P. 1
Waktu Yang Tepat Tes Kehamilan

Waktu Yang Tepat Tes Kehamilan

|Views: 42|Likes:
Published by Angela Pris

More info:

Published by: Angela Pris on Dec 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/03/2012

pdf

text

original

Nov 21, '09 1:14 AM untuk semuanya Alat tes kehamilan saat ini banyak digunakan oleh para perempuan untuk mengetahui

apakah dirinya hamil atau tidak. Karena sebelum melakukan pemeriksaan ke dokter banyak pasangan yang mengecek dengan alat ini terlebih dahulu. Tapi kapan waktu yang tepat agar bisa mendapatkan hasil yang akurat? Waktu yang Tepat Tes Kehamilan Tes kehamilan yang bisa digunakan di rumah biasanya berguna untuk melihat ada atau tidaknya hormon petunjuk kehamilan yang disebut dengan human chorionic gonadotropin (hCG) yang terdapat dalam urine perempuan tersebut. Hormon ini dihasilkan oleh sel dari plasenta yang pertama kali masuk ke aliran darah saat sel telur telah dibuahi dan tertanam di rahim, yaitu sekitar 6 hari setelah pembuahan. Jumlah hCG dalam tubuh akan meningkat dengan cepat beberapa minggu ke depan dan nantinya meningkat dua kali lipat setiap dua hari. Banyak alat tes kehamilan yang mengklaim hasilnya akurat 99 persen dan bisa digunakan sedini mungkin. Tapi peneliti dari University of New Mexico mengungkapkan sebagian besar hasil tes hanya cukup peka mendeteksi kehamilan lebih awal sebesar 16 persen saja. Seperti dikutip dari Babycenter, Jumat (19/11/2009) pada intinya untuk mendapatkan hasil kehamilan yang lebih akurat, sebaiknya pasangan menunggu selama satu minggu. Ini dikarena jumlah hormon hCG di dalam urine setiap perempuan berbeda-beda. Selain itu sensitivitas alat tes kehamilan ini tidak tergantung dari berapa konsentrasi terendah hormon hCG yang dapat dideteksi, karena hCG itu sendiri ada beberapa jenis. Ada beberapa orang yang mendapatkan hasil positif tapi beberapa hari kemudian mendapatkan menstruasi, hal ini terkadang disebut dengan 'chemical pregnancy'. Yang berarti sel telur yang dibuahi sudah tertanam di rahim dan menghasilkan hCG tapi karena beberapa hal berhenti berkembang. Ini biasanya terjadi karena sekitar 30 persen sel telur yang dibuahi tidak normal atau tidak mampu berkembang menjadi embrio. Sebelum menggunakan alat tes kehamilan periksa terlebih dahulu kapan tanggal kadaluarsanya, jika sudah lembab atau menjadi hangat sebaiknya jangan digunakan. Untuk memberikan hasil terbaik, gunakanlah urine di pagi hari karena ini merupakan urine yang paling terkonsentrasi. Hasil tes yang ditunjukkan juga bervariasi seperti garis merah muda atau biru pada tes, sementara alat yang lain meunjukkan garis plus atau minus berwarna merah. Jika garis indikator tidak menunjukkan hasil yang jelas atau samar antara positif dan negatif, cobalah mengulanginya beberapa hari atau seminggu kemudian. Jika Anda belum mendapatkan menstruasi tapi hasilnya tidak menunjukkan positif, jangan berasumsi bahwa Anda tidak hamil dan tetaplah menghindari hal-hal yang tidak aman bagi kehamilan. Pilihan terakhir adalah berkonsultasi dengan dokter jika dalam seminggu kemudian belum mendapatkan menstruasi dan hasilnya tidak menunjukkan tanda-tanda positif.

detik.http://health.com/read/2009/11/20/133046/1245619/764/waktu-yang-tepat-tes-kehamilan Kata kunci: kehamilan Sebelumnya: Memasak Sayuran yang sehat Selanjutnya : Tips Makanan Bayi "Home Made" .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->