P. 1
Apa Itu Nitrogen

Apa Itu Nitrogen

|Views: 900|Likes:
Published by t-ndie

More info:

Published by: t-ndie on Dec 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/06/2014

pdf

text

original

Apa Itu Nitrogen? - wikiJawab.

com - Jawaban atas Segala Pertanyaan

Nitrogen adalah unsur kimia non-logam yang tawar, tidak berbau dan tidak berwarna yang ada dalam jumlah besar di atmosfer bumi. Unsur ini juga muncul di beberapa senyawa lain, dan merupakan komponen penting bagi kehidupan banyak organisme di Bumi. Selain menghirup nitrogen dalam setiap napasnya, sebagian besar organisme juga mengkonsumsi hidrogen dalam makanan mereka sehari-hari. Nitrogen dalam bentuk yang berbeda tersedia secara komersial, dari nitrogen cair supercoolant sampai oksida nitrit, yakni sejenis obat bius.  Gas ini adalah yang paling ringan dalam kelompok nitrogen unsur kimia, dengan nomor atom tujuh. Gas ini diidentifikasi pada tabel periodik unsur dengan lambang unsur N. Unsur lain dalam grup nitrogen meliputi bismut, antimon, dan arsen. Seperti unsur lainnya dalam grup ini, nitrogen membentuk ikatan yang kuat dengan unsur-unsur lainnya, karena kulit elektron terluar adalah kurang tiga elektron. Ikatan ini membuat nitrogen sangat stabil, oleh karena itu kadang-kadang digunakan sebagai penyangga gas.

Kira-kira empat per lima dari atmosfer bumi terdiri dari nitrogen, dan unsur ini adalah unsur ketujuh paling berlimpah di alam semesta. Meskipun banyak hewan tidak dapat menggunakan nitrogen dalam bentuk murni, hewan tetap perlu nitrogen untuk hidup, dalam bentuk senyawa seperti asam amino dan nukleat. Tanaman juga bergantung pada nitrogen untuk gizinya, dan beberapa tanaman dikenal sebagai pemecah nitrogen, dimana tanaman tersebut menangkap nitrogen dengan baik sehingga dapat digunakan oleh organisme lain.

Unsur ini pertama kali diisolasi pada tahun 1772, walaupun para peneliti sebenarnya sudah menyadari keberadaannya sebelum periode ini. Para ilmuwan tentu tahu bahwa udara tanpa oksigen tidak bisa dihirup dan tidak mudah terbakar, dan mereka juga tahu asam nitrat, suatu senyawa yang mengandung nitrogen, jauh sebelum tahun 1772. Penggunaan modern nitrogen termasuk menjadikannya sebagai gas mulai dalam kemasan dimana oksigen tidak diinginkan atau berbahaya, begitu pula halnya dengan kebanyakan makanan dan bahan peledak.

1/2

ini merupakan isu utama bagi nitrogen cair. yang dengan cepat berubah menjadi gas pada suhu kamar. Ketika bekerja dengan nitrogen cair.Apa Itu Nitrogen? .wikiJawab. nitrogen juga menyebabkan kondisi yang dikenal dengan penyakit dekompresi dan sering terjadi pada para penyelam. 2/2 . Pertama." penyakit dekompresi ditandai dengan gelembung nitrogen dan gas-gas lain dalam darah yang dibentuk oleh penurunan tekanan secara tiba-tiba. ventilasi yang baik sangat penting. ia dapat bertindak sebagai penyebab sesak nafas dengan menggantikan oksigen yang tersedia di udara. Selain itu.com .Jawaban atas Segala Pertanyaan Gas nitrogen murni memiliki beberapa risiko terhadap kesehatan manusia. Efek ini juga dikenal sebagai "tikungan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->