P. 1
Peranan TIK Dalam Bidang Pendidikan

Peranan TIK Dalam Bidang Pendidikan

|Views: 603|Likes:
Published by Rudhy Eko Prastowo

More info:

Published by: Rudhy Eko Prastowo on Dec 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/23/2012

pdf

text

original

Peranan TIK dalam bidang Pendidikan : 1.

Berkembangnya pendidikan terbuka dengan cara belajar jarak jauh (distance learning). Untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasuka sebagai setrategi utama pendidikan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi internet secara maksimal dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu, tempat bahkan meningkatkan kualitas pendidikan. 2. Terjadinya sharing resource (berbagi sumber daya) antara lembaga pendidikan dan pelatihan . 3. Perpustakaan dan instrument pendidikan lainnya misalnya guru dan laboratorium berfungsi sebagai fasilitator bukannya sumber informasi. 4. Penggunaan perangkat informasi interaktif seperti CD-ROM multimedia yang secara bertahap akan menggantikan fungsi papan tulis.

Peranan TIK dalam bidang Pendidikan : Komputer banyak berperan membantu di dunia kesehatan antara lain : - Menentukan jenis terapi dan pengobatan berdasarkan informasi dari system computer - Memeriksa, mendiagnosa, dan menentukan penyakit pasian dengan memasukan data-data keluhan pasien ke dalam system computer - Mempercepat proses uji laboratorium pasien - Memantau kondisi pasien (denyut jantung, suhu, tekanan darah) Peranan TIK dalam bidang Perdagangan /Perekonomian : E-commerce Perdagangan elektronik (Electronic commerce ) adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan internet. Keuntungan perdagangan elektronik antara lain : Perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas, karena pembeli yang mengakses internet tidak dibatasi tempat dan waktu. Perusahaan tidak perlu membuka cabang distribusi Pengeluaran lebih sedikit, karena pegawai tidak banyak. Harga barang lebih murah, karena biaya operasionalnya murah. Keuntungan yang diperoleh konsumen antara lain : a. Konsumen tidak perlu ke toko untuk mendapat barang. b. Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan c. Konsumen dapat membandingkan harga dari pemasang iklan lain di internet. d. Konsumen dapat membeli barang yang di dalam negeri tidak ada e. Harga barang lebih murah. Peranan TIK dalam bidang Perbankan : Internet banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. Transakasi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran tagihan. Keuntungan internet banking bagi bank adalah bank dapat memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja. Keuntungan internet banking bagi nasabah antara lain : a. Menghemat waktu, karena tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi b. Menghemat biaya, karena transportasi menuju ke bank dapat dihilangkan. c. Lebih cepat, karena tidak perlu menunggu antrean yang banyak.

dan sebagainya. Internet juga bermanfaat untuk mengkoordinasikan penanaman agar selalu ada persediaan di pasar. Transaksi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo. pemberian pupuk.SMS Banking Adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan SMS (short Message Service ). Manfaat internet menguntungkan para petani dalam hal kegiatan advokasi dan kooperasi. G2G (government to government). misalnya melayanai kependudukan dan administrasi. permintaan data statistik yang dibutuhkan pengusaha. pemerintah diatas atau dibawahnya. 2.System komputer dibandara membantu pesawat ketika lepas landas ataupun mendarat .meningkatkan efisiensi dan efektivitas karena peranan manusia di gantikan oleh mesin dan komputer sehingga dapat meningkatkan jumlah produksi . saat terbang maupun mendarat . transfer uang.Meningkatkan komunikasi dan kerja sama Peranan TIK dalam bidang Pertanian Internet memberi informasi kepada para petani dalam pemeliharaan tanaman dan hewan. G2C (government to citizen).Mengatur lalu lintas kereta api untuk menentukan jalur yang harus dilewati . misalnya pengurusan izin usaha. maka mereka bisa mendapatkan informasi tersebut dari internet. Peranan TIK dalam bidang Pemerintahan : 1. G2B (government to business). lebih teratur dan harga jual normal. 3. mulai dari lepas landas. departemen lain. dan sebagainya. Peranan TIK dalam bidang Transportasi . irigasi. dan pembayaran tagihan. Jika para petani memerlukan informasi khusus yang tidak dapat segera dilayani para petugas penyuluhan pertanian. Peranan TIK dalam bidang Industri dan Manufacture : . adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan masyarakat luas.membantu mengarahkan lalu lintas .Untuk system navigasi kapal laut . ramalan cuaca dan harga pasaran. adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan dunia usaha.System komputer untuk mengendalikan pesawat. adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan lembaga pemerintah lain.

.

Keuntungan dan Kerugian menggunakan Komputer adalah sebagai alat Bantu adalah sebagai berikut: Keuntungan : • panas jadi rusak). Dapat membuka lapangan pekerjaan baru sebagai ahli Memiliki media penyimpanan yang ringkas dan Memiliki kecepatan dan ketelitian yang tinggi dalam Komputer tidak pernah lelah (mungkin kalau terlalu kesalahan. • • computer. • mengerjakan fungsinya. Berkurangnya tenaga kerja akibat pekerjaannya digantikan oleh computer. . Komputer melakukan pekerjaan sesuai dengan perintah manusia. Kerugian : Manusia semakin tergantung dengan bantuan computer. bila terdapat Mampu mengolah data dalam jumlah besar dan. computer tetap mengerjakan kesalahan tersebut. • berkapasitas besar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->