BAB I PENDAHULUAN I.

1 Latar Belakang Agroindustri berasal dari dua kata agricultural dan industry yang berarti suatu industri yang menggunakan hasil pertanian sebagai bahan baku utamanya atau suatu industri yang menghasilkan suatu produk yang digunakan sebagai sarana atau input dalam usaha pertanian. Agroindustri merupakan sub sektor yang luas yang meliputi industri hulu sektor pertanian sampai dengan industri hilir. Industri hulu adalah industri yang memproduksi alat-alat dan mesin pertanian serta industri sarana produksi yang digunakan dalam proses budidaya pertanian. Sedangkan industri hilir merupakan industri yang mengolah hasil pertanian menjadi bahan baku atau barang yang siap dikonsumsi atau merupakan industri pascapanen dan pengolahan hasil pertanian. Dalam kerangka pembangunan pertanian, agroindustri merupakan penggerak utama perkembangan sektor pertanian, terlebih dalam masa yang akan datang posisi pertanian merupakan sektor andalan dalam pembangunan nasional sehingga peranan agroindustri akan semakin besar. Agroindustri berpotensi dapat meningkatkan cadangan devisa serta penyediaan lapangan kerja. Hal ini dinilai strategis mengingat Indonesia merupakan satu dari sedikit negara didaerah tropis yang memiliki keragaman hayati (biodiversity) cukup besar.
Salah satu hasil pertanian yang bisa dikembangkan lagi adalah kedelai. Kedelai merupakan komoditas tanaman pangan terpenting ketiga setelah padi dan jagung. Selain itu, kedelai juga merupakan tanaman palawija yang kaya akan protein yang memiliki arti penting dalam industri pangan dan pakan. Oleh karena itu, agroindutri kedelai merupakan salah satu potensi lokal yang bisa dan harus bisa kita manfaatkan.

1

Memaparkan kepada pembaca bahwa banyak produk yang dapat dihasilkan dari kedelai. Mengapa kedelai menjadi salah satu dari hasil pertanian khususnya jenis kacang-kacangan yang patut dikembangkan lagi industrinya? 2. penulis ingin penulisan ini bermanfaat untuk : 1.2 Rumusan Masalah Dari uraian latar belakang diatas. Apa saja bentuk-bentuk produk olahan pangan yang berasal dari kedelai? Dan bagaimana cara pembuatannya? I. Menjelaskan alasan dan proses industri kedelai 2. penulis mengangkat perumusan masalah sebagai berikut : 1. 2 . Untuk mengetahui alasan perlunya perkembangan industri kedelai 2.I. maka penulisan bertujuan untuk : 1.3 Tujuan Penelitian Berdasarkan rumusan masalah yang diangkat penulis. Untuk mengetahui bentuk – bentuk produk pangan yang bisa dihasilkan dari olahan kedelai dan cara pembuatannya I.4 Manfaat Penulisan Manfaat dari penulisan ini.

Bentuk biji kedelai umumnya bulat lonjong tetapai ada pula yang bundar atau bulat agak pipih. dele. kacang bulu.BAB II TINJAUAN PUSTAKA Kedelai dikenal dengan berbagai nama: sojaboom. dole. soybean. kaceng bulu. juga merupakan tanaman hari-pendek dengan waktu kritis rata-rata 13 jam. karena tanaman terlalu dini berbunga. sarupapa tiak. kacang jepun. kedele. kacang ramang. Kedelai yang berhipokotil ungu berbunga ungu. Kecambah Biji kedelai yang kering akan berkecambah bila memperoleh air yang cukup. Kecambah kedelai dapat digunakan sebagai sayuran (tauge). retak mejong. 3 . puwe mon. sistem perakaran akar tunggang. hitam. Embrio terletak diantara keping biji. Ia akan segera berbunga apabila pada masa siap berbunga panjang hari kurang dari 13 jam. coklat. khususnya kedelai putih dari daerah subtropik. yaitu keping biji muncul diatas tanah. yaitu bagian batang kecambah dibawah kepaing. Berbagai nama ini menunjukkan bahwa kedelai telah lama dikenal di Indonesia. kacang kuning (aceh) dan gadelei. kadule. soja. kadang jepun. dekenana. ungu atau hijau yang berhubungan dengan warna bunga. hijau. Kecambah kedelai tergolong epigeous. Pusar biji (hilum) adalah jaringan bekas biji melekat pada dinding buah. Kedelai dapat berubah penampilan menjadi tumbuhan setengah merambat dalam keadaan pencahayaan rendah. Biji Biji kedelai berkeping dua. dan batang berkambium. Kedelai merupakan terna dikotil semusim dengan percabangan sedikit. kadele. sedang yang berhipokotil hijau berbunga putih. Warna hipokotil. lebui bawak. Kedelai. Warna kulit biji kuning. demekun. kacang gimbol. terbungkus kulit biji dan tidak mengandung jaringan endospperma. Ini menjelaskan rendahnya produksi di daerah tropika. lawui. soja bohne.

