MAKALAH

Nama : 
Yohannes Christian Rachmad Arrizki Sendry Febrizky Septiana Enin W.R Tiara Armelia F Puput Destriana A.P 03101403037 03101403047 03101403053 03101403055 03101403058 03101403070

TEKNIK KIMIA
TAHUN AJARAN 2010/2011

Energi potensial datang dalam bentuk yang tersimpan. dan suara. Kita menggunakan energi untuk melakukan sesuatu untuk kita. Dengan demikian. artinya enegi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan.Bentuk energi bisa berupa potensial atau kinetik. Energi adalah suatu besaran yang kekal tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Energi kimia adalah energi yang dilepaskan selama reaksi kimia. Energi menggerakkan mobil sepanjang jalan dan perahu diatas air. energi bunyi. Para ilmuwan mendefinisikan energi sebagai kemampuan untuk melakukan kerja. Berikut ini adalah macam-macam energi yaitu energi potensial. termasuk – kimia. Definisi energi adalah daya kerja atau tenaga. energi nuklir. Bentuk energi kinetik adalah yang melakukan kerja – seperti listrik. Energi merupakan besaran yang kekal. panas. energi kimia.dalam definisi yang lain Energi kimia adalah energi yang dikeluarkan dari reaksi kimia. energi listrik. tetapi dapat diubah dari bentuk satu ke bentuk yang lain.Energi Kimia I. Energi kimia . energi kalor. Energi memainkan lagu-lagu favorit kita di radio dan menyalakan lampu-lampu dirumah kita. mekanik. Energi diperlukan oleh tubuh kita agar dapat tumbuh dan agar kita tetap dapat berpikir. Definisi Energi Kimia Energi Kimia adalah energi yang tersimpan dalam ikatan atom dan molekul. II. Peradaban modern menjadi mungkin karena kita telah belajar bagaimana mengubah energi dari satu bentuk menjadi bentuk yang lainnya dan menggunakannya untuk melakukan kerja untuk kita dan membuat hidup kita menjadi lebih nyaman. energi dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha. cahaya. gravitasi. energi bunyi. energi kinetic. dan nuklir. energi berasal dari bahasa Yunani yaitu energia yang merupakan kemampuan untuk melakukan usaha. energi radiasi. gerak. Energi memanggang kue didalam oven dan menjaga es tetap membeku didalam lemari pendingin. Definisi Energi Secara Luas Energi membuat perubahan menjadi mungkin.

unsur kimia yang terkandung dalam makanan mengalami reaksi kimia. Dalam tubuh kita. minyak bumi. minyak tanah. Berikut kedua contoh dari dua jenis energi kimia:  Minyak Bumi dan Gas Alam Kendaraan bermotor dapat berjalan karena ada sumber energi untuk menjalankannya Sumber energi berasal dari bahan bakar Bahan bakar berasal dari minyak bumi Contoh hasil pengolahan minyak bumi adalah bensin. Biomassa. menjaga suhu tubuh.banyak terdapat pada bahan makanan dan bahan bakar Contoh energi kimia adalah bensin. Energi kimia dapat diubah menjadi energi panas ketika kita membakar kayu di perapian atau membakar bensin di mesin mobil. unsur-unsur yang bereaksi melepaskan sejumlah energi kimia. Contoh sumber energi kimia adalah bahan makanan yang kita makan. Energi kimia yang dilepaskan berguna bagi tubuh kita untuk membantu kerja organ-organ tubuh. gas alam. minyak tanah Bensin dan solar digunakan untuk bahan bakar kendaraan Minyak tanah digunakan untuk bahan bakar kompor untuk memasak dan bahan bakar lampu petromaks/lampu teplok  Baterai Di dalam batu baterai terdapat zat kimia yang dapat menghasilkan energi kimia Baterai dapat mengubah energi kimia menjadi energi listrik Energi listrik disimpan di dalam baterai Baterai digunakan untuk menyalakan senter. solar. oli. pesawat terbang. radio. dan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Energi kimia yang terkandung dalam bahan bakar jenis ini sangat besar sehingga dapat digunakan untuk menggerakkan mobil. dan kereta api. batu bara. solar. Bahan makanan yang kita makan mengandung unsur kimia. Selama proses reaksi kimia. kayu bakar. jam dinding dll . dan batu bara adalah contoh-contoh energi kima yang tersimpan. Contoh energi kimia lainnya adalah pada peristiwa menyalanya kembang api.

bahan tambang) Agar sumber energi tersebut tidak habis. Sebuah reaksi kimia yang terjadi apabila diikuti dengan pelepasan energi atau menghasilkan energi. Tinjauan energi dalam reaksi kimia terfokus pada energi dalam bentuk panas (thermo. Mematikan lampu bila tidak diperlukan 2. Reaksi Kimia Pada Energi Reaksi kimia merupakan proses pemutusan dan pembentukan ikatan. Mematikan kompor setelah selesai digunakan . lihat Gambar 10.14) dan dalam bentuk listrik (electro). minyak bumi. Proses ini selalu disertai perubahan energi. sebaliknya reaksi kimia terjadi apabila kedalamnya diberikan energi atau reaksi membutuhkan energi dikenal dengan reaksi endoterm. selanjutnya menjadi menjadi energi cahaya dan energi kalor dalam bola lampu. maka perlu dilakukan penghematan energi. Untuk molekul kompleks. Energi yang dibutuhkan untuk memutuskan ikatan kimia.III. IV. angin) 2. V. Mengunakan lampu redup ketika tidur 3. Pembagian Sumber Energi Sumber energi terbagi menjadi : 1. Dalam pendahuluan kita telah memperkenalkan bahwa perubahan atau reaksi kimia selalu disertai dengan perubahan energi. Energi kimia terkendung dalam aki dan baterai yang menjadikan energi listrik didalam kabel. energi yang dibutuhkan untuk memecah molekul itu sehingga membentuk atom-atom bebas disebut energi atomisasi. Sumber energi yang tidak dapat diperbarui (batu bara. reaksi ini dikenal dengan eksoterm. Mematikan keran air jika tidak diperlukan 4. air. Sumber energi yang dapat diperbarui (matahari. sehingga membentuk radikal-radikal bebas disebut energi ikatan. Hemat Energi Cara-cara menghemat energi adalah : 1. sehingga pengkajian reaksi kimia dan energi yang menyertai reaksi dalam bentuk panas dikenal dengan termokimia sedangkan energi dalam bentuk listrik dikenal dengan elektrokimia.

Menggunakan listrik dengan daya (watt) rendah 9. Menggunakan AC seperlunya 8. Rangkuman . Menggunakan ari secukupnya untuk mencuci pakaian atau mencuci mobil/motor 6. Mematikan televisi/radio bila tidak ditonton/didengar 7.5. Tidak menggunakan kendaraan bermotor jika jarak dekat 10. Menggalakkan kegiatan gemar bersepeda VI.