P. 1
contoh_proposal_tugas_akhir

contoh_proposal_tugas_akhir

|Views: 108|Likes:

More info:

Published by: Pukornov GoeGie Ishadi on Dec 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2013

pdf

text

original

PROPOSAL JUDUL TUGAS AKHIR NAMA N.I.

M : Pukornov Ishadi : 09223813

Usulan Dosen Pembimbing : JUDUL TUGAS AKHIR : Analisa QoS (Quality of Services) Koneksi jaringan

Internet Menggunakan CDMA EVDO (Evolution Data Optimized) ============================================================== 1.1 Latar Belakang Komunikasi dalam pengertiannya mempunyai banyak definisi yang sangat luas. Kegiatan berkomunikasi dilakukan oleh manusia dilakukan setiap waktu. Karena komunikasi ini aktivitas yang menonjol yang dilakukan manusia, maka kebutuhan komunikasi bisa disebut sebagai kebutuhan dasar. Dalam perkembangannya baik teknologi juga meningkatnya kebutuhan komunikasi antar manusia. Berkembanglah pula istilah ‘Telekomunikasi’ yang diambil dari kata tele yang berarti jarak. Maka telekomunikasi adalah komunikasi yang berjarak. Komunikasi yang dibutuhkan oleh masyarakat luas sekarang ini tidak hanya terbatas pada layanan suara atau tulisan saja, namun juga harus dapat mendukung mobilitas yang tinggi. Dalam memenuhi kebutuhan manusia tersebut, oleh karena itu diperlukan pula teknologi yang bisa mengakomodir komunikasi dengan layanan multimedia (gambar, suara, video, audio) yang mudah pula di akses kapan saja dan dimana saja. Sistem Komunkasi bergerak yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut yakni, system telekomunikasi generasi ketiga. Sistem telekomunikasi generasi ketiga mempunyai kelebihan dalam hal bandwidth yang lebar. Hal inilah yang memungkinkan pengguna untuk lebih mendapatkan layanan. Bukan saja layanan suara dan teks, namun dapat pula menikmati layanan multimedia dengan kecepatan tinggi. Pada awal teknologi generasi ketiga atau dapat disebut 3G (third generation) hanya dapat dinikmati di daerah-daerah tertentu saja. Kota-kota yang besar dan jalan besar adalah area yang dikosentrasikan untuk pemenuhan koneksi 3G. Seiring berjalannya waktu, koneksi 3G sudah bisa dinikmati oleh masyarakat luas hingga

1

1.1 Keluarga Telekomunikasi Seluler Generasi Ketiga 2 . dan high traffic.2 Pokok Permasalahan Pokok Permasalahan utama yang akan dibahas adalah.kepelosok desa.3 Batasan Masalah Dalam penulisan tugas akhir ini penulis memberikan batasan masalah pada QOS (Quality of Services) yang akan menganalisa lebih dalam tentang kecepatan data (throughput) yang didapatkan oleh subscriber (pelanggan) pada jarak minimum. Untuk alternatif penggunaan teknologi 3G kita dapat memilih teknologi EVDO. dapat ditentukan kualitas bagaimana throughput terbaik yang diakses oleh user (pelanggan) dalam memenuhi kebutuhannya akan akses internet. low traffic.4 Dasar Teori • Jenis-Jenis Teknologi Generasi Ketiga Keluarga Generasi Ketiga dalam dunia telekomunikasi ada 3 jenis : Gambar 1. Selanjutnya dari hasil tersebut. maximum. bagaimana kecepatan data didapatkan oleh pelanggan. 1. 1. Berdasarkan dari hasil dilapangan akan dianalisa dan dilakukan beberapa metode pengambilan data.

pengguna dapat mengakses jaringan secara bersamaan dalam satu waktu dan frekuensi yang sama.2 Teknik Spread Spectrum 3.1. serta Gambar 1. Dalam teknik pengunaanya teknologi ini menawarkan cost. WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access) adalah standar air interface generasi ketiga pada jaringan telekomunikasi seluler. CDMA1x (Code Division Multiple Access) ini merupakan salah satu teknik dalam keluarga Teknologi Seluler Generasi Ketiga. Teknk pengkodean adalah faktor yang menunjang CDMA dapat memberikan pelayanan jaringan kepada pengguna dalam waktu yang bersamaan. adanya teknik spread spectrum yang akan merubah sinyal informasi yang dikirimkan dibawah level noise melebarkan bandwith. Kelebihan dari teknologi ini. performa dan daya yang kecil. TD-SCDMA (Time Division Sychronous Code Division Multiple Access) Teknik ini dikembangkan di Negara Republik Rakyat Cina oleh CATT (Chinese Academy of Telecomunications Academy). WCDMA menggunakan sepasang frekuensi dengan bandwidth 5 MHz kanal radio. kapasitas. 2. Hal lain dari teknik CDMA yaitu. Upaya pengembangan teknologi ini bertujuan agar tidak bergantungnya negara Asia terhadap teknologi dari negara- 3 .

Teknologi ini mengakomodsasi pengguna untuk mendapatkan layanan yang lebih baik. Teknologi EVDO memberikan kecepatan data secara teoritis sebesar 2.3 Panjang frame antara CDMA2000 and EVDO EVDO menggunakan IP sebagai dasar protokolnya dan satu frame yang digunakan dibagibagi menjadi beberapa slot. Gambar 1. karena jaringan yang berbasis IP ini akan dipisahkan dengan jaringan yang mengakomodir kanal suara. Sesuai dengan namanya data optimized. 1 frame dibagi menjadi 1/16 slot. Metode pengiriman data yang digunakan menggunakan system paket data. kanal yang disiapkan adalah kanal yang berfungsi penuh untuk pelayanan data. • CDMA1X EVDO CDMA 1XEVDO (Evolution Data Optimized) adalah teknologi lanjutan dari CDMA2000. Untuk pengembangan selanjutnya dan sudah diimplementasikan di Indonesia. yaitu CDMA1XEVDO RevA dengan kecepatan teoritis hingga 3.negara Barat. Dengan teknologi diharapkan tidak perlunnya kembali untuk membayarkan paten kepada pemegangnya dinegara barat.1Mbps. Frame EVDO yang digunakan mempunyai panjang yang sama dengan satu cycle frame CDMA2000. Tidak seperti teknik 4 . Setiap slot yang ada disediakan utntuk satu pelanggan yang akan memegang informasinya.45Mbps.

5 Slot yang tergabung menjadi frame. Jadi 1 frame adalah kumpulan dari 16 slot. satu slot akan dipenuhi oleh muatan data.5 Pembahasan 5 . namun slot ini akan selalu dikirim kepada pelanggan jika sewaktu-waktu siapapun memerlukannya. 1.4 Slot forward link Slot-slot yang sudah terisi oleh data-data yang dibutuhkan oleh pelanggan. Itu adalah alasan mengapa EVDO ini mempunyai kecepatan data lebih baik dari teknologi sebelumnya.TDMA bahwa satu slot yang digunakan akan diduduki oleh satu pelanggan hingga selesai digunakan. Dalam teknik forward link slot. Gambar 1. Berikut contoh slot yang digunakan dalam satu slot EVDO : Gambar 1. Dalam penjelasan tersebut jelas terlihat bahwa dalam satu frame tersebut mayoritas dipenuhi oleh muatan-muatan data. akan dikumpukan dalam satu frame.

1.6 Diagram alir Tugas akhir Diakhir bab akan didapatkan kesimpulan dari hasil analisa yang didapat dari teori. Alasan tiga kegiatan ini dilakukan bersamaan agar proses pengembangan dan informasi yang didapatkan bisa saling melengkapi. Misalkan ketika mengembangkan dasar teori. disitu pula bisa dengan mudah diketahui pemahaman yang kurang. 1. yaitu : Pengumpulan dasar teori. studi lapangan. Start Pengumpul an Dasar Teori Studi Lapangan (pengambilan data) Data Untuk Bab III Konsultasi Dengan RF Engineer Pengembangan Bab III dan Analisa Bab II Kesimpulan Gambar 1.Proses pengerjaan skripsi dilakukan dengan cara bersamaan. ada tiga kegiatan yang dilakukan. dan konsultasi dengan RF engineer. dan dapat didiskusikan dengan engineer terkait untuk memberikan pemahaman dalam teori maupun pengambilan sample data. dan konsultasi dengan pihak yang berkompeten dibidang ini. studi lapangan. diharapkan user (pengguna) dapat menentukan bagaimana untuk mendapatkan kualitas throughput terbaik.6 Hasil yang Diharapkan Analisa yang didapatkan setelah tugas akhir ini selesai.7 Metode Pendekatan 6 . Kualitas dalam hal ini adalah bagaimana standar kualitas ini dapat dimaksimumkan. Berikut dibawah ini adalah flow chart (diagram alir) yang menjadi pedoman penggarapan tugas akhir ini.

Mendasarkan sumber teori sebagai penopang analisa b. bab ini berisi Latar Belakang Masalah. alokasi frekuensi. disini penulis menjabarkan konsep dasar. BAB III. namun setiap bab memiliki hubungan satu dengan yang lainnya dan pembahasan pada setiap sub bab untuk menambah pengertian dan maksud dari bab yang dibahas. dan sistematika penulisan tugas akhir. yaitu secara langsung mengamati implementasi sistem CDMA EVDO c.8 Sistematika Penulisan Pembahasan tugas akhir ini terdiri dari 5 (lima) bab. JARINGAN EVDO. Konsultasi dengan para RF (radio frequency) engineer CDMA EVDO yang telah berpengalaman dalam bidang ini 1. fungsi dan sistem jaringan dari teknologi telekomunikasi 7 . BAB II. Metode Pendakatan Masalah. DASAR TEORI. Studi lapangan (observasi).Metode yang dipakai dalam penyusunan tugas akhir ini adalah dengan melakukan: a. kedua. bab ini berisi mengenai definisi telekomunikasi. penjabaran umum dari telekomunikasi serta dasar telekomunikasi. PENDAHULUAN. Pokok Permasalahan . Batasan masalah. Selain itu bab ini juga berisi tentang penjabaran umum dari komunikasi bergerak generasi pertama. dan ketiga serta membahas tentang perkembangan teknologi yang ada di masing-masing generasi tersebut. Sistematika tugas akhir adalah sebagai berikut: BAB I. setiap bab membahas masalah masing-masing.

Rencana Kerja 8 . dalam bab ini berisi uraian mengenai kesimpulan dari pembahasan tugas akhir serta saran-saran penulis tentang kelemahan sistem. KESIMPULAN. Menganalisa kecepatan data yang didapatkan oleh pengguna pada saat trafik tinggi maupun rendah. 2. juga kecepatan data yang didapatkan dibandingkan dengan teoritis yang sebelumnya telah dijelaskan pada bagian BAB III.bergerak generasi ketiga EVDO (Evolution Data Optimized) yang menjadi penopang teknologi generasi ketiga pada metode CDMA BAB IV. Simulasi dilakukan pada BTS yang berada pada jantung kota Jakarta agar bisa didapatkan peak hour dengan jumlah pelanggan yang cukup banyak. ANALISA QOS (Quality of Services) EVDO. BAB V. dan pada low trafik dengan jumlah pengguna yang rendah. sarana penunjang yang dibutuhkan. dan cara pencapaian performa optimum yang bisa dilakukan bagi aplikasi dan pengembangan sistem.

Huawei. BSS Packet Switched System Description.” Mengenal Teknologi Informasi ”. Marta Dinata. Support. P.org. The document is for CDMA BSS 7. Shenzen: Huawei. from http://en. from http://3gstore. 2011. & Xerandy. Stalling.d.0 version.com/page/78_what_is_evdo_mobile_broadband. Z. (n. Thamir Abdul Hafedh. &. 7. Lin Qing. (p. 5. (2006).3. Shenzen: Huawei. Retrieved April 18. White Paper . (2009). Introducation of CDMA2000 1x EVDO RevB (20090526). Complaints analysis report on very slow EVDO speed.com: Support.). (2010. Nichol/XuJunying149224. william.com.com 6. http://en. 2002 10. Retrieved 04 11. Jakarta. 17. Wikipedia.wikipedia. Team. In C.Huawei.html. from Support. 1xEVDO Rev A. 4. Huawei CDMA EVDO Rev A QoS in BSS. Tabratas Tharom. Ercison Radio System Jakarta. 21 April 2011 -----------------------------Suwandi Adi Riseso Sukadi 9 . 2011.wikipedia.org/wiki/Code_Division_Multiple_Access. Daftar Pustaka 1. 2. Huawei. Edisi Indonesia Terjemahan Al-Hamdany. Baxter. S. (2011). http://3gstore. 2011. Retrieved april 20. (2011). Salemba Teknik Jakarta 9.Huawei. 31). November). USA. ”Komunikasi Data dan Komputer”. Elexmedia Komputindo. 8. 3. (2007).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->