KATA PENGANTAR Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia

-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah yang berjudul “Peberapan Ilmu Fisika dalam Kehidupan sehari hari” ini. Tidak lupa saya ucapkan kepada guru pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, olehsebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin........... Bima, Desember 2011

Penyusun

Disadari maupun tidak disadari dalam aktifitas manusia selalu berhadapan dengan fenomena alam. Pengalaman langsung yang diperoleh siswa akan lebih lama diingat siswa. Kejadian nyata yang dilihat siswa akan memudahkan siswa ketika menghadapi kejadian yang sesungguhnya dalam kehidupan siswa. Yang dimaksud variabel fisis adalah variabel-variabel yang dapat dinyatakan secara kuantitatif atau dinyatakan dalam angka angka.PENERAPAN ILMU FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI BAB 1. Fenomena fisis yaitu kejadian kejadian yang didalamnya terdapat variabel fisis. Kosep-konsep dalam ilmu fisika diberikan ke siswa dalam proses belajar mengajar (PBM). Pada pembelajaran ilmu fisika siswa mempelajari variabel fisis yang terdapat pada kejadian alam. Saat pembelajaran fisika sebaiknya tidak hanya sekedar memberikaan konsepnnya tetapi bagaimana proses penemuan dari konsep seperti dikemukakan oleh (Supriyono. 2003:8) bahwa hakikat fisika yakni fisika bukan hanya sekedar kumpulan fakta dan prinsip tetapi lebih dari itu fisika juga mengandung cara-cara bagaimana memperoleh fakta dan prinsip tersebut beserta fisikawan dalam melakukannya. Fenomena fisis dipelajari dalam ilmu fisika. Konsep fisika atau ilmu fisika akan bernilaiguna bagi manusia kalau ilmu fisika sudah diwujudkan dalam . Konsep-kosep fisika yang nyata dihadirkan dalam PBM memudahkan siswa mengimpementasi konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari. Manusia kurang memperhatikan fenomena fisis yang terjadi dalam aktifitasnya kecuali fenomena fisis sesuai dengan tujuan kegiatan atau fenimena fisis itu langka bagi mereka. Pembelajaran fisika tidak akan menarik bagi siswa apabila siswa hanya diberi konsep dan rumus-rumus yang terdapat pada konsep yang dipelajari. PENDAHULUAN Aktifitas manusia dalam kehidupan tidak lepas dari gejala atau fenomena alam. Pada fenomena alam terdapat fenomena fisis. Manusia memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan tujuan yang hendak dicapai. Pembelajaran fisika akan menarik dan lebih bermakana bagi diri siawa apabila fenomena alam dihadirkan dihadapan siswa. Kebanyakan manusia dalam melakukan aktifitasnya tidak memperhatikan gejala alam yang terjadi.

Berbagai peralatan yang berkembang saat ini karena adanya kemajuan teknologi berdasar pada ilmu fisika. Implementasi ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari yang dihadirkan dihadapan siswa disesuaikan dengan tingkat pendidikan siswa. Berbagai teknologi yang ada dapat digunakan sebagai contoh atau media dlm PBM.teknologi. . Ketika konsep fisika sudah diwujudkan dalam bentuk teknologi perlatan maka ilmu fisika baru berguna bagi manusia. Mulai dari peralatan dapur sampai peralatan industri menggunakan prinsip kerja yang ada di ilmu fisika.

BBM Furnace outdoor bahan bakar multi memiliki keuntungan lebih dari satu model bahan bakar. Jenis yang paling umum multi mengkombinasikan bahan bakar tungku tradisional tungku kayu di luar ruangan dengan bahan bakar minyak propana atau kompor gas alam. Hal ini dapat digunakan untuk menyediakan panas cadangan jika Anda gagal untuk mengisi bahan bakar tungku dengan kayu atau sebagai satu-satunya sumber panas jika tidak menembak dengan kayu. Dengan multi bahan bakar atau bahan bakar ganda tungku Anda mempunyai fleksibilitas untuk membakar bahan bakar mana yang lebih murah pada waktu tertentu. Mengapa Fisika sangat penting dalam kehidupan kita? Tentu karena banyak peristiwa dalam kehidupan kita yang melibatkan ilmu Fisika baik kita sadari maupun tan. .BAB II. Bahkan Fisika merupakan ilmu dasar yang sangat dibutuhkan oleh cabang ilmu-ilmu lain. ISI DAN PEMBAHASAN Banyak orang yang beranggapan bahwa Fisika hanya sekedar ilmu biasa yang hanya mempelajari ilmu alam tanpa ada penerapannya. Berikut adalah contoh aplikasi ilmu Fisika dalam kehidupan sehari-hari. Dan tak sedikit yang tidak menyadari bahwa banyak peristiwa bahkan hal-hal yang sangat dekat dengan kita melibatkan ilmu Fisika. Para pembakar juga dapat dijalankan di awal luka bakar untuk panaskan siklus sekunder ruang pembakaran yang dapat menurunkan emisi start up. Penambahan pembakar untuk bahan bakar tungku kayu dapat berguna dalam beberapa cara.pa kita sadari. Sebuah kayu pelet / jagung versi luar bahan bakar multi tanur juga tersedia sebagai pengganti kayu terbakar. Ini sebenarnya adalah multi-multi bahan bakar tungku dengan pilihan untuk membakar jagung atau pelet kayu atau bahan bakar minyak gas alam propana atau dengan cadangan kompor. Terutama masih banyak orang yang beranggapan bahwa Fisika hanya mempelajari rumus. Semakin kita memahami Fisika kita akan mengetahui bahwa Fisika mempunyai cakupan yang luas.

Biasanya alat peraga dilengkapi dengan sumber daya listrik PLN. dan sebagainya). sebuah amperemeter dan tentunya alat yang dipasarkan.Meskipun kemampuan multi bahan bakar merupakan standar pada kebanyakan dari luar kayu yang lebih besar tanur ini merupakan pilihan pada model-model yang kurang kuat akan menambah sekitar terhadap harga pembelian. vacuum cleaner. Klaim yang fantastis dan demonstrasi yang meyakinkan. bor. pengering rambut. Setelah itu. Tetapi apakah alat-alat penghemat listrik tersebut memang dapat mengurangi biaya yang harus kita bayarkan ke PLN Pertama kali penjual akan menyalakan beban tanpa menyalakan alat penghemat dan menunjukkan besarnya arus yang dikonsumsi. Jika biaya untuk memanaskan rumah Anda dengan gas alam kurang dari pemanasan dengan kayu beralih dari kayu ke gas adalah masalah sederhana memutar kenop pemilih bahan bakar. Ada lagi alat menghemat arus listri yg dapat menghemat listrik rumah kalian sampai 40 %! Konsumen hanya perlu memasang alat ini pada salah satu soket listrik untuk dapat menghemat listrik sampai dengan 40%. Penjual juga akan dengan sigap menjelaskan jika alat ini hanya akan berfungsi pada beban motor listrik atau yang memiliki kumparan (bersifat induktif). alat penghemat dinyalakan dan kepada calon konsumen akan diperlihatkan daya yang dikonsumsi menjadi berkurang. beberapa beban (lampu neon. Mengingat volatilitas harga konstan untuk semua jenis bahan bakar bahan bakar multi tungku luar ruangan menawarkan cara untuk lindung nilai terhadap harga bahan bakar berputar-putar. Menurut salah satu produsen kayu / minyak bahan bakar ganda outdoor furnace tes laboratorium menunjukkan efisiensi dari atau lebih baik. Walaupun biasanya sangat tidak praktis untuk membongkar alat ini (disegel rapat dan sulit untuk dibongkar). yang sedikit mengerti listrik arus bolak balik seharusnya dapat langsung menebak bahwa alat ini berisi sebuah kapasitor. Para penjual alat-alat ini umumnya dipersenjatai sebuah alat demonstrasi untuk menunjukkan kepada calon konsumen bahwa alat penghemat listrik tersebut memang benar-benar bekerja. .

Resultan antara keduanya disebut sebagai daya nyata (S) yang merupakan daya yang dirasakan oleh PLN sebagai pemasok daya. komponen induktansi memiliki arah ke bawah sedangkan komponen kapasitansi memiliki arah ke atas. Menurut perhitungan Pranyoto dari Litbang PLN. Sedangkan kapasitansi diakibatkan oleh komponen kapasitor. Jika beban bersifat induktif. pada kondisi ekstrim daya nyata (S) dua kali lipat dari daya aktif (P) (faktor daya = 0. karena untuk lingkungan perumahan. Daya aktif (P) adalah daya sebenarnya yang dibutuhkan oleh beban. dan jika beban bersifat kapasitif. beban sebesar 6900 VA. pada kondisi tertentu alat ini masih bisa sedikit melakukan penghematan karena kabel listrik dalam rumah juga memiliki hambatan. maka sebisa mungkin daya reaktif (Q) harus dieliminasi. Induktansi diakibatkan oleh komponen berbentuk kumparan (misalnya motor listrik atau transformator step down pada adaptor). pada diagram segitiga daya. tetapi daya yang perlu dipasok oleh PLN adalah daya nyata (S). panjang kabel . Untuk meminimalkan daya yang perlu dipasok PLN. Sedangkan daya reaktif (Q) tidak masuk hitungan alias gratis. MENGHEMAT ENERGI? MENGHEMAT BIAYA? Penggunaan alat ini untuk menghemat energi memang tepat.5). Karena beban pada lingkungan perumahan sebagian besar bersifat induktif. maka perlu ditambahkan kapasitor. maka perlu ditambahkan induktor sedemikian sehingga daya reaktif (Q) mendekati nol. mungkin PLN yang akan memasang kapasitor pada gardu induk. PLN memasang kWh meter yang hanya akan menghitung penggunaan daya aktif (P) saja. walaupun mungkin tidak cukup ideal karena konsumen tidak pernah diberitahu besaran kapasitansi yang dikandung oleh alat ini. Untuk keperluan menghemat transmisi daya. maka penambahan kapasitor adalah cara yang tepat untuk menghemat energi.Bagaimana dengan Listrik Arus Bolak Balik ?? apa manfaatnya? Daya pada listrik bolak-balik (AC) memiliki dua buah komponen: daya aktif (P) dan daya reaktif (Q). Daya reaktif (Q) dapat terjadi karena induktansi atau kapasitansi. Walaupun demikian. Sifat induktansi dan kapasitansi ini saling berlawanan. Yang menjadi pertanyaan sekarang: apakah alat ini akan menghemat biaya yang perlu kita bayarkan ke PLN setiap bulannya sampai 40% seperti yang diklaim? Ternyata tidak.

. nahh semakin penasaran kan. dengan tarif listrik Rp 390/kWh dan digunakan selama 12 jam sehari. maka PLN akan mengenakan denda. Jika sebuah rumah menggunakan banyak peralatan yang bersifat induktif. mengeliminasi daya reaktif (Q) merupakan tanggung jawab konsumen.pa kita sadari.. Dan tak sedikit yang tidak menyadari bahwa banyak peristiwa bahkan hal-hal yang sangat dekat dengan kita melibatkan ilmu Fisika. menggunakan alat ‘penghemat’ listrik justru menambah tagihan sebesar Rp 402/bulan. Terutama masih banyak orang yang beranggapan bahwa Fisika hanya mempelajari rumus. Mengapa Fisika sangat penting dalam kehidupan kita? hayoo. maka menggunakan alat ini akan mengurangi resiko MCB melakukan pemutusan (ngejepret). Walaupun demikian. da yang tau gaa??? jawabannya .penghantar sebesar 20 meter.. Bahkan Fisika merupakan ilmu dasar yang sangat dibutuhkan oleh cabang ilmu-ilmu lain. maka dengan menggunakan alat penghemat listrik hanya dapat menghemat Rp 3.931/bulan.. mengapa . Semakin kita memahami Fisika kita akan mengetahui bahwa Fisika mempunyai cakupan yang luas. Jika perbandingan antara daya aktif (P) dan daya nyata (S) lebih kecil daripada 0. . Tentu karena banyak peristiwa dalam kehidupan kita yang melibatkan ilmu Fisika baik kita sadari maupun tan. Sedangkan pada kondisi ideal daya nyata (S) sama dengan daya aktif (P) pada beban 460 V. Dalam kasus ini. kWh meter menghitung daya aktif (P). kapasitor yang dibutuhkan tentunya bukan kapasitor blackbox yang diklaim sebagai ‘alat penghemat listrik’ seperti yang dibahas di atas. Walaupun penghematan biaya (jika ada) sangatlah kecil. Banyak orang yang beranggapan bahwa Fisika hanya sekedar ilmu biasa yang hanya mempelajari ilmu alam tanpa ada penerapannya.. tetapi MCB (circuit breaker) memutuskan arus berdasarkan arus pada resultan daya nyata (S). yuuk kita tengok apa aja sih aplikasi fisika itu ???? . KASUS PADA KONSUMEN INDUSTRI Berbeda dengan konsumen perumahan.. PLN juga menggunakan kVARh meter untuk menghitung daya reaktif (Q) di samping kWh meter untuk menghitung daya aktif (P). alat ini berguna untuk mengefektifkan energi jika peralatan listrik di rumah memerlukan daya yang mendekati jumlah daya yang diperbolehkan oleh PLN. pada konsumen industri..85.

C ontoh pertama : kendaraan yang melewati jalan tol. . Pesawat terbang juga biasa melakukan GLB. APLIKASI GLBB DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI . . Lain lagi jika kondisi jalan yang tikungan dan rusak. kapal laut biasanya bergerak pada lintasan yang lurus dengan kecepatan tetap. walaupun jaraknya hanya beberapa kilometer." yuuk kita liat contohnya. Contoh ketiga : kapal laut yang menyeberangi lautan atau samudera. Kereta api melakukan GLB ketika bergerak di atas lintasan rel yang lurus tersebut dengan laju tetap.. " tapi bukan power rangers lohh. Perubahan kecepatan tersebut dinamakan percepatan. Walaupun GLB sulit ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. pesawat juga mengubah arah geraknya ketika hendak tiba di bandara tujuan. Walaupun terdapat tikungan pada jalan tol. Ketika hendak tiba di pelabuhan tujuan. Contoh kedua. Kendaraan yang bergerak pada jalan tol juga kadang mempunyai kecepatan yang tetap. Ketika ada kendaraan di depan. Lintasan rel kereta kadang lurus." Misalnya ketika dirimu mengendarai sepeda motor atau mobil. Walaupun demikian. laju mobil pasti selalu berubah-ubah. GLBB merupakan gerak lurus berubah beraturan. terutama jika kondisi jalan yang ramai.. Contoh keempat : gerakan pesawat terbang. kendaraan beroda bisa melakukan GLB pada jalan tol hal ini jika lintasan tol lurus. Secara awam sangat r menemukan benda yang melakukan gerak lurus berubah beraturan. pesawat terbang biasanya bergerak pada lintasan lurus dengan dengan laju tetap. Pada kasus . gerakan kereta api atau kereta listrik di atas rel.. Setelah lepas landas. Ketika melewati laut lepas. Berubah beraturan maksudnya kecepatan gerak benda bertambah secara teratur atau berkurang secara teratur.. biasanya kapal baru mengubah haluan dan mengurangi kecepatannya.APLIKASI GERAK LURUS BERATURAN Gerak Lurus Beraturan (GLB) merupakan gerak yang memiliki kecepatan yang konstan. " wahh bisa parah tuhh. pasti kecepatan kendaraan akan segera dikurangi. Hal ini agar kita tidak tabrakan dengan pengendara lain. karena biasanya kecepatan gerak benda selalu berubah-ubah.

jatuh bebas. Kalau lintasan miring. Dia begitu kecil yang bisa dengan nyaman diletakkan di dalam saku. APLIKASI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK Saat ini hampir semua orang memiliki peralatan yang satu ini. Bagaimana perangkat ponsel dapat terhubung dengan perangkat ponsel yang lain padahal mereka saling berjauhan? bagaimana yaa. Saat ini ponsel tidak hanya digunakan untuk menelpon saja tetapi juga untuk fungsi lain seperti mengirim dan menerima pesan singkat (sms). Konsep . Contohnya buah mangga yang lezat atau buah kelapa yang jatuh dari pohonnya. Benda melakukan gerak vertikal ke atas atau ke bawah jika lintasan gerak benda lurus. . Contoh GLBB dalam kehidupan sehari-hari pada gerak horisontal alias mendatar nyaris tidak ada. Konsep yang bisa menjelaskan fenomena ini adalah konsep gelombang elektromagnetik. Pedal gas tersebut biasanya tidak ditekan atau ditarik dengan teratur sehingga walaupun kendaraan kelihatannya mulai bergerak dengan percepatan tertentu. APLIKASI GERAK VERTIKAL DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI Gerak vertikal terdiri dari dua jenis. gerakan benda tersebut termasuk gerak parabola. Aplikasi gerak vertikal dalam kehidupan sehari-hari misalnya ketika kita melempar sesuatu tegak lurus ke bawah (permukaan tanah). Contoh GLBB yang selalu kita jumpai dalam kehidupan hanya gerak jatuh bebas. ini termasuk gerak vertikal. namun dianggap memiliki fungsi yang sangat besar terutama untuk berkomunikasi. ketika mulai bergerak dari keadaan diam.kendaraan beroda misalnya. . dan bisa juga internetan atau facebookan. pengendara biasanya menekan pedal gas (mobil dkk) atau menarik pedal gas (motor dkk). yang bekerja hanya percepatan gravitasi dan besar percepatan gravitasi bernilai tetap. Pada gerak umit menemukan aplikasi GLBB dalam kehidupan sehari-hari. mendengarkan musik. Benda itu adalah sebuah ponsel (telepon seluler). yakni gerak vertikal ke atas dan gerak vertikal ke bawah. Tapi dengan penerapa ilmu fisika. GLBB dapat ditemukan dalam kegiatan kita sehari-hari.Jika kita pernah jatuh dari atap rumah tanpa sadar kita juga melakukan GLBB. besar percepatannya tidak tetap alias selalu berubah-ubah. atau mengambil foto.

atau sinar-x. Inilah menjadi titik awal penggunaan pencitraan medis untuk mengetahui struktur jaringan manusia tanpa melalui pembedahan terlebih dahulu. radar. Tahun 1971. menjadi inspirasi produksi alat yang dapat membantu dokter dalam diagnosa terhadap pasien. tangan kiri istrinya menjadi uji coba eksperimen penemuan ini. Karya Hounsfield ini menjadi revolusi besar-besaraan dalam dunia . Invensi Hounsfield ini menjawab tantangan kelemahan citra sinar-X konvensional yaitu CT dapat dapat mencitrakan objek dalam 3 Dimensi yang tersusun atas irisan-irisan gambar (tomography) yang dihasilkan dari perhitungan algoritma(bahasa program) komputer. melainkan banyak aplikasi lain yang bisa sering kita temukan sehari-hari di sekitar kita. Selain itu karya Röntgen yang mengantarkan dirinya mendapatkan hadiah nobel fisika pada 1901 ini akan menjadi sebuah alat yang sangat berguna sekali dalam kedokteran. Aplikasi tersebut meliputi microwave. terdapat kelemahan yaitu objek organ tubuh kita 3 dimensi dipetakan dalam gambar 2 dimensi. Penemuan ini juga menjadi titik awal perkembangan fisika medis di dunia. Sebuah fenomena yang kemudian menjadi awal pencitraan medis (medical imaging) pertama. secara klinis informasi yang direkam di film dapat terdistorsi. radio. Dari Gambar yang diproduksi di film inilah informasi medis dapat digali sesuai dengan kebutuhan klinis yang akan dianalisis. Gambar atau citra objek yang diinginkan kemudian direkam dalam media yang kemudian dikenal sebagai film. Sinar-X itulah sebuah fenomena yang ditemukan oleh Roentgen pada laboratoriumnya. Sehingga akan terjadi saling tumpah tindih stukur yang dipetakan. Eksperimen Röntgen terhadap tangan istrinya. seorang fisikwan bernama Hounsfield memperkenalkan sebuah hasil invensinya yang dikenal dengan Computerized Tomography atau yang lazim dikenal dengan nama CT Scan. Setelah puluhan tahun sinar-X ini mendominasi dunia kedokteran. dengan mengetahui citra tubuh manusia. Inilah tantangan berikutnya bagi fisikawan untuk berkreasi. yang menkonsentrasikan aplikasi ilmu fisika dalam bidang kedokteran.gelombang elektromagnetik ternyata sangat luas tidak hanya berkaitan dengan TV atau ponsel saja. Citra atau gambar yang dihasilkan dari sinar-X ini sifatnya adalah membuat gambar 2 dimensi dari organ tubuh yang dicitrakan dengan memanfatkan konsep atenuasi berkas radiasi pada saat berinterakasi dengan materi.

dan juga CT dan USG 4 Dimensi. Banyak teknologi lain yang dikembangkan oleh para fisikawan dan ilmuwan lain untuk kedokteran seperti halnya ultrasonografi. ahli komputer munculah sebuah teknologi yang digunakan untuk penegakkan diagnosa. Tanpa lahirnya sinar-X. APLIKASI ENERGI(NUKLIR) DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI Teknologi dan teknik penggunaan nuklir dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang besar untuk pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. CT. nuklir dapat digunakan di bidang pertanian. insiyur. Perangkat ini invensi yang tidak kalah hebatnya dengan CT. seperti pemuliaan tanaman Sorgum dan Gandum dengan melalui metode induksi mutasi dengan sinar Gamma. dan MR bagaimana kita dapat mengetahui posisi kelainan yang ada ditubuh kita bagian dalam atau kanker? Dengan karya fisikawan. Untuk mengabadikan penemunya dalam CT terdapat bilangan CT atau Hounsfield Unit (HU). Inventor MRI mendapat ganjaran hadiah nobel bidang fisologi dan kedokteran tahun 2003. Tahun 1990an. menghasilkan sebuah sinyal listrik. lahir kembali sebuah perangkat yang dikenal dengan nama Magnetic Resonance Imaging. karena terobosan baru yang tidak menggunakan radiasi pengion seperti CT dan sinar Roentgen untuk dapat menghasilkan sebuah citra dengan resolusi yang yang sangat baik dalam mencitrakan stuktur tubuh manusia khususnya organ kepala. . sehingga secara medis dapat dijadikan sebagai sebuah alat bantu untuk penegakkan diagnosa yang dibutuhkan. linear accelerator untuk radioterapi.pencitraan medis atau kedokteran yang merupakan rangkaian yang berkaitan. MRI istilah kerennya menggunakan pemanfaatan aktivitas fisis spin tubuh manusia pada saat berada dalam medan magnet yang kuat dan kemudian dengan sistem gangguan gelombang radio yang sama dengan frekuensi Larmor. Invensi ini juga sangat fenomenal. Citra/gambar hasil CT dapat menujukan struktur tubuh kita secara 3 dimensi. Inilah sekelumit peranan fisika yang yang sangat revlusioner mengubah dunia kedokteran menjadi modern. namun penemuan ini juga meruapakan jasa Radon dan Cormack. Sinyal inilah yang dikenal dengan Free Induction Decay yang kemudian dievaluasi dengan Transformasi Fourier menjadi citra 3 Dimensi. karena menggunakan sistem fisika yang berbeda. Misalnya.

Karena mendapat tekanan maka pegas kasur termampatkan. nuklir dapat berperan sebagai penghasil energi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). contoh yang sangat sederhana dan mungkin sering anda temui adalah ketapel. Ketika hendak menembak burung dengan ketapel misalnya. Di bidang energi. karet ketapel terlebih dahulu diregangkan (diberi gaya tarik). dari ndeso dan ketika masih sangat nakal seperti dirimu. Akibat sifat elastisitasnya. terapi three dimensional conformal radiotherapy (3D-CRT). kasus-kasus tumor ganas yang sulit dijangkau dengan pisau bedah konvensional menjadi dapat diatasi. PLTN dapat menghasilkan energi yang lebih besar dibandingkan pembangkit APLIKASI HUKUM NEWTON: Hukum 1 newton : sebuah benda mempertahankan kedudukannya contoh : jika kita dalam sebuah mobil saat mobil itu tiba2 maju badan kita tba2 terdorong ke belakang Hukum 2 newton : kita berada dalam lift hukum 3 newton : ini merupakan gaya aksi = reaksi contoh : saat kita menekan papan tulis (aksi) maka papan tulis memberikan reaksi . Dengan teknik ini. panjang karet ketapelakan kembali seperti semula setelah gaya tarik dihilangkan KASUR PEGAS Contoh lain adalah kasur pegas. gaya beratmu menekan kasur. bila aksi lebih besar dari pada reaksi maka papan tulis akan rusak dan sebaliknya KARET KETAPEL Nah. bahkan tanpa merusak jaringan lainnya. teknik nuklir memberikan kontribusi yang tidak kalah besar. yang dapat mengembangkan metode pembedahan dengan menggunakan radiasi pengion sebagai pisau bedahnya. . yaitu. ketapel adalah alat yang paling mujarab untuk membidik buah2an milik tetangga yang ranum dan mengundang selera. Ketika dirimu duduk atau tidur di atas kasur pegas.Di bidang kedokteran.

maka pegas meregang. Di dalam dinamometer terdapat pegas.Akibat sifat elastisitasnya. Regangan pegas tersebut menunjukkan ukuran gaya. Biasanya digunakan untuk menghitung besar gaya pada percobaan di laboratorium. pegas lagi… hidup kita selalu ditemani oleh pegas. Pegas lagi. Ketika benda ditarik. terdapat juga neraca pegas yang lain (gambar kanan – neraca pegas buah) PENERAPAN ELASTISITAS BENDA PADAT PADA KONSTRUKSI BANGUNAN alah satu pemanfaatan sifat elastisitas benda padat dalam konstruksi bangunan adalah berkaitan dengan teknik memperluas ruangan. berat yang dimaksudkan di sini adalah massa) juga memanfaatkan bantuan pegas. Berikut ini beberapa cara yang digunakan ahli bangunan dalam memperluas ruang sebuah bangunan (rumah. Misalnya anda melakukan percobaan mengukur besar gaya gesekan. Ujung pegas anda kaitkan dengan sebuah benda bermassa. Mari kita bahas satu persatu TIANG DAN BALOK PENYANGGAH PADA PINTU . TIMBANGAN Pernahkah anda mengukur berat badan ? timbangan yang anda gunakan untuk mengukur berat badan (dalam fisika. Pegas akan meregang dan termampat. Dirimu yang berada di atas kasur merasa sangat empuk akibat regangan dan mampatan yang dialami oleh pegas kasur DINAMOMETER Pernahkah dirimu melihat dinamometer ? mudah-mudahan di laboratorium fisika sekolah anda ada. dkk). Akibat adanya gaya gesekan maka suatu saat pegas berhenti bergerak. demikian seterusnya. Pegas tersebut akan meregang ketika dikenai gaya luar. di mana besar gaya ditunjukkan oleh jarum pada skala yang terdapat pada samping pegas. Neraca pegas yang digunakan untuk mengukur berat badan. sebagaimana tampak pada gambar di samping adalah alat pengukur gaya. kasur pegas meregang kembali. Dinamometer.

batu dan bata tidak mudah patah (bentuknya tetap seperti semula). batu sangat kuat terhadap tekanan . Dalam hal ini batu dan bata sangat kuat terhadap tekanan. Persoalannya. Jika anda amati balok penyanggah pada pintu rumah. tampak bahwa balok tersebut tidak berubah bentuk. Oleh karena itu digunakan balok untuk mengatasi masalah ini. tegangan tekan dan tegangan geser. batu dan bata mudah patah. Tegangan geser terjadi di dalam balok. Bagian atas balok mengalami mampatan akibat adanya tegangan tekan yang disebabkan beban di atasnya (batu dan bata dkk). Balok mampu mengatasi tegangan tarik. sedangkan bagian bawah balok mengalami pertambahan panjang (akibat tegangan tarik). Sebenarnya terdapat perubahan bentuk balok (amati gambar di bawah). Apabila dirancang dengan baik maka batu-batu yang disusun melengkung mengalami tegangan tekan (batu-batu saling berdempetan) sehingga dapat menahan beban berat yang ada di atasnya. jika batu dan bata ditumpuk (disusun secara vertikal) dalam jumlah banyak. Ingat ya. Jika disekitar tempatmu terdapat batu dan bata. batu dan bata sangat lemah terhadap tarikan dan geseran walaupun kuat terhadap tekanan. Tetapi jika batu dan bata mengalami tegangan tarik dan tegangan geser.Setiap rumah atau bangunan lainnya pasti memiliki pintu atau penghubung ruangan yang bentuknya seperti gambar di bawah. Dirimu bisa membuktikan hal ini. Kebanyakan bangunan menggunakan batu dan bata sebagai bahan dasar (disertai campuran semen dan pasir). LENGKUNGAN SETENGAH LINGKARAN Pernahkah dirimu melihat pintu atau penhubung ruang sebuah bangunan seperti tampak pada gambar di bawah ? lengkungan setengah lingkaran ini pertama kali diperkenalkan oleh orang romawi. hanya perubahannya sangat kecil sehingga tidak tampak ketika dilihat dari jauh.

KESIMPULAN Dari hadil pembahasan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ilmu fisika dapat diterapkan dalam kehidupan untuk digunakan manusia. . Penemuan-penemuan terbaru dalam bidang fisika akan memperbaiki teknologi yang sudah ada. Dalam arti ada peralatan yang hanya menggunakan satu konsep fisika dan ada yang lebih dari satu konsep fisika. Ilmu fisika akan berguna bagi manusia apabila sudah diwujubkan dalam bentuk hasil teknologi. Ilmu fisika akan mendasari perkembangan peralatan yang digunakan manusia. Beberapa konsep fisika dapat tergabung dalam satu bentuk peralatan sebagi hasil teknologi.

F. R. dan bunyi). Fisika untuk universitas 1 ( mekanika.W.K. (1985).BAB IV DAFTAR PUSTAKA Hallyday. D. Malang: FMIPA Universitas Malang. M. & Resnick.W. Jakarta: Erlangga Sears. (2003). . Common textbook (edisi revisi) strategi pembelajaran fisika. (2005).H. & Zemansky. Jakarta: Binacipta. Supriyono. panas. Fisika jilid 1 edisi ketiga.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful