PROPOSAL PRAKTEK KERJA NYATA

PT. PLN ( PERSERO ) WILAYAH LOMBOK MATARAM ( NTB )

Disusun Oleh : DONI SATYA ANDIKA SONI BAGUS SETIAWAN IMAM YORI PRATAMA SOLEH 07510082 07510072 07510065 07510069

JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2010

Meskipun kegiatan ini hanya bersifat orientasi dan pengenalan.PROPOSAL PRAKTEK KERJA NYATA JURUSAN MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG PENDAHULUAN Dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi saat ini semakin menuntut kita selalu mengikutinya. Kebutuhan akan kemampuan dan profesionalisme menuntut adanya pelatihan dan usaha yang sungguh-sungguh. namun praktek kerja nyata mempunyai peranan yang penting bagi kelangsungan akademis dari mahasiswa itu sendiri. dari beberapa obyek yang di bahas nantinya mahasiswa diharapkan dapat lebih mengerti dan memahami arti pentingnya keahlian dalam penerapanya ditengah – tengah dunia kerja sehingga mahasiswa dapat mengoreksi diri dan mengambil manfaat dari pengalaman praktek untuk menjadikan mahasiswa memiliki nilai tambah dan berkompeten dalam bidangnya. Setelah itu. apalagi mahasiswa yang dianggap sebagai agen perubahan (agent of change) mau tidak mau harus mengikuti perkembangan tersebut agar bisa mewujudkan sarjana yang berkualitas. . Dalam era globalisasi dunia dan perdagangan yang bebas diperlukan adanya industri yang maju dengan tenaga kerja yang profesional di bidangnya masing-masing. Oleh karena itu guna meningkatkan wawasan dan kemampuan kami pada bidang manajemen dan aplikasi serta juga untuk memenuhi persyaratan wajib perkuliahan maka kami bermaksud agar dapat melaksanakan kerja praktik. maka diperlukan adanya pengalaman kerja di lapangan. Memang sudah seharusnya seseorang mahasiswa dalam menempuh study dibangku kuliah harus didukung kemampuan aplikasi keilmuan dalam praktek dunia kerja. Mahasiswa merupakan generasi penerus yang pada gilirannya akan memikul tanggung jawab guna mensukseskan pembangunan nasional dan memajukan bangsa dan negara. Untuk itu selain mendapatkan berbagai teori di bangku pendidikan formal.

tentunya tidak lepas dari peran serta berbagai pihak. penelitian atau kerja praktek. Namun aplikasi dari penemuan itu sendiri dapat dibilang masih menemui banyak hambatan sehingga inovasi yang dihasilkan dunia pendidikan tinggi sering kali hanya menjadi sebuah wacana saja tanpa disertai perwujudan hasil penemuan tersebut. Karena eksistensi sebuah Perguruan Tinggi kadang dilihat dari kualitas yang diciptakan oleh perguruan tinggi tersebut. Sedangkan pada dunia industri. khususnya masalah pengaturan sistem di tempat kerja praktek. Maka dari itu kajian – kajian yang bersifat positif deskriptif dan argumentative tersebut perlu dilakukan untuk mewujudkan cita – cita tersebut yang di aplikasikan dalam bentuk survey. volume produk yang dihasilkan terus menerus bertambah untuk memenuhi volume permintaan sehingga perlu diadakan perubahan-perubahan . Latar Belakang Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah salah satu perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur dan salah satu jurusan yang dimiliki adalah jurusan Teknik Mesin. Dalam mencapai usaha di atas .Salah satu cara untuk menambah pengalaman kerja tersebut adalah dengan mengadakan praktek kerja nyata di industri-industri yang berkaitan dengan bidang studi yang dipelajari di bangku kuliah. A. Kegiatan penelitian di dunia pendidikan tinggi telah menghasilkan berbagai penemuan-penemuan terbaru yang dapat meningkatkan produktivitas manusia dalam kegiatan produksi serta konsep-konsep yang mendasari perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi. baik di perusahaan swasta maupun instansi pemerintah.baik dari kalangan kampus dan dunia usaha serta semua instansi terkait. Praktek Kerja Nyata merupakan salah satu mata kuliah di Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang. sebagai sarana untuk latihan mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah. Selain itu dengan Praktek Kerja Nyata akan diperoleh gambaran yang jelas tentang berbagai hal yang berkaitan dengan berbagai masalah.

Peraturan Pemerintah No. 3 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi. Pengabdian pada masyarakat . Dan salah satu alternatif kegiatan tersebut adalah program Praktek Kerja Nyata yang merupakan langkah awal dalam memahami permasalahan didunia industri dengan mengadakan analisis yang ada di pendidikan tinggi tanpa mengesampingkan metode dan prosedur kegiatan yang ada di dunia industri. Tri Dharma Perguruan Tinggi a. yaitu emotion intellegency atau pengendalian emosi yang mungkin bisa kami tingkatkan jika kami bisa kerja praktek di PT. 2. Penelitian. Pengembangan pendidikan dan pengajaran. 2 Tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional. Kami juga menyadari adanya satu tujuan yang sangat penting untuk kami perhatikan yaitu suatu tujuan yang tidak kalah penting dengan berbagai keahlian dan kepintaran akademik.yang sifatnya mendasar pada proses produksi yang dijalankan dengan berbagai metode yang ada tanpa dilandasi research methode sehingga banyak sekali anggaran yang seharusnya tidak dikeluarkan menjadi terbuang percuma oleh adanya perubahan yang tidak dilandasi oleh research methode dalam menganalisis permasalahan yang ada untuk mendapatkan solusi yang paling optimal. PLN ( PERSERO ) Wilayah Lombok Mataram ( NTB ) B. Undang-Undang No. perlu adanya upaya penyikapan atas kondisi tersebut di atas dengan berbagai macam alternatif kegiatan di mana pada akhirnya penemuan yang ada di dunia pendidikan tinggi dapat diaplikasikan pada dunia industri sehingga anggaran yang dikeluarkan oleh pihak industri dapat ditekan seminimal mungkin dalam kegiatan produksinya. Maka dari itu. b. c. Landasan Kegiatan Adapun landasan dilaksanakan kegiatan Praktek Kerja Nyata ini adalah sebagai berikut: 1. 3.

PLN ( PERSERO ) Wilayah Lombok Mataram (NTB). Karena pada perusahaan kami berharap dapat menyuplai ilmu pengetahuan yang baru. sehingga dapat mengetahui aplikasi dari mata kuliah yang didapat di bangku kuliah dengan kondisi yang sebenarnya di lapangan. Aktif langsung dalam merealisasikan materi mata kuliah jurusan Teknik Mesin di lapangan secara langsung. yang mana tidak diperoleh di bangku kuliah. E. Oleh karena itu kami bermaksud dapat melaksanakan PKN pada perusahaan tersebut.C. 3. Sasaran Adapun sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah dapat mengetahuisuatu proses produksi di PT.serta mendapatkan pengalaman kerja dan peningkatan skill. serta dapat lebih peka terhadap kondisi teknologi saat ini. Pengembangan potensi diri dalam sektor industri. 2. Bentuk Kegiatan Kegiatan Praktek Kerja Nyata ini dilaksanakan berdasarkan aplikasi dari materi mata kuliah dan praktikum yang ada di bangku kuliah serta secara langsung diwujudkan dilapangan berdasarkan metode dan instrusional yang ada di perusahaan dengan kegiatan sebagai berikut : . 4. 5. Berperan aktif dalam kegiatan perusahaan secara langsung di lapangan. Tujuan Pada dasarnya kegiatan Praktek Kerja Nyata ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan sebagai berikut: 1. D. Memahami permasalahan yang ada di dalam kegiatan produksi. Mengaplikasikan materi kuliah Teknik Mesin pada dunia industri yang real.

dan tujuan jangka panjang sebagai bahan tugas akhir kami (skripsi). Bagi Mahasiswa dengan adanya Praktek Kerja Nyata dapat memberikan pengalaman kerja. F.1. b. Praktek Kerja Nyata ini memberikan manfaat dalam informasi SDM yang siap pakai. Observasi Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengadakan pengamatan langsung dilapangan atas kegiatan produksi yang sedang ada untuk dapat memahani segala bentuk permasalahan selama kegitan produksi berlangsung. Bagi Perusahaan. Training Training ini bertujuan mengaplikasikan hasil teori yang didapat dari bangku kuliah. Bagi Universitas. Wawancara Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Nyata. sebagai sumber rekrutasi dan juga network industrial. c. Dan diharapkan training ini dengan porsi yang lebih banyak. 3. sebagai masukan untuk mengevaluasi sejauh mana kurikulum yang . 2. untuk memperoleh informasi atas kegiatan proses produksi yang berlangsung maka diadakan wawanacara dengan berbagai nara sumber yang ada. Dan atau meminta permasalahan dari pihak perusahaan atau kasus yang berhubungan dengan bidang konstruksi maupun konversi untuk kami jadikan bahan studi. Manfaat Kerja Praktek a. keterampilan kerja dan juga dalam hal implementasi keilmuan.

dinamis dan profesional. PLN ( PERSERO ) Wilayah Lombok Mataram ( NTB ). PLN ( PERSERO ) Wilayah Lombok Mataram ( NTB ) I. DONI SATYA ANDIKA 2. G. Bidang Konstruksi 3. Bidang Konversi Energi Tentu saja materi tersebut atas persetujuan yang disesuaikan dengan kebijaksanaan yang berlaku di dalam PT. Waktu dan Tempat Kegiatan Kegiatan PKN ini dilaksanakan pada : Tanggal : Tempat : 9 Agustus . kreatif. bila diperkenankan kami ingin mempelajari tentang hal-hal antara lain sebagai berikut: 1.ada dengan kebutuhan komunikasi di dalam masyarakat dan juga untuk mencetak tenaga terampil. SONI BAGUS SETIAWAN 07510082 07510072 . PLN ( PERSERO ) Wilayah Lombok Mataram ( NTB ) H. Peserta Kegiatan Adapun peserta yang mengikuti program PKN adalah: NAMA: 1. Bidang Proses Produksi 2. LINGKUP MATERI Selama melaksanakan kerja praktek di .9 September 2010 PT.

PLN ( PERSERO ) Wilayah Lombok Mataram ( NTB ) .3. IMAM YORI PRATAMA 4. SOLEH 07510065 07510069 PENUTUP Demikian proposal program Praktek Kerja Nyata ini disusun sebagai bahan pertimbangan dari pihak perusahaan dan saya sangat mangharapkan untuk bisa diterima kerja praktek di PT.

CURICULUM VITAE PESERTA PKN Nama Tempat. Tanggal Lahir Nomor Induk Mahasiswa Fakultas : Jurusan : Mesin Teknik : : : Budi Ismanto Sungai Danau. 3 April 1984 03510099 .

Raya Pendem Desa Dadap Rejo No. Malang. 20 Juni 2006 Foto 3Х4 Budi Ismanto . 1.Riwayat Pendidikan 1991-1997 : 2. SDN 3 Satui SLTPN 1 Satui 1997-2000 SMKN 1 Batulicin 2000-2003 Universitas Muhammadiyah Malang 2003- sekarang Alamat Asal Alamat di Malang Aktifitas yang ditekuni : Jl. 3. Malang. 4. 16 Kodya Batu :Kab. Kab. Merpati No 16 Desa Sungai Danau Kec. Tanah Bambu Kaltim : Jl. Satui Kab.

Soni Bagus Setiawan Madiun. 10 September 1989 07510072 Teknik Mesin SDN Kebonagung II SLTPN 2 Pasuruan SMUN 1 Pasuruan sekarang 1995-2001 2001-2004 2004-2007 Universitas Muhammadiyah Malang 2007- Alamat Asal Alamat di Malang Aktifitas yang ditekuni : Jl. 3. 2. Bumi Jaya No. Tanggal Lahir Nomor Induk Mahasiswa Fakultas Jurusan Riwayat Pendidikan : : : : : : 1. 15 Madiun : Jl. 64 Malang :- Malang.CURICULUM VITAE PESERTA PKN Nama Tempat. TlOGO INDAH No. 25 Juni 2010 Foto 3Х4 SONI BAGUS SETIAWAN . 4.

CURICULUM VITAE PESERTA PKN Nama Tempat. 1. Kab. SDN 3 Satui SLTPN 1 Satui 1997-2000 SMKN 1 Batulicin 2000-2003 Universitas Muhammadiyah Malang 2003- sekarang Alamat Asal Alamat di Malang Aktifitas yang ditekuni : Jl. 16 Kodya Batu :Kab. Malang. Tanah Bambu Kaltim : Jl. Malang. Raya Pendem Desa Dadap Rejo No. 3 April 1984 03510099 : 2. Merpati No 16 Desa Sungai Danau Kec. Satui Kab. Tanggal Lahir Nomor Induk Mahasiswa Fakultas : Jurusan : 1991-1997 Mesin Riwayat Pendidikan Teknik : : : Budi Ismanto Sungai Danau. 20 Juni 2006 Foto 3Х4 Budi Ismanto . 3. 4.

4. 2. TLOGO INDAH No. Tanggal Lahir Nomor Induk Mahasiswa Fakultas Jurusan Riwayat Pendidikan : : : : : : 1. 3. Soleh Banyuwangi. Basuki Rahmat No 91 BANYUWANGI : Jl. 20 Juni 2006 Foto 3Х4 SOLEH . 64 Malang. 14 juli 1989 07510069 Teknik Mesin SD AL-IR SYAD SLTP AL-IR SYAD SMK PGRI 1 sekarang 1991-2001 2001-2004 2004-2007 Universitas Muhammadiyah Malang 2007- Alamat Asal Alamat di Malang Aktifitas yang ditekuni : Jl.CURICULUM VITAE PESERTA PKN Nama Tempat. : Anggota basket CIBBM Malang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful