Huruf Qasam (huruf sumpah) Posted by arabic.web.

id on August 8, 2008 Leave a comment Go to comments Assalamu’alaikum… kali ini kita akan membahas tentang huruf qasam atau huruf sumpah. Yaitu huruf-huruf yang digunakan untuk bersumpah. Adapun huruf-huruf qasam itu ada tiga yaitu: waw, ba, dan ta. Contoh penggunaan huruf-huruf qasam itu adalah :

ّ َ ِ ‫وا‬ ‫ل‬ ِ ِ ّ ‫باا‬ ‫ل‬ ِ َ ّ ‫تا ا‬ ‫ل‬
semua contoh di atas memiliki arti : Demi Allah.. nah, semua isim yang dijadikan sumpah, maka wajib dibaca jar atau kasrah. karena huruf sumpah termasuk kedalam huruf jar (apaan niy?) juga. kita boleh menggunakan waw, ba dan ta untuk mengucapkan sumpah. Contoh dalam Al Qur’an :

ِْ َ َ ‫و العصر‬ َِْ َ ‫والفجر‬ ‫و الليل اذا يغشى‬ َ ْ َ َ ِ ِ ّْ
jika kita perhatikan dengan seksama bahwa setiap isim yang dijadikan sumpah maka dibaca jar atau kasroh… inget kaidah ini! semoga Allah memudahkan.. catatan : waw dan ba yg dimaksud disini adalah yang digunakan untuk makna sumpah karena waw biasanya memiliki arti “dan”, bi biasanya memiliki makna “dengan”. nah, sebagaimana yang dijelaskan seblmnya bahwa ba (bi) termsuk dalam huruf jar juga (membuat isim setelahnya dibaca kasroh). -Abu Abdin Nafi’ Al Batawy-

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful