P. 1
Prinsip Etik Dalam Keperawatan

Prinsip Etik Dalam Keperawatan

|Views: 910|Likes:
Published by parsanga

More info:

Published by: parsanga on Nov 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as ODP, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2013

pdf

text

original

Prinsip etik dalam keperawatan

Fakulas Ilmu Kesehatan Universitas Wiraraja Sumenep 2011

Eko Mulyadi.S.kep,Ns.,M.Kep.

pendahuluan Sistem etik / asas etik  Deontological Kewajiban / larangan yg telah digariskan oleh tuhan / agama Segala sesuatu didunia telah ditetapkan dan tidak berubah Teleological Etik yg berorientasi pada tujuan / akibat yg ditimbulkan Sistem etik ini berprinsip bahwa segala sesuatu berubah dan sistem etik harus berubah etik  Kebiasaan baik    moral  .

UKURAN BAIK BURUK HEDONISME UTILITARISME VITALISME SOSIALISME RELIGIOLISME HUMANISME • .

? Mampu berpikir logis   individu mampu berpikir logis dan mampu membuat keputusan sendiri. respek terhadap seseorang. atau persetujuan tidak memaksa dan bertindak secara rasional. memilih dan memiliki berbagai keputusan atau pilihan yang harus dihargai oleh orang lain. hak kemandirian dan kebebasan individu yang menuntut pembedaan diri.. Praktek profesional merefleksikan  kompeten Mengharga i hak dan kemandiria n  authonomy   .autonomy What is authonomy. Orang dewasa dianggap kompeten dan memiliki kekuatan membuat sendiri.

beneficience  Semua tindakan yg dilakukan pada klien harus bermanfaat Terkadang. dalam situasi pelayanan kesehatan. terjadi konflik antara beneficience prinsip  autonomy .

.justice  Adil. Pada semua pasien Nilai ini direfleksikan dalam praktek profesional ketika perawat bekerja untuk tindakan yang benar sesuai hukum. standar praktek dan keyakinan yang benar untuk memperoleh kualitas pelayanan kesehatan. .   .

Primum non nocere / first off all do not harm Prinsip ini harus didahulukan dari semua prinsip Non maleficience beneficience etc   .Non maleficience  Prinsip ini berarti tidak menimbulkan bahaya/cedera fisik dan psikologis pada klien.

Kebenaran merupakan dasar dalam membangun hubungan saling percaya. VERACITY BENEVICIENCE  .Kejujuran (Veracity)  mengatakan yang sebenarnya kepada klien tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan keadaan dirinya selama menjalani perawatan.

menyampaikan pada teman atau keluarga tentang klien dengan tenaga kesehatan lain harus dihindari   .Kerahasiaan (Confidentiality)  informasi tentang klien harus dijaga Segala sesuatu yang terdapat dalam dokumen catatan kesehatan klien hanya boleh dibaca dalam rangka pengobatan klien. Diskusi tentang klien diluar area pelayanan.

moral  Adalah etik yang berlaku umum dan merupakan etik masyarakat Mengenai apa yang dinilai masyarakat “seharusnya dilakukan” Disebut juga etik dasar Ada juga etik terapan” lebih bersifat praktis  Contoh etik terapan     Etik akademik Etik profesi Etik rumah sakit Etik penelitian    .

Etik dan hukum  Mengatur bidang yang sama Landasan sama yaitu moral Pelanggaran pada etik dianggap hampir sama dengan pelanggaran hilai hukum Pada hukum tidak mengatur hal kecil   Pda masyarakat statis --> etik . moral sudah cukup--> berlandaskan hati nurani Pda masyarakat kompleks perlu “hukum”    .

moral dirasakan sebagai suatu yg menghambat Mulai mengenal benar tidak benar Memahami nilai dan menerapkannya Dijadikan bagian integral dari dirinya  Stadium egosentrik(2-7th)   Mengatahui garis besar aturan tp sering melanggar untuk kepuasan Reasksi instintif  Stadium otonomi(12-dewasa)    .Perkembangan moral dan etik (piaget)  Stadium amoral lahir-2th)   Stadium heteronomi(7-12th)  Belum punya kesadaran moral Self centered  Hambatan moral.

Faktor yg mempengaruhi dinamika nilai  Dasar moral sebagian masyarakat mulai memudar Dasar dan sendi agama di berbagai agama makin menipis Penelitian dan perkembangan iptek yg pesat Perawat tidak mungkin menguasai  Globalisasi dan persaingan ekonomi di segala bidang Kesadaran masyarakat tentang hukum Kebebasan pers Undang undang baru       .

SEKIAN .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->