Organisasi.

Org Komunitas & Perpustakaan Online Indonesia
Navigation
  

    

halaman depan forum komunitas ilmu pengetahuan o agama islam o akuntansi o bahasa indonesia o biologi o ekonomi o ekonomi manajemen o ekstrakurikuler o fisika o geografi o hukum o kesehatan masyarakat o kimia o matematika o pendidikan olahraga o pendidikan seksologi o pengetahuan umum dunia o pengetahuan umum indonesia o perpajakan o pmp dan ppkn o riset statistik o sejarah indonesia o sosiologi o tata boga o tata busana artikel bebas direktori web lirik lagu teknologi informasi produk

Login Pengguna
Username: *

Org Web Organisasi. pekerjaan. tingkat pendidikan. . ras. dll.Sosiologi Tue. usia.Org Topik Forum Aktif       Buang Sampah Sembarangan di Got/Comberan/Selokan Bisa Menyebabkan Banjir Selera laki-laki terhadap tipe perempuan itu berbeda-beda jangan dihina FBR Forum Betawi Rempug? pendapat kamu bagus atau jelek? Kumpulan Makalah Simposium Nasional Akuntansi / SNA? Tips Cara Membuat Hati Dan Pikiran Kita Tenang Damai Tenteram Sejahtera? Tanya Cara Mendapatkan Akta Mengajar Akta IV Untuk Syarat Guru? more Home › ilmu pengetahuan › sosiologi Jenis-Jenis/Macam-Macam Status Sosial & Stratifikasi Sosial Dalam Masyarakat .12:34am — godam64 Definisi / pengertian dari status sosial. dan lain sebagainya. kasta. Achieved Status Achieved status adalah status sosial yang didapat sesorang karena kerja keras dan usaha yang dilakukannya. Contoh achieved status yaitu seperti harta kekayaan. 07/10/2008 . kelas sosial. keturunan.Password: *   Create new account Request new password Cari di Organsasi. 2. Berikut di bawah ini adalah jenis-jenis atau macam-macam status sosial serta jenis / macam stratifikasi yang ada dalam masyarakat luas : A. suku. stratifikasi sosial dan diferensiasi sosial telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya. Ascribed Status Ascribed status adalah tipe status yang didapat sejak lahir seperti jenis kelamin. Macam-Macam / Jenis-Jenis Status Sosial 1. golongan.

Kelas Sosial.. Assigned Status Assigned status adalah status sosial yang diperoleh seseorang di dalam lingkungan masyarakat yang bukan didapat sejak lahir tetapi diberikan karena usaha dan kepercayaan masyarakat. Contoh stratifikasi sosial tertutup yaitu seperti sistem kasta di India dan Bali serta di Jawa ada golongan darah biru dan golongan rakyat biasa. Artikel Terkait : .. B. Seseorang yang tadinya miskin dan bodoh bisa merubah penampilan serta strata sosialnya menjadi lebih tinggi karena berupaya sekuat tenaga untuk mengubah diri menjadi lebih baik dengan sekolah. kuliah. kekuasaan dan sebagainya.Pengertian Status Sosial. Tp sy belum baca artikel yg sebelumnya. jabatan. kekayaan. Stratifikasi Sosial Terbuka Stratifikasi sosial terbuka adalah sistem stratifikasi di mana setiap anggota masyarakatnya dapat berpindah-pindah dari satu strata / tingkatan yang satu ke tingkatan yang lain. ketua adat.3. dan sebagainya.  reply . 2.. Stratifikasi Sosial & Direfensiasi Sosial   sosiologi Add new comment Comments Thu. Adakah permasalahan sosial yang disebabkan oleh stratifikasi sosial? Contohnya seperti apa? Terima kasih atas informasinya. Tidak mungkin anak keturunan orang biasa seperti petani miskin bisa menjadi keturunan ningrat / bangsawan darah biru. Stratifikasi Sosial Tertutup Stratifikasi tertutup adalah stratifikasi di mana tiap-tiap anggota masyarakat tersebut tidak dapat pindah ke strata atau tingkatan sosial yang lebih tinggi atau lebih rendah. 27/11/2008 . sesepuh.2:15pm — Tamu kasus stratifikasi Pengetahuan di atas baru saya ketahui apa itu status sosial dan stratifikasi sosial. Macam-Macam / Jenis-Jenis Stratifikasi Sosial 1. Contohnya seperti seseorang yang dijadikan kepala suku. kursus dan menguasai banyak keterampilan sehingga dia mendapatkan pekerjaan tingkat tinggi dengan bayaran / penghasilan yang tinggi. Misalnya seperti tingkat pendidikan.

24/08/2009 .  reply Wed. 09/11/2011 . ama di Tengger.12:28pm — Tamu contohnyaa? aku lg butuh contohny nii. Aceh.11:59am — Tamu perbedaan antara statifikasi perbedaan antara statifikasi sosial yang disengaja maupun yang tidak disengaja. stratifikasi sosial di India. hehe maklum tugas sosio =)  reply Wed. 31/01/2010 . 25/11/2009 .8:01pm — Tamu butuh daftar pustakanya saya lagi ada tugas buat makalah sosio  reply Sun.Mon.8:37pm — Tamu fathanxxx5799@gmail.Org) : .com thanks. aq jadi bsa kerjain pr  reply Iklan Sponsor (di luar tanggung jawab Organisasi.

Dilarang Mempublikasi Sebagian/Seluruh Isi Situs Ini Tanpa Izin Masing-Masing penulis Artikel Stratifikasi sosial Dari Wikipedia bahasa Indonesia.Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang / Copyright © 2005-2011 Organisasi. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Sosiologi Portal Teori dan Sejarah .Org .

Positivisme · Antipositivisme Fungsionalisme · Teori konflik Jarak menengah · Matematis Teori kritis · Sosialisasi Struktur dan agen Metode penelitian Kuantitatif · Kualitatif Komputasional · Etnografi Topik dan Cabang agama · budaya · demografi ekonomi · hukum · ilmu · industri internet · jejaring sosial · jenis kelamin kejahatan · kelas · keluarga kesehatan · kota · lingkungan pendidikan · pengetahuan · penyimpangan psikologi sosial · medis mobilitas · politik · ras & etnisitas rasionalisasi · sekularisasi · stratifikasi Kategori dan daftar [tampilkan] l•b•s Pelapisan sosial atau stratifikasi sosial (social stratification) adalah pembedaan atau pengelompokan para anggota masyarakat secara vertikal (bertingkat).2 Ukuran kekuasaan dan wewenang . Daftar isi [sembunyikan]   1 Pengertian 2 Dasar-dasar pembentukan pelapisan sosial o 2.1 Ukuran kekayaan o 2.

Stratifikasi sosial menurut Drs. Ukuran kekuasaan sering tidak lepas dari ukuran kekayaan. demikian pula sebaliknya. [sunting] Ukuran kekuasaan dan wewenang Seseorang yang mempunyai kekuasaan atau wewenang paling besar akan menempati lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial dalam masyarakat yang bersangkutan. Pitirim A. 2. kekuasaan dan wewenang dapat mendatangkan kekayaan.Z. [sunting] Ukuran kekayaan Kekayaan (materi atau kebendaan) dapat dijadikan ukuran penempatan anggota masyarakat ke dalam lapisan-lapisan sosial yang ada. privilese dan prestise. privilese dan prestise. Kekayaan tersebut dapat dilihat antara lain pada bentuk tempat tinggal. sebab orang yang kaya dalam masyarakat biasanya dapat menguasai orang-orang lain yang tidak kaya. benda-benda tersier yang dimilikinya. maupun kebiasaannya dalam berbelanja. cara berpakaiannya. [sunting] Dasar-dasar pembentukan pelapisan sosial Ukuran atau kriteria yang menonjol atau dominan sebagai dasar pembentukan pelapisan sosial adalah sebagai berikut. Robert M. Lawang adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan. . yang tidak mempunyai kekayaan akan digolongkan ke dalam lapisan yang rendah.4 Ukuran ilmu pengetahuan 3 Lihat pula o o [sunting] Pengertian Stratifikasi sosial menurut Pitirim A. atau sebaliknya.3 Ukuran kehormatan 2. barang siapa memiliki kekayaan paling banyak mana ia akan termasuk lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial. statifikasi sosial menurut max weber adalah stratifikasi sosial sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan. Sorokin dalam karangannya yang berjudul “Social Stratification” mengatakan bahwa sistem lapisan dalam masyarakat itu merupakan ciri yang tetap dan umum dalam masyarakat yang hidup teratur. Sorokin adalah perbedaan penduduk / masyarakat ke dalam lapisan-lapisan kelas secara bertingkat (hirarkis).

biasanya mereka sangat menghormati orang-orang yang banyak jasanya kepada masyarakat. menyuap. sehingga banyak orang yang berusaha dengan cara-cara yang tidak benar untuk memperoleh gelar kesarjanaan. insinyur. Orang-orang yang disegani atau dihormati akan menempati lapisan atas dari sistem pelapisan sosial masyarakatnya. Seseorang yang paling menguasai ilmu pengetahuan akan menempati lapisan tinggi dalam sistem pelapisan sosial masyarakat yang bersangkutan. [sunting] Lihat pula    Sosiologi Konflik Diferensiasi Sosial [sembunyikan] l • b • s Stratifikasi sosial: Kelas sosial Borjuis Borjuis pekerja Kelas atas Kelas menengah atas Kelas menengah Kelas menengah bawah Kelas pekerja Kelas penguasa Kelas kreatif Bangsawan Gentry Orang kaya baru/Vulgar Uang lama Kelas rendahan Tanpa kelas Kerah putih Kerah biru Proletariat Kelas budak Kelas menengah bawahan Kelas bawah Kerah abu-abu Lumpenproletariat Petani/Hamba Kerah emas Kerah pink Kerah hijau Kategori: . ijazah palsu dan seterusnya. misalnya dokter. Ukuran kehormatan ini sangat terasa pada masyarakat tradisional. para orang tua ataupun orang-orang yang berprilaku dan berbudi luhur. doktor ataupun gelar profesional seperti profesor. doktorandus.[sunting] Ukuran kehormatan Ukuran kehormatan dapat terlepas dari ukuran-ukuran kekayaan atau kekuasaan. atau profesi yang disandang oleh seseorang. [sunting] Ukuran ilmu pengetahuan Ukuran ilmu pengetahuan sering dipakai oleh anggota-anggota masyarakat yang menghargai ilmu pengetahuan. Penguasaan ilmu pengetahuan ini biasanya terdapat dalam gelar-gelar akademik (kesarjanaan). Namun sering timbul akibat-akibat negatif dari kondisi ini jika gelar-gelar yang disandang tersebut lebih dinilai tinggi daripada ilmu yang dikuasainya. misalnya dengan membeli skripsi.

       Sosiologi Masuk log / buat akun Halaman Pembicaraan Baca Sunting Versi terdahulu     Halaman Utama Perubahan terbaru Peristiwa terkini Halaman sembarang Komunitas    Warung Kopi Portal komunitas Bantuan Wikipedia Cetak/ekspor Peralatan Bahasa lain                Česky Ελληνικά English Español ‫ف ار سی‬ Suomi Français Hrvatski 日本語 한국어 Lietuvių Latviešu Nederlands Polski Português .

Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya.04. Teks tersedia di bawah Lisensi Atribusi/Berbagi Serupa Creative Commons. 22 November 2011. .        Русский Српски / Srpski Svenska Türkçe Tiếng Việt 中文 Halaman ini terakhir diubah pada 06. ketentuan tambahan mungkin berlaku.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful