Mengintip Mesin Vespa supaya Hemat BBM

Jika dalam hukum ekonomi, dengan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan untung yang sebesarbesarnya. Maka dalam dunia otomotif ada juga suatu “hukum” yang artinya sama dengan dalam dunia ekonomi, hukum tersebut adalah, dengan bahan bakar minyak (BBM) yang seminimal mungkin untuk mendapatkan kecepatan/akselerasi yang sebesar-besarnya. Selain dari hukum tersebut ada juga hal yang menarik, dan ini penulis dapatkan di salah satu iklan oli, yaitu bagaimana memasukan gajah dan kuda kedalam satu tempat, yang artinya adalah bagaimana mendapatkan kecepatan dan akselerasi yang besar dalam satu mesin dan irit. Memang, begitulah dunia otomotif senantiasa berkembang dan terus berkembang. Kembali kepada mesin vespa, apakah hal diatas dapat diterapkan? Apakah perkembangan otomotif dapat di aplikasikan kedalam mesin vespa yang didesain pada jaman dahulu kala yang notabene mempunyai karakteristik jauh berbeda dengan mesin baru? Sampai detik ini, penulis belum bisa menjawab. Namun, dikesempatan ini penulis hanya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana membuat mesin vespa menjadi irit, ya paling tidak dapat menembus perbandingan kurang lebih 1 : 60. Bagi penulis, perbandingan ini sudah lumayan irit untuk kategori mesin vespa.

Kedua alat ini memang ada ukurannya. 10). yaitu spuyer untuk pasokan bahan bakar dan spuyer untuk pasokan angin. spuyer ini berfungsi untuk mensuplai bahan bakar. Hal ini terjadi karena memang beberapa spare part mempunyai kualitas dibawah standar pabrikan. bila pengkabutan sempurna. dengan kombinasi kedua kelebihan di atas menjadikan rasio berat terhadap tenaga (power to weight ratio) mesin lebih baik. maka proses pembakaran pun akan sempurna sehingga menghasilkan tenaga yang cukup untuk mendorong piston menggerakan kopling yang nantinya tenaga ini salurkan ke roda. Ada 2 spuyer. Namun. jika dirasakan sulit/kurang enak laju vespa. dapat menyebabkan mesin kekurangan bahan bakar dan kelebihan angin. Mesin vespa mempunyai teknik pengkabutan (pencampuran bahan bakar dan udara) yang dibantu crack as menghasilkan pengkabutan yang sempurna. sekarang ini mesinmesin vespa sudah jarang mendapatkan kelebihan-kelebihan yang harusnya dimiliki. namun bila karburator ini di aplikasikan pada mesin B dengan type mesin dan CC mesin yang sama belum tentu cocok. itu sudah cukup. lebih kecil dan ringan. Karburator Karburator memegang peranan penting dalam semua mesin konvensional (tidak menggunakan injection). berbeda dengan mesin lainnya. sehingga dapat membuat mesin mbrebet dan kehilangan tenaga. dari segi penggunaan bahan bakar. Penulis menyarankan untuk trial and error dan mulai lah dari ukuran spuyer yang paling rendah (standar karburatornya). mesin vespa termasuk hemat dalam lingkup mesin 2tak. Dalam proses pencampuran ada yang namanya spuyer. namun sekarang ini alat tersebut sudah tidak terstandarisasi lagi. Dari kelebihan diatas. Solusinya adalah asalkan mesin dapat hidup dengan normal dan ditambah dengan laju vespa yang sudah cukup baik.2tak Mesin vespa termasuk dalam kategori mesin 2tak yang memang boros akan bahan bakar namun mempunyai akselerasi yang lumayan tinggi. Nah disinilah sebenarnya kunci utama hemat BBM yaitu proses pengkabutan. artinya pada mesin A dengan type mesin dan CC mesin sekian alat ini cocok. kelebihan mesin 2tak adalah lebih bertenaga. Dibandingkan mesin 4tak. Spuyer bahan bakar (mainjet-no. Jumlah bahan bakar dan udara yang masuk harus pas atau sesuai dengan kapasitas silinder untuk nantinya dipampatkan (dikompres) oleh piston. ukuran yang terlalu besar dapat . yang pengkabutan nya dilakukan di karburator. Beberapa hal yang perlu diketahui adalah : 1. naikkan ukuran spuyernya sedikit demi sedikit. Fungsi alat ini adalah untuk menentukan jumlah angin atau bahan bakar yang masuk. Ukuran yang terlalu kecil. Proses pencampuran bahan bakar dan udara dilakukan di alat ini.

terutama pada bagian yang ditandai garis merah (gambar ruang pengkabutan). Ruang Pengkabutan (Isapan) Setelah bahan bakar dan udara tercampur. Karburator. maka dipastikan akan tersembur keluar bahan bakar melalui lubang hisapan. dan menutup lubang hisapan. Penutupan lubang hisapan dilakukan oleh bandul crack as. pada sisi lain.membuat mesin mengalami “kebanjiran”.com/images/SI24. Ukuran yang terlalu kecil dapat menyebabkan bahan bakar tidak dapat keluar dengan lancar.scooterhelp.gif Untuk ukuran yang pastinya. dapat membuat bahan bakar yang masuk terlalu banyak.intake2.scooterhelp.com/tuning/p.com/tuning/p. Spuyer angin (Idling jet – no. dapat dilakukan sendiri dengan metode “coba-coba” dan gunakan perasaan untuk mendengarkan suara mesin. Proses ini harus benar-benar presisi. artinya tidak kurang dan tidak lebih serta harus rapat. yaitu mesin sulit dihidupkan karena terlalu banyak bahan bakar. bandul crack as menutup lubang hisapan agar bahan bakar yang sudah dikabutkan habis terkirim ke ruang bakar. bahan bakar dan udara masuk melalui lubang hisapan dan dilakukan proses pengkabutan diruang pengkabutan yang diteruskan ke ruang bakar. spuyer ini berfungsi untuk memberikan sedikit tekanan udara pada bahan bakar yang keluar dari mainjet. 11). penghisapan bahan bakar. Lubang Hisapan http://www. menambah daging (bahasa tukang bubut) pada bagian tersebut. Dibagian ini selain terjadi proses pengkabutan.intake3. juga ada proses lain yaitu. Apabila terjadi kerenggangan pada bagian ini. 2. Tersemburnya sebagian bahan bakar. akan menyebabkan kuantitas bahan bakar yang dibakar berkurang yang menyebabkan tenaga pun berkurang.dellortodirect. Sumber : http://www. lalau dihisap piston melalui ruang pengkabutan. Dari karburator. Bagian ini adalah bagian yang paling menentukan untuk penghematan BBM. .jpg Bila terjadi kerenggangan di bagian yang ditandai garis merah.jpg Ruang Pengkabutan http://www. maka solusinya adalah. Ukuran yang terlalu besar. Bagian ini ada di bawah karburator.

scooterhelp. Habisnya oli mesin 2. Busi menjadi hitam legam. namun tertahan. 1. Kopling cepat habis (sebenarnya bukan kopling. atau tertahan. tapi stut gobangan yang habis )sehingga kita sering menarik kabel kopling.jpg . Kondisi Piston masih bagus Sumber : http://www. Asap knalpot yang begitu tebal dan pekat. karena oli mesin ikut terbakar 3. Piston Kerusakan pada piston. beberapa bagian yang perlu diperhatikan agar proses pemampatan sempurna dan tidak bocor.Pada bagian ini juga terdapat seal crack as yang berfungsi untuk mencegah oli mesin masuk keruang pengkabutan serta mencegah hasil pengkabutan keluar dari ruang pengkabutan. yaitu rapat. Kerusakan seal dapat menyebabkan : 1. walaupun kita menambahkan oli sampingnya tidak terlalu banyak. apakah piston langsung jatuh. Mesin tidak dapat langsam dengan berbagai setelan ukuran spuyer. 3. Proses pemampatan (compress) Pada proses ini. Bagian-bagian tersebut yaitu : a. lalu masukin piston. Gambar disamping adalah bagaimana piston yang baik. Bila hal ini terjadi kita wajib mengecek seal ini. Ada cara lain untuk mengecek kondisi piston. Yang paling baik adalah piston tidak langsung jatuh. dapat menyebabkan suara kasar (oblak). tutup bagian bawah cylinder dengan tangan (harus rapat). Ruang bakar Setelah mengalami pengkabutan di ruang pengkabutan. Mesin tidak dapat langsam 4. lihat. Boros bahan bakar Oil Seal Sumber : http://beedspeed.jpg Tanda-tanda kerusakan seal crack as biasanya sudah dapat dideteksi. maka bahan bakar masuk ke ruang bakar. yaitu : 1.install03.piston. 2. lalu dipampatkan dan dibakar oleh busi yang memercikan api.com/images/oilseal-kit-super.com/tips/engine/_piston/p. yaitu. padahal sebelumnya dapat langsam.

com/ 2.com/tips/engine/_piston/p. Sambungan antara Head Cylinder dengan Cylinder Kebocoran pada bagian ini juga bisa menimbulkan suara seperti ring piston lemah. Selain itu juga. Busi Busi (dari bahasa Belanda bougie) adalah suatu alat yang dipasang pada mesin untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston. penulis akan berusaha untuk menjelaskan. sehingga dapat meninggalkan jelaga hitam dalam ruang bakar.scooterhelp. dan dengan ground pada bagian bawah busi. .b. a. Percikan busi berupa percikan elektrik. Pada bagian tengah busi terdapat elektroda yang dihubungkan dengan kabel ke koil pengapian (ignition coil) di luar busi. Ring Piston Sudah ausnya ring piston menyebabkan kompresi berkurang.jpg c. baut harus benar-benar kuat. Namun. Selain itu juga kebocoran dibagian ini menyebabkan tenaga ngempos. Gambar disamping adalah kondisi ring piston masih baik. Proses pembakaran Proses ini bisa dibilang proses yang sangat rumit untuk dijabarkan. Penulis menyarankan agar dalam proses pemasangan menggunakan packing milik yamaha RK-King dan dilem dengan menggunakan lem packing. Untuk itu kita mulai dari busi dahulu.scooterhelp. alias hilang. Baik itu yang tersambung ke body mesin maupun ke head cylinder.piston.install02. Kerusakan ring piston juga bisa menyebabkan bunyi seperti suara gesekan yang sangat nyaring. Perhatikan bahwa kedua ujung ring piston masih bertemu bila dimasukan ke dalam cylinder. membentuk suatu celah percikan di dalam silinder. Kondisi Ring Piston masih bagus Sumber : http://www. Sambungan Head Cylinder dan Cylinder Sumber : http://www.

sampai 60.files. Inilah percikan busi.wordpress. Setelah ini terjadi. suhu di celah percikan busi naik drastis. dan dengan mengalirnya elektron. Arus tidak dapat mengalir karena bensin dan udara yang ada di celah merupakan isolator. Pada saat tegangan m Busi e : http://k4liber. Suhu yang sangat tinggi ini membuat gas yang terionisasi untuk memuai dengan cepat. yang pada prinsipnya mirip dengan halilintar atau petir mini Proses pembakaran baik atau tidak dapat kita lihat dari kondisi busi berikut : . namun semakin besar beda tegangan. gas-gas tersebut mengalami proses ionisasi dan yang tadinya bersifat insulator. arus elektron dapat mengalir.Busi tersambung ke tegangan yang besarnya ribuan Volt yang dihasilkan oleh koil pengapian (ignition coil). struktur gas di antara kedua elektroda tersebut berubah. berubah menjadi konduktor.000 K. seperti ledakan kecil.com/2008/10/busi.jpg?w=236&h=203 Sumber l melebihi kekuatan dielektrik daripada gas yang ada. Tegangan listrik dari koil pengapian menghasilkan beda tegangan antara elektroda di bagian tengah busi dengan yang di bagian samping.

- - No. terjadi kerena terlalu sedikit angin sehingga proses pembakaran kurang sempurna. terjadi karena terlalu sedikit dan telalu banyak bahan bakar yg masuk. ini terjadi karena : oli naik ke busi. bisa jadi terlalu banyak oli dan kemungkinan seal crack as nya rusak. No. No. hal ini dapat di dilihat di ujung knalpot keluar asap putih dan dinding knalpot akan menjadi basah karena oli yg keluar. Bisa juga terjadi masalah dengan sistem pengapian. Biasanya gejala detonasi/Ngelitik terjadi . 6 – 8. 4 – 5. 1 – 3.

Untuk mengecek kondisi busi. kemungkinan alat ini yang rusak. Coil/Koil Sumber : http://scootershop. mesin telalu Overheating (kurang oli samping) (sumber : http://gsx250. Namun bila percikan api merah dan terpecah. 25 – 29.jpg . b. Tegangan tersebut disalurkan ke busi untuk memercikan api di ruang bakar. kemudian lakukan kick starter.com/catalog/images/vespa_external_coil_VNXVLX_132299_25USD. Bila kondisi busi bagus (baru) namun percikan api yang keluar kecil. bila terjadi percikan api yang berwarna biru. atau lebih dikenal sebagai ignition coil adalah sistem kumparan yang berfungsi untuk mengubah tegangan primer dari spul pengapian (tegangan primer) menjadi tegangan sekunder kira-kira sebesar 15000 30000 volt yang cukup kuat untuk membantu pengapian motor. Coil Kumparan pengapian. biasanya hanya dengan menempelkan body busi ke body mesin. dipastikan kondisi busi bagus. ada baiknya businya diganti.wordpress.- No. setelan pengapian/platina terlalu cepat(maju).com/2008/08/20/know-your-engine-with-spark-plugs-busi/). terjadi karena : pemasukan udara/angin terlalu besar.

snc3/21041_281878858210_617458210_3268996_7545669_n. Platina Platina adalah suatu alat yang digunakan pada mesin untuk pengapian. busi akan memercikan bunga api karena posisi platina terbuka.jpg harus baik dan spul pun begitu. Spul Pengapian Dengan memanfaatkan Hukum Faraday yaitu perubahan medan magnet pada kumparan (spul pengapian) yang akan menghasilkan aliran listrik pada kumparan tersebut.com/wp-content/uploads/2010/03/Vespa10.ak. nah pada saat piston diatas (titik mati atas). kemungkinan magnetnya sudah lemah.scootmaine. d. kemudian ketika platina menutup lagi tegangan tersebut akan dinetralisir atau di grounded lagi. . Aliran listrik ini kemudian dikirimkan ke coil untuk dinaikkan tegangannya. spul listrik (lampu) yang baik.fbcdn. e. Apabila ini terjadi maka dalam hitungan menit maka platina kita akan hangus dan habis terbakar. Lemahnya medan magnet akan membuat pembakaran kurang sempurna. makanya kalau kondensornya rusak. Besar kecil percikan api yang keluar dari spul ini tergantung juga dengan magnet. maksudnya untuk mengatur waktu pengapian. mbrebet dech. Kondensor Medan magnet yang terjadi pada koil juga menghasilkan tegangan pada kumparan (spul pengapian) itu sendiri. yaitu masih mengandalkan pegas yang menempel pada rotor . bahwa untuk menghasilkan kondisi kelistrikan Spul Pengapian atas kiri.net/hphotos-aksnc3/hs223. Jadi pada saat piston pada posisi dibawah (titik mati bawah) busi tidak mengeluarkan api karena posisi platina tersambung. Platina menggunakan cara konvesional untuk mematikan dan menyalakan busi. ada baiknya kekuatan magnet Sumber : http://www. selain itu k Kondensor Sumber e : http://photos-d. Perlu dicatat. apabila tegangan ini tidak di netralisasikan atau digrounded maka akan terjadi lompatan bungan api pada platina. tegangan ini terjadi ketika posisi Platina terbuka.jpg t jika platina posisi terbuka kondensor menampung sementara tegangan tersebut. Bila percikan api yang keluar dari kabel spul kecil.c.

jarak kerenggangan pada platina juga tergantung pada rotor. maka penulis jamin. atau memacu vespa diatas standar rata-rata kecepatan (60km/jam).Jarak kerenggangan platina juga berbeda pada setiap mesin. Proses Pemampatan 3. maka berpengaruh pada kerenggangan platina yang dapat menyebabkan pembakaran yang kurang sempurna. f. Namun biasanya jaraknya adalah antara 2mm – 5 mm. pembakaran yang tidak sempurna dan terkadang terjadi ledakan. Jarak yang terlalu rapat atau terlalu renggang dapat menyebabkan kurangnya tenaga. maka stabilitas proses sambung dan buka pada platina menjadi kurang sehingga mengakibatkan proses pembakaran yang kurang baik.jpg . ada yang rapat. Jika rotor kurang baik.com/25fmx6g. Proses Pengkabutan 2. Rotor Rotor vespa berfungsi untuk membuat platina tersambung dan terbuka. yaitu perilaku pengendara sendiri. Apakah sering memainkan gas. vespa anda akan irit. Bila rotor atau bantalan kanvas sudah aus juga. Ariyanto Dari berbagai sumber. Selain itu. Edited by. Kesimpulan : Hemat BBM tergantung pada : 1.tinypic. Namun ada satu hal lagi yang membuat vespa anda hemat BBM. . Kerenggangan dan stabilitas gerakan platina dipengaruhi oleh rotor dan bantalan kanvas yang ada di platina. Rotor Sumber :http://i44. ada pula yang renggang. Proses Pembakaran Jika ketiga hal diatas sudah baik.