Re: Trs: [stmp-mks] pengalaman buruk memulai pekerjaan (Alumni GPS

)
kalau untuk menyerahkan ijazah kepada perusahaan, biasanya yang memberlakukan adalah perusahaan outsourcing, sehingga si employee tidak bisa mencari perusahaan yang lebih baik, toh kalau memang ingin membuktikan ijazah yang dimiliki employee adalah asli tidak perlu sampai 'ditahan' cukup dilihat saja sebagai bahan verifikasi. Sebaiknya jika memang harus memberikan ijazah, persiapkan diri dengan segala kemungkinan buruk, seperti: 1. ijazah hilang 2. pengembalian ijazah berbelit-belit atau lama 3. ijazah rusak 4. PIC yang memegang ijazah ternyata sudah pindah ketika employee ingin mengambil ijazahnya mungkin masih banyak hal yang lain, namun hal ini bisa diminimalisir dengan membaca kontrak kerja, kalau memang hal-hal yang menyangkut ijazah belum dicantumkan, minta dicantumkan, misalnya pastikan kapan (hari, tgl, bulan dan tahun) ijazah dikembalikan, kepada siapa harus meminta atau ada data recovery plan jika ijazah hilang atau rusak, karena setahu saya jika ijazah hilang, belum tentu perguruan tinggi bisa / mau memberikan salinannya (itupun jika ada). Wed Jan 7, 2009 Memang agak berat jika harus berkaitan dengan kontrak, karena umumnya 3:56 pm employee mengiyakan saja, biasanya karena alasan 'nyari kerja susah'. Tapi menurut saya, jika hal ini tidak dicegah dari awal di kontrak, maka ke depannya bisa berpotensi masalah dan mempengaruhi masa depan kerja kita bahkan bisa-bisa Show Message kita gak bisa melamar di perusahaan lain karena masalah ijazah, Mau ? Info You Have To Say to Employer: Take It Or Leave It Mungkin rekan-rekan bisa sharing ?

Kind regards, Sigit Priyono

"** Sigit. P **" <zege_17plus@...> zege_17plus Offline Send Email

From: sulfiana daud <upi_mcs41106@...> To: persiapan-seleksi@yahoogroups.com Sent: Tuesday, January 6, 2009 9:16:58 PM Subject: Persiapan-Seleksi Trs: [stmp-mks] pengalaman buruk memulai pekerjaan (Alumni GPS)

--- Pada Sel, 6/1/09, sulfiana daud <upi_mcs41106@ yahoo.com> menulis: Dari: sulfiana daud <upi_mcs41106@ yahoo.com> Topik: [stmp-mks] pengalaman buruk memulai pekerjaan (Alumni GPS) Kepada: stmp-mks@yahoogroup s.com Tanggal: Selasa, 6 Januari, 2009, 6:12 AM Ini adalah pengalaman yang saya alami sekitar dua tahun yang lalu.

saya akan menceritakan perihal teman saya tersebut. Adi Jaya Lima Pradana. Ataupun mungkin juga karena sang mantan karyawan itu nanti jadi pintar setelah kerja di perusahaan Sang Bos tersebut. direktur . tepatnya 3 bulan setelah proses pengunduran diri tersebut. Sehingga dengan keluarnya karyawan andalannya.akalan sang direktur perusahaan tersebut untuk mempertahankan sang karyawan. Hingga beberapa bulan terakhir. Sangat mencurigakan. Bisa jadi alasan ini merupakan akal . Perusahaan swasta. maka Sang Bos bisa jadi kewalahan mengatur segala hal yang telah menjadi keahlian Sang Karyawan Andalan. Mungkin cukup cerita tentang teman saya. Pihak perusahaan mengancam akan memperkarakan Dia dengan alasan kehilangan Data . Biasanya memang sangat menyayangi karyawan yang notabene pintar. karena klaim inipun diadakan setelah beberapa bulan lamanya teman saya keluar. Banyak koq. bulan Oktober 2008 kemarin akhirnya Dia mengetahui kalau dirinya lulus secara murni di salah satu Departemen Pemerintah yang notabene bonafit dan sudah renumerasi gaji. Juni 2006.karyawan lain yang melakukan ha tersebut. Sang Bos hanya tahunya tanda tangan dan penerimaan uang masuk. Saya tidak akan membuat lagi praguga . dan rajin. Sebagai karyawan baru. saat itu saya termasuk lulusan terbaik . Dan untuk mendelegasikannya pun membutuhkan waktu untuk proses adaptasi calon Karyawan Andalan yang baru. Setelah mengetahui kelulusannya. Saya diterima bekerja pada parusahaan PT. Saat keluar pun tak ada masalah.Data penting perusahaan.direktur perusahaan yang mengandalkan (istilahnya) karyawan andalan nya untuk mengatur segala keperluan Sang Bos. Setelah mencoba beberapa kali pelamaran cpns di beberapa instansi pemerintah.sedia saja saat dimintai ijazah asli berikut transkrip nilai saya dari Universitas Hasanuddin.Teringat kembali di ingatan saya. alasan kira . Sungguh sangat beruntung. akhirnya Dia pun memutuskan hengkang dari perusahaan swasta tempat bekerja sebelumnya.kira apa yang melatar belakangi melakukan hal tersebut. saya pun bersedia . Pertama. Terlepas dari siapa yang akan dijadikan Kambing Hitam itu. Mari kita berpikir sejenak. Yang secara tidak langsung bisa mengganggu perekonomian perusahaan. Atau ingin mencari keuntungan dari diterimanya sang mantan Karyawan di salah satu Departemen pemerintah yang notabene bonafit tersebut.praduga lainnya. Cuman hanya karena ingin mencari kambing hitam.orang atau karyawan . patuh. Teman saya pun yang dituduh. karena seorang teman saya yang bekerja pada instansi swasta sebelumnya dan akhirnya keterima di salah satu Departemen Pemerintah yang bonafid mengalami hal yang sama dengan saya(Promosi ---->> Dia Lulus Berkat GPS lho). Sekadar info. utamanya yang belum mempunyai manajemen yang baik dan masih pemerintahan terpusat. Karena saya akan menceritakan hal yang sama saya alami tepat dua tahun lalu Awal 2007. yang bisa jadi orang .

Tidak menyangkut file . Ijazah kuperolah dengan susah payah di bangku kuliah dulu.Fakultas dengan IPK lumayan tinggi. Itupun nanti dianggap lembur bila melebihi jam 8 malam. Walaupun itu kejadian nyata. Saya menanda tangani surat serah terima pekerjaan (yang bodohnya) saya tidak mengkopi surat tersebut sebagai bukti saya di kemudian hari.saya toh tetap menerima pekerjaan itu saking naifnya saya.alasan lain saya untuk keluar. Akhirnya saya berhasil mendapatkan ijazah saya dari pihak polisi. Masih banyak lagi alasan . cuman 3 bulan koq. Saya pun menghubungi bagian tata usaha. Menggambar.alasan saya. Lain hari lain lagi.kali mendatangi kantor kepolisian setempat . Lain hari Dia berkata lain. Saat pengunduran diri pun. Proses pengembalian ijazah dan transkrip inipun berjalan sangat lama. Wong. menghitung dan lain . yang dari cara bicara nya seolah . Saya hanya sibuk mempersiapkan diri saya untuk mengikuti test beasiswa tersebut. panjang dan berbelit . Pekerjaan merupakan barang mahal bagi saya. Entah dengan orang ini. Setelah melewati ujian. Dibayar dengan upah satu kali makan. Tapi.file yang sangat sangat penting amat.lainnya. Hingga harus melibatkan pihak birokrasi pemerintah (baca=polisi) yang notabene juga ingin mencari keuntungan dari Kami. Padahal masih banyak alasan . berdua dengan sahabat saya). tapi disisi lain juga takut pada Bos. Meskipun saat itu gaji yang ditawarkan hampir sama dengan gaji honorer yang kerjanya bisa lebih santai.jelekkan nya terus. Baik pada Kami berdua. Bisa dibayangkan pekerjaan apa saja yang baru saya kerjakan selama 3 bulan bekerja tersebut.olah mempersulit Kami (saat itu saya tidak sendiri. akhirnya saya memutuskan keluar dengan alasan ingin berkonsentrasi belajar untuk ikut pada test beasiswa APS 2006. yah satu malam lembur itu cuman dihargai 10Rb. Hitung sendiri satu kali makan waktu itu 10Rb. Itu hanya salah satu hal yang membuat saya tidak betah. termasuk jam lembur yang kompensasinya sangat menggelikan waktu itu. Tapi beruntung. Setelah 3 bulan lamanya saya bekerja pada perusahaan tersebut. Padahal jam pulang semestinya kan jam 5. masih fresh graduate dan masih naif. Maret 2007 setelah 7 bulan sejak pemutusan hubungan kerja.belit. Tapi rasanya tidak etis menjelek . Untung saat itu ada koneksi Kakak saya pengacara di Kota saya. Beberapa hal yang membuat saya tidak betah. maklum saat itu saya masih newbie. Beberapa hari menjelang. Karena sudah melibatkan polisi dan pengacara. Agustus 2007. berikut mempertimbangkan juga jejang karier saya ke depannya. sehingga ramailah perkara perebutan ijazah ini. Dan perkara ijazah dan transkrip saya belum sempat saya ambil di bagian tata usaha kantor tidak pernah terpikirkan sebelumnya akan rumit seperti ini. setelah berkali .

Walaupun. saat saya sedang berjalan . 3. yakni: 1. Ternyata mereka pun sudah keluar dari perusahaan AJLP. tapi malang nasib mereka. 2. AJLP itu. Selang satu tahun kejadian tersebut. Perlu ketelitian dalam penelaahan kontrak kerja. Dan kami sudah mendapatkan barang kami kembali seutuhnya. karena ijazah mereka masih tertahan disana. Jangan sekali .com Lembaga Independen.waktu perusahaan tersebut dapat ditindak dan mendapatkan hal yang setimpal dengan kejahatan mereka. Salam job seeker.gpsjakar ta. Apakah kita layak menjadi anak buah di perusahaan tersebut. lebih panjang waktu pengembalian ijazah saya. Semoga menjadi bahan renungan para pencari kerja ataupun yang ingin meninggalkan pekerjaan lamanya. Berbekal alasan sama yang digunakan mantan perusahaan teman saya saat ini yakni kehilangan data . Kecuali. Sejak 2001 s. Dan itu pun sudah terjadi selama bertahun . Satu hal penting sebelum memutuskan bekerja. agar sewaktu . Mereka salut pada Kami karena waktu itu proses pengembalian barang Kami itu sangat hebat karena melibatkan polisi.data penting perusahaan. Mohon maaf sebelumnya. lihat kriteria calon yang akan menjadi bos kita. karyawan perusahaan PT. tulisan ini tidak dimaksudkan untuk bergagahgagahan. jujur saja ketidak berdayaan para pencari kerja saat ini menjadikan para pencari kerja lebih naif dalam memilih pekerjaan.jalan di mall berdua dengan sahabat saya (yang juga ijazahnya pernah ditahan) Kami pun bertemu dengan 3 ex. beberapa instansi pemerintah yang memberlakukan hal tersebut. Sengaja ku cantumkan nama perusahaannya.sekali memberikan ijazah asli maupun transkrip nya kepada Calon Bos Kita tanpa alasan yang jelas. Sangat bijaksana bila kita meminta draft surat kerjasama sebelum memulai suatu pekerjaan atau penanda tanganan kontrak.yang jarak tempuhnya 2 jam dari rumah saya yang saat itu Saya sedang hamil muda. Dibanding usia kerja yang hanya 3 bulan itu.d saat ini memiliki lebih dari 19 rb alumni) I. Karena itu adalah hak kita. PERSIAPAN SELEKSI PEGAWAI BUMN/CPNS/Bank Indonesia (JAKARTA) Diselenggarakan selama sehari dan satu kali pertemuan . Tapi hanya sekedar sharing saja:D PROGRAM PELATIHAN SINGKAT/SEHARI APTITUDE TEST/GAT/TPA (Jadwal Terbaru klik http://www.tahun lamanya.

kemampuan bahasa.Hari : SABTU 10 Januari 2009 (reguler dibuka tiap Sabtu) Waktu : 08. Dengan mengetahui kelebihan dan kelemahan tersebut dapat dipakai untuk mengoreksi diri dan kinerja kita serta dapat dipakai sebagai dasar rekomendasi mutasi pada bidang/jenis pekerjaan yang sesuai. ego) C. maka dengan mengikuti Psikotes dapat diketahui potret psikologis/ personalitinya (kelebihan dan kelemahannya) . sistematika. kreativitas. kestabilan emosi. 70742586 hotline 085210623123 Formulir download dari http://www. sosialisasi. motivasi. logika.com/formulire guler.Kemampuan Kerja (kecepatan kerja. ketahanan). Tempat: Kampus GPSJAKARTA Point Square (GIANT Hypermart) Lantai M (Lewat Lift Lobby Barat) Lebak Bulus (depan Carrefour Lb. keajegan. kepemimpinan. II.Bulus) tlp 021-98299611.d 17.00 biaya Rp.30 s. ketelitian. kemandirian. kemampuan berhitung) B. Disamping itu psikolog juga akan memberikan LAPORAN DINAMIKA PSIKOLOGIS untuk masing-masing peserta tentang bidang pekerjaan yang sesuai dan apa yang .gpsjakar ta.000.Kemampuan Akademik (kecerdasan.doc Ribuan Alumni kami berhasil masuk PNS dan BUMN serta Bank Indonesia. dengan mengetahui bidang pekerjaan yang sesuai dengan kondisi psikologis dan kemampuan akademisnya (kelebihan dan kekurangannya) maka calon pencari kerja dapat mengurangi kemungkinan gagal dalam TES PSIKOLOGI pada bidang pekerjaan yang dia pilih karena tidak sesuai dengan potensi dan kepribadiannya (salah memilih bidang pekerjaan yang dilamarnya). 200.Kepribadian (ketekunan. Hasil psikotes yang akan diterima peserta perorangan (bukan peserta lembaga) terutama bagi yang sudah bekerja dan merasa belum optimal hasilnya. TES PSIKOLOGI INDIVIDUAL: 1. Bagi yang sedang mencari pekerjaan. Faktor Psikologis yang diukur : A. 2.

doc Peralatan yang harus disiapkan peserta adalah : Pensil 2B. Persyaratan : Untuk mencari kerja min lulus SLTA dan untuk Tes Bakat bimbingan konseling/ Penjurusan & Memilih Fakultas PT min SMU kls 1. htm 2.analisis level Staff dan Rp 325.com/formuliro nline. Kartu Identitas yang masih berlaku KTP/SIM (bagi yang keperluan mencari kerja) terlambat tidak diperkenankan mengikuti tes psikologi meskipun telah terdaftar dan biaya tidak dapat diminta kembali) III. PROGRAM PELATIHAN JARAK JAUH (TPA ONLINE)CPNS/ BUMN Sedangkan bagi yang jauh dari Jakarta silahkan daftar untuk kegiatan pelatihan TPA/TBS Jarak Jauh/ Online modul dan Pembahasan dikirim pakai POS/TIKI (mhn segera daftar krn kami butuh waktu buat pengiriman).gpsjakar ta.30 s.gpsjakar ta. Rautan.com/formulirp erorangan.. Pelaksanaan : Kamis 8 Januari 2009(Reguler tiap Kamis) Waktu : Pk.doc dan penjelasan lengkap Program Aptitude test/TPA Online klik di http://www. 98290979 apakah hasilnya cukup jelas atau perlu diulang. Bukti transfer ditempel di bagian paling bawah formulir yang telah diisi dengan lengkap dan jelas termasuk kode pos dan nomor telpon dan email kirim melalui Fax atau email 4. Prosedurnya : 1. Banyak kejadian dimana .000. Tempat tes : POINS SQUARE EDUCATION CENTRE Lantai Mezzanine (M) Lebak Bulus (depan CARREFOUR Terminal Lebak Bulus) Jaksel Formulir : Klik http://www. 3.d 12. Laporan Hasil Psikotes akan dikirimkan ke alamat peserta (bagi pendaftar dengan formulir perorangan) dan akan dikirimkan ke alamat perusahaan/lembaga (bagi pendaftar dengan Formulir Lembaga) 7 hari setelah tanggal pelaksanaan tes.000 analisis Level Managerial (transfer ke rekening atau langsung ke GPSJAKARTA).com/prod05. Download formulir http://www. Kemudian anda tranfer biayanya ke rekening yang tertera dalam formulir (boleh dari bank manapun atau pakai ATM ). 08.30 Wib Biaya : Rp. 240. Karet Penghapus.Sehabis kirim fax atau email mohon konfirmasi ke 021-98299611.perlu ditingkatkan/ dikembangkan.gpsjakar ta.

hasil fax tidak jelas dan tidak terbaca sama sekali sehingga pengelola TPA/TBS Online tidak bisa mengirimkan Modul Pelatihan dan nunggu sampai calon peserta komplain (nomortelpon dan email pun tidak terbaca pula).d 2008 yang baru lalu ============ ========= ======== Berhati-hatilah terhadap Perusahaan yang menahan Ijazah Anda sebagai “Jaminan” 2 Votes . Pos Indonesia (sesuai janji pihak Pos Indonesia 2 hari sampai) atau melalui TIKI bagi yang ada di kota besar dan terlayani TIKI. CDR Materi Tambahan. 6. Apabila masih dianggap kurang cukup maka ditanyakan lewat email sebagai media komunikasi peserta TPA Online dengan masa aktif 20 hari sejak diterimanya modul kiriman (tujuan pembatasan waktu agar peserta giat belajar dan berlatih).Setelah kami cek biaya telah masuk ke rekening kami maka Modul dikirim beserta pembahasannya dengan KILAT KHUSUS PT.Semua pembahasan sudah terkirim beserta modul pelatihan dan disertai fotocopy materi dasar. meskipun demikian banyak peserta TPA/TBS online yang meraih manfaat misalnya semua materi TPA/TBS Online keluar dalam Seleksi CPTU Bank Indonesia. dan CPNS 2004 s. TOTAL E&amp. 8. Peserta diminta mengerjakan soal-soal yang dikirim dan baru melihat pembahasannya. 7. PERTAMINA. Materi pelatihan TPA/TBS Online ini dibuat secara General dan tidak ada kaitannya dengan seleksi pegawai instansi tertentu.P INDONESIE. 5. BUMN lainnya.

pikirlah secara cermat sebelum bergabung dengan perusahaan yang memberlakukan aturan : karyawan harus menyimpan ijazahnya di perusahaan. mencari pekerjaan itu sulit dan karena alasan itulah akan menjadikan beban untuk kamu kelak. hal tersebut adalah wajar karena minimnya informasi yang saya dapat. salah satu perusahaan konsultan dan kontraktor Interior dan Arsitektur yang berlokasi di Jakarta. waktu untuk proses serah terima adalah 2 bulan (kalau tidak salah) tetapi lambat laun yang saya tangkap. oleh karena itu dibuatlah prosedur yang di buat rumit atau sedikit mengada-ngada (entah memang rumit atau sengaja di buat rumit?? hanya Tuhan Yang Maha Tahu) sehingga kalau saya lanjutkan proses serah . Karena suatu hal.Kenapa saya membuat pernyataan di atas? atau diantara kalian telah mendengar kurang lebihnya seperti judul yang saya buat? Terus terang hal itu menunjukkan kalau itu adalah hasil pengalaman pribadi saya sendiri. itulah salah satunya yang terjadi terhadap saya. pihak perusahaan sepertinya tidak mau saya keluar begitu saja. keahlian dan tetap berdoa. yakinlah selama kita memiliki ilmu. Saya berpendapat. Saya tahu. Sebelum meninggalkan pekerjaan. kita diharuskan untuk proses serah terima terlebih dahulu. Menurut peraturan manajemen perusahaan. saya harus mengambil pekerjaan ini padahal Perusahaan memberlakukan aturan yaitu menahan Ijazah asli sebagai “Jaminan”. sebut saja perusahaan itu adalah “A”. kita pasti akan mendapatkannya. Sebelum terlambat menyadari atau menyesal. setelah beberapa lama bekerja hingga akhirnya saya merasakan tidak nyaman bekerja di dalam perusahaan ini. Alangkah baiknya dipikirkan terlebih dahulu dengan baik-baik dan banyak mencari informasi mengenai hal ini. Dan seharusnya saya dan kalian tidak perlu takut karena tidak akan mendapatkan pekerjaan. apalagi perusahaan swasta. Namun seiringnya waktu berjalan. Sebelumnya saya ingin berbagi pengalaman dengan kalian sebelum membahas isi pokok dari artikel ini : “Awalnya. sebelumnya saya tidak menyadari kalau sebenarnya hal itu sangat merugikan bagi saya selaku karyawan. Dan saya pun mengajukan surat permohonan berhenti bekerja. manajemen perusahaan tidaklah bagus dan membuat saya ingin mengundurkan diri. Pikiran saat itu.

saya berdoa kepada Allah SWT untuk dimudahkan segala urusan. Kuwait. Setelah saya memikirkan begitu lama dan juga meminta pendapat dari beberapa orang yang saya percayai. Salah satu perusahaan konsultan yang berlokasi di Tangerang dan saya yakin perusahaan ini lebih baik dari perusahaan “A”. meminta keberanian untuk tidak takut dalam mengambil keputusan. sehingga salah satunya saya dapat melanjutkan sekolah S-2 melalui program beasiswa S-2 di Luar . karena mereka sangat membutuhkan karyawan baru. Saya bingung karena pada saat itu saya di terima bekerja di Perusahaan “B” . Mudah-mudahan Allah SWT mempermudahkan segala urusan. Tahukah kalian? Alasan yang saya ajukan terhadap perusahaan “A” untuk mengundurkan diri ? salah satunya karena saya ingin bekerja di Singapura. Mereka tidak percaya saya mempunyai pasport dan tidak mungkin saya bisa bekerja di Singapura. Walaupun saya tidak langsung di terima bekerja di Singapura tetapi saya bisa buktikan!! Kini saya bekerja di Singapura dan saya juga ingin buktikan tanpa ijazah aslipun saya dapat bekerja di perusahaan besar. Libanon dan lain-lain . Dan tidak lupa.terimanya akan memakan waktu 3 bulan. akhirnya saya langsung meninggalkan perusahaan lama dan menerima perusahaan baru. Ternyata di perusahaan baru tempat saya bekerja merupakan salah satu cabang Perusahaan Internasional (Konsultan & Kontraktor Interior Arsitektur yang berpusat di Kuwait. Di satu sisi saya telah meminta kebijaksanaan dari perusahaan “B” untuk memperpanjang waktu untuk memulai pekerjaan baru tetapi Pimpinan tidak dapat menjanjikan jikalau terlalu lama posisi saya akan digantikan orang lain. Hasil kerja/design saya di terima dan di pakai untuk proyek-proyek yang sedang dikerjakan di negara-negara “United Emirate Arab” : Dubai. Ya Rabb.. meminta petunjuk terhadap masalah yang dihadapi. dan mereka sepertinya tertawa mendengar hal tersebut dan yang tidak masuk akal adalah saya harus melampirkan pasport yang saya miliki dengan surat pengunduran diri. Saya sangat bersyukur ternyata di perusahaan baru saya merasa sangat nyaman. Manajemennya pun bagi saya tidak ada masalah. Saat ini Ijazah saya dalam proses diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris.

13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan memang tidak ada aturan yang menyarankan perusahaan menahan ijazah karyawannya. bagi mereka saya adalah karyawan yang “bermasalah” karena tidak menyelesaikan proses serah terima sampai dengan selesai. saya tidak mau kalian bernasib sama dengan saya.” Demikian kisah pengalaman pribadiku.. Biasanya perusahaan yang menahan ijazah juga memberlakukan aturan yang rasanya diada-adakan sekali. perusahaan yang manajemennya profesional tidak menahan ijazah karena mereka sudah punya sistem kebrja yang seimbang antara perusahaan dan karyawan. . Karena menurut teman saya.) Dan saya tidak akan memohon maaf hanya untuk meminta Ijazah asli yang ditahan oleh mereka. perusahaan sama sekali tidak berhak dan perbuatan itu bisa menjadi pelanggaran yang serius bagi perusahaan yang bersangkutan. “Kenapa sih harus dipikirkan secara cermat apabila ada perusahaan yang mau menahan Ijazah kita sebagai jaminan??” Setelah mencari data dari berbagai sumber. Pencocokan itu hanya butuh waktu paling lama 10 menit bersamaan dengan dokumen-dokumen lain. Kemudian ijazah itu segera dikembalikan ke karyawan. Normalnya perusahaan hanya minta karyawan menunjukkan ijazah asli untuk dicocokkan dengan fotocopy yang diberikan karyawan kepada perusahaan. Saya yakin setiap kejadian pasti ada hikmahnya Nah. misal terlambat 15 menit potong gaji Rp . Pada Undang-undang No. saya hanya dapat memberikan sedikit informasi sebagai bahan pertimbangan untuk kalian. Tadinya saya ingin mengangkat kasus ini ke pengadilan. Umumnya.Negeri. saya telah ditawarkan oleh teman “seorang pengacara” untuk membantu saya. saya merasa sebagai seorang karyawan yang telah dirugikan oleh Manajemen Perusahaan yang menahan “Ijazah asli sebagai Jaminan”. (Aamiin. saatnya saya ingin membahas lebih lanjut. Tetapi saya berusaha untuk berlapang dada dan menyerahkan semua hal ini kepada Allah SWT sebagai penolongku. yang ada hanyalah kontrak kerja boleh dibuat berdasarkan kesepakatan antara perusahaan dengan karyawan.

dapat dialihkan dan memiliki nilai ekonomis. Kenapa menurut saya diada-adakan? Karena kalau karyawan telat atau tidak masuk pasti ia akan memberitahukan kepada manajer atau atasannya minimal melalui sms. perusahaan yang menahan ijazah hampir dapat dipastikan karena turn over mereka tinggi. itu tandanya perusahaan mau seenaknya sendiri. Pada dasarnya benda jaminan adalah sesuatu yang memiliki sifat kebendaan. beberapa dari perusahaan yang menahan ijazah karyawan tidak mengindahkan aturan ketenagakerjaan. Dengan kata lain. gaji minim. Kalaupun status itu diberikan.10. semua diberlakukan tanggung renteng. Dan. adalah manajemen perusahaan yang berantakan atau kurang rapi sehingga karyawan tidak nyaman bekerja. yang bahkan bisa dibilang tidak punya hak selain gaji. Karyawan tetap dilindungi UU Tenaga Kerja dan kesejahteraan karyawan diperhatikan. yang bermasalah. beri saja Surat Peringatan. Untuk merekrut karyawan baru tentu merepotkan sekali karena makan waktu. patut diperhatikan. Kalaupun tidak ada pemberitahuan selama beberapa hari. pasti melalui proses yang berbelit dan rumit. UU Ketenagakerjaan tidak memuat aturan tentang kewajiban karyawan menyimpan ijazah pada perusahaan. untuk mencegah turn over tinggi diberlakukanlah kontrak kerja dengan penahanan ijazah agar setidaknya karyawan dapat bertahan beberapa lama. dalam arti hampir semua karyawannya berstatus kontrak. Lebih jauh lagi. Perusahaan yang enggan memberikan status karyawan tetap. tenaga. dan lalu keluar mencari pekerjaan di tempat lain. Nilai ekonomis yang terkandung dalam ijasah adalah kosong. itu sebabnya mereka memberlakukan kontrak kerja yang “kejam betul” bagi karyawannya. karena hak karyawan tetap lebih besar daripada karyawan kontrak. Dan beberapa perusahaan yang menahan ijazah tidak akan memberlakukan status karyawan tetap. dan biaya. Perusahaan kerap kerepotan dengan seringnya karyawan tidak betah kerja lalu keluar. tidak dihargai. kemungkinan besar.000. Nilai yang . benda jaminan dalam perkembangannya telah mengalami penafsiran ekstensif. Penahanan ijasah tersebut merupakan penahanan atas benda jaminan karena dalam kasus ini. Tetapi dalam ijasah tidak tampak adanya kenyataan bahwa ijasah dapat dialihkan maupun memiliki nilai jual. Bila dilihat lebih seksama. Kalau turn over tinggi. Ijasah digunakan sebagai jaminan kontrak kerja antara perusahaan dan pekerja.000 dan tidak masuk tanpa kabar potong gaji Rp 30. Maka.

maka status ijasah sebagai jaminan kontrak adalah sah menurut hukum. hak yang bernilai ekonomis dan dapat diperjualbelikan.terkandung dalam ijasah aalah nilai fungsi yang terdapat dalam benda tersebut. yaitu pihak perusahaan dan pekerja. yaitu pada naskah asli ijasah yang merupakan akta otentik. Dan belum ada peraturan pemerintah yang dengan tegas menyatakan bahwa penggunaan ijasah sebagai jaminan adalah tidak sah. karena tidak ada transaksi piutang apapun antara perusahaan dan pekerja atau karyawan. dapat dipertahankan terhadap siapapun. piagam tidak dapat digunakan sebagai jaminan karena ijasah bukan merupakan surat berharga meskipun berharga atau penting bagi pemiliknya. Ijasah dalam kasus ini merupakan jaminan kebendaan karena bersifat materiil. Tetapi dalam hal ijasah dan surat pensiun sangat pribadi dan bagi orang lain tidaklah memiliki nilai ekonomis. Definisi dari surat berharga adalah surat atau akta yang memiliki nilai ekonomis. Dan akhir-akhir ini ijasah digunakan sebagai jaminan kontrak kerja. J. Ijasah merupakan benda bertubuh (pasal 503) karena sifatnya dan merupakan benda tidak bergerak yang dapat dipindah tangankan (pasal 509) menurut peruntukannya. Dalam jaminan piutang dalam keuangan. ijasah digunakan sebagai syarat terlampir. Definisi jaminan kebendaan adalah jaminan yang berupa hak mutlak atas suatu benda yang berhubungan langsung dengan benda tertentu. Merujuk pada pasal 1320 KUHPer yang memuat tentang syarat sah suatu perjanjian. Dan dalam ijasah tidak terdapat nilai ekonomis yang membuat ijasah dapat digunakan sebagai jaminan finansial. Karena hal ini telah disepakati oleh kedua belah pihak. Satrio menyatakan bahwa ijasah tidak dapat digolongkan sebagai jaminan kebendaan tetapi sebagai jaminan yang lain. dalam arti bahwa yang mengikuti bendanya itu tidak hanya haknya tetapi juga kewenangan menjual bendanya dan eksekusi – eksekusi. Tidak ada unsur piutang di dalamnya. Sebagai benda jaminan. ijasah memiliki kekuatan. Sehingga ijasah . Hak-hak jaminan diatur dalam buku II KUHPer dan hak-hak yang diatur dalam buku III KUHPer adalah hak-hak kekayaan. dapat dialihkan dan selalu mengikuti bendanya. maka penggunaan ijasah sebagai jaminan kerja dapat dinyatakan dapat diterima dan sah. Karena dalam dunia kerja. Dan kedua belah pihak telah memberikan persetujuannya sehingga terjadi keterikatan secara hukum (pasal 1313).

Untuk karyawan pada posisi management trainee juga biasanya diberlakukan aturan menyimpan ijazah pada perusahaan selama . kalian tidak terjebak seperti halnya yang terjadi pada saya. Cari kerja hari gini susah.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan memang tidak ada aturan yang menyarankan perusahaan menahan ijazah karyawannya.Ijazah ditahan perusahaan Bagi yang ijazahnya sedang ditahan perusahaan sementara Anda masih kerja disana. Maka ijasah dapat dijadikan sebagai benda jaminan tetapi hanya jaminan pada pekerjaan dan tidak pada jaminan piutang. Semangat!! dan Selamat bekerja!! “Jalani hidup ini apa adanya dengan penuh ketulusan dan keriangan!” Bekerjalah dengan giat dan ikhlas. Perusahaan memungkinkan menahan ijazah karyawannya untuk posisi debt collector yang memang pekerjaannya riskan karena berurusan dengan uang tagihan. guna memenuhi semua tuntutan yang ada dalam perjanjian. Fungsi ijasah sebagai jaminan yang ditahan oleh perusahaan adalah dapat dibenarkan secara hukum. “Semoga bermanfaat” Mudah-mudahan dengan apa yang saya jabarkan hal tersebut di atas. Tapi rasanya mana ada kesepakatan yang dibuat atas dasar win-win solution antara perusahaan dengan karyawan. yang disini sebagai pemilik ijasah. tidak apa. begitu katanya.tidak dapat dijadikan jaminan keuangan atau jaminan permodalan secara perdata dan ekonomi secara umum. yang dalam hal ini difungsikan sebagai penekan kepada karyawan. Aamin Ya Allahumma Aamiin. Insya Allah dimudahkan segala uruskan kita. 10 July 2011 06:13 Pernah bekerja di perusahaan yang mewajibkan karyawan menyimpan ijazah pada perusahaan? Syukurlah kalau akhirnya Anda keluar dari perusahaan itu dan ijazah Anda berhasil didapat kembali. Lebih banyak karyawan tak punya pilihan selain menandatangani kontrak tersebut. Jika perusahaan menahan ijasah tenaga kerja Print <#> User Rating: / 0 PoorBest Sunday. Anda tinggal menyelesaikan kontrak dan bekerjalah dengan hati senang.. hehehe! Pada Undang-undang No. yang ada hanyalah kontrak kerja boleh dibuat berdasarkan kesepakatan antara perusahaan dengan karyawan.

yang bahkan bisa dibilang tidak punya hak selain gaji. gaji minim. Sedangkan pada karyawan kontrak (yang ijazahnya ditahan) yang melindungi mereka selain diri sendiri adalah Tuhan YME. tidak dihargai. dengan biaya mahal. Maka. Sepengetahuan saya. perusahaan yang manajemennya profesional tidak menahan ijazah karena mereka sudah punya system kerja yang seimbang antara perusahaan dan karyawan. itu tandanya perusahaan mau seenaknya sendiri. Perusahaan kerap kerepotan dengan seringnya karyawan tidak betah kerja lalu keluar. Lebih jauh lagi. Lho kok? Iya. 10 July 2011 06:22 ) . adalah manajemen perusahaan yang berantakan atau kurang rapi sehingga karyawan tidak nyaman bekerja. Anda menghabiskan bertahun-tahun di bangku kuliah/sekolah. Kenapa menurut saya diada-adakan? Karena kalau karyawan telat atau tidak masuk pasti ia akan memberitahukan kepada manajer atau atasannya minimal melalui sms. untuk mencegah turn over tinggi diberlakukanlah kontrak kerja dengan penahanan ijazah agar setidaknya karyawan dapat bertahan beberapa lama. dalam arti hamper semua karyawannya berstatus kontrak. Untuk merekrut karyawan baru tentu merepotkan sekali karena makan waktu. masa perusahaan dengan seenaknya menahan ijazah kita. tenaga. perusahaan yang menahan ijazah hampir dapat dipastikan karena turn over mereka tinggi. Hal ini dimaksudkan mencegah kerugian perusahaan yang telah keluar biaya untuk melatih karyawan. semua diberlakukan tanggung renteng. misal terlambat 15 menit potong gaji Rp 10. beri saja Surat Peringatan. Dan. perusahaan yang menahan ijazah tidak akan memberlakukan status karyawan tetap. Tapi tak semua perusahaan menahan ijazah management trainee meskipun masih dalam ikatan dinas/kerja. UU Ketenagakerjaan tidak memuat aturan tentang kewajiban karyawan menyimpan ijazah pada perusahaan. apalagi bila itu perusahaan kecil. Bila dilihat lebih seksama. Biasanya perusahaan yang menahan ijazah juga memberlakukan aturan yang rasanya diada-adakan sekali. karena hak karyawan tetap lebih besar daripada karyawan kontrak. tenaga dan pikiran yang terkuras untuk kemudian ditukar dengan ilmu yang ditandai dengan ijazah.000 dan tidak masuk tanpa kabar potong gaji Rp 30. Kalaupun status itu diberikan. dan biaya. Pencocokan itu hanya butuh waktu paling lama 10 menit (bersama dokumen-dokumen lain). Kemudian ijazah itu segera dikembalikan ke karyawan. itu sebabnya mereka memberlakukan kontrak kerja yang “kejam betul― bagi karyawannya. yang bermasalah. Kalaupun tidak ada pemberitahuan selama beberapa hari. beberapa dari perusahaan yang menahan ijazah karyawan tidak mengindahkan aturan ketenagakerjaan. hanya karena mereka buruk sangka pada itikad kita bekerja disitu?! SELAMAT BEKERJA! Last Updated ( Sunday. kemungkinan besar. Dan. patut diperhatikan. pasti melalui proses yang berbelit dan rumit. Normalnya perusahaan hanya minta karyawan menunjukkan ijazah asli untuk dicocokkan dengan fotocopy yang diberikan karyawan kepada perusahaan. Saya berpendapat. Kalau turn over tinggi. Karyawan tetap dilindungi UU Tenaga Kerja dan kesejahteraan karyawan diperhatikan.000. pikirlah dengan cermat sebelum bergabung dengan perusahaan yang memberlakukan aturan karyawan harus menyimpan ijazahnya di perusahaan. Perusahaan yang enggan memberikan status karyawan tetap.yang bersangkutan terikat kontrak menjadi management trainee. Lagipula. dan lalu keluar mencari pekerjaan di tempat lain.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful