuangan yang ditulis Dr. Denmark. 15-9 dalam pertandingan the best of five match. dan Singapura. Negara jajahan Inggris ini membentuk Persatuan Badminton Malaya (Badminton Association of Malaya. dengan dimainkan oleh pegawai-pegawai East India Company (semacam VOC milik Inggris). Dicatat permainan itu masuk tahun 1809 di Pulau Pinang. BAM) tahun 1934. menceriterakan badminton itu pada mulanya dimainkan di sekolah-sekolah misionaris yang terdapat di Pulau Pinang. Fadzin Che Wan (Ensimal(M)sdn Bhd 1993).000 pemain dan ini memungkinkan didirikannya pabrik kok sendiri. Ke timur. Ipoh. Malaka. Yang menjadi pelopor di negeri itu adalah Hans dan Alksel Hansen. Denmark sudah menghasilkan juara All England. Tahun 1885 para isteri pegawai memainkannya di Hotel E & O di Pulau Pinang ini. Keduanya berkeliling negeri itu mempopulerkan badminton dan bahkan kemudian ikut menyebarkan ke Norwegia dan Swedia.tahun itulah badminton masuk Malaya (kini Malaysia dan Singapura). Tahun 1930-an permainan itu makin terkenal dengan kepulangan pelajar-pelajar yang menuntut ilmu di Inggris. dan sempat dibuat film Good Badminton untuk mengembangkannya. Kejuaraan pertama diselenggarakan tahun berikutnya. Badminton pun dengan cepat menyebar ke berbagai penjuru negara itu. Negeri ini menjadikan badminton sebagai olahraga musim dingin dan membuat fasilitas yang bagus dengan membuat lapangan di dalam gedung. Kuala Lumpur. Namun baru 1905 Badminton menarik banyak perhatian masyarakat. Juga tahun-tahun itulah badminton masuk Indonesia. A. Tahun 1936 berdiri American Badminton Association.

tak sekali pun negara di luar Asia yang merebut Piala Thomas. Hasilnya: Di Olimpiade Barcelona itu Indonesia mengantongi dua medali olimpiade. Sudirman. IBF dan World Badminton Federation (WBF). Indonesia menjadi perebut terbanyak yaitu 13 kali diikuti Malaya/Malaysia lima kali dan Cina empat kali. Malaya menang 8-1. Cina paling banyak dengan tujuh kali. Inilah emas pertama Indonesia di arena akbar olahraga sejak keikutsertaan di Olimpiade Helsinki tahun 1948. Tahun 1981 disepakati WBF melebur menjadi satu dengan IBF. Dan Malaya yang langsung ke final mewakili zona Pasifik mengalahkan AS 6-3 dan bertemu Denmark di final. Indonesialah yang merebutnya. Dalam pertarungan organisasi bulutangkis dunia. dan Indonesia tiga kali. Sayangnya Perang Dunia II menghalangi pelaksanaan kejuaraan itu dan baru bisa berlangsung tahun 1948. kejuaraan dunia IBF menyelenggarakan pertama kali . Indonesia bahkan aktif dalam usaha mempersatukan kembali kedua organisasi itu. Amerika Serikat menjadi juara tiga kali-tiga kali pertama kejuaraan itu. badan dunia bulutangkis sempat terpecah menjadi dua. Meski sempat menjadi olahraga eksibisi di olimpiade Muenchen tahun 1972 (Indonesia antara lain diwakili Rudy Hartono). Dalam sejarahnya yang sudah 22 kali dilangsungkan. Indonesia. Jepang lima kali. Pemain Malaya yang pertama menjadi juara di All England adalah Wong Peng Soon pada tahun 1950. Ketika kejuaraan beregu Piala Thomaspertama kali diselenggarakan tahun 1948 Malayalah yang pertama merebutnya.juga mereka bergabung dengan IBF. Sesudah itu Cina empat kali membawanya pulang dan Korea tiga kali. tetapi baru tahun 1992 dijadikan cabang resmi Olimpiade. Kejuaraan beregu campuran (putra-putri) yang mulai diselenggarakan tahun 1989 memakai namaBapak Bulutangkis Indonesia. Pada final di Queen's Hall di Preston tiga peserta bertarung: Denmark yang juara zona Eropa (menundukkan Inggris 8-1). negara-negara Asialah yang meraihnya. Selebihnya. Ini terjadi pada saat memuncaknya perang dingin antara Blok Barat dan Blok Timur. 16 kali. Pada kompetisi untuk berebut piala dari Betty Uber yang mulai dilaksanakan tahun 1956 ini. Ketika pertama kali dipertandingkan di Jakarta tahun 1989 itu. Dalam percaturan di luar arena perlandingan. Blok Timur yang dipelopori Republik Rakyat Cina (RRC). Persatuan inilah yang memungkinkan bulutangkis maju ketingkat yang lebih tinggi : Olimpiade. Arena pertandingan tingkat dunia lain perlu mendapat catatan tersendiri. Piala Thomas sendiri adalah sumbangan Sir George Thomas pada tahun 1939 setelah IBF menyepakati adanya sebuah kompetisi beregu putra. Amerika Serikat yang juara zona Amerika (mengalahkan Kanada 8-1). Untuk kejuaraan perseorangan. Mulailah dominasi Asia di cabang olahraga ini. Ini berbeda dengan yang terjadi di kejuaraan beregu putri Piala Uber. membentuk WBF sebagai saingan IBF. meski beradadi kawasan Timur lebih condong ke Blok Barat meski tidak memutuskan hubungan dengan BlokTimur.

Dalam permainan ganda. Di tengah-tengah lapangan berdirijaring/net.18 meter dan panjangnya 13. yakni 1. tiada poin dicetak oleh mereka tetapi ada pergantian penyervis. dan terus menyervis sepanjang mereka terus mencetak poin. Rudy Hartono merebut gelar delapan kali.tahun 1977 dengan tuan rumah Swedia. Kotak servis kiri dan kotak servis kanan dipisahkan oleh garis di tengahnya. dan setelah kalah sebuah reli. servis berpindah ke regu lawan. Orang tidak bisa main-main lagi jika ingin menjadi tingkat tertinggi. Pada kejuaraan di Malmoe ini Indonesia hanya merebut satu gelar yaitu ganda putra. Areal servis untuk ganda berukuran 6.Dari waktu itu ke depannya. Wilayah servis Tiap-tiap pemain menetapkan di antara dua wilayah servis. .40 meter. yakni berlebar 5. tetapi Eropa. kedua pemain pada seregu bergantian menyervis sebelum servis kembali berpindah kepada lawan mereka. Mutu permainanpun makin tinggi. Asia memang tetap mendominasi. dengan tujuh kali berturut-turut pada tahun 1968 sampai 1976. Apabila regu yang tak menyervis memenangkan reli ini. Ia gagal mencetak delapan kali berturut-turut tahun 1975 karena di final kalah dari Svend Pri dari Denmark.55 meter tingginya. melalui Denmark terutama mulai memiliki pola permainan yang tidak jauh berbeda dengan Asia. Pemain di sisi servis tangan kanan selalu memulai servis.88 meter panjangnya.10 meter pada lebarnya dan 11. Indonesia membuat catatan tersendiri: merebut seluruh lima nomor yang dipertandingkan. seorang penyervis memulai permainan. Kini bulutangkis telah menjadi olahraga dunia.98 meter dari jaring. Garis-garis servis pendek berentang 1. Ada wilayah servis untuk tunggal. Pada kejuaraan dunia tidak resmi All England. Baru pada tahun 1980 ketika kejuaraan berlangsung di Jakarta. Wilayah servis dibagi dua belahan. Asiapun harus waspada yervis kembali. Indonesia juga mencatatkan salah seorang pemainnya sebagai pemegang rekor.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful