DIAN HERLAMBANG PUTRA (08412141029) REGULER/A

7-36 a. Pengendalian Intern adalah suatu proses yang dipengaruhi oleh dewan komisaris, manajemen, dan personil satuan usaha lainnya yang dirancang untuk mendapat keyakinan memadai tentang pencapaian tujuan hal-hal berikut : a. Keandalan pelaporan keuangan b. Kesesuaian dengan undang-undang c. Efektifitas dan efisiensi operasi b. Pengendalian internal adalah suatu proses Pengendalian intern dipengaruhi manusia Pengendalian memadai Pengendalian intern adalah suatu alat untuk mencapai tujuan intern hanya diharapkan memberikan keyakinan dalam

c. 1. Kesalahan dan pertimbangan 2. Kemacetan 3. Kolusi 4. Pelanggaran oleh manajemen 5. Biaya dan Manfaat d. Pihak yang bertanggungjawab: 1. Manajemen : bertanggungjawab memlihara dan menetapkan SPI yang efektif.

Personil Perusahaan Lain : Menjalankan dan member informasi mengenai penerapan SPI 5. Mengobservasi aktivitas dan operasi perusahaan. Akuntan Independen : Memeriksa pelaksanaan SPI dan menilai penerapan SPI dan member pendapat 6.2. 3. Mengajukan pertanyaan kepada manajemen yang sesuai. Pengetahuan tentang informasi dan komukasi 4. Dewan Komisaris : menentukan apakah manajemen telah memenuhi tanggungjawabnya dalam penetapan dan pemeliharaan. Pengetahuan tentang aktivitas pengendalian 5. serta staf 3. Menginspeksi dokumen dan catatan-catatan 4. Pengetahuan yangharus diperoleh tentang komponen struktur pengendalian intern di dalam mendapatkan pemahaman: 1. Auditor Intern : Memeriksa dan mengevauasi kecukupan SPI 4. Pengetahuan tentang pemonitoran b. Pihak Luar Lainnya : Membuat persyaratan minimum mengenai SPI di perusahaan 7-37 a. Pengetahuan tentang perhitungan resiko 3. pengawas. Prosedur untuk memperoleh pemahaman: 1. Mereview pengalaman masa lalu dengan klien 2. . Pengetahuan tentang lingkungan pengendalian 2.

adalah diagram skematik dengan menggunakan symbol-simbol standar. Ya sebaiknya setiap pemahaman komponen-komponen struktur pengendalian intern harus dilakukan pendokumentasian dalam bentuk daftar pertanyaan yang lengkap. d. memberi gambaran dari system atau siklus akuntansi. Metode dalam mendokumentasikan pemahaman: 1. dan memberi komentar mengenai pertimbangan auditor tentang SPI. 2. dianggap sebagai hasil akhir. bagan alir. dan uraian tertulis yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya salah saji dalam laporan keuangan. yang menggambarkan tahapan-tahapan yang dilalui dalam pengolahan informasi melalui system informasi. Daftar pertanyaan. a) kelebihan: dapat memberikan pedoman bagi auditor dalam mengajukan pertanyaan mengenai informasi pengendalian intern yang berlaku dalam berbagai jenis perusahaan b) kelemahan: -kemungkinan menimbulkan kecenderungan bagi penanya untuk menyalin data jawaban yang pernah diperoleh tahun sebelumnya -seringkali daftar pertanyaan baku yang hanya merupakan cara untuk mengumpulkan data.c. . menghubungkan garis alir. Bagan alir. table keputusan. disertai notasi. adalah serangkaian pertanyaan tentang kebijakan dan prosedur pengendalian intern yang dipandang perlu oleh auditor untuk mencegah terjadinya salah saji dalam laporan keuangan. a) kelebihan: penilaian secara tepat mengenai efektif atau tidaknya pengendalian intern dan menghindari review secara rinci terhadap uraian tertulis dan jawaban yang terdapat dalam daftar pertanyaan .

Auditor integritas dan nilai-nilai etika komitmen terhadap kompensasi dewan komisaris dan komite audit falsafahmanajemen dan gaya operasi struktur organisasi penetapan kewenangan dan tanggungjawab kebijakan dan praktik di bidang sumber daya manusia harus mendapatkan pengetahuan yang cukup tentang 1) terdiri dari komponen struktur pengendalian intern ini untuk mengetahui: kebiasaan. Lingkungan pengendalian dalam sebuah perusahaan berbagai faktor. a) kelebihan: merupakan satu-satunya dokumentasi tentang pemahaman auditor atas SPI di perusahaan. kesadaran. Auditor harus mengetahui substansi (tidak sekedar bentuknya) kebijakan dan prosedur yang ditetapkan manajemen untuk komponen ini.b) kelemahan: hanya memberikan gambaran saja tanpa adanya penjelasan secara terperincis 3. Memorandum naratif.dan 2) pengaruh spesifik dari faktor-faktor lingkungan pengendalian terhadap efektifitas komponen-komponen struktur pengendalian yang lain. b) kelemahan: hanya praktis diterapkan pada audit atas laporan keuangan perusahaan yang kecil. Tingkat pemahaman tentang berbagai . Diantaranya adalah: • • • • • • • b. dan tindakanmanajemen dan komisaris mengenai lingkungan pengendalian . 7-38 a. adalah komentar tertulis yang berisi uraian mengenai pertimbangan auditor tentang SPI.

Manajemen menaruh perhatian besar terhadap pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan personil pada setiap level dalam organisasi. Manajemen terbuka untuk melayani pengaduan yang diterima dari para pelanggan komunikasi) e. (informasi dan . dan dewan komisaris atau komite audit. (perhitungan risiko) f. (lingkungan pengendalian) b. (aktivitas pengendalian) g. c. struktur organisasi. Pengaruh strategi awal audit terhadap tingkat pemahaman yang lingkungan pengendalian adalah diperlukan tentang faktor-faktor mempengaruhi lingkup pengujian dalam audit. Tugas-tugas karyawan ditetapkan sedemikian rupa sehingga seseorang tidak dimungkinkan untuk melakukan kekeliruan atau ketidakberesan dan kemudian menutupinya. Pengendalian umum dan pengendalian aplikasi diterapkan dalam departemen pengolahan data elektronik. (aktivitas pengendalian) c. (lingkungan pengendalian) d. 7-39 A a. Manajemen membarikan perhatian khusus terhadap risiko yang dapat timbul sebagai akibat perubahan keadaan seperti misalnya bidang usaha baru. seperti falsafah manajemen dan gaya operasinya. System akuntansi mencakup ketentuan-ketentuan agar nilai transaksi dapat ditetapkan dengan tepat dan dicatat dengan cara sedemikian rupa karena adanya kesalahan dalam faktur. Manajemen telah melakukan pengurangan atau penghapusan insentif dan hal-hal yang bias menggoda lainnya yang dapat menyebabkan para karyawan mendorong melakukan penyelewangan dan tindakan melawan hokum.faktor lingkungan pengendalian.

Aktivitas Pengendalian Penggunaan dan pencatatan dokumen dengan nomor urut tercetak. 5. informasi dan Komunikasi. 3. (perhitungan risiko) i. (informasi dan komunikasi) B. . Tambahan kebijakan atau prosedur Yng tisK tidak terdapat dalam daftar diatas : 1. Perhitungan Risiko Mempertimbangkan risiko yang biasa muncul akibat perubahan yang terjadi dalam perubahan undang-undang atau peraturan. Lingkungan Pengendalian Menciptakan iklim dan member I contoh. (informasi dan komunikasi) h. Mengukur niai transaksi dengan cara tertentu yang memungkinkan pencatatan nilai moneternya secra tepat dalam laporan keuangan. buku pedoman akuntansi dan pelaporan keuangan. dan daftar kode rekening telah disusun dan ditetapkan. Staf audit intern PT Nusantara secara periodic melakukan penilaian atas efektivitas komponen-komponen SPI. Pemonitoran Menerima informasi dari pihak-pihak lain seperti pemeriksa bank atau dari auditor ekstern tentang kelemahan SPI disertai saran-sara perbaikanya.sehingga disajikan dengan nilai tepat dalam laporan keuangan. Manajemen mengidentifikasi dan menganalisis risiko yang relevan dalam penyiapan laporan keuangan yang disajikan secara wajar. 4. (pemonitoran) j. Buku pedoman kebijakan akuntansi. yaitu dengan menunjukan integritas dan berprilaku dengan standar etika yang tinggi. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful