Proposal Permohonan Bantuan Buku

PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN BUKU BACAAN SEGALA USIA A. Pendahuluan Segala puji bagi Allah SWT. Dengan rahmat-Nya, sempurnalah yang baik. Dengan karuniaNya, turunlah segala kebaikan. Dan dengan taufik-Nya, tercapailah segala tujuan. Bagi Allah juga segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh apa saja yang dikehendaki-Nya. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah saw. Sebagai pendidik dan pembawa petunjuk, sebagai hujjah atas semua manusia untuk menyempurnakan akhlak mulia, untuk mengeluarkan dunia dari kegelapan menuju cahaya dan menunjukkan mereka ke jalan Allah yang lurus. Semoga shalawat dan salam juga terlimpahkan kepada keluarga Nabi SAW, para sahabatnya dan orang yang mengikutinya dengan baik sampai hari pembalasan. Dalam rangka ikut serta meningkatkan minat baca dan kualitas pengetahuan masyarakat di lingkungan Dukuh Kampung Anyar, Desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, baik fisik maupun mental, maka kami bermaksud menambah koleksi buku di rumah baca yang kami kembangkan secara mandiri.. Karena dalam keterbatan kami dalam menanggung beban dana penyedian buku-buku serta operasional, maka bersama ini dengan hormat mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu/Sdr/i untuk kiranya dapat membantu.
B. LANDASAN PEMIKIRAN

Berawal dari keprihatinan melihat anak – anak kecil dilingkungan sekitar kami yang nyaris tidak pernah membaca buku di luar buku sekolah, maka kami berinisiatif untuk mengumpulkan buku bacaan anak – anak dan remaja yang kemudian kami sajikan secara sederhana kepada anak –anak dan remaja yang kami maksudkan tersebut. Promosi yang kami lakukan terbilang sangat sederhana dan berawal dari mulut ke mulut saja. Berorientasi terhadap keadaan sosial masyarakat dukuh kampong anyar yang jarang berpendidikan tinggi dan pola pikir masyarakat yang tidak menganggap penting pengetahuan maka kami menganggap perlu menyajikan menu baru pengetahuan dan mendekatkan masyarakat dengan jendela ilmu berupa buku. Masyarakat perlu diperhatikan dalam hal pengayaan ilmu pengetahuan karena dengan pengetahuan setidaknya masyarakat akan mengerti memahami hal – hal yang selama ini mereka abaikan dan anggap tidak penting menjadi sesuatu yang bisa bermanfa’at untuk memperbaiki taraf hidup mereka. Dengan berdasarkan keberadaan rumah baca mandiri ini kami berharap bisa member warna baru dan tambahan pengetahuan di lingkungan masyarakat desa kami yang masih banyak membutuhkan pembinaan disegala bidang. Terutama pada anak – anak dan remaja yang lebih senang bermain HP dari pada membaca, sehingga dengan keberadaan Rumah baca ini bisa memberikan nuansa baru dan berwisata pengetahuan lebih jauh dan bermutu melalui buku.

komik educativ. 2. novel. Meningkatkan kualitas dan kwantitas Rumah Baca sehingga bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat kampung Anyar D. buku agama. remaja. CD pembelajaran. dan masyarakat setempat. Mendekatkan anak-anak dan remaja dengan buku. Namun. pengetahuan umum yang berasal dari dana pribadi. dengan segelintir orang. Koleksi yang kami miliki saat ini sebanyak 300-an buku yang terdiri dari komik. TUJUAN 1. Untuk itu. 4. remaja hingga dewasa. tentu tidak hanya sikap prihatin saja yang dibutuhkan. saat ini kami sedang merintis sebuah Taman Bacaan untuk anak-anak. Mempermudah anak – anak dan remaja mendapatkan buku referensi sekolah. atau yang lain lain yang sifatnya mendidik bagi masyarakat khalayak umum untuk membantu demi terwujudnya rumah baca tersebut. Sehingga melalui proposal ini kami mohon bantuan dana atau koleksi buku.C. PERMOHONAN BANTUAN Melihat Penjelasan di atas. majalah. 3. E. Memberikan anak –anak dan remaja kegiatan bermutu lewat membaca. saat ini kami masih mempunyai beberapa masalah. diantaranya masalah keuangan pengadaan rak-rak buku rumah baca serta kurangnya bahan koleksi buku untuk rumah baca tersebut. terkait dengan hal tersebut di atas. dengan nama Rumah Baca MuGTea. Adapun koleksi buku yang kami perlukan (boleh buku Bekas) antara lain :  Buku dan komik edukatif bergambar  Buku Pelajaran SD  Buku Pelajaran SMP  Buku Pelajaran SMU  Buku Teknologi tepat  Buku Komputer  Buku Pertanian dan Peternakan  Majalah  Buku Ketrampilan . TARGET Dengan adanya rumah baca mandiri ini diharapkan dapat memberikan sarana belajar murah dan mudah dan meningkatkan minat baca anak – anak. dan mengusung visi: Melihat Dunia dengan Membaca. tetapi haruslah dijawab dengan langkah yang nyata untuk mewujudkan masyarakat yang gemar membaca.

. Atlas  Kamus Perlengkapan Rumah Baca yang kami perlukan :  Meja baca kecil  Karpet ukuran 2 x 2  Karpet ukuran 4 x 4  Rak Buku F. PENGATURAN OPERASIONAL RUMAH BACA Agar roda Rumah Baca bisa berjalan baik dan kontinyu. G. Untuk mekanisme pengelolan Rumah Baca akan buka setiap hari dari jam 09:00 sampai jam 17. semoga bisa dijadikan pertimbangan bagi pihak-pihak terkait.00 yang dilakukan oleh pengelola rumah baca. Atas kerjasama dan partisipasinya kami sampaikan terima kasih. maka pengelolaan untuk sementara langsung di bawah kepengurusan dan akan dicari seorang pengurus yang sevisi untuk menjalankannya. PENUTUP Demikian proposal ini kami buat dengan sebenar-benarnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.