Cara Basic Pemakaian Pemadam Fire Extinguisher (Racun Api

)

Penggunaan Pemadam Racun Api Meskipun terdapat beberapa jenis atau klasifikasi pemadam racun api (fire extinguisher), namun kebanyakan bekerja dengan cara yang serupa. Berikut adalah akronim (dalam bahasa Inggris) yang diharapkan bisa memudahkan Anda dalam mengingat cara penggunaan pemadam ini, yaitu PASS. Pull the pin Tarik pin yang terdapat pada bagian atas tabung pemadam. Pin tersebut akan melepaskan sistem penguncian pada pemadam tersebut sehingga dapat mengeluarkan racun api untuk pemadaman api. Aim at the base of fire Arahkan tabung racun api tersebut ke sumber/ dasar api, bukan pada kobaran api! Ini penting, karena untuk memadamkan api, Anda harus memadamkan sumber atau dasar apinya. Squeeze the lever slowly Tekan tuas pemadam secara perlahan-lahan. Jika tuas dilepaskan, maka racun api akan berhenti disemburkan. Sweep from side to side Arahkan pemadam racun api dengan gerakan menyapu, yaitu dari satu sisi ke sisi yang lain hingga api benar-benar padam. Semburkan pemadam dari jarak yang aman, dan semburkan lebih dekat setelah api mulai padam. Pastikan Anda membaca terlebih dahulu instruksi yang terdapat di tabung pemadam, karena masing-masing tipe pemadam menganjurkan jarak aman yang berbeda-beda. Ingat, ketika api telah dipadamkan, jangan langsung meninggalkan area yang terbakar. Pastikan sekali lagi in case ada percikan api yang dapat menyala lagi. Isi ulang fire extinguisher setelah pemakaian. Jika Anda membutuhkan solusi terpadu untuk kebutuhan alat pemadam api, seperti alat pemadam api ringan (APAR), selang pemadam, fire pump, hydrant equipment, seragam pemadam kebakaran, dan perlengkapan pemadam api lainnya, Anda dapat mengkonsultasikan

kebutuhan Anda dengan menghubungi 24-hour contact center PT. Pemadam api tidak dirancang untuk digunakan pada kebakaran yang sudah tidak terkontrol. gas penyembur disimpan pada ruang yang sama dengan bahan pemadam kebakaran tersebut. Indolok Bakti Utama di nomor 0804 133 8383. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Alat pemadam api Alat Pemadam Api adalah alat perlindungan kebakaran aktif yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. jika berbeda maka bahan pendorong yang digunakan juga berbeda. Pada alat pemadam berisi bahan . You might also like: Fire Extinguisher: Salah Satu Produk Pemadam Api Gunnebo Mengenal Alat Pemadam Api Fire Extinguisher Pyromax: Racun Api dengan Harga Ekonomis LinkWithin Pemadam api Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Umumnya alat pemadam api terdiri dari sebuah tabung ber tekanan tinggi yang berisi bahan pemadam api. Dalam unit bertekanan di dalam. Tergantung pada bahan yang digunakan. misalnya ketika api sudah membakar langit-langit. umumnya dalam situasi darurat. Ada dua jenis utama alat pemadam kebakaran : yaitu bertekanan di dalam dan dioperasikan oleh cartridge.

digunakan terutama untuk fasilitas industri. Tidak seperti jenis bertekanan di dalam yang menggunakan nitrogen. Serta Dok dan pelabuhan. heliports. alat pemadam air dan busa biasanya menggunakan udara. meskipun model cartridge nitrogen juga kadang digunakan pada temperatur rendah. kimia kering (kelas ABC dan BC). mendorong bahan pemadam. karena mudah dibawa dengan tangan. umumnya digunakan nitrogen. Jenis alat pemadam yang digunakan di seluruh dunia dioperasikan oleh Cartridge tersedia dalam bahan kimia kering dan jenis serbuk kering serta berbahan basah seperti air. busa. berikutnya adalah Alat pemadam api beroda biasanya memiliki berat badan 23 + kilogram (50 + pound). serta memiliki keuntungan karena lebih sederhana sehingga memungkinkan pemakai untuk cepat melaksanakan pemadaman.kimia kering. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Alat pemadam api . Alat Pemadam api selanjutnya terbagi lagi menjadi pemadam genggam portable yang juga disebut alat pemadam genggam dengan berat antara 0. Pemadam api Dari Wikipedia bahasa Indonesia.5-14 kilogram (1 sampai 30 pon). Jenis ini tidak seperti biasa. Model beroda ini yang paling sering ditemukan di lokasi bangunan. hingga mampu mengendalikan api dalam kurun waktu yang cepat. Alat pemadam api bertekanan di dalam adalah jenis yang paling umum. di mana memerlukan penggunaan dengan kemampuan yang lebih tinggi dari yang biasa. bandar udara. Sedangkan jenis Alat pemadam yang dioperasikan Cartridge gas penyembur berisi dalam cartridge yang terpisah yang harus ditekan lebih dulu sebelum mengalir keluar. alat pemadam ini menggunakan pendorong karbon dioksida bukan nitrogen. dan bubuk kering (kelas D) .

Jenis ini tidak seperti biasa. umumnya dalam situasi darurat. kimia kering (kelas ABC dan BC). Tergantung pada bahan yang digunakan. Alat Pemadam api selanjutnya terbagi lagi menjadi pemadam genggam portable yang juga disebut alat pemadam genggam dengan berat antara 0. alat pemadam air dan busa biasanya menggunakan udara. heliports. Dalam unit bertekanan di dalam. gas penyembur disimpan pada ruang yang sama dengan bahan pemadam kebakaran tersebut. dan bubuk kering (kelas D) . digunakan terutama untuk fasilitas industri. umumnya digunakan nitrogen. Umumnya alat pemadam api terdiri dari sebuah tabung ber tekanan tinggi yang berisi bahan pemadam api. berikutnya adalah Alat pemadam api beroda biasanya memiliki berat badan 23 + kilogram (50 + pound). Tidak seperti jenis bertekanan di dalam yang menggunakan nitrogen. mendorong bahan pemadam. Model beroda ini yang paling sering ditemukan di lokasi bangunan. busa.Alat Pemadam Api adalah alat perlindungan kebakaran aktif yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. di mana memerlukan penggunaan dengan kemampuan yang lebih tinggi dari yang biasa. misalnya ketika api sudah membakar langit-langit. bandar udara. Pemadam api tidak dirancang untuk digunakan pada kebakaran yang sudah tidak terkontrol. Serta Dok dan pelabuhan. hingga mampu mengendalikan api dalam kurun waktu yang cepat. Alat pemadam api bertekanan di dalam adalah jenis yang paling umum. karena mudah dibawa dengan tangan. Pada alat pemadam berisi bahan kimia kering. Sedangkan jenis Alat pemadam yang dioperasikan Cartridge gas penyembur berisi dalam cartridge yang terpisah yang harus ditekan lebih dulu sebelum mengalir keluar. jika berbeda maka bahan pendorong yang digunakan juga berbeda. alat pemadam ini menggunakan pendorong karbon dioksida bukan nitrogen. Ada dua jenis utama alat pemadam kebakaran : yaitu bertekanan di dalam dan dioperasikan oleh cartridge. .5-14 kilogram (1 sampai 30 pon). meskipun model cartridge nitrogen juga kadang digunakan pada temperatur rendah. Jenis alat pemadam yang digunakan di seluruh dunia dioperasikan oleh Cartridge tersedia dalam bahan kimia kering dan jenis serbuk kering serta berbahan basah seperti air. serta memiliki keuntungan karena lebih sederhana sehingga memungkinkan pemakai untuk cepat melaksanakan pemadaman.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful