PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK

)

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN WONOREJO VIII / 319

Disusun oleh : ERNANINGSIH , S.Pd.SD

Tidak terkecuali dengan kondisi disekolah kami . membaca data lainnya . III. menelepon. Matematika ternyata merupakan momok yang sangat menakutkan bagi sebagian besar siswa . Menurut Setyono ( 2006 : xv ) : “ Belajar matemtika itu mudah . Mulai dari jual beli barang . maka konsep dasar matematika yang kita ajarkan kepada siswa haruslah benar . Karena begitu pentingnya matematika dalam kehidupan sehari – hari . BIDANG KAJIAN Pembelajaran Matematika Melalui Demonstrasi . hamper 75 % dari seluruh siswa dikelas kami mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika terutama dalam penyelesaian soal . PENDAHULUAN 1. jika diajarkan dengan teknik sederhana dan tepat . mencari rumah . siapapun akan menyukai “ namun demikian kenyataan yang ada disekolah sangat bertolak belakang .PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS I. JUDUL PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN WONOREJO VIII / 319 II. Latar Belakang Hampir seluruh bidang kehidupan yang kita jalani statistic dan masih banyak lagi kegiatan yang selalu berhubungan dengan matematika .

Bagaimana kah penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Wonorejo VIII – 319 Surabaya dalam pokok bahasan soal cerita 2. . Bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa kelas I SDN Wonorejo VIII – 319 Surabaya dalam pembelajaran pada pokok bahasan soal cerita ? V. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang permasalahan sebagaimana tersebut didepan.cerita . Mengetahui efektifitas penggunaan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran matematika pokok bahasan soal cerita . Meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pokok bahasan soal cerita dengan menggunakan metode demonstrasi . untuk itu dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa guru perlu memperkenalkan suatu metode yang aktif dan kreatif . Dengan harapan kondisi kegiatan siswa belajar siswa enjoy sesuai dengan keinginan belajar siswa . 2. menarik dan menyenangkan bagi siswa . tindakan kelas dengan model pembelajaran alternative dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas I SDN Wonorejo VIII – 319 Surabaya IV. Dengan model pembelajaran yang memungkinkan seluruh siswa terlibat aktif dalam pembelajaran akan lebih nyata hasilnya . maka rumusan permasalahan yang diajukan dalam proposal ini adalah : 1. TUJUAN PENELITIAN Perbaikan pembelajaran dilakukan dengan tujuan : 1. Berdasarkan kenyataan tersebut . PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH 1. perlu diadakan kegiatan penelitian .

Matematika Istilah Matematika berasal dari bahasa Yunani “Mathematikos” secara ilmu pasti. MANFAAT HASIL PENELITIAN Berdasarkan dari tujuan penelitian tersebut . Memberikan masukan dalam rangka mencari pembelajaran alternatif untuk meningkatkan kulitas pembelajaran di sekolah . Dalam Garis Besar Program Pembelajaran ( GBPP )terdapat istilah Matematika Sekolah yang dimaksudnya untuk memberi penekanan bahwa materi atau pokok bahasan yang terdapat dalam GBPP merupakan materi atau pokok bahasan yang diajarkan pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Direkdikdas : 1994 ) . dimana kesimpulan tidak ditarik berdasarkan pengalaman keindraan.VI. 2. VII. menambah wawasan tentang penggunaan berbagia metode sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Di samping itu diharapkan penelitian ini bermanfaat sebagai berikut : 1. pengetahuan abstrak dan deduktif. diharapkan dapat menghasilkan temuan – temuan mengenai strategi pembelajaran alternatif yang menarik dan menyenangkan dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas I SDN Wonorejo VIII – 319 Surabaya. tetapi atas kesimpulan yang ditarik dari kaidah – kaidah tertentu melalui deduksi (Ensiklopedia Indonesia). KAJIAN PUSTAKA 1. atau “Mathesis” yang berarti ajaran. Landasan Teori 1.

1995 : 14 ). Sedangkan menurut kamus umum bahasa Indonesia belajar diartikan berusaha ( berlatih dsb )supaya mendapat suatu kepandaian ( Purwadarminta : 109 ) Belajar dalam penelitian ini diartikan segala usaha yang diberikan olh guru agar mendapat dan mampu menguasai apa yang telah diterimanya dalam hal ini adalah pelajaran Matematika. Prestasi belajar berasal dari kata “ prestasi “ dan “belajar’ prestasi berarti hasil yang telah dicapai (Depdikbud. melewati pengolahan informasi.2. Prestasi Belajar. 1995 : 787 ). Sedangkan pengertian belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau lmu (Depdikbud. Belajar Skinner berpandangan bahwa belajar adalah suatu perilaku. 3. menjadi kapasitas baru ( Dimyati. Prestasi dalam penilitian yang dimaksudkan adalah nilai yang diperoleh oleh siswa pada mata pelajaran matematika dalam bentuk nilai berupa angka yang diberikan oleh guru kelasnya setelah melaksanakan tugas yang diberikan padanya 4. Pada saat orang belajar maka responya menjadi lebih baik dan sebaliknya bila tidak belajar responya menjadi menurun sedangkan menurut Gagne belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi limgkungan.: 1035). Jadi prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran. 2002-10). Sedangkan teknik yang dimaksud disini adalah cara tertentu yang dilakukan oleh . Teknik Dalam umum bahasa Indonesia teknik diartikakan cara (kepandaian. lazimnya ditunjukan dengan nilai atau angka yang diberikan oleh guru. dsb) membuat sesuatu atau melakukan sesuatu yang berkenaan dengan kesenian (purwadarminta.

peluang waktu yang luas dan subyek penlitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis.d Desember. 2. VIII. Waktu dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tersebut pada semester I Tahun pelajaran 2010 – 2011 . 3.guru yang akan dikenakan kepada siswanya dalam rangka mendapatkan informasi atau laporan yang diinginkan. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN 1.Tempel Sukorejo I / 107 A Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya ± siswa 29 siswa Pertimbangan penulis mengambil subyek penilitiann tersebut dimana siswa kelas I masih banyak yang belum bisa memahami / kesulitan dalam memahami soal – soal matematika yang berbentuk cerita . Rencana Penelitian 1. Tempat Penelitian Dalam penilitian ini penulis mengambil lokasi di SD Negeri Wonorejo VIII – 319 .. kecamatan Tegalsari Kota Surabaya penulis mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolah tersebut. Waktu Penelitian Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan menggunakan waktu penelitian selama 2 bulan November s. sehingga memudahkan dalam mencari data. Subjek penelitian Subyek dalam peniltian ini adalah siswa kelas I SDN Wonorejo VIII – 319 yang beralamatkan di Jl.

meliputi : Pendahuluan. IX. Tindakan ( Action )/ Kegiatan. dimana perlu adanya pembahasan antara siklus – siklus tersebut untuk dapat menentukan kesimpulan atau hasil dari penelitian. mencakup a. Prosedur Penelitian Prosedur penelitian yang diterapkan dalam hal ini antara lain : 1. Siklus II ( sama dengan I ) Refleksi. Lama Tindakan Waktu untuk melaksanakan tindakan pada bulan Desember . 4 1 2 3 4 1 2 3 Selesai . latihan soal.. b. dan pembahasan soal. Perencanaan Meliputi penyampaian materi pelajaran. kegiatan pokok dan penutup. 2. JADWAL PENELITIAN No 1 2 3 4 5 6 KEGIATAN Perencanaan Proses pembelajaran Evaluasi Pengumpulan Data Analisis Data Penyusunan Hasil MINGGU KE…….4. 3. mulai dari siklus I. Siklus II 1. Siklus I.

............... Kerta folio 1 pack 3..................7 Pelaporan Hasil X......... adapun biaya tersebut adalah : 1.... ........................................... BIAYA PENELITIAN Akibat yang timbul dari penelitian ini menjadi tanggung jawab peneliti........................ : Rp ........ jilid buku 4............... Fotocopy Naskah 2........................ lain – lain JUMLAH : Rp ... Rental Komputer 5.............. : Rp ............ : Rp ............................. : Rp ..... : Rp .............

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.