Kelompok sosial

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa

Langsung ke: navigasi, cari Ada usul agar artikel atau bagian dari halaman Dinamika kelompok digabungkan ke halaman atau bagian ini. (diskusikan)

Kelompok sosial adalah kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat. Kelompok juga dapat memengaruhi perilaku para anggotanya.

Daftar isi
[sembunyikan] 1 Macam kelompok sosial 2 Faktor pembentuk o 2.1 Kedekatan o 2.2 Kesamaan 3 Pembentukan norma kelompok 4 Lihat pula

[sunting] Macam kelompok sosial

Sekolah merupakan salah satu contoh kelompok sosial Menurut Robert Bierstedt, kelompok memiliki banyak jenis dan dibedakan berdasarkan ada tidaknya organisasi, hubungan sosial antara kelompok, dan kesadaran jenis. Bierstedt kemudian membagi kelompok menjadi empat macam: Kelompok statistik, yaitu kelompok yang bukan organisasi, tidak memiliki hubungan sosial dan kesadaran jenis di antaranya. Contoh: Kelompok penduduk usia 10-15 tahun di sebuah kecamatan.

Singkatnya. dapat merujuk dengan cara membentuk norma-norma perilaku pelaku dalam sistem sosial. yaitu kelompok yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis dan ada persamaan kepentingan pribadi maupun kepentingan bersama. beasiswa terakhir oleh John Levi Martin telah berteori bahwa beberapa struktur skala makro adalah properti muncul dari skala mikro institusi . Kelompok sosial. [sunting] Kedekatan Pengaruh tingkat kedekatan. oranStruktur sosial adalah istilah yang digunakan dalam ilmu-ilmu sosial untuk merujuk pada tatanan sosial berpola yang membentuk masyarakat secara keseluruhan. yaitu kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan berhubungan satu dengan yang lainnya. hubungan berpola lainnya antara kelompok-kelompok sosial yang besar. kontak dan komunikasi. Misalnya. [sunting] Kesamaan Pembentukan kelompok sosial tidak hanya tergantung pada kedekatan fisik. ia dapat merujuk ke sistem stratifikasi sosial ekonomi (misalnya. REDIRECT Nama halaman tujuan [sunting] Faktor pembentuk Bergabung dengan sebuah kelompok merupakan sesuatu yang murni dari diri sendiri atau juga secara kebetulan. kedekatan menumbuhkan interaksi. Pada skala makro. Pada skala mikro. atau. Jadi. terhadap keterlibatan seseorang dalam sebuah kelompok tidak bisa diukur. Pada skala meso. kedekatan fisik meningkatkan peluang interaksi dan bentuk kegiatan bersama yang memungkinkan terbentuknya kelompok sosial. dan yang menentukan. 1. dapat mengacu pada struktur ikatan jaringan sosial antara individu atau organisasi. Kelompok asosiasi. ada juga yang merupakan sebuah pilihan. Kita membentuk kelompok bermain dengan orang-orang di sekitar kita. Dua faktor utama yang tampaknya mengarahkan pilihan tersebut adalah kedekatan dan kesamaan.Kelompok kemasyarakatan. Misalnya. Contoh: Negara. dan bersosialisasi. seseorang terlahir dalam keluarga tertentu. semakin mungkin mereka saling melihat. untuk beberapa derajat yang bervariasi. Yang dimaksud dengan "struktur sosial" berbeda antara berbagai bidang sosiologi. Kita bergabung dengan kelompok kegiatan sosial lokal. para anggotanya melakukan hubungan sosial. tetapi juga kesamaan di antara anggota-anggotanya. yaitu kelompk yang memiliki persamaan tetapi tidak mempunyai organisasi dan hubungan sosial di antara anggotanya. berbicara. Kelompok tersusun atas individu-individu yang saling berinteraksi. Sudah menjadi kebiasaan. Arti ini adalah tidak selalu disimpan terpisah. Dalam asosiasi. Namun. tindakan dari individu-individu disosialisasikan ke dalam struktur itu. yang memainkan peranan penting terhadap terbentuknya kelompok pertemanan. tetapi tidak terukat dalam ikatan organisasi. struktur kelas). kerabat. lembaga sosial. sekolah. Contoh: Kelompok pertemuan. atau kedekatan geografis. Semakin dekat jarak geografis antara dua orang. serta memiliki ikatan organisasi formal.

dll) Jaringan: pola hubungan dalam populasi pelaku Struktur sosial variabel: pola hubungan. yang mengacu pada gagasan bahwa masyarakat dipisahkan menjadi strata yang berbeda (tingkat). agama. Oleh karena itu.shvoong. Kesamaan juga merupakan faktor utama dalam memilih calon pasangan untuk membentuk kelompok sosial yang disebut keluarga. dengan fungsi yang berbeda. distribusi pendapatan. kekayaan. Masyarakat: mandiri. kepercayaan. melompat dari populasi lain dengan lokasi geografis Stratifikasi: Distribusi barang dihargai atau kepemilikan dalam suatu populasi (yaitu kelas. struktur merupakan masalah penting bagi manajemen. Struktur sosial dapat dilihat untuk mempengaruhi sistem sosial yang penting termasuk sistem ekonomi. sistem hukum. karena struktur organisasi dapat menentukan fleksibilitas. sistem budaya. tingkat intelejensi. Hal ini penting dalam studi modern organisasi. nilai. istilah telah digunakan secara umum dalam ilmu sosial. makna atau tujuan. [1] terutama sebagai variabel yang sub-komponen perlu dibedakan dalam hubungannya dengan variabel sosiologis lainnya. 2011 Sumber: http://id. sistem politik. dan berbagai faktor lainnya. atau karakter-karakter personal lain. "Sistem sosial" adalah sistem induk dari mereka berbagai sistem yang tertanam di dalamnya. posisi barang. meskipun telah melakukannya dengan hanya mengobati aspek budaya struktur sosial sebagai epiphenomena orang-orang yang ekonomi. ekonomi dan kelas semua struktur sosial. . ukuran institusi. penduduk yang cukup diri dipersatukan oleh hubungan sosial. dipandu (jika hanya sebagian) oleh struktur yang mendasari dalam sistem sosial. hukum. kapasitas untuk mengubah. nilai. usia. Keluarga.budaya (ini makna "struktur" menyerupai yang digunakan oleh antropolog Claude Levi-Strauss). Sosiologi Marxis juga memiliki sejarah pencampuran arti yang berbeda dari struktur sosial. Salah satu contoh struktur sosial adalah gagasan "stratifikasi sosial". status. Ikhtisar Gagasan struktur sosial sebagai hubungan antara entitas yang berbeda atau kelompok atau pola sebagai abadi dan relatif stabil hubungan menekankan gagasan bahwa masyarakat dikelompokkan ke dalam kelompok yang terkait secara struktural atau set peran.com/social-sciences/sociology/2200852-pengertian-struktursosial/#ixzz1cL6xy4i0g leih suka berhubungan dengan orang yang memiliki kesamaan dengan dirinya. Pendekatan ini telah penting dalam literatur akademik dengan munculnya berbagai bentuk strukturalisme. Sejak tahun 1930-an. Kesamaan yang dimaksud adalah kesamaan minat. dan konkurensi hubungan sosial Diterbitkan di: 16 Agustus. dan lain-lain. sumber daya.

perlahan-lahan akan terbentuk norma. Sebagaimana dalam dunia sosial pada umumnya. sangat dipengaruhi oleh normanorma yang berlaku dalam kelompok itu. sebagaimana semua perilaku sosial. dan norma-norma ini mengarahkan interaksi kelompok.[sunting] Pembentukan norma kelompok Perilaku kelompok. Jadi. . ketika seseorang masuk ke dalam sebuah kelompok. kegiatan dalam kelompok tidak muncul secara acak. Norma terbetnuk dari proses akumulatif interaksi kelompok. Pada saat seseorang berprilaku tertentu pihak lain menilai kepantasasn atau ketidakpantasan perilaku tersebut. Setiap kelompok memiliki suatu pandangan tentang perilaku mana yang dianggap pantas untuk dijalankan para anggotanya. atau menyarankan perilaku alternatif (langsung atau tidak langsung). Norma muncul melalui proses interaksi yang perlahan-lahan di antara anggota kelompok. yaitu norma kelompok.