3.

FUNGSI POLINOM

Fungsi polinom merupakan fungsi suku banyak order atau pangkat n, n merupakan bilangan bulat positif. Fungsi tersebut dapat dinyatakan dengan dengan an ≠ 0 Fungsi polinom memiliki tiga bentuk khusus, yaitu: 1. Fungsi konstan Yaitu grafik lurus yang sejajar dengan sumbu x atau sumbu y.Fungsinya dapat dinyatakan dengan = ,dengan domain (daerah asal )adalah bilangan real ( Df = Sedangkan range (daerah hasil) yaitu Rf = { a0 } ).

Contoh soal :

Gambarlah fungsi y = f(x) = 5! Hal tersebut merupakan y = f (x) = 5x0 yang berarti y = f(x) = 5.1 = 5,karena x0 bernilai 1. Oleh karena itu :

x y

-3 5

-2 5

-1 5

0 5

1 5

Maka grafik fungsinya adalah y 5

-3

-2

-1

0

1

x

3 0 x . • Contoh soal : y = f(x) = 5x – 3 x y 0 -3 1 2 2 7 3 12 4 17 Maka.gambar grafik fungsinya adalah = y f(x) = 5x . Domain dan range dari fungsi linier adalah Real (Df = dan Rf = ) Grafik fungsi linier memiliki gradient atau berupa garis lurus miring. Fungsi linear : fungsi identitas).2.

koefisien tidak mempunyai factor umum kecuali ± 1.aa = 0. Fungsi kuadrat Untuk harga a5. dan fungsi kuadrat maka dapat disimpulkan bahwa dari fungsi polinom adalah bilangan real [ Df = ] Persamaan polynomial (persamaan bulat rasional) diperoleh jika suatu polynomial dalam satu variable ditetapkan = 0. dan a0 ≠ 0 . 0 telah disisipkan sebagai koefisien pada setiap suku yang tidak ada.y) yaitu Contoh soal : Dilihat dari sifatnya.….3. fungsi konstan..a4. funsgi linear.maka diperoleh g(x) = Grafik fungsi kuadrat berupa parabola yang memiliki titik puncak dengan persamaan (x. Bentuk standar polynomial adalah Suku-suku pangkat dari x disusun dalam derajat menurun.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful