P. 1
rpl4 - perencanaan proyek

rpl4 - perencanaan proyek

|Views: 384|Likes:
Published by anggar_55

More info:

Published by: anggar_55 on Oct 23, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/01/2013

pdf

text

original

Perencanaan Proyek Perangkat Lunak

Dr. M. Sarosa, Dipl. Ing. MT. msarosa@yahoo.com

1

1. Observasi dan Estimasi

2

Faktor yang mempengaruhi estimasi
Project complexity (kompleksitas proyek) Project size (ukuran proyek) Structural uncertainty (ketidakpastian struktural)

3

2. Tujuan Perencanaan Proyek
Menyediakan sebuah kerangka kerja yang memungkinkan manajer membuat estimasi yang dapat dipertanggung jawabkan mengenai sumber daya, biaya dan jadwal.

4

3. Ruang Lingkup Perangkat Lunak
Aktivitas pertama dalam perencanaan proyek perangkat lunak Menggambarkan fungsi, kinerja, batasan, interface, dan reliabilitas.

5

Informasi yang dibutuhkan untuk ruang lingkup (persyaratan untuk estimasi)
Diawali dengan informasi bebas konteks, misalnya:
Siapa di belakang permintaan kerja ini? Siapa yang akan memakai solusi ini? Apa keuntungan ekonomi yang diberikan solusi ini? Adakah sumber daya lain bagi solusi ini?

Informasi untuk lebih memahami masalah:
Tanda output yang baik yang akan dimunculkan Masalah apa yang akan dituju Lingkungan yang akan memakai batasan kinerja khusus yang akan mempengaruhi
6

Contoh Pembuatan ruang lingkup
Sebuah perangkat lunak untuk mengendalikan sebuah CLSS (conveyor line sorting system)

7

Contoh Pembuatan Ruang Lingkup (lanjutan 1)

Deskripsi CLSS:
Menyortir kotak-kotak yang bergerak sepanjang conveyor Identifikasi kotak menggunakan kode batang Mekanisme shunt dikendalikan oleh PC untuk menyortir kotak ke tempat penyimpanan Kotak berjalan dalam urutan acak dengan jarak dan kecepatan tertentu Tachometer difungsikan untuk mensinkronkan sinyal kontrol dan mekanisme shunt.

8

Contoh Pembuatan Ruang Lingkup (lanjutan 2)

Dekomposisi proses berdasarkan pengamatan statemen ruang lingkup dan fungsi perangkat lunak menghasilkan fungsi-fungsi:
Membaca input kode batang Membaca pulsa tachometer Mengkodekan bagian data kode Mengerjakan look-up data base Menentukan lokasi kotak penyimpanan Memproduksi sinyal kontrol untuk shunt Memelihara rekaman tujuan kotak

9

4. SUMBER DAYA

10

Karakteristik sumber daya
Deskripsi sumber daya Statemen ketersediaan Waktu kronologis sumber daya diperlukan Durasi waktu sumber daya diaplikasikan

11

Sumber daya manusia
Ruang lingkup sumber daya manusia
Posisi organisasi (manajer, perekayasa, perangkat lunak dll) Spesialisasi (telekomunikasi, database, client/ server)

Jumlah orang uang dibutuhkan untuk suatu proyek perangkat lunak dapat ditentukan setelah estimasi usaha pengembangan (spt personmonths atau person-years) dibuat. Untuk proyek perangkat lunak skala kecil dapat dilakukan oleh satu orang.
12

Sumber daya perangkat lunak reusable
Kategori yang harus dipertimbangkan pada saat perencanaan
Komponen off-the-self, perangkat lunak yang ada diperoleh dari bagian ketiga atau telah dikembangkan secara internal untuk proyek sebelumnya. Komponen Full-experience, spesifikasi, kode, desain atau pengujian data yang serupa dikembangkan untuk proyek saat ini Komponen partial-experience, aplikasi, kode, desain atau data pengujian yang sudah ada dimodifikasi untuk proyek saat ini Komponen baru, komponen perangkat lunak yang dibangun untuk proyek saat ini.

13

5. Estimasi Proyek Perangkat Lunak
Variabel yang mempengaruhi estimasi biaya perangkat lunak: manusia, teknik, lingkungan, politik dll. Pilihan untuk mencapai estimasi biaya:
Menunda estimasi sampai akhir proyek Mendasarkan estimasi pada proyek-proyek yang mirip dan pernah ada Menggunakan teknik dekomposisi untuk melakukan estimasi biaya dan usaha proyek Menggunakan satu atau lebih model empiris bagi estimasi dan biaya perangkat lunak.

14

6. Teknik Dekomposisi
Dekomposisi masalah, proyek yang sangat besar dapat didekomposisi berdasarkan permasalahan yang dikerjakan. Dekomposisi proses, dapat digunakan untuk memilih model proses yang paling tepat. Software sizing
Fuzzy logic sizing Function point sizing Standard component sizing Change sizing

Perkiraan berdasarkan masalah

15

16

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->