Selain berfungsi sebagai tempat bertumpunya tanaman dan alat pengangkut air maupun unsur hara. ujung batang lebih kecil dari bagian tengah. tidak terbatas (indeterminate). cabang menjadi berkurang. ujung batang hampir sama besar dengan batang bagian tengah. Tanaman pendek sampai sedang. berwarna ungu atau putih. Bunga terletak pada ruas-ruas batang. dengan kedalaman hingga 120 cm. Bintil akar tersebut berupa koloni dari bakteri pengikat nitrogen Bradyrhizobium japonicum yang bersimbiosis secara mutualis dengan kedelai. akar akan berkembang lebih ke dalam agar dapat menyerap unsur hara dan air. Batang Kedelai berbatang dengan tinggi 30–100 cm. Tipe setengah terbatas memiliki karakteristik antara kedua tipe lainnya. akar tanaman kedelai juga merupakan tempat terbentuknya bintil-bintil akar. bintil akar mulai terbentuk sekitar 15 – 20 hari setelah tanam. Batang dapat membentuk 3 – 6 cabang. Bunga Bunga kedelai termasuk bunga sempurna yaitu setiap bunga mempunyai alat jantan dan alat betina. daun teratas sama besar dengan daun batang tengah. tetapi bila jarak antar tanaman rapat. Pada tanah yang telah mengandung bakteri ini. Tanaman berpostur sedang sampai tinggi. Jika kelembapan tanah turun. Bakteri bintil akar dapat mengikat nitrogen langsung dari udara dalam bentuk gas N2 yang kemudian dapat digunakan oleh kedelai setelah dioksidasi menjadi nitrat (NO3). Tipe tidak terbatas memiliki ciri berbunga secara bertahap dari bawah ke atas dan tumbuhan terus tumbuh. Tipe terbatas memiliki ciri khas berbunga serentak dan mengakhiri pertumbuhan meninggi. Tipe pertumbuhan batang dapat dibedakan menjadi terbatas (determinate). dan setengah terbatas (semiindeterminate). Pertumbuhan ke samping dapat mencapai jarak 40 cm.Perakaran Tanaman kedelai mempunyai akar tunggang yang membentuk akar-akar cabang yang tumbuh menyamping (horizontal) tidak jauh dari permukaan tanah. 4 . atau tidak bercabang sama sekali. Tidak semua bunga dapat menjadi polong walaupun telah terjadi penyerbukan secara sempurna. Penyerbukan terjadi pada saat mahkota bunga masih menutup sehingga kemungkinan kawin silang alami amat kecil.

