BAB I PENDAHULUAN

1.1

LATAR BELAKANG Dalam perkembangan ekonomi saat ini, banyak perusahaan yang melakukan penggabungan perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan

keuntungan mereka. Penggabungan ini dapat berbentuk merger yang mengekor pada perusahaan pembeli, konsolidasi yang mendirikan perusahaan baru, atau akuisisi saham, yaitu perusahaan yang bergabung tapi masih melakukan operasi masing-masing. Jika perusahaan bergabung dalam bentuk merger atau konsolidasi, maka pencatatan akuntansinya akan lebih mudah dibandingkan dengan akuisisi saham, yaitu hanya memindahkan semua akun aktiva bersih ke perusahaan yang masih berdiri atau perusahaan yang didirikan, kemudian perusahaan lainnya yang bergabung dibubarkan. Kondisi berbeda terjadi bila perusahaan-perusahaan yang bergabung ini masih menjalankan operasinya masing-masing. Yang terjadi adalah akan muncul akun resiprokal pada masing-masing perusahaan yang bergabung ini. Untuk itulah dibuat laporan keuangan konsolidasi. Walaupun disebut laporan keuangan konsolidasi, bukan berarti laporan ini digunakan untuk penggabungan usaha bentuk konsolidasi. Dalam praktiknya, laporan ini biasa digunakan untuk perusahaan induk dan perusahaan anak. Lebih lengkapnya, laporan konsolidasi adalah model laporan keuangan untuk menunjukkan pengaruh ekonomi dari penggabungan dua atau lebih perusahaan 1

yang didasarkan atas pemilikan dan pengendalian bersama meskipun peleburan secara hukum tidak dilakukan. Dalam penyusunan neraca gabungan untuk kantor pusat dan cabang saldo aktiva dan kewajiban masing-masing cabang digabungkan dengan saldo yang sama pada kantor pusat.

1.2

TUJUAN Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana penyusunan laporan keuangan konsolidasi pada perusahaan anak dan perusahaan induk, khususnya tentang Neraca karena laporan inilah yang paling kompleks. Ada pula penjelasan tentang Laporan Laba Rugi dan Lporan Arus Kas. Kemudian ada penjelasan sekilas tentang pencatatan akuntansi untuk penyatuan kepemilikan.

2

BAB II PEMBAHASAN

2.1

PENGERTIAN LAPORAN KONSOLIDASI Laporan Konsolidasi adalah model laporan keuangan untuk menunjukkan pengaruh ekonomi dari penggabungan dua atau lebih perusahaan yang didasarkan atas pemilikan dan pengendalian bersama meskipun peleburan secara hukum tidak dilakukan. Dalam penyusunan neraca gabungan untuk kantor pusat dan cabang saldo aktiva dan kewajiban masing-masing cabang digabungkan dengan saldo yang sama pada kantor pusat. Pembelian saham dapat dalam bentuk kas, pertukaran aktiva lain atau melalui surat berharga yang diterbitkan oleh perusahaan sendiri dan dicatat sebesar harga perolehannya (at cost). Bila melalui pertukaran surat berharga, maka dicatat nilai wajar dari surat berharga tersebut dan setiap terjadi selisih antara nilai nominal dan nilai jual maka dicatat sebagai premium atau diskonto (agio dan disagio) atau paid in capital.

2.2

POOLING OF INTEREST DAN PURCHASE Suatu perusahaan dapat dikatakan purchase jika penggabungan dua perusahaan atau lebih menyangkut perubahan hak milik, artinya Net Asset dari perusahaan yang satu dibeli oleh perusabaan lain, maka gabungan ini disebut Purchase.

3

2. Saham yang diserahkan sebagai pengganti dicatat sebesar harga pasarnya. Jika harga beli lebih besar dari Net Asset perusahaan yang dibeli maka ada Goodwill. 2. Goodwill amortisasi selama periode manfaatnya.Ciri-ciri Purchase: 1. Aktiva dan Liabilities (Net Asset) yang dibeli dicatat sebesar harga belinya atau harga pokoknya oleh pembeli. maka penggabungan ini Pooling of Interest. Tidak ada goodwill 3. sehingga jumlahnya tidak perlu sama dengan nilai yang dilaporkan oleh penjual atau yang ada di neraca. Saham yang diserahkan dicatat sebesar nilai nominalnya dengan memperhatikan total Stock Holder Equity perusahaan yang diambil alih (totalnya harus sama) Jadi penggabungan perusahaan: • • Pooling of Interest (Kontinuitas Kepemilikan) = Konsolidasi Purchase (Perubahan Hak Milik) = Merger 4 . Net Asset yang diambil alih dicatat sebesar nilai yang tercantum dalam neraca asalnya atau book valuenya. tidak lebih dari 40 tahun. Suatu perusahaan dapat dikatakan Pooling of Interest jika penggabungan menyangkut kontinuitas kepemilikan dari perusahaan yang bergabung yaitu dengan cara menukar Net Asset dengan saham yang diterbitkan oleh perusahaan yang bergabung atau baru. 3. Ciri-ciri Pooling of Interest: 1.

22. Perusahaan induk ini memegang kendali terhadap perusahaan anak. Sebaliknya perusahaan yang dimiliki saham-sahamnya yang jumlahnya kurang dari 50% disebut subsidiary company (perusahaan anak). entitas terpisah hanya dapat bergabung satu kali. Bila perusahaan memiliki sebagian besar dari saham-saham dari beberapa perusahaan. Dengan kata lain. Holding company ini ada yang memiliki aktivitas usaha dan ada pula yang sumber pendapatannya mengandalkan dari perusahaan yang dibelinya. secara jelas meliputi penggabungan dengan satu atau lebih perusahaan menjadi perusahaan anak dari suatu perusahaan induk. maka disebut pure holding company. Sedangkan bila pendapatan perusahaan holding company 5 .2. maka disebut holding company. tetapi sekali hubungan induk anak terbentuk. yang terdapat pada PSAK No. Bila pendapatan holding company tersebut hanya berasal dari beberapa perusahaan anaknya. Peningkatan pengendalian kepemilikan adalah sesederhana penambahan investasi. Jika suatu perusahaan mempunyai sebagian besar saham atau lebih dari 50% saham perusahaan lain maka disebut parent company (perusahaan induk).3 PELAKSANAAN SAHAM PENGGABUNGAN USAHA MELALUI AKUISISI Konsep akuntansi penggabungan usaha. Penggabungan usaha terjadi ketika satu perusahaan memperoleh lebih dari 50% saham berhak suara perusahaan lain. sedangkan perusahaan anak yang dikendalikan dengan jumlah saham minoritas disebut minority interest. pembelian tambahan saham perusahaan anak bukanlah suatu penggabungan usaha. sehingga disebut controlling interest.

Hubungan Induk dan Anak Suatu perusahaan yang memiliki lebih 50% saham berhak suara perusahaan lain dalam mengendalikan perusahaan tersebut melalui kepemilikan sahamnya. Entitas yang baru bertanggung jawab terhadap pemegang saham. Pada saat hubungan induk anak terjadi perusahaanperusahaan tersebut saling berafiliasi. dalam kenyataannya hanya ada satu entitas ekonomi karena semua sumber daya berada di bawah pengendalian manajemen tunggal. 6 . 1. 2. yaitu direktur-direktur dan karyawankaryawan dari perusahaan induk tersebut. dan hubungan yang terjadi antara kedua perusahaan itu adalah hubungan induk anak. Entitas Pelaporan Ketika terjadi hubungan induk dan anak. juga berasal dari aktivitasnya sendiri. kreditur perusahaan induk dan pihak-pihak lain yang berkepentingan. Walaupun secara hukum merupakan entitas yang terpisah. maka disebut dengan operating holding company. Laporan keuangan untuk entitas gabungan disusun dengan mengkonversi laporan keuangan perusahaan induk dan anak menjadi laporan konsolidasi yang merefleksikan posisi keuangan dan hasil operasi entitas gabungan. entitas tersebut berfungsi sebagai entitas yang terpisah dan pencatatan akuntansinya pun dilaksanakan secara terpisah.disamping berasal dari perusahaan anak.

Pengendalian dimaksudkan untuk sementara. dan laporan konsolidasi biasanya diwajibkan untuk menyajikan yang wajar posisi keuangan dan hasil operasi dari suatu kelompok perusahaan-perusahaan berafiliasi. karena saham perusahaan anak dibeli dengan tujuan untuk dijual atau dialihkan dalam jangka pendek. Perusahaan anak yang tidak dikonsolidasikan tersebut harus dipertanggungjawabkan oleh perusahaan induk sebagaimana perusahaan anak lainnya. alasan perusahaan anak tidak dilakukan konsolidasi : 1. maka penyesuaian yang diperlukan harus dilakukan untuk pengaruh yang material dari setiap peristiwa atau transaksi antar7 . 4. 2. Apabila laporan keuangan dan tanggal pelaporan yang berbeda digunakan untuk tujuan konsolidasi.Sedangkan untuk investasi ekuitas antara 20 sampai dengan 50% kepemilikan berhak suara perusahaan-perusahaan lainnya disebut dengan asosiasi. Kebijakan Konsolidasi Laporan keuangan konsolidasi menyediakan berbagai informasi yang tidak terdapat dalam laporan keuangan terpisah perusahaan induk. Perusahaan anak di batas oleh suatu retriksi jangka panjang. 3. sehingga mempengaruhi secara signifikan kemampuannya dalam mentransfer dana kepada perusahaan induk. Berdasarkan PSAK No. Kondisi yang lazim untuk konsolidasi adalah kepemilikan lebih dari 50% saham berhak suara perusahaan lain.

9.000 6. di atas) Perusahaan Terpisah Pilot Co.800.000 $ 80.000 195.000 1.211.000 $ $ $ $ $ $ $ 4.500 $ 4.790.902.920.500 $ $ 140.$ 11.500 379.202.000 $ 80.000 2.000 $ 530.000 $ 800.000 $ 4.000 $ $ 300.4 LAPORAN LABA RUGI KONSOLIDASI Contoh : (Berdasarkan ilustrasi Pilot Co.723.000 $ 360.006. yang terjadi antara tanggal pelaporan yang berbeda tersebut dengan tanggal pelaporan-pelaporan keuangan konsolidasi.500 $ .000 200.500 $ 2.000 1.000 700.000 1. dan Sand Co.500 Penjualan $ Pilot Co.500 300.000 $ .000 $ 940.500 $ $ $ $ $ $ $ 700.000 2.perusahaan.300.000 $ 11.000.260.000 Pendapatan investasi dari Sand $ Co.000 hak $ 2.982.000 3.000 $ 1.200.000 3.200.723.500 $ 9. Konsolidasi $ 2.$ 120.700.902. Total Pendapatan Kurang : Beban-beban Operasi Harga Pokok Penjualan Beban Penyusutan Bangunan Beban Penyusutan Peralatan Amortisasi goodwill Beban-beban lainnya Total Beban Operasi Laba Operasi Pos bukan operasi Beban bunga Laba bersih Total laba konsolidasi Kurang minoritas Laba bersih konsolidasi : Pendapatan 8 .902.523.512.000 8. 2.

200.000 1.500.000 7. Laporan konsolidasi tidak menunjukkan pendapatan investasi dari Sand Co. beban ($ 1.000 $ 1.000). 9 .500 1.000  Penurunan beban penyusutan peralatan akibat amortisasi kelebihan yang dialokasikan pada peralatan yang dinilai terlalu tinggi sebesar $ 54.500 $ $ $ $ 900.202.702.700.202.500.400.000 5.300. Amortisasi bersih direfleksikan dalam laporan laba rugi konsolidasi dengan:  Peningkatan harga pokok penjualan akibat persediaan yang dinilai terlalu rendah yang dijual pada tahun 20XY sebesar $ 90.000). dan pengurangan hak minoritas ($ 80. yang mencerminkan pendapatan investasi.702.40000 $ 7.000).000  Peningkatan beban penyusutan bangunan akibat amortisasi kelebihan yang dialokasikan pada bangunan sebesar $ 20.000).Saldo laba 31 Desember 20XX $ $ 4.500 Kurang : Dividen $ Saldo Laba 31 Desember $ 20XY Catatan : 1.000  Peningkatan beban bunga akibat pengalokasian pada wesel bayar yang dinilai terlalu tinggi yang dilunasi pada tahun 20XY sebesar $ 90. Pada akhirnya. 2. saldo laba terpisah Pilot Co.000  Penambahan kategori beban baru untuk amortisasi goodwill sebesar $ 195.000 5. identik dengan saldo laba konsolidasi.000 $ 1.000 $ 300.500 1.000 karena laporan laba rugi konsolidasi memasukkan rincian pendapatan ($ 2. amortisasi bersih atas kelebihan ($341. sebesar $ 379.

keduanya mewakili aktiva bersih dari perusahaan anak. karena rekening tersebut merupakan rekening resiprokal. saat ini nilai buku dan nilai wajarnya $ 40. Penn Corporation membeli 100% saham Skelly Co.Bila perusahaan induk menjual barang dagangan kepada perusahaan anaknya. maka ada akun-akun yang perlu dieliminasi antara perusahaan anak dan induk.000. aka nada pembelian dan penjualan antar-perusahaan pada buku terpisah perusahaan induk dan perusahaan anaknya. sedangkan rekening-rekening yang tidak resiprokal harus digabungkan.000 Bentuk jurnal eliminasinya 10 . Misalnya pada tanggal 1 Januari 2008. 2. Bila Induk Memperoleh 100% Perusahaan Anak Ketika dilakukan pembelian.000 dan Laba Ditahan $ 10. atau sebaliknya. dengan rincian Modal Saham sebesar $ 30.5 NERACA KONSOLIDASI PADA TANGGAL AKUISISI 1. Jumlah pendapatan dan beban sewa yang resiprokal dieliminasi tanpa mempengaruhi laba bersih konsolidasi. yaitu rekening investasi pada perusahaan induk dan rekening ekuitas perlu dieliminasi. Penyesuaian-penyesuaian atas penjualan dan pembelian antar-perusahaan mengurangi pendapatan (penjualan) dan beban (harga pokok penjualan) dengan jumlah yang sama besar dan karenanya mempengaruhi laba bersih konsolidasi. Saldo pembelian dan penjualan antar-perusahaan adalah saldo-saldo yang harus dieliminasi dalam menyiapkan laporan laba rugi konsolidasi karena saldo-saldo tidak mewakili pembelian dan penjualan pada pihak-pihak di luar entitas terkonsolidasi.

000 10.000 Investasi pada Skelly Co.000 $ 40.000 $ 100.000 100.000 $ 60. Neraca dari perusahaan masing-masing sebagai berikut: Neraca Terpisah Akun Neraca Konsolidasi Penn Co.000 190.000 $ 165.Modal Saham Laba Ditahan $ 30.000 Aktiva Lancar Aktiva Lainnya Aktiva Tetap Investasi pada Skelly Co.000 $ 45.000 60.000 $ 45.000 $ Skelly Co.000 $ 30.000 $ 10.000 $ .000 $ 2.000 $ 15.000 $ 25.000 $ $ 65.000 20.000 70. Dengan Goodwill Pembelian saham dapat terjadi: • • • Cost = book value → 100 = 100 Cost > book value → 100 > 100 → Goodwill Cost < book value → 100 < 100 → Reduce Book value = Asset – Liabilities 11 .$ 65.000 $ 165. 100% Total Aktiva Kewajiban Modal Saham Laba Ditahan Total Kewajiban dan Ekuitas 10. Bila Induk Memperoleh 100% Perusahaan Anak.000 100.000 $ 20.000 190. $ $ $ $ $ $ $ $ $ 20. Penn and Skelly 30.000 $ 40.000 $ 40.

000 Eliminasi Debet Kredit Neraca Konsolidasi $ $ $ $ 50. Paid in Capital c. dan Perusahaan Anak Kertas Kerja Neraca Konsolidasi 1 Januari 2008 Penyesuaian dan Akun Aktiva Lancar Aktiva Lain Aktiva Tetap Penn Co. 12 .000 - 45.000 $ Investasi pada $ Skelly Co.000 $ 10.000 $ 60.000 BV 100% ($40.000 15.000 40.000 Skelly Co. Penn Co.000 Goodwill $ 10.000 $ 20.000 $ 50. Retained Earning Jadi book value = Net Asset Misalnya dalam contoh di atas : Cost $ 50.000 100. $ 10. $ $ $ 10.000 $ 10.000) $ 40.000 Investasi pada Skelly Co.000 60. Common Stock b.Book value = Stock Holder Equity atau Equity yaitu terdiri dari : a.000 $ 50.000 Jurnal eliminasinya : Modal Saham Laba Ditahan Goodwill $ 30.

000.000 $ $ $ $ $ 10.000 Jurnal eliminasinya : Modal Saham Laba Ditahan Goodwill $ 30. karena yang $ 10.000 Maka jumlah hak minoritas (Minority Interest) = 10% x $ 40.000 berubah menjadi $ 10.000 $ 50.000 100.000 65.000) Goodwill $ 50.000 100.$ 65. dan bila dijumlahkan tetap jumlahnya yaitu $ 20.000 $ $ $ $ $ $ $ .000 $ $ $ 10.000 13 Investasi pada Skelly Co .$ 165.000 $ Catatan : • • • Kolom eliminasi sumber angkanya berasal dari jurnal eliminasi di atas.000 $ 14. Goodwill diamortisasi selama umur manfaatnya.000 25.000 $ 36.000 50.000 $ 14.000 45.000 70.000 $ $ 190. Dengan Goodwill Misalnya dalam contoh di atas : Cost BV 90% ($ 40.000 10.000 30.000 165.000 menjadi goodwill.000 = $ 4.000 30.000.000 20. Bila Induk Memperoleh 90% Perusahaan Anak.000 $ 50.000 10.000 20.Goodwill Total Kewajiban Modal Saham Laba Ditahan CS-Skelly RE-Skelly Total $ $ $ $ $ $ $ $ . Kas asalnya $ 20.000 190.000 $ 10. 3.

000.000 60.000 70.000 100.000 Eliminasi Debet Kredit $ $ $ $ 50. yaitu sisa saham yang masih dimiliki oleh perusahaan anak.000 $ Konsolidas i 20. Goodwill Total Kewajiban Modal Saham Laba Ditahan CS-Skelly RE-Skelly Hak Minoritas $ $ $ $ $ $ $ $ Total $ .Hak Minoritas $ 4.000 $ 65.000 $ 4.000 $ 10. 14 .000 .000 berubah menjadi $ 10.000 100.000 60.000 $ 65.000 194.000 165.000 $ 15. Goodwill diamortisasi selama umur manfaatnya.000 $ 30. • Hak minoritas.000 165.000 Penn Co. Co.000 $ 25.000 $ 40.$ 14.000 $ 10.000 194. $ $ $ 10.000 45.000 Neraca 45.000 $ 14.000.000 $ 54.000 $ 20.000 50. karena yang $ 10.000 menjadi goodwill.000 $ Catatan : • • • Kolom eliminasi sumber angkanya berasal dari jurnal eliminasi di atas. dan bila dijumlahkan tetap jumlahnya yaitu $ 20.000 $ 54. dan Perusahaan Anak Kertas Kerja Neraca Konsolidasi 1 Januari 2008 Penyesuaian dan Skelly Akun Aktiva Lancar Aktiva Lainnya Aktiva Tetap Penn Co.000 $ - $ $ $ $ $ $ $ $ 4.000 $ 10.000 $ - Investasi pada Skelly $ Co.000 20.$ 30.000 100.$ . Kas asalnya $ 20.

600 185. 90% Total Aktiva Utang Usaha Utang Dividen Utang Lainnya Modal Saham Laba Ditahan Total Kewajiban dan Ekuitas $ $ $ $ $ $ $ $ $ $ $ $ Penn Co. 15.000 80. maka akan muncul pada perusahaan induk Piutang Dividen.000 5.2. misalnya pengumuman pembagian deviden.000 30. 22.000 28. Ada transaksi yang sifatnya resiprokal yang harus dieliminasi antara perusahaan anak dan perusahaan induk.000 $ $ $ $ $ $ $ $ $ $ $ $ Skelly Co.000 37.000 20. Pada saat diumumkan pembagian deviden (pencatatan menggunakan equity method). Kedua rekening ini bila dibuat neraca konsolidasinya maka harus dieliminasi.000 Asumsi: 15 .000 185.000 57. Akun Kas Piutang Dividen Aktiva Lainnya Aktiva Tetap Investasi pada Skelly Co.000 41.000 35.400 9.6 NERACA KONSOLIDASI SETELAH AKUISISI Jika perusahaan yang bergabung setelah beroperasi dan timbul transaksi antara perusahaan anak dan perusahaan induk.000 30.000 55.000 10.000 15.000 100.000 80.000 20. sedangkan pada perusahaan anak Utang Dividen.

000 .000 $ 20.000 ($ 9.000 3.000) $ 50.400) $ 57.000 2.000 $ 18. Jurnal Piutang dan Hutang Dividen (90% x $ 10.000) Amortisasi per tahun ($ 14.000 (10% x $ 50.000 Catatan : Goodwill muncul pada saat konsolidasi.000 dan deviden dibagikan sebesar $ 10.000/10) Saldo investasi akhir Jurnal 1.000 $ 12. pada Penn Co.000) 16 . Goodwill diamortisasi selama 10 tahun 4.1.$ 1. Rumus menghitung Saldo Investasi (Equity Method): Investasi awal Presentase Pembagian Laba (90% x $ 20.000. sedangkan pada saat neraca masing-masing tidak muncul.600 $ 5.600 ($ 14. Hutang usaha Skelly Co.000) ($ 1.000) Presentase Pembagian Deviden (90% x $ 10. Hak Minoritas 2. ketika itu jumlah ekuitas pemegang saham = $ 40.600 Investasi pada Skelly Co. Kepemilikan sebanyak 90% dengan harga $ 50. $ 5.400) $ 57. Jurnal eliminasi: Modal Saham Laba Ditahan Goodwill $ 30. Selama tahun tersebut diperoleh laba $ 20.

000 30.000 1.000 $ Saham$ 30.000 9. 90% Goodwill Total Utang Usaha Utang Dividen Utang Lainnya Modal Penn Laba Penn Modal Skelly Laba Skelly Ditahan$ 20.000 Penyesuaian dan Akun Kas Piutang Dividen Aktiva Lainnya Aktiva Tetap Investasi Penn Co.000 $ $ $ $ $ $ 12.000 $ $ $ 57. $ $ $ $ $ 15.000 20.000 $ 5.000 $ 5.000 $ 9.400 64.Utang Dividen Piutang Dividen $ 9.000 57.000 $ $ Eliminasi Debet Kredit Neraca Konsolidasi $ 37.000 41.000 3.000 28.000 $ 20.000 92.000 Saham.000 $ $ $ $ $ $ 12.000 $ $ $ $ $ 185.000 $ 35.000 15.000 37.000 100.400 9.000 55.000 100.600 206.000 Utang Usaha Piutang Usaha $ 5. $ $ $ $ pada $ 22.000 40. Jurnal Piutang dan Utang Usaha antara induk dan anak $ 5.000 10.000 $ 5.600 $ Skelly Co.000 25.$ 17 .600 80.000 $ Ditahan.$ 35.000 - 9.000 $ 5.000 $ 30.600 Skelly Co.

000 2. diferensial biaya/nilai buku tidak dicatat dalam buku perusahaan induk maupun perusahaan anak.600 $ 206. maka kelebihan tersebut harus dialokasikan.000 $ 76. Oleh karena itu.000 $ 80. Asumsi yang mendasari penetapan kelebihan tersebut adalah bahwa nilai buku dan nilai wajar dari aktiva dan kewajiban yang dapat diidentifikasi adalah sama.7 ALOKASI KELEBIHAN PADA AKTIVA BERSIH YANG DAPAT DIIDENTIFIKASI DAN GOODWILL Kelebihan biaya investasi terhadap nilai buku yang diperoleh ditetapkan sebagai goodwill. 1.600 $ 76.000 $ 5.000 Total $ 185. jumlah yang muncul pada neraca konsolidasi perusahaan induk dan 18 . Efek Alokasi pada Neraca Konsolidasi pada Saat Akuisisi Pada akuisisi dalam lingkup hubungan induk anak.Minority Interest $ 5. Jika ada bukti mengindikasikan bahwa nilai wajar melebihi nilai buku atau nilai buku melebihi nilai wajar.

000 $ 5.000 $ 6.000. Pada tanggal 31 Desember 2007 Pilot Co.000 secara tunai.000 saham biasa dari Pilot Co.000 tunai. ditambah $ 100. Jumlah penyesuaian untuk setiap akun aktiva dan kewajiban ditentukan dengan menggunakan pendekatan konsolidasi satu-baris.000.000 $ 200. Nilai Buku Nilai Wajar 19 . pada saat penggabungan adalah sebagai berikut: Investasi pada Sand Co Saham Biasa Tambahan Modal Disetor Kas Jurnal Biaya Tambahan Investasi pada Sand Co Tambahan Modal Disetor Kas $ 200. Akun Aktiva Kas $ 6.000 $ 4.600.000 Pilot Co.000 Berikut adalah Neraca dari Pilot Co.000 $ 100. Nilai Buku Nilai Wajar Sand Co.000. Penggabungan usaha secara pembelian yang dilaksanakan melalui akuisisi saham oleh Pilot Co. Jurnal pilot Co.perusahaan anak dicatat melalui prosedur kertas kerja yang menyesuaikan nilai buku perusahaan anak untuk merefleksikan diferensial biaya/nilai buku untuk tujuan kertas kerja konsolidasi.000.000. dan Sand Co.000. nominal $ 10 dan nilai pasar $ 5.000 $ 300.000 $ 200. dengan harga $ 5.000.000 $ 1.600. dan Sand Co.000 $ 10.000 dan $ 200. membeli 90% Sand Co. Biaya tambahan untuk penggabungan usaha terdiri dari biaya pendaftaran dan biaya penggabungan (investasi) masing-masing $ 100.

000 25.000.000 600.000 1.000 Alokasi pada Aktiva dan Kewajiban yang dapat Diidentifikasi 20 . ($ 10.000 1.000 $ 4.000 $ 44.000 $ 700.200.000 $ 2.000.000 4.000.500.000 $ 10.000 Total kelebihan biaya terhadap nilai buku yang diperoleh $ 4.000.000.000 5.000 900.000 $ 500.310.890.000 $ 3.000 $ 15.000 $ 600.000 $ 2.000 $ 300.000.000.000.000.200.000.300.000.000.200.000 + $ 200. Berdasarkan hal di atas. pada aktiva dan kewajiban yang dapat diidentifikasi dan lalu pada goodwill jika ada sisanya.000 5.700.000 2.000 $ 1.000 9.000 1.200.000 $ 700.000 Nilai buku kepemilikan yang diperoleh (90% x 5.000) $ 5.000 $ 3.Piutang-Bersih Persediaan Aktiva Lancar Lain Tanah Bangunan-Bersih Peralatan-Bersih Total Aktiva Kewajiban &Ekuitas Utang Usaha Wesel Bayar Saham Biasa Tamb Modal Disetor Laba Ditahan Total Passiva $ $ $ $ $ $ $ $ $ $ $ $ $ 700.000 400.000.000 $ 1.000.000 $ 4.000 $ 9. Penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan untuk menggabungkan neraca perusahaan induk dan perusahaan anak ditentukan dengan menetapkan perbedaan antara biaya investasi dan nilai buku yang diperoleh.700.000 $ 25. maka perhitungan pengalokasiannya adalah sebagai berikut: Investasi pada Sand Co.000 $ $ $ $ $ Pengalokasian Diferensial Biaya/Nilai Buku.000 $ 7.000 $ 900.000.000.000 300.000 $ 8.000 800.300.000.000 1.000 $ 8.000 $ 600.000 700.500.000 $ 11.000.000) $ 10.000 $ 400.400.000.000 $ 800.000 8.900.

000 900.000 $ 5.000 $ $ $ $ 180. Hak Minoritas $ 4.200.000 $ 800.890.000 $ 4. Jurnal Investasi dan SHE Kelebihan yang Belum Diamortisasi Saham Biasa-Sand. Investasi pada Sand Co.000.000 3.000.400.900.000.Alokasi Kelebihan ((Nilai Wajar – Akun Nilai Wajar Nilai Buku Kepemilikan Nilai Buku) x Persediaan Tanah Bangunan Peralatan Wesel Bayar Total Alokasi pada Aktiva Bersih Dapat Diidentifikasi Sisa Dialokasikan pada Goodwill Total kelebihan biaya terhadap nilai buku yang diperoleh $ $ $ 990.700.700. yang merupakan akun resiprokal dari Sand Co.000) 90.000 4. 1.000 4. Laba Ditahan-Sand Co.000 $ 1.000.000 21 .000.000 ( 270.000 $ 500.000 $ 900.000 600.890.000 90% 90% 90% 90% 90% Kepemilikan( $ 90.000 $ 1.000 $ 10.000 2.000 $ 1. Co Tambahan Modal Disetor-Sand Co.000 Jurnal eliminasi untuk neraca konsolidasi.000 1.000 $ $ $ $ $ 600.000 $ 590.

000 1.200.000.900.000 300.2.000 900. Jurnal mengalokasikan kelebihan yang belum diamortisasi pada tiap aktiva dan kewajiban dan pada goodwill Persediaan Tanah Bangunan-bersih Goodwill Wesel Bayar $ $ $ 90.000 $ $ 1.000 22 .000 400.000 $ 270.000 Peralatan-Bersih Kelebihan yang Belum Diamortisasi $ 4.000 $ 3. Debet Kredit $ 10.000 180.000 $ $ $ $ 1.000 $ $ 600.000 600.000 $ $ 180.000 1.000 1.000 $ 270.500.000 10.000 $ $ 2.980.000 Sand Co.730.000 8.000 $ $ $ $ 200.490.000.000.000 Lancar $ $ $ $ 1.000 4.000.890.000 Neraca Konsolidasi Pilot Co.000 900.900.000 $ 90.200. Sand Co.000.000 $ $ 8. dan Perusahaan Anak Kertas Kerja Neraca Konsolidasi Per 31 Desember 20XX Penyesuaian dan Eliminasi Akun Aktiva Kas Piutang-Bersih Persediaan Aktiva Lainnya Tanah BangunanBersih Peralatan-Bersih Investasi pada $ $ 7.000 $ $ 1.200.000 700.300.000 12.000 $ 90.000 500.000 900.000.

Goodwill Kelebihan yang Belum Diamortisasi Total Aktiva Kewajiban dan Ekuitas Utang Usaha Wesel Bayar Saham Pilot Co. Saham Sand Co Tambahan Modal DisetorSand Co.300.700.000* $ 4.000.000. Tambahan Modal DisetorPilot Co.000 $ $ 3.000 $ 1.950.900.000.300.000 $ 32.000 - Sand Co.000 $ $ 700.000 $ 29.900.000.000 $ 1.000 15.000.900.500.000 3.000 $ 4.000. Laba Ditahan$ 4.000 Biasa$ $ $ 2. Hak Minoritas Total Passiva $ $ $ $ $ 590.890.000 15.000 $ $ 590. Efek Amortisasi pada Neraca Konsolidasi Setelah Akuisisi 23 .000 29.000 8.900.500.000 $ $ $ $ 2.000 $ 90.000 32.700.000.950.900.900.000.000 $ 8.000.000 11.000 $ 900.000 8.000 2.000 4. Laba Ditahan$ 900.000 1.000 - Pilot Co.000 $ 8.000 Biasa$ 4.890.400.000 5.000 11.Sand Co.010.000 $ 4.000 $ 3.

000 $ 800. Dividen yang dibayar tahun 20XY Sand Co Pilot Co Amortisasi Kelebihan Persediaan yang dinilai terlalu rendah dijual dalam tahun 20XY Tanah yang dinilai terlalu rendah masih dimiliki oleh PT Sandang.500.000 $ 1.000 : 5) Kurang : Amortisasi Kelebihan yang dialokasikan pada Persediaan (dijual tahun 20XY) $ 90.000 $ 2.000 24 $ 54.890.000 $ 300.500 .000 $ 720. : Ekuitas pada laba bersih Sand Co ($ 800.Efek amortisasi kelebihan sebesar 4.000 pada neraca konsolidasi di atas didasarkan pada asumsi berikut: Pendapatan tahun 20XY Laba bersih Sand Co Pendapatan Pilot Co.523. tidak ada amortisasi Bangunan yang dinilai terlalu rendah masa manfaat 45 tahun sejak 1 Januari 20XY Peralatan yang dinilai terlalu tinggi masa manfaat 5 tahun sejak 1 Januari 20XY Wesel bayar yang dinilai terlalu tinggi ditarik tahun 20XY Goodwill diamortisasi selama 20 tahun • Perhitungan pendapatan dari Sand Co. termasuk pendapatan dari Sand Co.000 x 90%) Tambah : Amortisasi peralatan yang dinilai terlalu tinggi ($ 270.

000 $ 270.000 880.000 $ 379. – Dividen yang Diterima dari Sand Co.000 $ 90.$ 20.000 $ 180. menimbulkan hak minoritas dan mencatat kelebihan yang belum diamortisasi Kelebihan yang Belum Diamortisasi Saham Biasa-Sand.000 : 20 Tahun) Pendapatan dari Sand Co.Tanah Bangunan ($ 900.200.000 $ 90.$ 270.000 $ 195.000 $ 4.900. Mengeliminasi akun investasi dan ekuitas yang resiprokal.000 Laba Bersih = Investasi awal + Pendapatan Investasi Sand Co.000 $ 3.000 216.900.000. tahun 20XY • $ 20.000 $ Desember 20XY 90.000 Kelebihan yang Belum Akun Diamortisasi 31 Amortisasi 20XY Diamortisasi 31 90.000 $ 54.000 $ 195.000 $ 900.549.000 + $ 379.000 $ 1.000 $ .000 $ 90.000180.549.309.000 $ Kelebihan yang Belum Persediaan Tanah Bangunan Peralatan Wesel Bayar Goodwill $ $ $ $ $ $ Jumlah $ Ayat jurnal kertas kerja yang diperlukan adalah : 2.000 $ 1. Co Tambahan Modal Disetor-Sand Co.000. Laba Ditahan-Sand Co.705.000 $ 4.000 4.000 : 45 tahun) Wesel Bayar (ditarik tahun 20XY) Goodwill ($ 3.000 Desember 20XX 90.000 = $ 10.890.000 $ 341. = $ 10. $ 4.000 3.000 .000 25 .400.

000 $ 3.000 880.000 $ 4.000 dari Laba Bersih Sand Co. 3.549. Mengalokasikan kelebihan yang belum diamortisasi pada aktiva yang dapat diidentifikasi dan goodwill Tanah Bangunan-bersih Goodwill Peralatan-Bersih Kelebihan yang Belum Diamortisasi $ $ 180.000 Catatan : Laba Ditahan naik dari $ 900.000 $ 216. ada kecenderungan memilih untuk mencatat aktiva dan kewajiban yang dapat diidentifikasi perusahaan anak pada nilai wajarnya pada saat penggabungan usaha selain goodwill.000 (naik $ 500.8 ALOKASI HARGA BELI PADA TOTAL NILAI WAJAR PERUSAHAAN ANAK Dalam pembuatan kebijakan dan prosedur konsolidasi.Investasi pada Sand Co.000 $ 640.000 dikurangi Dividen yang Dibayar sebesar $ 300.000).400.000 menjadi $ 1.000 2.705. $ 800. 26 . jika perusahaan induk memperoleh pengendalian melalui pembelian tunggal secara langsung.309. Hak Minoritas $ 10. Akan tetapi. hanya goodwill yang betul-betul dibeli oleh perusahaan induk yang dicatat.

000 27 .000 10.000 ($ 520.000 120.000 x 60%).000 280.000.000 ($ 60.000 520.000 150.000 $ $ $ $ $ 10.000 $ 150.000) dan goodwill adalah $ 60. diasumsikan bahwa PT A memperoleh 60% kepemilikan PT B dengan harga $ 210. nilai wajar PT B ditentukan dengan membagi harga beli dengan kepemilikan yang diperoleh. Nilai bersih dari aktiva bersih yang dapat diidentifikasi adalah $ $ 290.000 40.000 60. yaitu $ 350.$ 230. Akan tetapi goodwill yang benar-benar dibeli dan diakui hanya sebesar $ 36.Sebagai ilustrasi.000 60.000 200. Jumlah tersebut dimasukkan dalam neraca konsolidasi yang disiapkan sesaat setelah penggabungan usaha: Kas Piutang Persediaan $ 10.000 ($ 210.000 Nilai Buku Nilai Wajar Berdasarkan metode yang disukai di atas.000 470.000:60%).000 470.000 $ 60.000 .000 $ 230.000 300.000 ketika nilai buku dan nilai wajar aktiva dan kewajiban PT B adalah sebagai berikut : Akun Aktiva Kas Piutang Persediaan Aktiva Tetap-Bersih $ $ $ $ $ Kewajiban dan Ekuitas Utang Modal Saham Laba Ditahan $ $ $ $ 230.

000.000. akan tetapi aktiva bersih yang dimasukkan dalam neraca konsolidasi lebih rendah $ 20.000 x 60%) = $ 36.000 Goodwill berdasarkan metode ini sama dengan goodwill yang dihitung berdasarkan prinsip akuntansi yang berlaku secara umum saat ini (PSAK atau GAAP di Amerika).Aktiva Tetap Bersih Goodwill Total Aktiva Utang Aktiva Bersih $ 300.000 $ 306.000 $ 60.000 $ 536.000 .000 $ 230.000 x 60%) Goodwill Total Aktiva Utang Aktiva Bersih $ 10.000 $ 36.9 PENYATUAN KEPEMILIKAN PERUSAHAAN ANAK 28 . yaitu biaya $ 210.(nilai wajar $ 290.000 $ 36.000 $ 556.000 2.000 $ 326.000 $ 300. Jumlah yang dimasukkan dalam neraca konsolidasi berdasarkan prinsip akuntansi yang berlaku umum adalah : Kas Piutang Persediaan ($ 120.000 $ 230.000 + ($20.000 x 60%)) Aktiva Tetap Bersih ($ 280.000 $ 150.000 + ($ 30.

dibubaarkan. Jika entitas yang bergabung lainnya tidak dibubarkan dalam suatu penyatuan kepemilikan. dan laporan keuangan konsolidasi diperlukan untuk menggabungkan operasi entitas-entitas yang terpisah tersebut untuk pelaporan eksternal. PT ABC menerbitkan modal saham miliknya untuk memperoleh semua saham berhak suara yang beredar PT XYZ pada tanggal 1 Januari 20XX. Dalam pencatatan investasinya pada suatu perusahaan yang bergabung. perusahaan penerbit mencatat saham yang diperoleh sebagai investasi pada nilai buku perusahaan anak untuk aktiva bersih yang disatukan. 1. Sebagai ilustrasi. perusahaan induk juga menggabungkan saldo labanya dengan saldo laba perusahaan yang bergabung lainnya tersebut dan menyesuaikan tambahan modal disetornya untuk merefleksikan modal disetor perusahaan yang disatukan. Akuntansi Investasi pada Perusahaan Anak dalam Penyatuan Kepemilikan Perusahaan induk (penerbit) mencatat investasinya pada perusahaanperusahaan yang bergabung sebesar nilai buku aktiva tetap yang diperoleh pada perusahaan yang bergabung lainnya. Pada kasus ini. selain perusahaan penerbit. Akun ekuitas sebelum penyatuan adalah sebagai berikut: 29 .Metode penyatuan kepemilikan untuk penggabungan usaha digunakan dengan asumsi perusahaan-perusahaan yang bergabung. hubungan induk anak dibentuk antara perusahaan penerbit (induk) dan perusahaan-perusahaan yang bergabung lainnya (perusahaan anak).

000 lembar saham.000 $ $ $ $ PT XYZ 500.000. investasi dicatat Investasi pada PT XYZ Modal Saham PT ABC Tambahan Modal Disetor Laba Ditahan $ 1.000 lembar saham.000 3.000 $ 300.000 $ 300. investasi dicatat Investasi pada PT XYZ Modal Saham PT ABC Tambahan Modal Disetor Laba Ditahan $ 1.000. Jika PT ABC menerbitkan 90.000 1.000 $ 100. nominal $ 10 Tambahan Modal Disetor Laba Ditahan $ $ $ $ PT ABC 1.000 $ 300.000 $ 200.000 $ 300.000.000 200.000 $ 200. Jurnal kertas kerja konsolidasi (mengeliminasi akun resiprokal) Modal Saham PT ABC Tambahan Modal Disetor Laba Ditahan $ 500.000 2.000 lembar saham.000 1.000 $ 900.000 $ 500.500. investasi dicatat Investasi pada PT XYZ Tambahan Modal Disetor Modal Saham Laba Ditahan $ 1.000 2.000 100.000 $ 400.Modal Saham.000 4.000 $ 200.000 30 .000.000.000 400. Jika PT ABC menerbitkan 50.000 300. Jika PT ABC menerbitkan 40.

000 $ 270.000 x 90%) $ 400.000 lembar saham untuk memperoleh 90% saham berhak suara PT XYZ yang beredar.000 lembar saham untuk memperoleh 90% saham berhak suara PT XYZ yang beredar. maka investasi dicatat Investasi pada PT XYZ Modal Saham PT ABC Tambahan Modal Disetor Laba Ditahan $ 900.Investasi pada PT XYZ $ 1. maka investasi dicatat Investasi pada PT XYZ Modal Saham PT ABC Tambahan Modal Disetor Laba Ditahan $ 900.000 $ 270.000 ($ 300. Jika PT ABC di atas menerbitkan 50. Jika PT ABC di atas menerbitkan 40. 22.000 ($ 1. perusahaan-perusahaan tidak diperkenankan menggunakan metode penyatuan untuk akuisisi saham yang dimiliki oleh hak minoritas. Akuisisi Hak Minoritas Walaupun tidak disebutkan secara eksplisit dalam PSAK No.000 ($ 300.000 $ 130.000 x 90%) 2.000 $ 230.000.000.000 ($ 1.000 x 90%) $ 500.000 x 90%) 3. Jika PT ABC memperoleh 31 .000. Ilustrasi (berdasarkan data PT ABC dan PT XYZ di atas) 1. Penyatuan Kepemilikan dengan Hak Minoritas Saham-saham yang tidak diperoleh oleh perusahaan induk pada penggabungan secara penyatuan dipertanggungjawabkan sebagai hak minoritas.000 2.

persiapan laporan arus kas konsolidasi memerlukan analisis dan prosedur sama seperti digunakan dalam menyiapkan laporan arus kas untuk entitas terpisah. bukan dari laporan keuangan terpisah induk dan perusahaan anak.sisa saham yang beredar PT XYZ setelah pelaksanaan penggabungan usaha. Dividen hak minoritas juga dikurangkan bersama-sama dengan dividen hak mayoritas dalam pelaporan arus kas dari aktivitas pendanaan. akuisisi saham tambahan tersebut dipertanggungjawabkan berdasarkan metode pembelian. Hasilnya adalah revaluasi 10% aktiva bersih PT XYZ. Dengan sedikit pengecualian. maka akuisisi tersebut tidak dipertanggungjawabkan sebagai suatu penyatuan kepemilikan. pendapatan hak minoritas adalah peningkatan arus kas dari aktivitas operasi karena pendapatan hak minoritas meningkatkan aktiva dan kewajiban konsolidasi dengan cara yang sama dengan laba bersih konsolidasi. Jika perusahaan menggunakan metode tidak langsung.10 LAPORAN ARUS KAS KONSOLIDASI Laporan arus kas konsolidasi disiapkan dari laporan laba rugi konsolidasi dan neraca konsolidasi. bahkan jika transaksi tersebut dilaksanakan melalui pertukaran saham. 2. pendapatan dari ekuitas investi meningkatkan pendapatan tanpa meningkatkan kas karena 32 . dan transaksi tersebut dicatat pada nilai wajarnya. baik metode langsung maupun tidak langsung yang selama ini dipelajari. Meskipun bukan merupakan penggabungan usaha. Yang perlu mendapat perhatian adalah.

b) Alasan untuk tidak mengkonsolidasikan anak perusahaan.peningkatan tersebut direfleksikan dalam akun investasi. Jumlah bersih dari pos-pos ini (perubahan dalam akun investasi) dikurangkan dari (atau ditambahkan pada) laba bersih dalam bagian “arus kas dari aktivitas operasi” pada laporan arus kas. 4. pemilikan). 33 . Jika pelaporan arus kas dari aktivitas operasi menggunakan metode langsung.11 PENGUNGKAPAN DALAM LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI Menurut PSAK No. dividen yang diterima dari ekuitas investi meningkatkan kas tetapi tidak mempengaruhi pendapatan karena penurunan tersebut direfleksikan dalam akun investasi. paragraph 28. pengungkapan berikut harus disajikan dalam catatan atau laporan keuangan konsolidasi: a) Daftar anak perusahaan (yang signifikan). bidang usaha dan persentase pemilikan dan persentase hak suara (apabila berbeda dengan persentase. dividen yang diterima dari ekuitas investi dilaporkan secara langsung sebagai arus kas dari aktivitas operasi tanpa adanya masalah seperti yang terdapat dalam penggunaan metode tidak langsung. Sebaliknya. 2. Kelebihan dividen yang diterima terhadap pendapatan ekuitas akan dirtambahkan. tempat domisili. sebagaimana diatur pada paragraph 20. yang antara lain mencakup: nama anak perusahaan.

c) Sifat hubungan antara induk perusahaan dan anak perusahaan yang menyebabkan induk perusahaan dapat melakukan pengendalian terhadap anak perusahaan meskipun hak suara induk perusahaan. baik langsung maupun tidak langsung. 34 . 50% atau kurang. dan d) Pengaruh dari akuisisi dan penjualan atau pengalihan penyertaan pada anak perusahaan terhadap posisi keuangan dan hasil usaha konsolidasi tahun berjalan dan tahun sebelumnya.

keduanya mewakili aktiva bersih perusahaan anak. Setiap pendapatan yang menjadi hak pemegang saham minoritas adalah suatu pengurang dalam menentukan laba bersih konsolidasi. yang mungkin dilaporkan sebagai bagian terpisah di dalam atau di luar ekuitas pemegang saham yang dikonsolidasikan. Akun investasi pada perusahaan anak dan ekuitas pemegang saham perusahaan anak dieliminasi dalam penyiapan laporan keuangan konsolidasi karena akun-akun tersebut resiprokal. Laporan keuangan konsolidasi bukan hanya merupakan penjumlahan akun-akun laporan keuangan perusahaan induk dan perusahaan anak. Laba bersih konsolidasi adalah pengukuran pendapatan bagi para pemegang saham perusahaan induk. dan hanya jumlah nonresiprokal yang digabung dan dimasukkan dalam laporan konsolidasi.BAB III PENUTUP 3. Jumlah ekuitas pemegang saham yang tampak dalam neraca konsolidasi adalah jumlah ekuitas pemegang saham dari perusahaan induk kecuali ekuitas hak minoritas. Transaksi-transaksi penjualan. Jumlah resiprokal dieliminasi. dan sewa guna usaha antara perusahaan induk dan perusahaan anak juga mengakibatkan jumlah resiprokal yang harus dieliminasi dalam proses konsolidasi. 35 .1 KESIMPULAN Laporan keuangan konsolidasi biasanya diperlukan untuk penyajian yang wajar posisi keuangan dan hasil-hasil operasi dari suatu perusahaan induk dan perusahaan anak. peminjaman.

Jika metode ekuitas diterapkan secara benar. Jika perusahaanperusahaan yang bergabung tetap beroperasi sebagai entitas-entitas hukum yang terpisah. Persamaan-persamaan ini dibentuk pada tahun dimana penyatuan dilaksanakan. akuntansinya akan mudah seperti penjelasan terdahulu. pendapatan perusahaan induk akan sama dengan pendapatan konsolidasi (hasil penyatuan). 36 . perusahaan-perusahaan tersebut dipertanggungjawabkan sesuai dengan prosedur induk anak dengan amandemen sebagai berikut: 1. Perusahaan induk/ penerbit mencatat investasi pada perusahaan anak pada nilai bukunya.Metode penyatuan kepemilikan digunakan untuk penggabungan dengan cara pertukaran saham. 3. dan saldo akun ekuitas induk perusahaan akan sama dengan saldo ekuitas konsolidasi (hasil penyatuan). saldo laba digabung jika memungkinkan dan tambahan modal disetor ditambahkan atau dikurangi untuk mempertanggungjawabkan perbedaan antara nilai nominal saham yang diterbitkan dan modal disetor perusahaan yang bergabung lainnya 2. akun investasi perusahaan induk akan sama dengan ekuitas tercatat perusahaan anak. Pada tahun selanjutnya. Saham yang diterbitkan dikreditkan sebesar nilai nominal saham yang diterbitkan. Metode ekuitas digunakan untuk mempertanggungjawabkan investasi pada perusahaan-perusahaan anak yang disatukan. Jika hanya perusahaan penerbit yang tetap beroperasi. Maksimum saldo laba yang dapat digabung dengan saldo laba perusahaan induk sama dengan persentase kepemilikan induk dikalikan dengan saldo laba perusahaan anak. Penghasilan perusahaan-perusahaan yang bergabung pada tahun dilaksanakan penggabungan disatukan seluruhnya.

Laporan arus kas konsolidasi disiapkan dari laporan laba rugi konsolidasi dan neraca konsolidasi. Dividen hak minoritas juga dikurangkan bersama-sama dengan dividen hak mayoritas dalam pelaporan arus kas dari aktivitas pendanaan. dan prosedur konsolidasinya sama seperti prosedur untuk perusahaan anak yang dibeli. Dengan sedikit pengecualian. 37 .perusahaan induk memepertanggungjawabkan investasinya pada perusahaan anak yang disatukan dengan cara yang sama seperti untuk perusahaan anak yang dibeli. persiapan laporan arus kas konsolidasi memerlukan analisis dan prosedur sama seperti digunakan dalam menyiapkan laporan arus kas untuk entitas terpisah. baik metode langsung maupun tidak langsung yang selama ini dipelajari. Yang perlu mendapat perhatian adalah. pendapatan hak minoritas adalah peningkatan arus kas dari aktivitas operasi karena pendapatan hak minoritas meningkatkan aktiva dan kewajiban konsolidasi dengan cara yang sama dengan laba bersih konsolidasi. bukan dari laporan keuangan terpisah induk dan perusahaan anak.

www.com 38 . Buku Satu Edisi Revisi. Floyd A and Amir Abadi Jusuf.google.DAFTAR PUSTAKA Beams. Akuntansi Keuangan Lanjutan di Indonesia. 2004. Salemba Empat: Jakarta.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful