P. 1
Penyakit Kanker Batang Pada Tanaman Kakao

Penyakit Kanker Batang Pada Tanaman Kakao

|Views: 92|Likes:
Published by Muhammad F Shin

More info:

Published by: Muhammad F Shin on Nov 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/19/2013

pdf

text

original

PENYAKIT KANKER BATANG PADA TANAMAN KAKAO

Friday, 08 July 2011 10:51 |
GEJALA Ambon, Yang dimaksud dengan kanker dalam ilmu penyakit tumbuhan adalah luka yang berbatas jelas pada kulit, dikelilingi oleh jaringan kalus, yang seringkali terbuka, sehingga kayu tampak dari luar. Pada penyakit kanker batang kakao pada batang atau cabang yang besar terdapat tempat yang warnanya lebih gelap dan agak mengendap. Pada tanaman yang sangat rentan tempat ini sering mengeluarkan cairan kemerahan, yang setelah mongering tampak seperti lapisan karat pada permukaan kulit. Gejala ini sukar terlihat, karena tertutup oleh lapisan luar kulit, lebihlebih kalau permukaan batang tertutup oleh lumut atau lumut kerak. Kalau lapisan kulit luar dikorek, tampak bahwa lapisan kulit bagian dalam berwarna merah kecoklatan. Bercak ini dapat meluas dengan cepat, sehingga banyak kulit produktif yang rusak. PENYEBAB Kanker batang disebabkan oleh jamur Phytophthora palmivora (Butl). Butl, sama dengan penyebab busuk buah dan menginfeksi kulit batang atau cabang. Kelak dari sini jamur dapat kembali menginfeksi buah. Jamur tidak dapat langsung menginfeksi batang yang sehat, kecuali kalau terdapat luka-luka, misalnya luka karena serangga.

PENGENDALIAN/PENGELOLAAN PENYAKIT

1. Cara yang paling baik untuk mengendalikan kanker batang adalah dengan pengendalian 2.
penyakit busuk buah. Buah-buah yang bergejala harus segera dipetik dan dipendam. Hubungan antara busuk buah dan kanker batang harus selalu diingat. Perlu diusahakan agar infeksi pada kulit dapat segera diketahui. Pada bagian yang sakit kulit luar (kerak) dikorek, sehingga kulit dalam terlihat. Dulu dianjurkan agar jaringan kulit yang busuk dipotong sampai bersih, lalu luka ditutup Mempertahankan seresah sebagai mulsa disekitar pangkal batang. Memanen buah yang masak secara teratur, misalnya seminggu sekali, sambil membersihkan buah-buah yang sakit. Buah yang sakit, beserta dengan kulit buah (cangkang) dipendam cukup dalam, sehingga paling sedikit tertutup tanah setebal 10 cm. Dari kegiatan uji coba di beberapa lahan petani di Seram Bagian Barat dan Maluku Tengah, Kanker Batang dapat dikendalikan dengan memakai Kunyit, Pohon Kakao yang terkena Kanker di kupas pada bagian terserang kemudian di gosok dengan menggunakan kunyit. Yang dilakukan BBP2TP Ambon Pada Kegiatan Demplot Penyehatan kebun Kakao adalah penggunaan Trichoderma sp dan Penggunaan Kunyit, dan telah terbukti dapat mengatasi Penyakit Kanker Batang dimaksud.

3. 4. 5.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->