P. 1
Tata Cara Tes Diagnostik Bagi Guru Smp - Copy

Tata Cara Tes Diagnostik Bagi Guru Smp - Copy

|Views: 50|Likes:

More info:

Published by: Smpn Doessel Jakarta on Dec 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/05/2011

pdf

text

original

PETUNJUK TEKNIS

TATA CARA PENDAFTARAN dan TES DIAGNOSTIK ONLINE BAGI GURU SMP DKI JAKARTA KHUSUS MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL
A. PENDAFTARAN (http://simdik.info) Operator sekolah (negeri dan swasta) mendaftarkan semua guru (kelas 7, 8 dan 9) yang mengajar mata pelajaran yang di UN kan (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA) melalui website http://simdik.info setelah login melalui menu Formulir:

1. Biodata Guru Klik sub menu Biodata Guru, maka akan tampil menu sebagai berikut :

Klik menu Tambah, maka akan tampak layar sebagai berikut : Petunjuk Teknis Tes Diagnostik Guru SMP 2011 Online Hal. 1

Registrasi sebagai usernamenya. Guru yang mengajar lebih dari 1 (satu) sekolah agar di input di 1 (satu) sekolah saja. 2 . silahkan perbaiki pada menu Edit (menu Hapus tidak diaktifkan). maka ketika akan disimpan secara otomatis sistem akan menolak data guru tersebut.Input Biodata Guru pada kolom yang telah disediakan mulai tanggal 7–9 November 2011 (termasuk passwordnya) kemudian klik Simpan. Maka secara otomatis data guru tersebut akan tersimpan dan mendapatkan No. Jika NUPTK nya sama. Petunjuk Teknis Tes Diagnostik Guru SMP 2011 Online Hal. Jika masih terdapat kesalahan input.

3 . dengan cara mencentang kolom (kotak) yang ada di depan pada nama guru tersebut seperti dibawah ini : Klik menu Edit sebagai berikut : didepan LATIHAN 2011. maka tampak pada layar Klik kolom depan pada data guru (tanda centang).Untuk guru yang belum mempunyai NUPTK pada kolom NUPTK nya dikosongkan saja. selanjutnya operator mendaftarkan guru yang telah di input agar dapat mengikuti tes online sesuai dengan mata pelajaran dan jadwal yang telah ditentukan pada menu Daftar Tes Online. Simdik akan merekap semua data guru yang di input oleh operator sekolah untuk mengecek guru yg di input lebih dari 1 (satu) kali. 2. DAFTAR TES ONLINE Setelah semua nama guru yang mengajar mata pelajaran ujian nasional (UN) di input melalui menu Biodata Guru. maka guru tersebut dapat mengikuti kegiatan Latihan 2011 untuk melakukan ujicoba sesuai dengan jadwal dan waktu yang telah ditentukan. Petunjuk Teknis Tes Diagnostik Guru SMP 2011 Online Hal. lalu klik Simpan.

3. MENCETAK USERNAME & PASSWORD Setelah didaftarkan.Kemudian lakukan juga hal yang sama pada menu Edit TDG SMP 2011. agar guru tersebut dapat mengikuti Pelaksanaan Tes sesuai dengan jadwal dan waktu yang telah ditentukan. 4 . Username Perorangan Diberikan pada guru yang bersangkutan untuk digunakan pada saat ujicoba dan pelaksanaan tes sesuai dengan jadwal. Petunjuk Teknis Tes Diagnostik Guru SMP 2011 Online Hal. maka akan tampak pada layar sebagai berikut : Data sesuai dengan data guru yang telah di input. maka selanjutnya operator mencetak username perorangan dan kolektif pada menu Report. Pilih Lihat di  Layar. 1. kemudian klik menu Print dan cetak.

Pilih Lihat di  Layar. 3. Username Kolektif Disimpan di sekolah sebagi arsip. Petunjuk Teknis Tes Diagnostik Guru SMP 2011 Online Hal. maka akan tampak pada layar sebagai berikut : Klik menu print kemudian cetak. Rekap Peserta Online pada menu report Menu ini digunakan oleh Sanggar untuk penempatan dan pembagian peserta tes online sesuai dengan mata pelajaran (baik hasil tes latihan maupun hasil tes sebenarnya).2. 5 .

6 . B.simdik. maka akan tampak pada layar sebagai berikut : Pada saat tes online guru diwajibkan membawa laptop berikut modemnya. Guru tersebut membuka website http://tesonline. 5.info maka akan tampak pada layar sebagai berikut : Masukan : Username. Petunjuk Teknis Tes Diagnostik Guru SMP 2011 Online Hal. Setelah membuka website http://tesonline. Report masih akan kami tambah.info) Setelah di input dan didaftarkan oleh operator sekolah.info (ujicoba dan pelaksanaan tes dapat dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan (jadwal terlampir).4.simdik. Hasil Tes Online Perorangan Menu ini digunakan oleh sekolah/sanggar untuk mengetahui hasil tes online peserta berdasarkan mata pelajaran (baik hasil tes latihan maupun hasil tes sebenarnya). Password serta Security Code sesuai yang tertera pada layar. TES ONLINE (http://tesonline. maka guru tersebut dapat mengikuti Tes Diagnostik Online dengan menggunakan Username dan Password sesuai dengan bukti print out nya.simdik. kemudian klik Login. sesuai dengan jadwal dan tempat yang telah ditentukan.

2. soal yang akan dikerjakan. pilih satu jawaban pada kolom A. 7 . B. atau D. 3. 2. Edit Akun : Digunakan untuk mengganti password sebelumnya Setelah diganti kemudian klik Simpan (catat agar tidak lupa). Petunjuk Teknis Tes Diagnostik Guru SMP 2011 Online Hal. Logout/Keluar : Kembali ke menu awal sebelum login. maka akan tampak soal tersebut sesuai dengan nomor yang dipilih. My Akun 2. C. Soal Digunakan untuk membuka soal-soal yang akan dikerjakan (sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan).1.1. seperti pada layar dibawah ini : Klik no. Home Menu awal saat Login 2.

Soal yang sudah di jawab dan di simpan tidak dapat dibuka/dilihat kembali (pada nomor soal tampak buram). maka akan muncul note : Jawaban Telah Tersimpan. maka akan tampak note pada layar seperti dibawah ini : Petunjuk Teknis Tes Diagnostik Guru SMP 2011 Online Hal.info Soal-soal dapat dikerjakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. sedangkan untuk soal yang telah dibuka atau dilihat tetapi belum di jawab dapat dibuka/dilihat kembali serta dijawab. Jika Anda mencoba login bukan pada saat pelaksanaan uji coba atau tes. Setelah waktu mengerjakan soal sudah habis maka soal-soal yang belum dikerjakan tidak dapat dibuka/dilihat. Hasil tes online akan diumumkan di website http://simdik. 8 .Jika Anda sudah yakin dengan jawaban tersebut klik Simpan. Tidak ada penambahan waktu.

Bahasa Inggris 4. 2.00 WIB 08.info pada menu INFO GURU) 1.00 – 10.00 – 15.00 WIB 08. Bahasa Indonesia 3. Supported by : Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Copyright © 2011 SIMDIK. IPA 2. Bahasa Indonesia 3. Pelaksanaan Tes a. 16 November 2011 Kamis. Pagi No Mata Pelajaran 1. Bahasa Inggris 4. Hari/Tanggal Rabu.00 – 10.00 – 15.00 WIB 13. IPA Hari/Tanggal Kamis.00 WIB Hari/Tanggal Rabu.00 – 10. Uji Coba No Mata Pelajaran 1.info 2011 Petunjuk Teknis Tes Diagnostik Guru SMP 2011 Online Hal. JADWAL TES (Dapat di donwload di website http://simdik.00 – 10. Bagi guru yang tidak dapat mengikuti tes online di pagi hari dapat mengikuti pada siang harinya. 11 November 2011 Waktu 08. 18 November 2011 Sabtu. Matematika 2. 16 November 2011 Kamis. 17 November 2011 Jum’at.00 – 15. 10 November 2011 Kamis.00 – 10. 19 November 2011 Waktu 08.00 – 15. 18 November 2011 Sabtu.00 WIB 13. Guru yang telah menjawab soal tes online pada pagi hari tidak dapat mengikutinya kembali di siang hari.00 – 15.00 – 10.00 WIB 08. 17 November 2011 Jum’at. Bahasa Inggris 4.00 – 15. Matematika 2. Siang No Mata Pelajaran 1. Bahasa Indonesia 3.00 WIB 13.INFO Simdik. 11 November 2011 Jum’at. 9 .00 WIB 13.00 WIB 08.00 WIB 1.C. Matematika 2. IPA b. 10 November 2011 Jum’at.00 WIB Ket.00 WIB 13. 19 November 2011 Waktu 13.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->