TUGAS AGAMA ISLAM AYAT – AYAT AL QUR’AN TENTANG AKAL/PIKIRAN

O L E H
Kelompok 2 :
1. Kharisma Mentari Putri 2. Shely Diah Fitrianingtias 3. Nurfa Sanusi 4. Badrun Heriyadi 5. Tya Haifa Afifah 6. Andini Puspa Dewi 7. Wahyu Hermawan 8. Nur Fitriani 9. Achmad Fazrin KELAS : 2A

2. Yang dimaksud dengan bingung di sini ialah kebingungan untuk mendapatkan kebenaran yang tidak bisa dicapai oleh akal. lalu Allah menurunkan wahyu kepada Muhammad s. [1583]. .a. lalu Dia memberikan petunjuk. ialah mengatakan bahwa Allah mempunyai isteri dan anak. 4. mereka menjadikannya buah ejekan dan permainan. Sesungguhnya Allah telah menurunkan peringatan kepadamu. Yang dimaksud dengan perkataan yang melampaui batas.w. Al Maidah Ayat 58 Artinya : Dan apabila kamu menyeru (mereka) untuk (mengerjakan) sembahyang. maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang yang mempunyai akal. (yaitu) orang-orang yang beriman. Ath Thalaaq Ayat 10 Artinya : Allah menyediakan bagi mereka azab yang keras. Adh Dhuhaa Ayat 7 Artinya :Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung[1583].AYAT AL QUR’AN TENTANG AKAL/ PIKIRAN 1. Al Jin Ayat 4 Artinya : Dan bahwasanya: orang yang kurang akal daripada kami selalu mengatakan (perkataan) yang melampaui batas terhadap Allah[1522] [1522]. Yang demikian itu adalah karena mereka benar-benar kaum yang tidak mau mempergunakan akal. 3. sebagai jalan untuk memimpin ummat menuju keselamatan dunia dan akhirat.

dan (Jibril itu) menampakkan diri dengan rupa yang asli. . 7. sedang dia menyaksikannya. Az Zumar Ayat 18 Artinya : Yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya[1311]. Qaaf Ayat 37 Artinya : Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat peringatan bagi orang-orang yang mempunyai akal atau yang menggunakan pendengarannya.5. bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi Allah petunjuk dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal. Az Zumar Ayat 21 Artinya : Apakah kamu tidak memperhatikan. An Najm Ayat 6 Artinya : Yang mempunyai akal yang cerdas. 6. 8. lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan. maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya. kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.

kemudian memberinya petunjuk[925]. tetapi yang diikutinya ialah ajaran-ajaran Al Quran karena ia adalah yang paling baik. 13. 9. Maka apakah mereka tidak memikirkan? [1271]. Maksudnya: kembali menjadi lemah dan kurang akal. 10. dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu. Maksudnya ialah mereka yang mendengarkan ajaran-ajaran Al Quran dan ajaran-ajaran yang lain. Yusuf Ayat 94 . [925]. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat. 12. Asy Syu ‘araa Ayat 28 Artinya : Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Yusuf Ayat 111 Artinya : Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. 11. Thaahaa Ayat 50 Artinya : Musa berkata: "Tuhan kami ialah (Tuhan) yang telah memberikan kepada tiaptiap sesuatu bentuk kejadiannya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji. Yaasiin Ayat 68 Artinya : Dan barangsiapa yang Kami panjangkan umurnya niscaya Kami kembalikan dia kepada kejadian(nya)[1271].[1311]. Maksudnya: memberikan akal. instink (naluri) dan kodrat alamiyah untuk kelanjutan hidupnya masing-masing.

Apakah Engkau membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang akal di antara kami? Itu hanyalah cobaan dari Engkau. dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam)[685]. Yunus Ayat 25 Artinya : Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga). Maka ketika mereka digoncang gempa bumi." 14." [573]. Engkaulah Yang memimpin kami. Pimpinan (hidayah) Allah berupa akal dan wahyu untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. [685]. Perbuatan mereka membuat patung anak lembu dan menyembahnya itu adalah suatu cobaan Allah untuk menguji mereka. 15. siapa yang sebenarnya kuat imannya dan siapa yang masih .Artinya : Tatkala kafilah itu telah ke luar (dari negeri Mesir) berkata ayah mereka: "Sesungguhnya aku mencium bau Yusuf. Engkau sesatkan dengan cobaan itu siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau beri petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki[573]. maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkaulah Pemberi ampun yang sebaik-baiknya. Musa berkata: "Ya Tuhanku. Arti kalimat Darussalam ialah: tempat yang penuh kedamaian dan keselamatan. kalau Engkau kehendaki. tentulah Engkau membinasakan mereka dan aku sebelum ini. sekiranya kamu tidak menuduhku lemah akal (tentu kamu membenarkan aku). Al A’Raaf Ayat 155 Artinya : Dan Musa memilih tujuh puluh orang dari kaumnya untuk (memohonkan taubat kepada Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan.

Orang-orang yang lemah imannya itulah yang mengikuti Samiri dan menyembah patung anak lembu itu. [528]." Dia telah menetapkan atas Diri-Nya kasih sayang[462]. Akan tetapi orang-orang yang kuat imannya." 17. 18. Al A’raf Ayat 3 Artinya : Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya[528]. 16." Katakanlah: "Kepunyaan Allah.ragu-ragu. Maksudnya: Allah telah berjanji sebagai kemurahan-Nya akan melimpahkan rahmat kepada mahluk-Nya. tetap dalam keimanannya. Orang-orang yang meragukan dirinya mereka itu tidak beriman[463]. Maksudnya: pemimpin-pemimpin yang membawamu kepada kesesatan. [462]. Al An’am Ayat 12 Artinya : Katakanlah: "Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi. 19. Al A’Raaf Ayat 66 Artinya : Pemuka-pemuka yang kafir dari kaumnya berkata: "Sesungguhnya kami benar benar memandang kamu dalam keadaan kurang akal dan sesungguhnya kami menganggap kamu termasuk orang orang yang berdusta. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya). [463]. tidak mau beriman. An Nur Ayat 51 . Dia sungguh akan menghimpun kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya. Maksudnya: orang-orang yang tidak menggunakan akal-fikirannya.

" Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung. Ali Imran Ayat 65 Artinya : Hai Ahli Kitab. Lalu Allah membantah mereka dengan alasan bahwa Ibrahim a.s. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. [1045]. Apakah kamu tidak berpikir? [198].s. Orang Yahudi dan Nasrani masing-masing menganggap Ibrahim a. "Kami mendengar.Artinya : Sesungguhnya jawaban oran-orang mukmin. dan kami patuh. bila mereka dipanggil kepada Allah dan rasul-Nya agar rasul menghukum (mengadili) di antara mereka[1045] ialah ucapan. padahal Taurat dan Injil tidak diturunkan melainkan sesudah Ibrahim. itu dari golongannya. Al An’am Ayat 32 Artinya : Dan tiadalah kehidupan dunia ini. 22. 20. sedang kamu melupakan diri (kewajiban) mu sendiri. mengapa kamu bantah membantah[198] tentang hal Ibrahim. padahal kamu membaca Al Kitab (Taurat)? Maka tidaklah kamu berpikir? 21. Maksudnya: Di antara kaum muslimin dengan kaum muslimin dan antara kaum muslimin dengan yang bukan muslimin. Al Baqarah Ayat 44 Artinya : Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaktian. selain dari main-main dan senda gurau belaka[468]. Maka tidakkah kamu memahaminya? . itu datang sebelum mereka.

25. Al Hadid Ayat 17 . Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya[169]. dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan. melainkan orang laki-laki yang Kami berikan wahyu kepadanya diantara penduduk negeri. dan menyakiti hati orang. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api.[468]. Yusuf Ayat 109 Artinya : Kami tidak mengutus sebelum kamu. Maka tidakkah kamu memikirkannya? 24. kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. lalu terbakarlah. 23. membanggabanggakan tentang pemberiannya kepada orang lain. [169]. Al Baqarah Ayat 266 Artinya : Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Janganlah orang terperdaya dengan kesenangan-kesenangan dunia. serta lalai dari memperhatikan urusan akhirat. Maka tidakkah mereka bepergian di muka bumi lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka (yang mendustakan rasul) dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maksudnya: kesenangan-kesenangan duniawi itu hanya sebentar dan tidak kekal. Inilah perumpamaan orang yang menafkahkan hartanya karena riya.

27. di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. Ar Ra’d Ayat 4 Artinya : Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan. janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. dan kebun-kebun anggur. dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka adalah lebih besar lagi. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan kepadamu tanda-tanda kebesaran (Kami) supaya kamu memikirkannya. Ar Rum Ayat 28 . 26. tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang.Artinya : Ketahuilah olehmu bahwa sesungguhnya Allah menghidupkan bumi sesudah matinya. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. 28. disirami dengan air yang sama.Ali Imran Ayat 118 Artinya : Hai orang-orang yang beriman. jika kamu memahaminya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami). Telah nyata kebencian dari mulut mereka.

maka peliharalah kami dari siksa neraka. Apakah ada diantara hamba-sahaya yang dimiliki oleh tangan kananmu. maka kamu sama dengan mereka dalam (hak mempergunakan) rezeki itu. . sekutu bagimu dalam (memiliki) rezeki yang telah Kami berikan kepadamu.Ali Imran Ayat 191 Artinya : (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami. 29. Maha Suci Engkau. 30.Shaad Ayat 29 Artinya : Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran. tiadalah Engkau menciptakan ini dengan siasia. kamu takut kepada mereka sebagaimana kamu takut kepada dirimu sendiri? Demikianlah Kami jelaskan ayat-ayat bagi kaum yang berakal.Artinya : Dia membuat perumpamaan untuk kamu dari dirimu sendiri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful