MAHFUDZOT

UMUR KECANTIKAN Kehidupan paling sengsara bagi seorang wanita ialah yang ketika mudanya terkenal sangat cantik. Hal itu karena umur kecantikan sangat pendek. Sementara itu, masa perbedaan antara wanita cantik dengan wanita yang tidak cantik hanyalah beberapa tahun. EMPAT LARANGAN Waspadalah terhadap empat macam keburukan : Sombong, dengki, marah (emosional) dan syahwat yang tidak terkendali.
• • • •

Angkuh dan sombong mencegah orang untuk mematuhi dan menaati perintah dan larangan syariat. Hasud (dengki) mencegah orang untuk menerima nasehat atau memberi nasehat. Marah (emosional) mencegah orang untuk berbuat adil. Mengikuti nafsu syahwat dapat mencegah orang menggunakan waktunya untuk beribadah kepada Allh SWT.

HAK YANG HARUS ANDA LAKSANAKAN 1. Hak Allah : Mengagungkan-Nya dan mensyukuri segala nikmat-Nya serta manjauhi syirik. 2. Hak Penguasa (Pemerintah) : Ketaatan dan kesetiaan anda. 3. Hak Diri : Giat dan semangat beribadah, serta menjauhi perbutan dosa. 4. Hak Umat : Menjauhi gangguan dan perusakan, serta bergaul dengan baik. 5. Hak Suami-Istri : Menjaga dalam cinta dan kasih saying serta bergaul dengan ma`ruf. TIGA MACAM KAWAN 1. Kawan yang selalu menerima kebaikan anda, sedangkan dia tidak memberi anda kebaikan. 2. Kawan yang selalu berhitung, yaitu dia berbuat baik kepada anda sesuai dengan kebaikan anda kepadanya. 3. Kawan yang senang berhubungan dengan anda tanpa pamrih.

Dan kalau tidak mampu.” DUA MACAM PENCURI Seorang Ulama` besar Umar bin Ubaid melewatkan kerumunan orang-orang yang sedang berdiri. berkata : “Pertahankanlah bisikan yang berdetak agar tetap dihatimu. Para dokter yang sakit. Orang-orang kaya yang kikir. kalau tidak hal itu akan berubah menjadi buah pikiran. 4. KEHENDAK. 3. Para Ulama` yang menipu. Penguasa yang menindas (Dzalim). Hakim-hakim yang tidak jujur. Kendalikan nafsu agar ia tertundukkan dan jika tidak akan lahir rencana buruk dalam bentuk kehendak. 6. Akhlak buruk. Dia bertanya : “Apa maksud kerumunan orang-orang itu?” Mereka menjawaab : “Sultan sedang melaksanakan hukukman potong tangan terehadap seorang pencuri. Para qari Al-Qur`an yang menyombongkan diri. 2. BISIKAN-BISIKAN NAFSU BIRAHI. Bila telah berubah. . 8. 5. Kecurangan kaum bangsawan. Jagalah kehendak itu karena kalau tidak jaga niscaya akan menjadi perbuatan maksiat. 9.HIDUP TAK TENTRAM Tiga sifat yang menyebabkan penyandangnya tidak tentram dalam hidupnya : 1. Orang fakir yang sombong. ia akan menjadi nafsu birahi.” SEPULUH SIFAT KEBURUKAN 1.” Umar berkata lagi dengan suara lantang : “Laa Illaha Illallah. pertahankanlah semampumu agar ia tetap berada dalam pikiranmu. MAKSIAT DAN KEBIASAAN Ukema` besar Ibnul Qayyim. 2. 10. Kalau perbuatan maksiat tidak di cegah ia akan menjadi temanmu sebagai suatu kebiasaan dan adalah sulit bagi manusia meninggalkan suatu kebiasaan. Kaum tua yang berbuat maksiat. 7. Orang-orang baik yang emosional (pemarah). Dengki dan 3. Iri. Pencuri terang-ternagan memotong tangan pencuri yang sembunyi-sembunyi.

Itulah orang yang sedang tidur. maka jauhilah dia. maka bangunkanlah dia. Itulah orang jahil (bodoh). EMPAT MACAM MANUSIA 1. MENYEPELKAN PERBUATAN MAKSIAT Ulama’ besar ibnu Al-Jauzi berkata: “Mungkin orang yang berbuat maksiat selalu beranggapan positif dan tidak memikirkan dampak negative yang akan menimpanya. 2. Itulah orang yang membutuhkan petunjuk.MANUSIA TERBAGI MENJADI TIGA GOLONGAN Al Hasan –Al Bashri berkata : “Manusia terbagi atas tiga golongan : Mereka yang mempunyai pendapat dan dimusyawarahkan. kecuali dalam empat perkara: Menjelaskan yang hak. Seseorang yang tidak tahu dan tidak mengetahu bahwa dia tidak tahu. 3. MENGUNCI LIDAH Kuncilah lidahmu. Menumbangkan yang bathil. Mengutarakan hikmah kebijaksanaan. Mata yang selalu berpaling dari apa yang diharamkan Allah. Seseorang yang tahu dan mengetahui bahwa dia tahu. cepat atau lambat perbuatan maksiat itu pasti akan mendatangkan akibat terhadap kesehatan badan dan harta kekayaan. 2. karena ia mengandalkan kondisinya yang sehat dan uangnya yang banyak. Mata yang selalu berjaga-jaga dan bersiaga bertempur dalam jihad di jalan Allah. maka ajarilah dia. Mereka yang mempunyai pendapat. Mereka yang tidak mempunyai pendapat dan tidak suka bermusyawarah. 4. maka ikutilah dia. Seseorang yang tidak tahu dan mengetahu bahwa dia tidak tahu. Itulah orang alim. 3. . Mensyukuri nikmat Allah. Seseorang yang tahu dan tidak mengetahu bahwa dia tahu. TIGA JENIS MATA YANG BAIK Ada tiga jenis mata yang tidak akan menangis pada hari kiamat: 1. tetapi tidak suka dimusyawarahkan. Padahal. Mata yang selalu menangis di dunia karena takut kepada Allah dan mengharapkan rahmat pengampunan dan ridho-Nya.

Menghubungkan silahturahmi dengan orang yang memutuskannya. Seusai memenagkan peperangan. Seusai perang Rasulullah SAW. Ikhlas – Riya’ – Keserakahan Imam Ibnul Qayyim berkata: “Tidak akan berkumpul dalam hati seseorang sifat ikhlas.MENINGKATKAN KEMULIAAN Ada tiga hal yang meningkatkan kemuliaan seseorang: 1. Yang baru masuk Islam ikut berperang bersama beliau. melainkan aku ingin sebuah anak panah menembus leherku ini (sambil menunuk bawah tenggorokannya) lalu aku mati sahid dan masuk surga” Dalam peperangan berikutnya dia juga ikut serta. dia bertanya kepada Rasulullah SAW. INGIN MATI SAHID DAN MASUK SURGA Seorang sahabat Rasulullah SAW. kemudian menghindari sifat riya’ seperti sifat yang dimiliki pecinta dunia yang tidak memperdulikan kehidupkan akherat. gila pujian (riya’) dan serakah. Apabila anda sudah melakukannya. Apabila anda ingin memiliki sifat ikhlas yang pertama kali anda lakukan ialah melenyapkan sifat serakah. kecuali seperti berkumpulnya air api atau berkumpulnya biawak dengan ikan.: “Mengapa aku harus menerima bagian harta ini? Bukan untuk ini aku berjihad. Rasulullah SAW. bertanyatanya tentang orang itu yang ternyata telah gugur. bersabda:”Berbahagialah dia yang telah menginginkan mati sahid dan masuk surge dan kini dia telah memperolehnya. membagi-bagikan harta rampasan kepada para pejuang. 3. mudahlah bagi anda memperoleh sifat ikhlas. BUKTI KETAKWAAN Bukti ketakwaan seorang muslim itu ada tiga: 1. Bertawakal dengan baik terhadap apa yang belum dicapainya. Merasa ridho terhadap apa yang diperolehnya. Memberi sesuatu kepada orang lain yang tidak member sesuatu kepadanya. mendatangi mayitnya dan melihat sebuah anak panah menembus persis di bagian leher yang pernah ditunjukkannya kepada beliau. 2. 2. . Kemudian Rasulullah SW. Memaafkan orang lain dan menghilangkan kesalahannya. Rasulullah SAW. Bersikap sabar terhadap apa yang liput dari perolehannya. 3. Dengan sangat terharu. Orang itu memperoleh bagiannya dan dengan perasaan terheran-heran.

jalannya adalah bertaubat dan beristighfar. Barang siapa waktunya untuk melakukan ketaatan. memandang kepada orang yang berbicara. membelanjakan rezeki (harta) yang baik yang telah dianugrahi-Nya kepada mereka. tidak lagi dapat disebut fiqih.” ADAB BERBICARA Ibnul Muqaffa’ berkata kepada anaknya: “Belajarlah menyimak pembicaran orang dengan baik. Waktu melakukan maksiat. Waktu melakukan ketaatan. 2. jalannya ialah ridho dan sabar. SANDANG DAN PANGAN Allah SWT. Pada setiap waktu tersebut. yaitu berlebih-lebihan dan tertipu oleh kebanggaan diri sendiri. sebagaimana engkau belajar berbicara dengan baik. menyuruh manusia untuk menikmati. Sama halnya jika fiqih ikut campur dalam perkata teologi atau kedokteran. jalannya ialah bersyukur kepada-Nya. Firman Allah ta’ala dalam hadist qudsi: “Makanlah sesukamu dan berpakainlah sesukamu.” EMPAT WAKTU Sebagian ulama yang arif mengatakan: “Setiap hamba Allah mempunyai empat waktu dan tidak ada kelimanya. Waktu mendapatkan nikmat. tidak memalingkan muka. terdapat hak Allah sebagai Rabmu. dan menyadari apa yang diucapkannya. Dan barang siapa waktunya untk melakukan maksiat.FIQIH DAN HATI Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihyaa ‘ulumuddin berkata: “Sesungguhnya masalah hati berada di luar wilayah fiqih. Ada dua hal yang termasuk kesalahanmu. .” Diantara menyimak pembicaraan orang dengan baik adalah membiarkannya berbicara sampai selesai. Jika fiqih mencampuri urusan hati. berilah sedikit komentar. 3. berarti ia telah keluar dari disiplin ilmu tersebut.jalannya ialah anugrah Allah yang member petunjuk. 4. Barang siapa waktunya digunakan untuk mendapatkan kenikmatan Allah. Keempat waktu itu ialah: 1. memanfaatan. Barang siapa waktunya mendapat ujian dan cobaan. Waktu mendapat ujian dan cobaan. yakni waktu beribadah kepada-Nya.

Aku mengira anak itu bakal dikenakan hukuman. Sampai kapan panggilan ‘Ya ghulam’ kau serukan? Tidaklah seharusnya bagi seorang ghulam saat ini waktu makan dan minum?” AL-Ma’mun hanya diam dan menunduk kepalanya. Mendengar niat sultan itu. 2. Yang tidak mengamalkan isi Al-Qur’an meskipun dia membaca dan mangimaninya. 4. SULTAN DAN DUA ORANG GILA Seorang sultan atau raja ingin menghibur dirinya dan tertawa. Dan bila ia berakhlak buruk. Lalu dia mengharikan dua orang gila. AKHLAK MAJIKAN DAN AKHLAK BUDAK Abdullah bin Thahir bercerita: “Pada suatu hari Abu berada di sisi Amirul Mukmin Al-Ma’mun. putra Harun ar-Rasyid. Yang tidak mau mendengar dan mengimani Al-Qur’an. sultan berlagak marah dan minta dibawakan pedang untuk memenggal leher mereka.” Kemudian Al-Ma’mun berkata: “Wahai Abdullah. HIJRAH DARI AL-QUR’AN Ibnul Qayyim berkata: “Orang yang hijrah dari Al-Qur’an ialah: 1. tetapi kini kita bertambah menjadi tiga orang. tetapi ternyata tidak. Setelah keduanya berbicara. jika seorang majikan berakhlak baik. Yang tidak mau mendalami dan memahami arti-artinya.SAUDARA DAN KAWAN Seorang arif dan bijak bertanya: “Apakah anda mencintai saudara anda?” Dijawabnya: “Saya tidak mencintai saudaraku kalau dia bukan kawanku.” Memang benar kadangkala kawan. maka akhlaknya pembantunya menjadi baik. atau sahabat lebih dicintai dari pada saudara sendiri meskipun sekandung.. Dia kemudian memanggil pembantunya seorang anak remaja Turki: “Ya ghulam!” Anak itu datang dan berkata: “Tiap kali saya keluar dari sini.” Mendengar ucapan itu sultan tertawa terbahak-bahak. Yang tidak mau berhukum dan bertahkim dengan Al-Qur’an. Al-Ma’mun kemudian mengangkat kepalanya dan berkata budaknya itu: “Kamu mulai sekarang bebas (merdeka) karena Allah. Namun. maka akhlak pembantunya menjadi buruk. engkau selalu berteriak memanggil-manggil ‘Ya ghulam’. tidak sepatutnya kita memperburuk akhlak kita agar akhlak pembantu kita jadi baik. teman. salah seorang dari orang gila itu berkata kepada temannya: “Sebelumnya kita hanya dua orang. 3. .

dan yang ahli ibadah agar menjadi ahli sunnah. ibu pun akhirnya makan dan minum. Setelah menyadari kekokohan pendirianku. MEMPEROLEH HIKMAH Ibnul Qayyim berkata: “Jika hati seseorang telah diberi makanan berupa dzikir dan diberi minum berupa tafakur. yang maksiat agar bertaubat dan menjadi ahli ibadah. Kekuatan rohani terbentuk dengan adanya kesadaran dan perasaan akan adanya hubungan dengan Allah atau dengan menghayati hubungan tersebut. wahai Sa’ad?” Aku hanya diam dan tidak menjawab. Terserah ibu mau makan atau minum. serta sebagai rahasia untuk meraih keberhasilan dan kemenangan. Kemudian memberi petunjuk kepada yang kafir agar beriman dan yang musrik agar bertauhid.” DAKWAH ISLAMIYAH Dakwah Islamiyah mengajarkan si bodoh agar mengeti. ibuku bertanya: “Agama apakah yang kamu anuti.” KEKUATAN Kekuatan materi atau fisik meliputi tubuh dan sarana-sarana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. puncak Dakwah Islamiyah ialah memindahkan manusia dari neraka ke surga. mengingat mereka yang lupa. dengan mempertahankan dan menyebarkan kebenaran. Kita wajib menjadikan kekuatan rihani sebagai harta simpanan yang takkan habis dan sirna. aku tidak akan makan dan minum sampai aku mati dan orang-orang akan mencelamu sebagai pembunuh ibumu. andai kata ibu mempunyai seratus nyawa dan keluar satu demi satu sampai habis. Dakwah Islamiyah juga membendung arus dakwah jahiliyah modern yang agresif dan destruktif.KEIMANAN SA’AD YANG KOKOH Sa’ad bin Abu Waqash bercerita: “Aku seorang pemuda yang sangat berbakti kepada ibuku. Setelah aku masuk Islam. ibu menyuruhku meninggalkan Islam seraya mengancam: “Kalau kamu tidak meninggalkan agamamu yang baru. Beberapa hari kemudian. serta bersih dari penyakit duniawi. Aku temui ibuku dan berkata kepadanya: “Demi Allah wahai ibu. dan memperingatkan yang sombong agar rendah diri dan rendah hati.” Sehari semalam ibuku tidak makan dan minum. . Karena itu. Kekuatan moral atau jiwa merupakan sifat-sifat mental yang selalu dan ingin dimiliki setiap orang. akan tampak berbagai keajaiban dan ia akan memperoleh hikmah. aku tidak akan meninggalkan agama Islam. Pada hari kedua. keluargaku menyuruhku menjenguk ibu yang sedang kepayahan.

4.” Dia ditanya: “Kalau demikian. benar. kemudian ia serahkan kepada majikannya untuk dinikmati.” Abu Mu’awiyah menjawab: “Ya. . Menabungkan sebagian dari uang hasil usahanya. jika anda dikuasai oleh syahwat dan hawa nafsu. Jangan membeli barang apa-pun kecuali yang darurat (sangat dibutuhkan). anjing pemburu yang terdidik behkan mampu menahan nafsu seleranya untuk tidak memakan hewan yang ditangkapnya. 3. anda berkedudukan lebih tinggi dari pada malaikat. dan teliti serta cermat dalam pekerjaan. terpercaya.MATA UANG DARI BATU Abu Mu’awiyah berkata: “Dari pagi hingga akhir hari aku bekerja memecah batu dengan palu godam. Jika anda mampu mengendalikan dan menguasai syahwat maupun hawa nasfu. Namun. Bayangkan. RESEP KEKAYAAN Rockfeller adalah orang kaya sedunia pada masanya. anda pasti sangat lelah. Membuang jauh-jauh segala adat-istiadat (kebiasaan) yang buruk. anda berkedudukan lebih rendah dari pada hewan dan setan. Yang harus dilakukan oleh orang yang ingin menyimpan harta. syahwat hewan. yaitu: 1. Aku minta uang dari tangan orang-orang dan dari batu-batu. dia ditanya oleh salah seorang kawannya: “Bagaimana cara anda dapat meraih kekayaan yang demikian melimpahnya?” Rockfeller menjawab: “Aku meraihnya dengan empat cara. dan hawa nadsu setan. AKAL – SYAHWAT – NAFSU Dalam diri anda terhimpun akal dan budi malaikat. 2. Harus selalu berlaku jujur. ternyata dari batu lebih mudah. Dia mengharamkan bagi dirinya binatang tangkapan itu.

anda akan menyaksikan keganjilan dan keanehan perilaku manusia. seseorang rebut dengan tetangganya dan orang-orang yagn memiliki kaitan dengannya. kunjungilah pengadilan-pengadilan. menjawab: “Masing-masing menginfakkan dari apa yang dimilikinya. ketakutan. tetapi hatinya hanyut dalam urusan dan kepentingan duniawi. Karena ursan duniawi itulah. Sesudah itu. Apabila mereka shalat. dan ancaman mala-petaka. INFAK Nabi Isa Alaihissalam melewati kerumunan orang-orang Yahudi yang ketika melihatnya. mengapa engkau membalasnya dengan kata-kata yang baik?” Nabi Isa a. jasad-jasmaninya hadir. dan seluruh anggota tubuh mereka sibuk siang-malam mencari kepentingan duniawi. Urusan dan kepentingan duniawi juga menyebabkan umat manusia kini hidup dalam kegelisahan. Penyebab yang paling utama ialah cinta duniawi yang belebih-lebihan sehingga mereka terjerumus dan hanyut kedalamnya. Akan tetapi. Karena urusan duniawi pula. Hati. Sebagai contoh nyata. Nabi Isa justru membalasnya dengan katakata yang baik. melontarkan kata-kata kotor dak keji.” . mendurhakai kedua orang tuanya dan memutuskan hubungan persaudaraan meskipun dengan saudara kandungnya. Nabi Isa ditanya: “Mereka melontarkan kata-kata yang buruk dan keji.s.DUNIA Tujuan utama sebagian besar umat manusia kini adalah meraih kesuksesan duniawi tanpa memperdulikan dari sumber manapun datangnya. Kepentingan duniawi kini telah melenakan manusia dari mengingat Sang Maha Pencipta dan Maha Pemberi Rizki. lidah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful