1. Apa Kelebihan dan kelemahan email berbasis WEB ?

 Kelebihan : 1. Fungsi email dapat dimanfaatkan dimana pun dan kapan pun selama tersambung dengan internet. 2. Tidak memerlukan email client. Hal ini disebabkan andaseperti membuka halaman web saja. 3. Kapasitas penyimpanan email anda tergantung pada kapasitas server. Umumnya, server memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar dari Hard Disk anda.

 Kekurangan : 1. Saat mengakses email sambungan internet tidak boleh terputus. 2. Email anda relatif sulit diarsip. Hal itu dikarenakan email berada pada computer server. 3. Jika server mengalami masalah, email anda dapat rusak atau bahkan hilang begitu saja.

2. Apa Kelebihan dan kelemahan email berbasis POP3 ?

 Kelebihan : 1. Email yang telah masuk ke dalam komputer lokal dapat dibaca secara offline. Artinya, anda dapat membaca email maskipun jaringan internet terputus. 2. Menggunakan email berbasis POP3 dapat mengurangi lama akses internet. Akibatnya, biaya akses internet dapat dikurangi. 3. Pengarsipan email jauh lebih mudah dan aman. Hal ini disebabkan pengelolaan email dilakukan pada computer anda sendiri, bukan pada computer server. 4. Kapasitas penyimpanan email tergantung pada kapasitas Hard Disk anda.

. Untuk mengoperasikan email berbasis POP3 memerlukan perangkat lunak tersendiri. contohnya Outlook Ekpress. Eudora Mail dan Mutt. Artinya. 2. anda tidak dapat memeriksa email dari sembarangan komputer. Kekurangan : 1. Email anda hanya dapat diakses menggunakan komputer yang telah terinstal email client.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful