P. 1
Letak Geografis Portugal

Letak Geografis Portugal

5.0

|Views: 4,547|Likes:
Published by Nacevi Maulana

More info:

Published by: Nacevi Maulana on Dec 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/21/2013

pdf

text

original

BAB II PEMBAHASAN A.

LETAK GEOGRAFIS PORTUGAL Peta Portugal

Portugal terletak di benua Eropa, yang tepatnya terletak di bagian Eropa Selatan atau terkadang disebut Eropa Mediterania. Tidak ada penjelasan yang dapat mengartikan istilah tersebut tergantung faktor geografi, budaya, bahasa atau sejarah yang terdapat di sana. Telah disetujui bahwa Spanyol, Portugal, Italia dan Yunani, lebih umum negara-negara Mediterania di benua Eropa, adalah bagian dari Eropa Selatan. Perancis Selatan dan Turki Barat juga dimasukkan dalam wilayah ini. Secara geografi, Eropa Selatan merupakan setengah daratan Eropa. Artinya relatif, tanpa batas yang ditetapkan. Pegunungan Alpen dan Massif Tengah merupakan perbatasan fisik antara Italia dan Perancis dan seluruh Eropa.

1

Sungai Tagus (bahasa Latin Tagus. Jembatan ini juga merupakan yang terbesar di Eropa. Kata ini juga sebutan untuk bahasa yang dipakai oleh bangsa ini. Kata "Portugis" sering dipakai untuk menyebutkan penduduk atau orang yang berasal dari Portugal. 2 . Kota-kota utama yang dilalui oleh sungai ini adalah Aranjuez.Di Portugal terdapat sungai yang bernama sungai Tangus yang membelah kota menjadi dua.038 km. 47 km merupakan batas antara Portugal dan Spain serta 275 km sisanya di Portugal.2km. Talavera de la Reina dan Alcántara di Spanyol dan Santarem dan Lisabon di Portugal. Delta sungainya merupakan delta sungai terbalik. Toledo. Sungai ini memanjang sejauh 1. Sumber mata air sungai Tagus adalah Fuente de García. 716 km-nya berada di Spanyol. Bermuara di Samudra Atlantik di Lisabon. dan membentuk Laguna yang luas. yang terletak di pegunungan Albarracín. Negara-negara berbahasa Portugis sering disebut sebagai negaranegara Lusophone. Jembatan terbesar yang memotong sungai ini adalah jembatan Vasco da Gama dengan total panjang 17. Bahasa Portugis Tejo) adalah sungai terbesar di Semenanjung Iberia. bahasa Spanyol Tajo.

Lebih jelas tentang Portugal yaitu : 1). 2). Ibu kota Portugal yaitu Lisboa. Portugal berada di sebelah selatan Erasia. Negara Portugal merdeka pada tanggal 24 Juni 1128 dan diakui oleh Negara-negara lain pada 5 Oktober 1143. Portugal memiliki luas Wilayah 92. Batas – batas Portugal sebagai berikut :  Sebelah Utara : Teluk Bisca dan Spanyol  Sebelah Barat : Samudra Atlantik  Sebelah Selatan : Selat Gibraltar yang berpenduduk ± 10. Jadi. Bentuk Negara Portugal merupakan negara yang berbentuk Republik. Portugal juga mempunyai daerah di Madeira. Letaknya sangat strategis bagi perdagangan dan transportasi. yaitu Lisboa. Portugal mengklaim sebuah daerah kecil bernama 3 . Secara geografis. Azores dan Kepulauan Selvagens. wilayah Portugal terletak di Bumi Belahan Barat.095.170 jiwa dengan kepadatan penduduk ± 114 jiwa/ km2. Kota terbesar  Sebelah Timur: Sepanyol Selain itu.391 km². Kepala Negara Portugal yaitu Presiden dan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Bahasa resmi yang digunakan yaitu bahasa Portugis. Letak dan Luas Secara astronomis Portugal terletak pada 38°42′ LU 9°11′ BB . Lagu kebangsaan Negara Portugal yaitu A Portuguesa. sebab letaknya hampir berdekatan dengan Benua Afrika.

daerah ini mendekati pantai utara Afrika. dan terdiri dari Spanyol. jika dibandingkan dengan iklim laut Pantai barat. Andorra. atau Iberia. Siprus dan Malta. Merupakan semenanjung terbesar kedua di Eropa. pantai Kroasia. menghubungkannya dengan keseluruhan Eropa. Pegunungan Pyrenees membentuk ujung timurlaut semenanjung. musim panasnya (summer) keringhujan maksimum jatuh pada musim gugur dan musim dingin (winter). Semenanjung Iberia. dengan luas 582. hutan pinus. jarang sekali turun salju. Iklim Mediterania sering dianggap sebagai karakteristik Eropa Selatan. Jumlah hujan lebih sedikit. dan Balkan). Daerah tersebut meliputi timur laut dan selatan duapertiga Portugal. Iberia terletak di wilayah paling barat dan selatan. Iberia Kaukasia. B. Portugal. anggur dan terigu khususnya). Ciri.Olivença yang dikuasai Spanyol sejak Kongres Wina. Bosnia dan Herzegovina. pohon zaitun) dan habitat tradisional. tetapi dipegunungan saljunya sangat tebal. Wilayah Mediterania menampilkan alam yang serupa (bukit kering. Montenegro dan Albania. 3). di Georgia. Di selatan. dataran sempit. Iklim Iklim di Portugal yaitu Iklim mediterania. Italia. Pada derah daratab rendah. Cuaca pada musim dingin cukup cerah. Nama lama atau latin dari negara ini adalah Lusitania. sebagian Yunani. 4 . Nama "Iberia" juga digunakan sejak Yunani Kuno dan Romawi Kuno untuk teritori lainnya di sudut seberang Eropa. Berbatasan di selatan dan barat dengan Samudera Atlantik. Dari tiga semenanjung Eropa (semenanjung Iberia. Ini terjadi saat kekaisaran Romawi runtuh di semenanjung Iberia. pantai tenggara Perancis (bersama dengan pulau Corsica). dan Gibraltar dan sedikit Perancis. Wilayah ini juga merupakan asal tradisi makanan Eropa selatan (minyak zaitun. terletak di ujung baratdaya Eropa.cirinya.860 km². setengah selatan dan pantai timur Spanyol. seluruh Italia kecuali dataran Sungai Po dan daerah Alpen. PROSES MASUKNYA ISLAM KE PORTUGAL Masuknya Islam ke portugal sebenarnya sudah sejak lama.

khususnya negara portugal dibawah penguasaan kaum muslim. Valentilo. berlangsung peperangan antara kaum muslimin dengan kaum nasrani yang mengakibatkan jatuhnya kota Lisabon ke tangan Alfonso Hendrik. Peristiwa tersebut sekaligus menandai kedatangan pertama agama islam ke semenanjung Iberia. raja Visigoth. Eyyo dan Lorca. daerah hangat yang memilki tanah subur dan alam yang indah. Selain itu juga banyak para penguasa wilayah membuat perjanjian damai dengan kaum muslim. Salah seorang raja yang ketika itu tengah diambang menderita kekalahan. Bigastro. Diantara butir kesepakatan tersebut adalah bahwa keluarga Teodomiro tidak akan dipaksa beralih agama dan gereja-gereja yang ada diwilayahnya tidak akan dihancurkan. Perjanjian yang sama berlaku pula ditujuh kota lain yakni Orihuela. Pada tahun 541 H/ 1147 M. Abdul .Kekaisaran roma runtuh.Aziz pada tahun 713 M. 5 . Alicante. Dan tak lama pasukan sang pangeran pergi untuk memerangi Rodrigo. tercipta suasana saling menghormati antar pemeluk agama disejumlah kawasan. Para penguasa negara tersebut lantas saling berperang satu sama lain untuk memperebutkan dan memperluas wilayah. Kejadian ini terjadi pada tahun 708 M. Penduduk dipersilahkan menjalankan praktek keagamaan mereka masingmasing dan tidak ada paksaan bagi mereka untuk berpindah kepercayaan. dan memenangkan perang tersebut. Salah satu yang terkenal adalah perjanjian antara Teodomiro dengan Pangeran dari Murcia. meminta bantuan dari pangeran Arab dan penglima perang yang bernama Musa Bin Nashir. Kawasan utara yang ditinggalkan oleh kaum muslim menjadi kawasan pertama yang didiami oleh kaum nasrani dan dijadikan markas untuk berbalik menyerang kaum muslimin. Bantuanpun disanggupi olehnya. kaum muslim hijrah kedaerah pegunungan dingin di utara dan turun gunung menuju selatan. pecah terbagi dalam beberapa negara salah satunya Portugal. Akan tetapi setelah berhasil menaklukkan Portugal. Mula.

Secara keseluruhan kaum muslim arab menguasai Portugal hingga tahun 1249 M dan semenanjung Iberia sampai 1492 M. Kehadiran Islam selama sekitar 8 Abad membawa perubahan yang baik.wilayah Portugal. berasal dari kata Portugis mudajar yang berarti tetap bertahan. kaum muslim mendapat sebutan sebagai bangsa Moor. Disejumlah wilayah Iberia. kota Serpa. jatuh. Dengan melihat sekilas sejarah tersebut. Karena mereka cukup menguasai berbagai disiplin Ilmu dan kesusastraan.Idrisi saat menuliskan sejarah islam dikota Selpa.Dia lantas memproklamasikan diri sebagai raja Portugal. sebagian umat Muslim masih menetap diwilayah. baik yang tinggal dikota maupun didesa pada umumnya berbicara dengan bahasa Arab. maka Selpa menjadi salah satu kota terkenal sewaktu kaum muslimin masih berjaya disana. dianggap lebih unggul dari orang-orang Arab dan kaum muslimin pada umumnya. Mereka disebut sebagai kaum Mudayyun. Akhirya sekitar tahun 647 H/ 1249 M wilayah bagian selatan Portugal dan pusatnya. Dengan alasan itupula. Banyak ilmuwan Portugal yang tertarik mempelajari islam antara lain : 1) Alexandre Herculano 2) Oliveira Pereira 3) Frei Joo de Sousa 4) A Farinha de Carvalho 5) Antonio Dias Farinha 6) Adalberto Alves J Hermano Saraiva 7) Claudio Torres 8) Jose Mattoso Setelah kemenangan kaum nasrani tersebut. Seorang ahli sejarah menyebutkan bahwa ketika itu semua penduduk portugal yang non muslim. maka tak heran bila Portugal dulu sebenarnya kental dengan nuansa keislaman. 6 . Selain itu tokoh-tokoh islam asal portugal serta sejumlah besar penduduk Portugal ketika itu. Bahkan bahasa arab pernah dipergunakan sebagai bahasa sehari-hari. sebagaimana disebutkan oleh Al.

Namun sebenarnya ghirah keislaman di sana sudah sejak lama hanya saja mulai menggeliat di sana sejak awal tahun 1960. tepatnya pada tahun 1968.000 jiwa dari berbagai etnis yang berasal dari beberapa negara terutama negara-negara bekas jajahan Portugal. Comunidade Islamica de Lisboa ( Islamic Community of Lisabon) adalah salah satunya. Delapan tahun kemudian. Afrika. PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM Di portugal. islam islam baru mulai diperhitungkan sebagai keyakinan. Lembaga tersebut merupakan lembaga islam pertama yang menampung aspirasi dan keinginan umat Islam dalam melebarkan dakwahnya. hanya saja ketika itu kaum muslim Portugal belum terkoordinir dengan rapi. Saat ini jumlah kaum muslimin diportugal diperkirakan mencapai 30.C. Lembaga ini dibentuk oleh 17 cendikiawan muslim Portugal tahun 1985. keberadaan Islam terbilang baru. kaum muslimin dari Makao. Comunidade Islamica de Lisboa tak hanya diperuntukkan bagi umat muslim pribumi. akan tetapi ditujukan pula pada warga muslim ekspatriat berkewarganegaraan asing namun sedang tinggal beberapa saat disebuah negara. Bersamaan dengan berdirinya lembaga tersebut. ditahun yang sama. ” markas ” tersebut sekaligus difungsikan sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah ritual seperti Shalat. Kaum muslimin di Portugal terbagi menjadi beberapa kelompok. dari keturunan orang-orang muslim India yang nenek moyang mereka bekerja di negara-negara bekas jajahan 7 . dibawah pimpinan pertamanya. muncul sebuah lembaga keagamaan dan kebudayaan Islam. keberadaan Islam baru mulai diperhitungkan. dari bagian timur Indonesia.Jama’ah al-Islamiyyah Lilisybunah. Lembaga ini menyewa sebuah apartemen untuk mereka jadikan sebagai sekretariat lembaga. dari pulau Goa di India. Uniknya. Tigapuluh enam tahun atau lebih tepatnya pada 1968. di antaranya kaum muslimin yang barasal dari Mozambik. Sulaiman Valy Mamede. dengan berdirinya sebuah sebuah lembaga Islam Portugal di Lisabon dengan nama Al.

Maroko. kaum muslimin yang datang dari negara-negara Arab. Saat ini jumlah siswa siswi yang belajar disekolah Dar al-Ulum al-Islamiyyah. mulai bermunculan. kurang lebih terdapat 70 pelajar dengan dibantu 7 orang tenaga pengajar. maka pada tahun 1977. Sekolah ini setingkat dengan sekolah menengah pertama dan menengah atas. dan kaum muslimin penduduk asli Portugal yang baru masuk Islam. 8 . Bukti lain tentang meningkatnya grafik semangat keislaman muslim Portugal. Evoradi di selatan dan di Porto kota tertua di Portugal. namun jumlah mereka sangat sedikit. di Ibukota Lisabon juga terdapat sekolah Islam yang bernama Dar al – Ulum al-Islamiyyah yang berdiri tahun 1995. adalah dengan banyaknya bermunculan majalah jurnal dan buku-buku keislaman. Kota Lisabon adalah salah satu kawasan yang terpilih untuk aktivitas kegiatan muslim. Pada tahun 1985 telah berdiri badan pengawas dari beberapa kedutaan besar negara Islam untuk Portugal di bawah kendali kedutaan besar Maroko. pemerintah portugal akhirnya memutuskan untuk memberikan sebidang tanah kepada kaum muslim guna membangun mesjid dan Islamic Center. Selain bangunan ibadah. beberapa mesjid. namun merekapun mampu menerbitkannya dalam bahasa Arab. bekas jajahan Portugal. Sekarang di Portugal telah berdiri dua mesjid jami' dan 17 mushalla yang sebagian besar terletak di Lisabon dan empat mushalla di kota Coimbra bagian tengah Portugal. mushalla dan halaqah tahfid al-Quran al-karam serta beberapa kelas untuk mempelajari bahasa Arab dan ilmu-ilmu Islam lainnya. selain itu. Aljazair dan lainnya.Filado kondah di utara.Portugal seperti Mozambik dan lainya. seperti Mesir. Mereka menerbitkan sejumlah jurnal bukan hanya dengan bahasa Portugal. Kesemuanya ini merupakan kawasan dimana kaum muslim telah menegaskan keberadaannya. dengan alasan bertambah banyaknya jumlah kaum muslim di sana. kaum muslimin dari Kenya.

majalah Al Furqan melansir berita yang menyebutkan terjadinya kesalahan tefsir dari terjemahan alQuran tadi. tepat pada saat diterbitkannya al-Quran terjemahaan berbahasa Portugal oleh Jose Pedro Machado. diantaranya penyelenggaraan konferensi Islam. Al Furqan adalah salah satu media yang banyak memberikan sponsor dalam menggelar kegiatan-kegiatan tersebut. Pada tahun 1996. yang ternyata sangat tidak sesuai dengan aslinya. Secara pribadi Jose Pedro Machado menjamin kualitas terjemahan tersebut tidak perlu disangsikan. Kemudian majalah al-Qalam dan majalah al-Nur yang diterbitkan oleh lembaga al-Jama’ah al-islamiyyah di La Ranjiru. merupakan majalah islam yang menggunakan bahasa Portugal. Ketua Lembaga Komunitas Islam Lisabon. Kendati perkembangan islam diportugal cukup menunjukkan fenomena yang cukup baik. penerbitan buku agama dan lain-lain. Majalah dua bulanan tersebut merupakan salah satu majalah Islam berbahasa Portugis yang konsisten membela ajaran islam. 9 . majalah ini bahkan akhirnya berhasil memiliki homepage sendiri di internet. Komisi penelitian menemukan sejumlah kejanggalan serta langsung merekomendasikan agar tafsir al-Quran tersebut ditarik dari peredaran. Sebuah kontroversi pernah terjadi di tahun 1982. Dua bulan kemudian. berbagai kegiatan lain kerap pila diselenggarakan. namun bukan berarti tidak ada aral menghadang geliat dakwah mereka. Namun pada tanggal 8 Juni 1982. Khusus untuk majalah al-Nur terbit dua bulan sekali. dengan kata pengantar dari Sulaiman Valy Mamede.Majalah Islam yang diterbitkan oleh lembaga al-Jama’ah al-islamiyyah Lilidybunah adalah majalah Islam berbahasa Arab. pembuatan program televisi. akhirnya Sulaiman Valy Mamede mengakui adanya beberapa kesalahan dalam penerjemahan al-Quran tersebut. Selain dengan sarana di atas.

hubungan kaum muslim dengan warga pribumi dan penganut lainnya sangat harmonis. sebuah situs internet muslim yang banyak diakses warga Portugal. but yes its solution. Sebuah selogan The Islam is not the source of the terrorism. Situs ini kerap dijadikan rujukan untuk mempelajari islam.pt.mereka kembali direpotkan oleh ‘fitnah’ akibat tragedi Madrid yaitu peristiwa meledaknya bom di strasiun kereta negara tetangganya. “ sebagai kaum 10 . yang dihadiri Presiden Portugal. diplomat dari negara-negara islam serta pejabat sipil dan militer. namun paling tidak islam pernah berjaya dan Populer disana. Melihat gejala yang tidak sehat bagi perkembangan islam di Portugal. tiba-tiba muncul disana. Sayangnya semua itu seperti sebuah kenangan sejarah yang pernah mampir sejenak. Pada sambutan peresmian Mesjid Agung Lisabon. umat muslim Portugal turut kena getahnya. sedang agama mayoritas adalah katolik Roma. Mereka dianggap bagian dari kaum teroris. kaum Muslimin Maroko yang telah lama berdomisili disana bahkan telah menjadi warga negara Portugal disuga terlibat. di negara ini islam adalah agama minoritas.WAJAH ISLAM PORTUGAL KINI Meski tidak lama dan banyaknya riwayat yang mengungkap sejarah masuknya islam ke Portugal. Maklum. maka Lembaga Komunitas Muslim Lisabon berinisiatif untuk membangun mesjid agung sebagai perluasan sarana dakwah. 29 Maret 1985 lalu. Keberadaan islam di Portugal kini jauh berbeda dengan masa jayanya dulu. Ketua Lembaga Komunitas Muslim Lisabon. Pada peristiwa tersebut. Belum habis ‘tudingan’ tak beralasan itu ditujukan.al-furqan. Keberadaan situs tersebut menjadi penting mengingat sejak peristiwa runtuhnya gedung WTC pada 11 September 2001 lalu. Slogan tersebut khusus dipasang besar-besar di halam muka situs www. Padahal sebelumnya. Perdana Menteri. Spanyol. menytakan bahwa dengan pembangunan mesjid tersebut. diharapkan dapat memperkaya keberagaman di Portugal. baik oleh warga muslim maupun nonmuslim di sana.

muslim Portugal kini bahu membahu berjuang menepis citra negatif islam. Secara perlahan namun pasti. pimpinan Al Furqan. Mesjid Lisabon ini dibangun atas bantuan dana dari sejumlah negara Islam. 11 . di bawah pimpinan Mohamed Youssuf Mohamed Adamgy.minoritas. bukan karena ada pembatasanpembatasan dari pemerintah. melainkan sikap warga negara lain yang membuat seperti itu. “harus dilihat orang per-orang. majalah al-furqan segera menanggapinya dengan tanpa emosi. Pesan-pesan seperti Tak Ada Satu Agamapun Yang Melegalkan Terorisme Atau Islam Bukan Agama Terror banyak dipasang di mesjid-mesjid dan islamic center disana. yang memuat tulisan Dr Miguel Sousa Tavares.” begitu kutipan surat Mohamed Youssuf Mohamed Adamgy. Terror and Lies. semoga kita bisa kian meningkatkan hubungan harmonis antar umat beragama”. antara lain :  Saudi Arabia  Kuwait  Uni Emirat Arab  Libya  Pakistan  Lebanon  Oman  Mesir  Yordania  Iran Walau kini harmonisasi itu sedikit terusik. Majalah ini terbit untuk pertamaka kalinya 1981. dalam surat terbukanya kepada The Public. majalah ini menjelaskan tentang inti ajaran islam yang penuh rahmah (cinta kasih). tidak bisa disebut bahwa islamlah pelakunya (pemboman itu). Salah satu pemicu ketidakenakan hubungan itu adalah muncul ya headline surat kabar The Public. Sehari setelah tulisan itu muncul. Dalam pernyataannya. cendikiawan setempat. Ia membuat analisis berjudul Islam.

nama-nama mereka tercantum dalam buku-buku bibliografi dan sirah. diantaranya yang terkenal :  Ibnu Bisam al-Syintuwainy (1147 M)  Abu al-Walid al-Baji  penyair Ibnu 'Ammar  Abu al-Qasim Ahmad bin Qassy  seorang yang pernah memberikan kekuasaan kota Selpa kepada Abdul Mu'min al-Tauhidi  seorang ahli sejarah terkenal bernama Abu Bakar bin Muhammad bin Idris al-Farabi al-Alusi pengarang kitab al-Durrah al-Maknunah fi Akhbar Lasybunah. TOKOH DAN PERAN UMAT ISLAM Bahkan sejumlah besar penduduk Portugal ketika itu lebih unggul dari orangorang Arab dan kaum muslimin pada umumnya pada berbagai disiplin ilmu dan sastra.D. 12 .

13 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->