• Manajemen Sumberdaya Manusia

PERANAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI
Nurainun Bangun*)

Abstract
Expanded the human resources given to contribute to economic price. Without human resources which qualitation, so human resources which rich cannot rile and help people for have to planned education or training system that international practice than able to born individual which have technique and global concept, than can born human resources that have vision to the future.

Pendahuluan
Manusia selalu berperan aktif dan signifikan dalam setiap kegiatan organisasi, sebagai peroocana, pelaku dan perintis terwujudnya tujuan organisasi. Baik itu organisasi ekonomi, politik dan kemasyarakatan tujuan organisasi tersebut tidak mungkin terwujud tanpa peranan manusia. Bagaimana canggihnya peralatan sekalipun, faktor manusia tetap akan mooootukan, itulah sebabnya SDM dianggap aset yang sangat pooting dalam suatu organisasi. Di tengah era globalisasi dengan perubahan-perubahan yang cepat dan kompleksitas poodidikan yang makin mooingkat. MSDM seperti juga manajemoo umum perusahaan, tentunya melalui proses peroocanaan, pengorganisasian, pengarahan dan poogendalian. Manajemoo Sumberdaya Manusia (MSDM) dapat didefinisi sebagai serangkaian tindakan dalam penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan dan pooggunaan Sumberdaya Manusia (SDM) untuk mewujudkan tujuan, baik tujuan individu maupun tujuan organisasi. Sedangkan manajemoo personalia diperlukan untuk mencapai sasaran atau mooingkatkan efektivitas SDM dalam organisasi. Tujuannya adalah untuk moociptakan atau membangun satuan kerja yang efektif. Perencanaan SDM adalah suatu kegiatan yang harus terus mooerus dilaksanakan. Mereka yang bertanggung jawab dalam poogelolaan SDM bertanggungjawab pula

*) Penulis adalah dosen tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Pancasiia dan dosen tetap di Fakuitas

Ekonomi Universitas Tarumanegara, Jakarta. Penulis iuius 8-1 di Fakultas Ekonomi Universitas Syah Kuala, Banda Aceh, dan lulus 8-2 di Universitas Tarumanegara, Jakarta.

68

VOLUME I NOMOR 2 NOVEMBER 1998

PANUrAN BlSNlS

ISSN 141Q-180S

http://www.univpancasila.ac.id

7/22

• Penjajahan Penguasaan Iptek Kita harus bekerja keras untuk menciptakan sentra-sentra pengembangan dan penelitian iptek. yaitu: • Non stop learning Belajar memang bukan hanya di lembaga pendidikan formal. salah satunya adalah stanclarisasi di bidang SDM. • Peru bah an struktur masyarakat Secara alami harus ada suatu mekanisme yang menjembatani konflik internal sehingga setiap benturan dapat ditangani secara terarah dan proporsional. balisasi memunculkan stanclarisasi di berbagai bidang. sehingga mampu melahirkan individu yang merniliki teknik dan konsep global. pilihan satusatunya aclalah membina SDM yang mampu meningkatkan nilai tambah produk industri. Dampak glo. Di perspektif ekonomi. Antara MSDM dan SDM terclapat jelas perbedaan eli clalam ruang lingkup dan tingkatannya. globalisasi merupakan tantangan untuk meraih peluang • Terbuka Sikap terbuka terhadap perubahan lingkungan clapat menimbulkan kepekaan terhadap profesionalisme.id 7/22 69 .univpancasila. melalui pooguasaan teknologi produksi berskala internasional yang esoosinya aclalah bagaimana menciptakan produk yang kompetitif di pasar global. Fakta di atas sekaligus menjadi jawaban bagaimana membangun SDM yang tangguh. yaitu: • Berwawasan Nilai tambah ml pooting mengingat bahwa apabila sumber claya alam tak clapat lagi diandalkan. PANUfAN BISNIS ISSN 1410-7805 VOLUME 1 NOMOR 2 November 1998 http://www.. • Persaingan global yang kian ketat.• Manajemen Sumberdaya Manus.a atas sampainya informasi yaitu segala sesuatu yang mempengaruhi perusahaan yang akhirnya mempengaruhi sistem MSDM. ada 4 tantangan yang dihaclapi oleh suatu bangsa clalam upaya menciptakan SDM berskala internasional. Acla tiga cara yang dapat ditempub sebagai upaya untuk mengembangkan komitmen SDM kita. Pengalaman menunjukkan. sedangkan manajemen personalia lebih banyak berkaitan dengan SDM yang sudah beracla eli dalam organisasi (perusahaan).ac. pooggunaan dan perlindungan SDM. Tantangan Globalisasi Moourut mantan Mendikbud Wardiman Djojonegoro. untuk menciptakan SDM yang baik haruslah elirancang sistem poodidikan dan pelatihan yang bertaraf internasional. Dengan begitu. MSDM mencakup masalah-masalah yang berkaitan doogan pembinaan. tak jarang belajar di luar lembaga pendidikan formal juga terbukti penting. Seperti kita tabu SDM sebagai sumber claya memiliki kredibilitas gancla yaitu technical skill dan conceptual skill.

kelak masa depan SDM kita diharapkan memiliki kepribadian yang impresif dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap pekerjaan. kemudian ditingkatkan melalui pendidikan dan pelatihan formal dan akhimya dikembangkan dalam masyarakat khusus di lingkungan pekerjaan.. Pembinaan SDM dimulai dari dalam keluarga. Selain ditunjang oleh sarana dan prasarana modern. Kemudian ia mencoba menerapkan sendiri cara kerja yang diamati sambil diawasi 0100 yang berpengalaman.univpancasila. Selain mengesankan. Orang dididik dan dilatih bukan saja untuk mernperoleh pengetahuan tertentu akan tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan kerja dalam memperoleh penghasilan. Sehubungan dengan itu. kemampuan kerja dianggap harus selalu ditingkatkan secara khusus. Pendidikan dan Pelatihan Pendidikan dan pelatihan tidak saja menambah pengetahuan. cara formal. Bila dipandang mampu pemagang itu mencoba menetapkan sendiri bekerja dalam perusahaan tersebut atau bahkan dapat mencari penghasilan di tempat lain. Seorang pemagang dalam jangka waktu tertentu mengamati secara terus menerus bagaimana pekerja yang sudah berpengalaman melakukan pekerjaan tertentu. sampai pada tahap sekarang dengan persyaratan kerja yang lebih tinggi.• Manajemen Sumberdaya Manus. Maka timbulah apa yang disebut sistem magang. tenaga kerja juga harus memiliki komitmen yang jelas. Tahap lainnya dari pembinaan SDM adalah pendidikan dan pelatihan se- 70 VOLUME 1 NOMOR2 NOVEMBER 1998 PANUI'AN BISNIS ISSN l410-7805 http://www. akan tetapi juga meningkatkan produktifitas kerja. SDM juga harus memiliki sikap yang akrab dan kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan. Sikap ini penting. Petunjuk kerja ini dari orang tua pada yang lebih muda dianggap cukup memadai. dengan mandiri kita akan mampu menghadapi tantangan dan mengambil keputusan tanpa spekulasi. Dalam perkembangannya.a • Mandiri Mandiri di sini tidak diartikan sebagai pelepasan diri terhadap tergantwlgan kepada pihak lain. Orang tua memberikan petunjuk dan nasihat serta membiasakan cara kerja yang baik pada anaknya atau kepada orang yang lebih muda. melainkan lebih ditekankan pada perwujudan jatidiri dengan ke-khas-an-nya dalam bemalar dan menjalankan fungsinya.id 7/22 .ac. Cara demikian bersifat alami dan sudah berlangsung sejak permulaan peradaban manusia dan masih relevan untUk masa kini dan masa yang akan datang. Pengetahuan tersebut dapat diperoleh di lembaga formal atau informal melalui sertifikasi intemasional. Dalam susunan ekonomi dan masyarakat yang sederllana pada keadaan seperti itu setiap anggota keluarga hanya mengerjakan usaha keluarga sendiri. Sedangkan keterampilan dan sikap kerja lebih banyak diperolOOdi tempat pelatihan kerja.

Pembangunan satu bangsa bertujuan untuk meningkatkan kualitas SOM sehingga mampu berfungsi sebagai motor penggerak pembangunan dan mampu mengelola serta mengalokasikan sumber daya lain (alam. sosial. karena cepat atau lambat akan mematikan daya saing bangsa. Kondisi inilah yang telah memicu timbulnya berbagai pelanggaran hukum. alam dan kelembagaan. maka strategi pembangunan nasional hams didasarkan pada mobilitas SOM. PANUrAN BISNlS ISSN 1410-7805 VOLUME 1 NOMOR 2 JNOVEMBER 1998 71 http://www. Pembangunan ekonomi suatu bangsa hams didukung SOM yang memiliki prakarsa dan daya kreasi. teknologi. Ciri utama pembangunan nasional berkaitan erat dengan keserasian pengelolaan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang berkualitas. SOM dan cenderung menggunakan teknologi tepat guna padat karya. Strategi ini memberikan keutamaan dan kesempatan pada SOM untuk berperanserta dalam pembangunan secara berkesi- nambungan. pada tenaga kerja industri kecil.id 7/22 . dimaksudkan untuk menjamin tenaga terdidik yang diperlukan dalam suatu upaya pengembangan. budaya.• Manajemen Sumberdaya Manusia Perencanaan Tenaga Kerja Perencanaan ini mempakan lanjutan dari proses pengembangan SOM. Kunci menuju produktivitas adalah ilmu dan perekayasaan teknologi. Perencanaan tenaga kerja berhubungan erat dengan pemberdayaan SOM dengan mengusahakan supaya setiap orang mampu bekerja atau mendapatkan suatu pekerjaan. kolusi dan kronisme). Penelitian menunjukkan bahwa maju tidaknya suatu negara disebabkan produktivitas nasionalnya yang berkaitan dengan keberhasilan sistem pendidikan di negara tersebut dan penguasaan teknologi 0100 SOM-nya. pemutasian. serta eksistensi teknologi peningkatan produktivitas.univpancasila. ekonomi. Lebih jauh strategi pembangunan hendaknya berorientasi pada kebutuhan dasar.merupakangabungan kekuatan yang mempercepat terselenggaranya pemerataan pembangunan dan perlakuan terhadap sasaran pembangunan sebagai objek pembangunan. dan politik. informasi. manajemen pembangunan itu tidak melibatkan peranserta seluruh masyarakat secara merata. Sehubungan dengan itu.ac. suatu gejala yang tidak bisa ditoleransi dalam era globalisasi. penyebabnya antara lain. dan etika bisnis (seperti kompsi. Berdasarkan penelitian bahwa peningkatan perekonomian Indonesia di bawah Orde Bam yang demikian pesat telah membuat SOM kita menjadi tidak profesional di bidang manajemen. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar penduduk di wilayah bersangkutan. ditambah lagi oleh berkembangnya perilaku para pengelola bisnis yang tidak mengindahkan etika bisnis serta kurang kurang profesionalnya pihak-pihak yang terkait dengan kOOidupanekonomi negara. Bangsa yang akan menang dalam persaingan dalam arena pertarunganantarbangsa di masa depan adalah bangsa yang ungguldalamsegi sumberdayamanusianya. kelembagaan).

id 7/22 .univpancasila.ac.http://www.

(1996) Manajemen Sumber Daya Manusia.:d Suara Pembaharuan. Kriteri4lnya A1uIn SenuI1dn Kettlt.. (1997). edi!ii 5 November. . Majalah Bisnis dan Manajemen Eksekutif.dolam Era Globalisasi. edisi Juli _Agustus. . - PANlJI'AN BISNIS ISSN 1410-7805 VOLUME 1 NOMOR 2 !NOVEMBER 1998 73 http://www. -~ . '.•. SDM Menjellmg.• il" •....id 7/22 .. ' Majalah Info Bank. ~. MtIIUUia di. .. MenggagllS 34-35.Globtllisasi. halamim it . . . Jakarta. . >C • Mulia. '-- ':. .. . . Jakarta. EdisiMei.-..~ . (1997). Jakarta.. ~~ . ~ .c ••• .univpancasila.. PembtlllgruUln" Maj81ah Gatra.. Emir. edisi 27 Deseihber. Wiraatmadja. Agus. . Modul Perkuliahan Manajemen Swnberdaya Manusia Untuk Magister Manajemen.--=0. Strategi 105. Gunawan. Sumberdtiya Jakarta.. (1997).. . :.. .' . ~ .Jakarta : MM Universitas Tanunanegara.ac.• Manajemen Sumberdaya Manusia Stmyoto. YWlUS.i '~.. . (1993)... ha1aman Swnodiningrat. .