P. 1
SAP Perilaku Organisasi

SAP Perilaku Organisasi

|Views: 168|Likes:

More info:

Published by: Achmad Koharudin Akbar on Dec 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/01/2015

pdf

text

original

UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI FAKULTAS EKONOMI PROGRAM STUDI AKUNTANSI dan MANAJEMEN SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PERILAKU ORGANISASI WAKTU : 3 SKS (100 menit per pertemuan, 50 menit belajar mandiri) TIM DOSEN : 1. Dra. Sri Aliami, S.E., M.M. (Koord.) 2. Achmad Koharudin Akbar, S.STP., M.MPGCL.

DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas perilaku manusia dalam organisasi. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan multi disiplin, artinya perilaku akan dipahami dari pendekatan dan teori yang sudah establish, misalnya antropologi kultural, psikologi, sosiologi dan manajemen. Cakupan bahasan mata kuliah ini adalah perilaku sturuktur dan proses organisasi. Level analisisnya mencakup level individual, kelompok dan organisasional. Topik perilaku dibedakan menjadi perilaku individu, serta perilaku kelompok dan pengaruh interpersonal. Perilaku individu dibagi dalam dua bagian: perilaku individu dan perbedaannya, serta motivasi. Perilaku kelompok dan pengaruh interpersonal dibagi menjadi empat topik bagian utama berupa perilaku kelompok, perilaku antarkelompok, kekuasaan dan politik, serta kepemimpinan. Topik struktur organisasi pada intinya membicarakan struktur organisasi, serta desain pekerjaan dan organisasi. Topik proses mencakup dua hal: proses komunikasi dan proses pengambilan keputusan. Pokok bahasan proses ini akan dilengkapi dengan kultur organisasi. Pada bagian akhir, mata kuliah ini akan membahas mengenai pengembangan dan perubahan organisasi.

TUJUAN INSTRUKSIONAL
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan teori perilaku organisasi dalam kasus-kasus yang ada dalam kehidupan organisasi. Untuk mencapai tujuan akhir tersebut, mahasiswa perlu melakukan hal-hal berikut ini : 1. Menjelaskan hakekat dan manfaat pendekatan multidisiplin dalam mempelajari perilaku organisasi. 2. Menjelaskan perilaku individu dalam organisasi 3. Menganalisis persepsi individu dan pengambilan keputusan 4. Menganalisis nilai, sikap, kepuasan kerja individu 5. Menjelaskan dan mengaplikasikan teori motivasi dan mencari solusinya 6. Menjelaskan perilaku kelompok dalam organisasi 7. Menjelaskan dan mengaplikasikan teori komunikasi 8. Menjelaskan dan menganalisis kepemimpinan di dalam organisasi 9. Menjelaskan konsep kekuasaan dan politik berikut aplikasinya 10.Menganalisis proses terjadinya konflik dan mencari solusinya 11.Merumuskan teknologi dan disain kerja berikut penilaiannya 12.Menjelaskan hakekat budaya organisasi 1

2008 Gibson. 3. 1. diskusi keompok. 5. 3. Tugas Kelompok 20% 3. 2002 Sumber-dumber lain yang relevan.Menjelaskan bagaimana stress dalam organisasi dan mencari solusinya STRATEGI PERKULIAHAN 1. Perilaku.W. New Jersey.13. MATERI / BACAAN PERKULIAHAN Stephen P. Organizational Behavior : Human behavior at Work.. seperti jurnal dan artikel dari internet TUGAS MATA KULIAH 1. Organizational Behavior and Design. Proses. Jakarta. Newstrom. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Makalah Studi Kasus diberikan per kelompok dengan ketentuan. Organizational Behavior. Pearson Education Inc. yang kemudian dikaji dengan teori perilaku organisasi yang sudah diberikan. Organisasi. Mahasiswa yang lebih dari 4 kali tidak hadir dalam kefiatan tatap muka. Mahasiswa diminta untuk membuat kasus. Dengan demikian Anda akan siap dan dapat mengikuti kuliah dengan lebih efektif dan kontributif. Untuk mencapai tujuan perkuliahan. 4. Jakarta. Jakarta. 4th edition. tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Akhir Semester. 1997 J. & Timothy A. Penerbit Erlangga. PENILAIAN a. Mahasiswa harus mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester guna menguasai konsep perilaku organisasi. sesuai dengan yang ditentukan. Perkuliahan akan dilakukan dalam 18 kali pertemuan dan 2 kali ujian (Ujian Tengah dan Akhir Semester). Penerbit Erlangga. dengan menekankan bagian per bagian. Anda diharapkan telah membaca bahan yang telah ditentukan sebelum mengikuti perkuliahan. 2. Ujian Akhir Semester 40% b. 1999 (terjemahan) Barry Cusway dan Derek Lodge. 7. 6. 2008 Stephen P. Nilai akhir ditentukan dengan memperhitungkan komponen-komponen. 2. Diskusi dan Interaksi 10% 2. 2002 (terjemahan) Herbert Simon. 4. Ivancevich. Struktur.Menjelaskan dan menangani perubahan-perubahan organisasi secara efektif 14. serta pembuatan tugas individu. 3. Pokok bahasan untuk setiap pertemuan disusun sebagaimana jadwal terlampir. Mahasiswa diminta untuk membuat makalah studi kasus mengenai masalah Perilaku Organisasi. Donelly. Ujian Tengah Semester 30% 4. 2. Judge. PT Gramedia. kegiatan perkuliahan akan lebih dikonsentrasikan pada peningkatan kemampuan individual. Robbins. Administration Behavior : A Study of Decision Making Process in Administrative Organization. ceramah. 2 . 13th edition. sebagai berikut : 1. Robbins.

7 SPR ch.Efektivitas kepemimpinan . Ujian Akhir Semester berupa berupa ujianesai. JADWAL PERKULIAHAN Ses i 1 Tanggal Topik / Kegiatan .c.Impression management .10 GID ch.Menciptakan dan mempertahankan budaya .Definisi dan dasar-dasar kekuasaan .Hakekat kelompok .5 2 3 4 5 6 7 8 9 SPR ch.1-3 SPR ch.Meningkatkankomunikasi dalam organisasi Review dan latihan pra-UTS UJIAN TENGAH SEMESTER .Definisi dan fungsi budaya organisasi .5 SPR ch.Kekuasaan dalam tindakan .Dorongan utama motivasi .8-9 GID ch.Hakekat kepemimpinan .1 GID ch.Implikasi bagi para manajer .Jenis budaya organisasi .11 10 SPR ch.Kepribadian dan Persepsi individu .Komunikasi dalam kelompok .Bagaimana karyawan mempelajari budaya organisasi .Pengambilan keputusan kelompok .11 11 SPR ch. Sikap dan Kepuasan Kerja .4 SPR ch.Konsep motivasi & hubungannya dengan PO .Etika berperilaku dalam politik .Pengambilan keputusan individu Nilai.Sejarah perilaku sebagai sebuah ilmu INDIVIDU & PERSEPSI .5 BC ch.Negosiasi .Masalah-masalah budaya organisasi yang ada .6-7 GID ch.17 SPR ch.Hubungan teori dengan perilaku organisasi .Pengertian komunikasi .Motivasi Pegawai . dengan memberikan kasus yang pemecahannya dilakukan dengan mengaplikasikan teori-teori perilaku organisasi.Kemampuan individu .Definisi dan proses konflik .17 3 .Klasifikasi dan struktur kelompok .Kepemimpinan dan perilaku .8 SPR ch.5 GID ch.Ciri-ciri kelompok yang efektif .9 BC ch.16-17 12 13 SPR ch.Karakteristik biografis .Pemikiran tentang konflik .Kekuatan-kekuatan yang mendorong perubahan Bacaan SPR ch.11 GID ch.3-4 GID ch.Pengertian dan Teori Motivasi .Model kepemimpinan & gaya kepemimpinan .

S.Kegunaan Learning Organization . Dosen Pengampu.21 SPR ch.E..16 Kediri.Definisi Stress . S.Mengelola perubahan yang direncanakan ...MPGCL.Cara menangani stress dalam organisasi Budaya organisasi Review dan latihan pra-UAS UJIAN AKHIR SEMESTER SPR ch.14 15 16 17 17 . M.M.Mengelola perubahan melalui pngmbangan organisasi . M. Sri Aliami. Achmad Koharudin A. 25 September 2011 Mengetahui : Dekan Fakultas Ekonomi.16 SPR ch.18 GID ch.Definisi Learning Organization . 4 . Dra.STP.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->