pada semua buku di atasnya terbentuk daun majemuk selalu dengan tiga helai. tipis. daun menguning dan gugur.Buah Buah kedelai berbentuk polong. mineral dan serat yang paling baik. kedelai mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi. Selama proses pematangan buah. vitamin. karbohidrat (12-30 %). Setelah tua. air (7 %).14 gram. Tunas atau bunga akan muncul pada ketiak tangkai daun majemuk. Masing-masing daun berbentuk oval. dan telur ayam. Polong kedelai berbulu dan berwarna kuning kecoklatan atau abuabu. yaitu lesitin. sepalin dan lipositol. polong yang mula-mula berwarna hijau akan berubah menjadi kehitaman. Di antara jenis kacang-kacangan. Dalam lemak kedelai terkandung beberapa fosfolipida penting. Dibandingkan dengan beras. kebutuhan protein sebesar 55 gram per hari dapat dipenuhi dengan makanan yang berasal dari 157. kacang hijau. Daun Pada buku (nodus) pertama tanaman yang tumbuh dari biji terbentuk sepasang daun tunggal. 5 . kedelai merupakan sumber protein (35-45 %). mulai dari daun yang menempel di bagian bawah batang. dan berwarna hijau. Setiap tanaman mampu menghasilkan 100 – 250 polong. lemak (18-32 %). Kedelai sebagai bahan makanan mempunyai nilai gizi cukup tinggi. tepung singkong. hampir menyamai kadar protein susu skim kering. Helai daun tunggal memiliki tangkai pendek dan daun bertiga mempunyai tangkai agak panjang. Bila seseorang tidak boleh atau tidak dapat makan daging atau sumber protein hewani lainnya. Permukaan daun berbulu halus (trichoma) pada kedua sisi. ikan segar. daging. Kedelai mengandung protein 35 % bahkan pada varitas unggul kadar proteinnya dapat mencapai 40 % – 43 %. jagung. Selanjutnya.

BAB III PEMBAHASAN Kedelai berperan sebagai sumber protein nabati yang sangat penting dalam rangka peningkatan gizi masyarakat karena aman bagi kesehatan dan murah harganya.000/kg) secara finansial usahatani kedelai cukup menguntungkan.14. Prospek pengembangan kedelai di Indonesia terutama untuk mengisi pasar domestik masih sangat terbuka luas.68 persen didatangkan dari impor. baik sebagai produk pangan. dan sebanyak 55 persen masih diimpor. usaha ini belum mampu bersaing dalam upaya meningkatkan substitusi kedelai impor. Peluang pasar domestik diperkirkan terus meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan kedelai dan produk turunannya. Industri berbasis kedelai yang telah berkembang adalah tempe. Baik dalam jangka menengah maupun panjang. tauco. Walaupun produktivitasnya masih rendah. mentega putih dan margarin yang diharapkan mulai berkembang dalam program jangka 6 . kecap. Sama halnya dengan dua tanaman pangan sebelumnya.32 persen. Bahkan bungkil kedelai yang pemanfaatannya digunakan sebagai salah satu sumber protein dalam makanan unggas menjadi salah satu produk samping kedelai hampir 100% masih diimpor. program pengembangan kedelai tetap diarahkan dalam meningkatkan substitusi impor untuk memenuhi industri minyak goreng. yaitu Rp 2. farmasi (obat-obatan). Namun demikian produksi kedelai Indonesia baru mampu memenuhi sekitar 35 persen. pada tingkat harga yang relatif stabil (Rp 3. Kemampuan produksi dalam negeri untuk mengisi pasar domestik semakin menurun.05 juta/ ha pada tingkat B/C 2. aplikasi dalam bidang teknik (industri) dan sebagai pakan . Melalui perbaikan produktivitas merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya saing komoditas ini. Kedelai dapat diolah untuk menghasilkan berbagai produk yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia. Sehingga program pengembangan kedelai dalam jangka pendek adalah meningkat produksi dalam negeri dalam upaya mengurangi impor untuk memenuhi kebutuhan dari industri yang telah berkembang selama ini. produksi domestik mampu mengisi pasar domestik sekitar 83. tahu dan susu. Pada tahun 1990. dan bahkan pada tahun 2004 sudah mencapai 65 persen. dan sisanya 26. setelah tahun 2000 lebih dari 50 persen kebutuhan domestik dipenuhi dari impor. mengingat produksi kedelai dalam negeri masih jauh dibawah jumlah permintaan domestik. Namun demikian. berbagai alternatif potensi untuk meningkatkan nilai tambah kedelai termasuk produk sampingannya dapat dilakukan melelui pemanfaatan teknologi pasca panen.

sehingga dapat menghambat proses penuaan dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif (aterosklerosis. Selain itu tempe juga mengandung zat antibakteri penyebab diare. kita dapat memanfaatkan bentuk kemitraan dengan para pedagang. kesesuaian ekosistem lahan pertanian di Indonesia. tauco. benih dan industri. Komposisi gizi tempe baik 7 . dan lain-lain). ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Untuk peningkatan produksi dan produktivitas kedelai. serta penguatan dan pemberdayaan kelembagaan pendukungnya terkait petani di perdesaan termasuk dukungan stabilisasi pemasaran dan tingkat harga yang menguntungkan ebagai insentif dan keberpihakan bagi petani produsen). penurun kolesterol darah. Yang pertama adalah ketersediaan bahan baku kedelai itu sendiri. diperlukan strategi kebijakan melalui: perluasan areal tanam. tempe. dan tingginya market demand bagi pengusahaan kedelai. dll). kecap. Kinerja produksi yang dimaksud terutama ditunjukkan oleh kemampuan produksi pada sentra-sentra produksi nasional. seperti: susu kedelai. jantung koroner. Sebagai bahan pangan. Kebutuhan kedelai di dalam negeri terus meningkat seiring pesatnya perkembangan industri pangan dan pakan olahan berbahan baku kedelai. mengandung zat radikal bebas yang tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan sangat aman untuk dikonsumsi. minyak dan bungkil kedelai. Dalam merencanakan agribisnis kedelai. hipertensi. Banyak produk-produk olahan yang bisa kita buat dari kedelai. Peluang pengembangan agribisnis kedelai domestik juga masih sangat terbuka mengingat ketersediaan sumberdaya lahan. sementara jumlah impor sangat ditentukan oleh tingkat permintaan domestik baik untuk berbagai kebutuhan baik konsumsi. pencegah penyakit jantung. daging tiruan/meat analog (untuk vegetarian). pengembangan infrastruktur. Sekitar 80% penduduk Indonesia (terutama di Jawa) mengkonsumsi makanan olahan kedelai (fermentasi dan non fermentasi). Fenomena pasar komoditas kedelai nasional sangat ditentukan oleh kinerja produksi domestik dan kegiatan impor. Beberapa contohnya adalah Tempe Tempe berpotensi untuk digunakan melawan radikal bebas. ataupun menjual sendiri langsung. dan lain-lain. peningkatan efisiensi produksi dan kualitas produk. abon kedelai. Untuk pemasaran. dan berbagai bentuk makanan ringan/snack (keripik. kedelai mengandung protein nabati yang sangat tinggi nilai gizinya.menengah dan industri obat-obatan dan kecantikan yang berbasis kedelai yang diharapkan tumbuh dalam program jangka panjang. kanker. diabetes melitus. rempeyek. tahu.

Dengan demikian. nilai cerna. pertumbuhan berat badan penderita gizi buruk akan meningkat dan diare menjadi sembuh dalam waktu singkat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat gizi tempe lebih mudah dicerna. asam lemak tidak jenuh majemuk (polyunsaturated fatty acids. gaplek-tempe. Bahan makanan campuran beras-tempe. Dibandingkan dengan kedelai. Dengan pemberian tempe. jagung. serta skor proteinnya. Ini telah dibuktikan pada bayi dan anak balita penderita gizi buruk dan diare kronis. lemak. dalam perbandingan 7:3. Asam lemak tidak jenuh mempunyai efek penurunan terhadap kandungan kolesterol serum. sehingga bisa disebut sebagai makanan semua umur. sedangkan kenaikan terjadi pada asam oleat dan linolenat (asam linolenat tidak terdapat pada kedelai). maka protein. Hidangan makanan sehari-hari yang terdiri dari nasi. nilai efisiensi protein. jagung-tempe. dan karbohidratnya tidak banyak berubah dibandingkan dengan kedelai. Oleh karena itu. asam lemak bebas. sehingga dapat menetralkan efek negatif sterol di dalam tubuh. Pengolahan kedelai menjadi tempe akan menurunkan kadar raffinosa dan stakiosa. Mutu gizi tempe yang tinggi memungkinkan penambahan tempe untuk meningkatkan mutu serealia dan umbiumbian. nitrogen terlarut. Sepotong tempe goreng (50 gram) sudah cukup untuk meningkatkan mutu gizi 200 g nasi. yaitu suatu senyawa penyebab timbulnya gejala flatulensi (kembung perut).kadar protein. terdapat tendensi adanya peningkatan derajat ketidakjenuhan terhadap lemak. dan karbohidrat pada tempe menjadi lebih mudah dicerna di dalam tubuh dibandingkan yang terdapat dalam kedelai. PUFA) meningkat jumlahnya. terjadi beberapa hal yang menguntungkan pada tempe. Secara kimiawi hal ini bisa dilihat dari meningkatnya kadar padatan terlarut. AsamLemak Selama proses fermentasi tempe. lemak. diserap. atau tiwul akan meningkat mutu gizinya bila ditambah tempe. asam amino bebas. Namun. sudah cukup baik untuk diberikan kepada anak balita. dan dimanfaatkan tubuh dibandingkan dengan yang ada dalam kedelai. karena adanya enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kapang tempe. tempe sangat baik untuk diberikan kepada segala kelompok umur (dari bayi hingga lansia). Dalam proses itu asam palmitat dan asam linoleat sedikit mengalami penurunan. 8 .

namun tempe mengandung vitamin B12 sehingga tempe menjadi satu-satunya sumber vitamin yang potensial dari bahan pangan nabati. tembaga. buah-buahan. Jumlah ini telah dapat mencukupi kebutuhan vitamin B12 seseorang per hari. dan 8. dan genistein. vitamin B12 aktivitasnya meningkat sampai 33 kali selama fermentasi dari kedelai. Kenaikan kadar vitamin B12 paling mencolok pada pembuatan tempe. para vegetarian tidak perlu merasa khawatir akan kekurangan vitamin B12. isoflavon juga merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas.5 sampai 6. yaitu daidzein. Antioksidan Di dalam tempe juga ditemukan suatu zat antioksidan dalam bentuk isoflavon. Jumlah mineral besi. dan biji-bijian). vitamin B6 (piridoksin). mineral-mineral tertentu (seperti besi. glisitein. Vitamin B12 umumnya terdapat pada produk-produk hewani dan tidak dijumpai pada makanan nabati (sayuran. Jenis vitamin yang terkandung dalam tempe antara lain vitamin B1 (tiamin).3 mikrogram per 100 gram tempe kering. dan karotenoid. sepanjang mereka melibatkan tempe dalam menu hariannya. Dengan adanya vitamin B12 pada tempe. di samping ketiga jenis isoflavon 9 . B2 (riboflavin). Kapang tempe dapat menghasilkan enzim fitase yang akan menguraikan asam fitat (yang mengikat beberapa mineral) menjadi fosfor dan inositol. dan B12 (sianokobalamin). dan asam pantotenat 2 kali lipat. riboflavin naik sekitar 8-47 kali.05 mg setiap 100 g tempe. Vitamin ini tidak diproduksi oleh kapang tempe. 2. dan zink) menjadi lebih tersedia untuk dimanfaatkan tubuh. asam nikotinat (niasin). magnesium. kalsium. niasin 2-5 kali. yaitu larut air (vitamin B kompleks) dan larut lemak (vitamin A. asam pantotenat. D. asam folat 4-5 kali. Kadar vitamin B12 dalam tempe berkisar antara 1. E.Vitamin Dua kelompok vitamin terdapat pada tempe. biotin 2- 3 kali.39.87. Pada tempe. Dengan terurainya asam fitat. dan zink berturut-turut adalah 9. E. piridoksin 4-14 kali. tetapi oleh bakteri kontaminan seperti Klebsiella pneumoniae dan Citrobacter freundii. Seperti halnya vitamin C. dan K). Dalam kedelai terdapat tiga jenis isoflavon. Mineral Tempe mengandung mineral makro dan mikro dalam jumlah yang cukup. Tempe merupakan sumber vitamin B yang sangat potensial.

Proses mencampur kedelai dengan ragi memakan waktu sekitar 20 menit.4-trihidroksi isoflavon) yang mempunyai sifat antioksidan paling kuat dibandingkan dengan isoflavon dalam kedelai. Tahap peragian (fermentasi) adalah tahap penentu keberhasilan dalam membuat tempe kedelai. Amerika Serikat. Sebelumnya. kedelai dibiarkan dingin sampai permukaan keping kedelai kering dan airnya menetes habis. kedelai direbus untuk membunuh bakteri yang kemungkinan tumbuh selama perendaman. • • • • • • • Sesudah itu. Penuaan (aging) dapat dihambat bila dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung antioksidan yang cukup. Berikutnya. Kedelai kemudian direndam 12 jam dalam air panas/hangat bekas air perebusan supaya kedelai mengembang. kedelai dicampur dengan laru (ragi 2%) guna mempercepat/merangsang pertumbuhan jamur. plastik 10 . Kedelai diambil dari dandang. Setelah dikupas. menemukan bahwa genestein dan fitoestrogen yang terdapat pada tempe ternyata dapat mencegah kanker prostat danpayudara. Cara pembuatan tempe • Biji kedelai yang telah dipilih/dibersihkan dari kotoran.tersebut juga terdapat antioksidan faktor II (6. diletakkan di atas tampah dan diratakan tipis-tipis. • Bila campuran bahan fermentasi kedelai sudah rata. Karena tempe merupakan sumber antioksidan yang baik. dicuci dengan air yang bersih selama 1 jam. Setelah 24 jam direndam seperti pada butir 3 dan butir 4 di atas. konsumsinya dalam jumlah cukup secara teratur dapat mencegah terjadinya proses penuaan dini. Antioksidan ini disintesis pada saat terjadinya proses fermentasi kedelai menjadi tempe oleh bakteri Micrococcus luteus dan Coreyne bacterium.7. kedelai direbus dalam air selama 2 jam. Setelah bersih. campuran tersebut dicetak pada loyang atau cetakan kayu dengan lapisan plastik atau daun yang akhirnya dipakai sebagai pembungkus. Selanjutnya. kedelai dicuci dan dikuliti (dikupas). kedelai direndam dalam air dingin selama 12 jam. Penelitian yang dilakukan di Universitas North Carolina.

Kelebihan dari susu kedelai adalah ketiadaan laktosa. Setelah itu. yaitu direndam dalam air mendidih selama lima menit untuk mengaktifkan kapang dan enzim. Maksudnya ialah untuk memberi udara supaya jamur yang tumbuh berwarna putih. Proses percetakan/pembungkus memakan waktu 3 jam. air. yaitu suatu senyawa dalam bahan pangan yang memunyai khasiat menyehatkan. Setelah 24 jam. Susu kedelai juga dikenal sebagai minuman kesehatan. tempe dapat disimpan pada suhu beku sekitar 20°C selama 100 hari tanpa mengalami perubahan sifat penampak warna. Susu kedelai dapat dibuat dengan peralatan dapur sederhana dengan menggerus kedelai kering dengan air. Orang tanpa ensim laktase tidak dapat mencerna makanan yang berlemak.dilobangi/ditusuk-tusuk. Kemudian. serta 2. karena tidak mengandung kolesterol melainkan kandungan phytokimia. 11 . • • Supaya tahan lama. Setelah beku. Proses membekukan tempe untuk ekspor adalah sbb. dan protein. Mula-mula tempe diiris-iris setebal 2-3 cm dan di-blanching. tempe dibungkus dengan plastik selofan dan dibekukan pada suhu 40°C sekitar 6 jam. Susu kedelai memiliki komposisi yang mirip dengan susu: 3. bau.5% protein. • Campuran kedelai yang telah dicetak dan diratakan permukaannya dihamparkan di atas rak dan kemudian ditutup selama 24 jam. Daun yang biasanya buat pembungkus adalah daun pisang atau daun jati. Ada yang berpendapat bahwa rasa tempe yang dibungkus plastik menjadi "aneh" dan tempe lebih mudah busuk (dibandingkan dengan tempe yang dibungkus daun). maupun rasa • Susu Kedelai Susu kedelai adalah minuman serupa susu yang dibuat dari kedelai. yaitu seseorang yang tidak memunyai enzim laktase dalam tubuhnya. sehingga susu ini cocok untuk dikonsumsi penderita intoleransi laktosa. tutup dibuka dan campuran kedelai didinginkan/dianginanginkan selama 24 jam lagi.9% karbohidrat. ataupun dengan menggunakan mesin. campuran kedelai telah menjadi tempe siap jual. 2% lemak. tempe yang misalnya akan menjadi produk ekspor dapat dibekukan dan dikirim ke luar negeri di dalam peti kemas pendingin. Minuman ini berasal dari Tiongkok dan merupakan emulsi stabil minyak.

zat besi.5% selama 15 menit. Kandungan Nutrisi Susu Kedelai Susu kedelai merupakan minuman yang bergizi tinggi. Untuk memperoleh susu kedelai yang baik.25 – 0. provitamin A. Ia dipertimbangkan sebagai “protein lengkap”. Kacang kedelai sangat terkenal karena nilai nutrisinya yang kaya. Susu kedelai dapat dibuat dengan teknologi dan peralatan yang sederhana. zat besi. dan air. 1995).Susu kedelai memiliki sumber protein yang mempunyai susunan asam amino yang mendekati susunan asam amino susu sapi. sehingga dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi bagi mereka yang tidak toleran terhadap susu sapi. dengan perbandingan larutan perendam dan kedelai 3 : 1 2. serta tidak memerlukan keterampilan khusus. 12 . Susu kedelai juga sangat mudah dalam proses pembuatannya. dan fosfor. Kedelai ditiriskan dan dididihkan selama 20 menit. Selain memiliki manfaat gizi yang sangat besar. phosphor. PROSES PEMBUATAN SUSU KEDELAI 1. terutama karena kandungan proteinnya. kalsium. Namun perhatian masyarakat kita terhadap jenis minuman ini pada umumnya masih kurang. potasium. Susu kedelai diperoleh dengan cara penggilingan biji kedelai yang telah direndam dalam air. Kacang kedelai juga mengandung calcium. Kacang kedelai juga kaya dalam vitamin B komplek. salah satu yang mengandung 8 asam amino esensial lengkap yang dibutuhkan tubuh manusia. Kedelai yang telah disortasi (dipisahkan dari kotoran dan biji rusak) direndam dalam larutan NaHCO3 0. kiita perlu menggunakan kedelai yang berkualitas baik. Perendaman dilakukan pada suhu ruang. Dari 1 kg kedelai dapat dihasilkan 10 ltr susu kedelai. Selaitu susu kedelai juga mengandung lemak. Penggunaan air sumur dapat menghasilkan susu kedelai dengan rasa yang lebih enak. hasil penggilingan kemudian disaring untuk memperoleh filtrat selanjut nya dididihkan dan diberi bumbu untuk meningkatkan rasanya (Koeswara. Susu kedelai ini harganya lebih murah daripada susu produk hewani. karbohidrat. Vitamin B kompleks (kecuali B12).

ke dalam susu kedelai dapat ditambahkan CMC sebanyak 100 ppm (100 mg CMC ditambahkan ke dalam 1 l susu kedelai). Untuk meningkatkan rasa dan penerimaan. moka. strawberi secukupnya. Setelah mendidih. Jika akan dibotolkan. 5. 7. penggiling batu (yang biasa dipakai pada pembuatan tahu). kemudian dipanaskan sampai mendidih. Bubur encer disaring dengan kain kasa dan filtratnya merupakan susu kedelai mentah. ke dalam susu kedelai mentah ditambahkan gula pasir sebanyak 5 – 7% dan flavor seperti coklat. Kedelai digiling dengan penggiling logam. Susu kedelai sebaiknya dalam suhu dingin sekitar 50C (suhu lemari es). Bubur yang diperoleh ditambah air mendidih sehingga jumlah air secara keseluruhan mencapai 10 kali lipat bobot kedelai kering. 13 . pandan. atau blender. 4. api dikecilkan dan dibiarkan dalam api kecil selama 20 menit. 6.3. 8.

Semakin lama. Tempe dan susu kedelai adalah beberapa dari banyak produk olahan kedelai yang banyak beredar di masyarakat.BAB IV KESIMPULAN Kedelai adalah salah satu bahan makanan dari kelompok biji-bijian yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Di antara buah atau biji berminyak. Susu kedelai memiliki kandungan yang lebih lengkap dari susu yang lain. Tempe dapat digunakan sebagai pengganti lauk untuk orang yang vegetarian karena tempe memiliki kandungan lemak yang rendah tetapi nikmat untuk disantap.1%). jumlah kedelai yang harus diimpor dapat berkurang. kelapa (8. Namun. Susu kedelai juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan menerapkan aspek manajerial yang baik. yaitu 70. dan kacang hijau (5. Oleh karena itu jumlah permintaan kedelai makin meningkat. kita masih harus mengimpor keledai sara dapat memenuhi kebutuhan tersebut. 14 . 1995).4%). maka kita dapat memperbaiki pola agroindustri kedelai di Indonesia.7% diikuti oleh kacang tan ah (15. semakin banyak masyarakat Indonesia yang mengonsumsi kedelai dalam berbagai bentuk makanan olahan.9%) (BPS. Maka susu kedelai sangat cocok diberikan kepada orang yang memiliki kadar kolestrol tinggi dalam darah. kedelai merupakan penyumbang protein terbesar. Sehingga harapannya.

Bagian III. H. Statistik Industri Besar dan Sedang. Deshaliman.DAFTAR PUSTAKA Azis. Memperkuat Ketahanan Pangan dengan Umbi-umbian.suarapembaruan. S. Yogyakarta.php? option=com_content&task=view&id=1744&Itemid=286. Pendayagunaan Sumberdaya Manusia. Makalah pada Lokakarya dan seminar Pengembangan Agroindustri.trubus. Diakses tanggal 19 September 2010 15 . http://www. Makalah pada seminar Nasional Agroindustri III. Diakses tanggal 19 September 2010 Kedelai seupil tapi mahal « kancut merah berenda. Jakarta. Ba2s Breeeder: Agroindustri Kedelai.com.com. Badan Agribisnis.2005.Rahmat. Lebih dekat dengan Pati Modifikasi[modified starch]. Badan Agribisnis Departemen Pertanian Republik Indonesia. Ir. diakses tanggal 22 September 2010 Eko Susanto. 2003. Badan Pusat Statistik. Yogyakarta : Kanisius.com/News/2003/08/06/index. Baharsyah. Siapa dan Bagaimana Menggarap Agroindustri.html. www. http://www. 1993.2003. Desember 1992. A. Rencana Strategis Badan Agribisnis Repelita VII. www.blogdetik.blogspot. 1997.1997 Ubi Kayu Budidaya dan Pasca Panen. IPTEK dan Faktor Penunjang lainnya dalam Pengembangan Agroindustri.ppsdms. Badan Pusat Statistik.org/index. Diakses tanggal 22 September 2010 Rukmana. http//www. Jakarta. Jakarta.com. 1992.wordpress. Diakses tanggal 19 September 2010 Kumpulan Artikel & Berita Mengenai Agro Industri » Blog Archive » Bulog dan Deptan Percepat Produksi Kedelai.

16 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful