BAGAIMANA MEMAKSIMALKAN PERTUMBUHAN OTAK

Kondisi otak seseorang sangat dipengaruhi oleh faktor genetika dan lingkungan. Orang yang cerdas, akan memiliki kecenderungan besar utuk memiliki keturunan yang cerdas pula(faktor genetik). Namun jangan abaikan faktor lingkungan tersebut, terdiri dari faktor Nutrisi dan Stimulasi. Dan bahkan, pewarisan gen dari orang tua, juga dipengaruhi pula oleh nutrisi. Jika seorang anak kekurangan gizi yang sangat parah, misalnya pada kasus gizi buruk, maka gen – gen dari orang tua tidak akan diturunkan dengan sempurna. Jadi, jika Anda termasuk orang tua yang secara intelektual ‘pas – pasan’ saja, jangan khawatir. Kesempatan anda untuk memperoleh putra yang cerdas, masih terbentang sangat luas. Sesungguhnya semua manusia adalah cerdas. Karena kecerdasan itu tidak bisa di ukur dengan satu bentuk saja. Ada 6 jenis sedikitnya kecerdasan menurut para ahli, yaitu : 1. Kecerdasan mengolah kata (word smart). Para penulis, penerjemah, diplomat, pengacara, pakar bahasa, atau pekerja di bidang public relation, wajib memiliki kecerdasan di bidang ini. 2. Kecerdasan memepersepsi apa yang kita lihat (picture smart). Contoh bidang ilmu yang membutuhkan kecerdasan tipe ini adalah teknik arsitektur, desain komunikasi visual, para ahli tata kota dan sebagainya. 3. 4. Kecerdasan dalam sains dan matematika (logic smart). Kecerdasan dalam memahami pemikiran dan perasaan orang lain (people smart). Para pemimpin besar, psikolog, manager SDM sangat handal, ataupun trainer kepribadian jelas membutuhkan kecerdasan seperti ini. 5. Kecerdasan dalam mengenali diri sendiri (self smart). Kecerdasan ini mutlak diperlukan agar kita bisa membuat langkah – langkah tepat, sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Kita bisa hidup menjadi diri sendiri, tanpa hidup dalam bayang – bayang orang lain. Profesi apapun, tampaknya membutuhkan kecerdasan tipe ini. 6. Keceradasan dalam mengamati alam (nature smart)). Pernah menyaksikan film – film dokumenter tentang kehidupan satwa liar di rimba – rimba Afrika? Pasti pembuatnya memiliki kecerdasan tipe ini. Menjadi petani yang sukses, peternak atau pengusaha perikanan juga membutuhkan kecerdasan natural yang lebih dari kebanyakan orang.

bisa saja menghasilkan prestasi yang spektakuler. Demikian juga dengan pembentukan sinaps. Gizi buruk juga akan menyebabkan konsentasi protein menurun. yang secara langsung maupun tidak langsung akan terlibat dalam pertumbuhan otak. Nutrisi Nutrisi akan berpengaruh besar pada pertumbuhan otak anak. DHA adalah asam lemak esensial yang merupakan salah satu komponen penyusun membran sel otak. Bahkan seorang yang mengalami kerusakan otak pun. Asam folat diperlukan untuk menurunkan resiko terjadi kerusakan tabung saraf (neural tube defect) pada anak anda. Protein juga sangat penting. mungkin sebenarnya kita memiliki kelebihan dibidang lain. atau pemberian rangsangan akan berpengaruh pada dua hal yaitu proses meilinasi dan pembentukan sinaps. Proses meilinasipun mengalami hambatan yang sangat serius dan percabagan dendrit pun hanya terbentuk sedikit. Beberapa zat yang sangat dibutuhkan antara lain adalah: DHA. Stimulasi. meilinasi akan berlangsung dengan baik.Baru – baru ini seorang ilmuan menambahkan tipe kecerdaan dengan satu jenis kecerdasan lagi yaitu kecerdasan eksistensi. Juga jangan abaikan nutrisi lainnya. Oleh karenanya. jika dididik secara tepat sesuai potensi yang ia miliki. Jika merasa bodoh dalam bidang matematika atau bahasa. menurut ilmuan dalam bukunya ‘Setiap Anak Cerdas’. karena merupakan nutrisi yang berperan sebagai zat pembangun sel – sel tubuh (termasuk sel otak) dan mengatur fungsi – fungsi tubuh lainnya. Stimulasi Selain faktor nutrisi. Kolin dan Asam Folat. . Pewarisan gen dari orang tua ke anak menjadi terhambat. padahal protein adalah unsur penting dalam pembangun dan pengatur sel otak. Gizi buruk akan menyebabkan otak anak akan kekurangan DNA (materi genetik) atau menurunnya kecenderungan genetik. Dengan stimulasi yang intens. yang tentu saja membuat si anak tidak secerdas orang tuanya secara genetis. sangat wajar jika ukuran dan berat otak tidak akan maksimal. dan kolin akan membatu mempercepat sintesis dan pelepasan asetilkolin yang merupakan suatu neurotansmitter. stimulasi juga sangat penting.

meskipun kita sudah tua sekalipun. Pada saat tersebut. (sumber : Mengukir Cinta di Lembar Putih dan buku Biologi kelas XI SMA) . Pertautan cabang dendrit. masa Golden Age memilki keistimewaan. Semakin rumit pertautan tersebut. jangan pernah berhenti menstimulasi otak. Yakni pada anak – anak usia satu sampai tiga tahun. atau dendrit dengan akson akan membuat otak menjadi rumit. sehingga pada masa inilah yang paling tepat untuk menstimulasinya. sel otak yang satu perlu mampu berkomunikasi dengan sel otak yang lainnya. Stimulasi pada prinsipnya menjadikan senantiasa belajar. Senantiasa belajar akan menjadikan otak senantiasa terasah dan kita terhindar dari kepikunan. bukan? Semakin cerdas seseorang. sebanyak apapun jumlah sel otak dan sebesar apaun ukurannya. tentu tak akan ada artinya jika tidak bisa saling berkomunikasi. Hubungan antara sel itulah yang disebut dengan sinaps. maka jumlah sinapsnya pun juga akan semakin banyak. Pada saat itu otak benar – benar peka terhadap rangsangan dari lingkungan. otak menyimpannya dengan sangat baik dalam memorinya. Menghentikan stimulasi akan membuat sinaps yang terbentuk menjadi lepas. Pikun. Akan tetapi. Bagaimana menstimulasi otak? Stimulasi. Komunikasi akan terjalin jika ada hubungan antar sel. pada prinsipnya dapat dilakukan hingga usia berapapun.Untuk menjalankan fungsinya dengan baik. adalah salah satu efeknya. Bahkan. semakin cerdaslah orang tersebut. persis daerah yang satu dihubungkan dengan sambungan telepon dengan daerah yang lain.