P. 1
BHS IND SMP 7 Semester 2 Penulis MGMP Bahasa Indonesia Bukittinggi

BHS IND SMP 7 Semester 2 Penulis MGMP Bahasa Indonesia Bukittinggi

|Views: 2,068|Likes:
Published by CV Cahaya Dipersada

More info:

Published by: CV Cahaya Dipersada on Dec 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2015

pdf

text

original

PELANGI

Bahasa Indonesia VII Semester 1 3
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .............................................................................................................................. 1
KATA SAMBUTAN .............................................................................................................................. 1
DAFTAR ISI .............................................................................................................................. 2
1. Bahan Ajar 1 : Wawancara ....................................................................................................................... 3
2. Bahan Ajar 2 : Wawancara ........................................................................................................................7
3. Bahan Ajar 3 : Tokoh idola ......................................................................................................................15
4. Bahan Ajar 4 : Komunikasi.......................................................................................................................18
5. Bahan Ajar 5 : Biograh Tokoh..................................................................................................................25
6. Bahan Ajar 6 : Kehidupan ...................................................................................................................... 29
7. Bahan Ajar 7 : Kemanusian .................................................................................................................... 33
8. Bahan Ajar 8 : Bentuk informasi ............................................................................................................ 42
9. Bahan Ajar 9 : Menulis Memo ................................................................................................................ 47
10. Bahan Ajar 10 : Puisi .............................................................................................................................. 53
11. Bahan Ajar 11 : Membaca Puisi ..............................................................................................................57
12. Bahan Ajar 12 : Cerpen .......................................................................................................................... 62
13. Bahan Ajar 13 : Cerpen .......................................................................................................................... 66
14. Bahan Ajar 14 : Membaca Puisi ............................................................................................................. 76
15. Bahan Ajar 15 : Cerita Anak .................................................................................................................. 80
16. Bahan Ajar 16 : Menulis Puisi ................................................................................................................ 89
17. Bahan Ajar 17 : Menulis Puisi ................................................................................................................ 91
ULANGAN AKHIR SEMESTER II ............................................................................................................96
DAFTAR PUSTAKA .................................................................................................................................107
PELANGI 4
Wawancara
I. Standar Kompetensi : 9. Memahami wacana lisan melaluikegiatan wawancara
II. Kompetensi Dasar : 9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/
narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
II. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menyebutkan pikiran, pendapat, gagasan seorang tokoh/narasumber
yang disampaikan dalam wawancara.
2. Peserta didik dapat menyimpulkan pikiran, pendapat, gagasan seorang tokoh/narasumber yang
disampaikan dalam wawancara.
3. Peserta didik dapat menuliskan informasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke
dalam beberapa kalimat.
Bahan Ajar 1
Berbagai pendapat tentang masalah pertanian dapat kita simak dari berbagai media elektronik, seperti
dari radio atau televisi. Selain itu, kita dapat pula memperolehnya dari koran, majalah, atau internet. Kita pun
dapat menanyakan atau mewawancarai narasumbernya secara langsung, misalnya kepada petani, penyuluh
pertanian, guru, atau dosen yang mengajarkan masalah pertanian. Pendapat-pendapat tersebut misalnya
sebagai berikut :
Uraian Materi
Jenis Pendapat Narasumber
1. Masalah-masalah yang timbul dalam menanam padi.
2. Keuntungan yang diperoleh dari bertanam cabai.
3. Cara-cara memberantas penyakit fu burung.
4. Teknik bertanam jagung hibrida.
5. Asal-usul perkawinan silang pada tanaman.
6. Jenis-jenis tanaman impor yang cocok di Indonesia
Petani (1)
Petani (2)
Penyuluh pertanian (3)
Penyuluh pertanian (4)
Guru / dosen (5)
Guru / dosen (6)
Pada pembelajaran ini, kamu akan berlatih mendengarkan sebuah berita yang akan dibacakan oleh
temanmu, kemudian menuliskannya kembali dalam beberapa kalimat dengan kata-kata sendiri.
Ayo, dengarkanlah dengan cermat pembacaan berita berikut ini!
Bahasa Indonesia VII Semester 1 5
Ami : Rencananya Bapak akan menanam apa di kebun ini?
Petani : Mungkin kopi atau ubi-ubian, Neng!
Ami : Wah, untungnya pasti besar, ya,Pak?
Petani : Kalau ubi-ubian, ya cuma untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Kalaupun dijual, untungnya tidak begitu besar karena harganya sangat murah.
Ami : Kalau kopi bagaimana, Pak?
Petani : Nah, kalau kopi, memang tujuannya untuk dijual. Walaupun harganya sekarang
sedang turun, kalau panennya banyak, lumayan bisa menutupi kebutuhan sekolah anak-anak
Bapak.
Ami : Berapa ton sekali panen, Pak?
Petani : Tanah Bapak tidak begitu luas. Tanah yang sudah ditanami kurang lebih satu
hektare. Tanah seluas itu Bapak bisa panen kopi sekitar lima sampai enam kuintal.
Nah, untuk kebun Bapak yang baru ini, entah bagaimana hasil. Bapak baru
mau mencobanya.
Ami : Memangnya hasilnya akan berbeda-beda?
Petani : Jelas, Neng. Kesuburan dan kemiringan tanah, serta pencahayaan matahari,
sangat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman.
Ami : Tapi, tanah di sini kelihatan subur, ya, Pak!
Petani : Bapak lihat begitu. Mudah-mudahan saja hasilnya baik.
Ami : Terima kasih penjelasan Bapak dan waktu luang yang telah Bapak berikan pada saya.
“Selamat bekerja,” ya, Pak!
Petani : “Sama-sama”, Neng ! Terima kasih atas kesediaan Neng datang ke kebun Bapak.
Pewawancara : Bagaimana menurut pendapat
Bapak tentang kondisi panen tahun ini?
Petani : Alhamdulillah, panen sekarang bagus.
Jadi, hasilnya pun lebih baik dari tahun kemarin.
Pewawancara : Berapa ton padi yang Bapak hasilkan
sekarang?
Petani : Sekarang bapak dapat 1,5 ton gabah per hektarnya.
Nah, kalau tahun lalu cuma satu ton.
Pewawancar : Kira-kira apa masalahnya sehingga panen tahun lalu
itu tidak memuaskan
Petani:Masalah utamanya, kekeringan.
Tahun lalu, kan, kami mengalami
kemarau panjang. Akibatnya, sawah-
sawah kekurangan air. Masih untung
ada air dari irigasi. Ya, lumayan, sawah
bapak juga petani-petani lainnya
masih bisa terairi. Kalau tidak, pasti
para petani di sini mengalami kerugian
besar. Panen kami pasti gagal total
Pendapat-pendapat yang dikemukakan narasumber dalam wawancara tersebut adalah sebagai
berikut.
1. Hasil panen sekarang lebih baik dari tahun kemarin.
2. Masalah utama kegagalan panen tahun lalu adalah kekeringan.
3. Irigasi cukup membantu petani dalam mengatasi kekeringan sehingga panen mereka tidak
gagal total.
1. Perankan teks wawancara berikut secara berpasangan di depan kelas. Mintalah temanmu yang lain untuk
menyimaknya dengan cermat.
PELANGI 6
2. Berdasarkan teks wawancara tersebut, tunjukkanlah pendapat-pendapat yang dikemukakan oleh
narasumber berkenaan dengan masalah pertanian.
3. Tulislah tanggapanmu terhadap pendapat-pendapat yang dikemukakan narasumber.
Tanggapanmu itu bisa berupa pernyataan setuju, kritikan, ataupun penambahan.
1. Perhatikanlah kondisi pertanian yang ada di daerahmu, terutama tentang keadaan tanaman dan nasib
para petaninya.
2. Ungkapkan pendapatmu untuk meningkatkan produksi pertanian di daerahmu itu.
3. Ungkapkan pula cara untuk meningkatka kesejahteraan para petani.
4. Susunlah itu menjadi sebuah artikel. Setelah selesai, bacakan pekerjaanmu di depan kelas.
5. Berdasarkan hasil tanggapan dari teman-temanmu, perbaiki artikelmu. Setelah selesai, pajanglah
artikelmu itu di majalah dinding sekolahmu.
Kebahasaan
Perhatikan kalimat yang bercetak miring berikut.
Petani : Kalau ubi-ubian, ya cuma untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kalaupun dijual, untungnya
tidak begitu besar karena harganya sangat murah.
Kalimat tersebut merupakan kalimat majemuk bertingkat. Kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat
tunggal yang bagian-bagiannya diperluas sehingga perluasan tersebut membentuk satu atau beberapa pola
kalimat baru.
Kalimat tersebut merupakan gabungan dari beberapa kalimat. Hubungan kalimat-kalimat itu tidak
setara atau bertingkat, yakni ada yang berperan sebagai induk kalimat dan anak kalimat.
Perhatikan uraian kalimat tersebut dalam tabel berikut.
Adapun pola pembentukannya sebagai berikut.
1. Untungnya tidak begitu besar.
(induk kalimat)
2. Untungnya tidak begitu besar / karena harganya sangat murah
(induk kalimat) (anak kalimat I)
3. Kalaupun dijual / untungnya tidak begitu besar / karena harganya sangat murah.
(anak kalimat II) (induk kalimat I) (anak kalimat I)
Kalimat Majemuk Bertingkat Induk Kalimat Anak Kalimat
Kalaupun dijual, untungnya
tidak begitu besar karena
harganya sangat murah.
Untungnya tidak begitu besar 1. (padi) dijual.
2. harganya sangat murah
Bahasa Indonesia VII Semester 1 7
1. Gabungkanlah kalimat-kalimat berikut sehingga menjadi kalimat majemuk bertingkat.
Perhatikan contoh berikut!
a. Eva tidak sombong.
b. Eva disukai teman-temannya.
c. Karena tidak sombong. Eva disukai oleh teman-temannya.
a. 1) Lisna tidak mengerjakan tugas bahasa Indonesia.
2) Lisna dimarahi Pak Ridwanuddin.
b. 1) Kemarin hujan turun dengan deras.
2) Jalan-jalan terendam banjir.
c. 1) Ruli tidak mempunyai ongkos.
2) Ruli tetap pergi ke sekolah dengan berjalan kaki.
d. 1) Saya tidak dapat datang dalam pertemuan itu.
2) Saya harus membantu ibu di rumah.
e. 1) Pak Asep akan datang.
2) Kita mengundangnya.
2. Catatlah sepuluh contoh kalimat majemuk bertingkat dari berbagai artikel pertanian. Jangan lupa,
cantumkan judul, sumber, dan penulis artikel tersebut.
Lembar Jawaban Latihan 1
2. Pendapat petani
a.……………………………………………………………………………………………………...
b.………………………………………………………………………………………………………
c.………………………………………………………………………………………………………
3. Tanggapan
a.…………………………………………………………………………………………………......
b.…………………………………………………………………………………………………......
c.………………………………………………………………………………………………………
Lembar Jawaban Latihan 2
1. a.………………………………………………………………………………………………………
b.……………………………………………………………………………………………………...
c.………………………………………………………………………………………………………
d.……………………………………………………………………………………………………...
e.……………………………………………………………………………………………………....
2. 1. ………………………………………………………
2. ………………………………………………………
3. ………………………………………………………
4. ………………………………………………………
5. ………………………………………………………
6. ………………………………………………………
7. ………………………………………………………
8. ………………………………………………………
9. ………………………………………………………
10. ………………………………………………………
PELANGI 8
I. Kompetensi Dasar : 9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan
narasumber dalam wawancara
II. Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menyebutkan hal-hal penting dari suatu wawancara dengan bahasa yang
komunikatif.
2. Peserta didik dapat menuliskan hal-hal penting dari suatu wawancara dengan bahasa yang
komunikatif.
Bahan Ajar 2
Penulisan Berita yang Didengar
Kamu dapat menemukan hal-hal penting dalam wawancara dengan mengikuti langkah-langkah
berikut :
1. Mendengarkan wawancara dengan saksama dari awal sampai akhir wawancara.
2. Mencatat nama narasumber.
3. Memperhatikan dan mencatat pendapat narasumber.
4. Mencatat hal-hal penting yang terdapat dalam pendapat narasumber.
Kalau kamu mempunyai kegemaran yang sama dengan Sela, seperti yang ada pada teks percakapan
Pelajaran 6A, tentu sudah akrab dengan kegiatan wawancara. Acara “Oprah Winfrey Show” yang dimaksud
oleh Sela itu merupakan acara bincang-bincang atau wawancara. Oprah Winfrey sebagai penanya dan tamu-
tamu undangan sebagai narasumber.
Dalam kegiatan wawancara, selalu ada narasumber. Biasanya yang menjadi narasumber adalah
seorang ahli atau pakar. Misalnya, narasumber untuk wawancara pendidikan adalah guru atau kepala
sekolah, narasumber untuk bidang pemerintahan adalah kepala desa atau camat, dan narasumber untuk
bidang kesehatan adalah dokter atau bidan. Sekarang, perhatikan cuplikan wawancara berikut!
Pewawancara : Apa yang Kakak upayakan untuk memelihara kebersihan dan keamanan di sekolah ini?
Narasumber : Sebagai Ketua OSIS, saya berupaya untuk melibatkan para ketua kelas agar semua siswa
terlibat. Semuanya saya harapkan bertanggung jawab atas kebersihan dan keamanan di
sekolah ini.
Pewawancara : Bentuk nyatanya seperti apa, Kak?
Narasumber : Para siswa diberi jadwal piket. Kelas yang paling bersih dan paling tertib oleh OSIS
diumumkan setiap upacara hari Senin. Demikian juga kelas yang paling tidak bersih atau
tidak tertib. Di samping diumumkan, juga mereka diberi teguran oleh guru atau kepala
sekolah.
Wawancara
Uraian Materi
Bahasa Indonesia VII Semester 1 9
1. Bentuklah kelompok yang beranggotakan 2-3 orang.
2. Tentukan sebuah topik wawancara bersama teman sekelompokmu itu, misalnya kegiatan Pramuka, PMR,
dan lain-lain.
3. Susunlah daftar pertanyaan yang berhubungan dengan topik wawancara yang telah ditentukan bersama
teman sekelompokmu.
4. Lakukan simulasi wawancara dengan teman sebangkumu. Seorang siswa berperan sebagai pewawancara
dan seorang siswa lain berperan sebagai narasumber.
5. Ringkaslah hasil wawancara tersebut. Bacakan pekerjaan kelompokmu secara bergantian di depan kelas.
Simaklah salah satu acara dialog atau wawancara di televisi atau di radio. Catatlah intisari dari dialog atau
wawancara tersebut. Susunlah laporan dialog atau wawancara tersebut dalam format berikut.
Tema dialog ………………………………………………………
Hal-hal penting ………………………………………………………
………………………………………………………
……………………………………………………..
Nama stasiun radio / televisi : ……………………………………………………………………..
Nama acara : ……………………………………………………………………..
Waktu siaran : ……………………………………………………………………..
Narasumber : ……………………………………………………………………..
Dalam kegiatan berwawancara tentu sering digunakan kata sapaan. Perhatikan contoh kalimat berikut.
1. Apa yang Kakak upayakan untuk memelihara ketertiban di sekolah ini?
2. Bentuk nyatanya seperti apa, Kak?
Kata sapaan yang dimaksud dalam kedua kalimat tersebut adalah Kakak (1), dan Kak (2). Contoh
kata sapaan lainnya adalah bapak, ibu, nak, kakak, dik, tuan, dan saudara. Kata sapaan ada pula yang berupa
kata ganti pangkat atau jabatan, seperti dokter, profesor,dan sebagainya. Kata sapaan dalam penggunaannya
harus ditulis dengan huruf capital.
Berdasarkan contoh tersebut, dalam wawancara informasi yang dikemukakan narasumber tersebut
cukup luas. Jadi, untuk menghemat waktu, kamu cukup mencatat informasi yang dianggap penting saja.
Berikut contoh catatan dari wawancara tersebut.
Ketertiban kami upayakan bersama-sama. Para siswa dilibatkan. Para siswa diberi jadwal piket.
Dengan cara demikian, mereka diharapkan memiliki tanggung jawab bersama dalam memelihara ketertiban
sekolah.
Kebahasaan
PELANGI 10
Perhatikan contoh berikut!
1. Apa kabar, Bu?
2. Hati-hati di perjalanan, ya, Nak.
3. Bagaimana keadaan Kakak sekarang?
4. Tolong Dik, bantu saya.
5. Terserah Tuan, mau dibeli berapa buku ini.
6. Saudara-saudarku sekalian, mari kita ikuti acara berikutnya.
7. Bagaimana Dokter, keadaam kakek?
8. Baiklah Profesor, akan saya perbaiki karangan ini.
1. Buatlah sepuluh kalimat dengan menggunakan kata sapaan yang berbeda. Ucapkanlah kata-kata sapaan
itu kepada temanmu untuk ditanggapi.
2. Kutiplah sepuluh kalimat sapaan dari cerpen atau novel yang telah kamu baca. Jangan lupa, tuliskan judul
serta nama pengarang novel/cerpen tersebut, serta sumber cerpen dan novel yang telah kamu baca.
Judul : ……………………………
Pengarang : ……………………………
Pengayaan
Dengarkan wawancara antara wartawan Teen dengan Priska berikut ini !
Wawancara ( 1 )
Teen : Udah berapa banyak koleksi buku kamu ?
Priska : Tadinya sih ngak niat ngoleksi. Karena sering beli, lama-lama ya jadi banyak. Aku orangnya cepat
ingat, kalau udah baca satu buku aku pasti selalu ingat ceritanya. Jadi males berkali-kali.
Sekarang aku punya sekitar 100 buku. Mulai dari novel (luar dan dalam negeri) teenlit, chiken,
soup, atau buku-buku motivasi diri. Itu belum termasuk buku-buku kedokteran yang tebalnya minta
ampun.
Teen : Biasanya kalo beli buku di mana ?
Priska : Di toko buku. Kalo untuk buku-buku kuliah biasanya aku beli di Kwitang.
Teen : Pernah ada yang hilang atau rusak ?
Priska : Kalau rusak sih belum ada. Soalnya aku selalu menjaga semua koleksiku. Nah, kalau yang
dipinjam dan gak pulang banyak banget.
Teen : Buku favorit kamu yang mana ?
Priska : Kalau luar aku suka novel karangan Don Brown. Dalam negeri aku suka novel karangan Dewi
Lestari yang judulnya Supernova, tapi hilang.
Teen : Kalau ke mana-mana harus bawa buku dong ?
Priska : Pastinya kalo banyak orang yang suka pusing baca buku di mobil atau sambil tidur, aku gak. Kalau
ada waktu luang aku pasti baca buku, apalagi waktu dikarantina waktu idol kemarin banyak
banget waktu yang luang tuh, jadi hobi bacaku makin menggila.
Teen : Ada waktu dan bujet khusus gak buat beli buku ?
Priska : Nggak. Kalau lagi iseng jalan-jalan biasanya mampir aja ke toko buku dan beli beberapa.
Teen : Ada tempat khusus buat nyimpan koleksi kamu ?
Priska : Paling di rak buku. Disusun rapi.
Teen : Ada nggak sekarang buku yang kamu pengin banget, tapi belum kesampaian ?
Priska : Ada. Novel Harry Potter terbaru. Aku belum sempat beli. Maklum sibuk.
Bahasa Indonesia VII Semester 1 11
a. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !
1. Apakah Priska mempunyai rencana mengoleksi
buku ?
………………………………………………………
…………………………………………………
2. Berapa kira-kira buku yang telah dimiliki Priska ?
………………………………………………………
…………………………………………………
3. Sebutkan jenis buku yang dimilik Priska ?
………………………………………………………
…………………………………………………
4. Adakah buku yang menjadi favorit Priska ?
Sebutkan judulnya !
………………………………………………………
…………………………………………………
5. Apakah Priska suka membaca buku ? Tuliskan
bagian wawancara yang menunjukkan bahwa
Priska sangat suka membaca !
………………………………………………………
…………………………………………………
6. Apakah Priska memiliki waktu khusus untuk
membeli buku di toko ?
………………………………………………………
…………………………………………………
7. Dimanakah Priska menyimpan buku-bukunya ?
………………………………………………………
…………………………………………………
8. Adakah buku yang ingin dia miliki tetapi belum
kesampaian? Sebutkan nama atau judul buku
tersebut !
………………………………………………………
…………………………………………………
b. Catatlah hal-hal penting dari wawancara
tersebut!
1. ……………………………………………………
…………………………………………………
2. ……………………………………………………
…………………………………………………
3. ……………………………………………………
…………………………………………………
4. ……………………………………………………
…………………………………………………
5. ……………………………………………………
…………………………………………………
c. Tulislah kesimpulan wawancara tersebut !
……………………………………………………………
…………………………………………….......................
……………………………………………………………
…………………………………………….......................
Wawancara ( 2 )
Wartawan : “Gimana rasanya terpilih menjadi Mbak Jateng?”
Hana Dewi : “Seneng, ya, tapi juga ada beban tanggung jawab.”
Wartawan : “Mbak berasal dari daerah pemilihan mana?”
Hana Dewi : “Daerah pemilihan kabupaten Bayumas.”
Wartawan : “Mbak Hana suka nggak berpakaian tradisional Jawa?”
Hana Dewi : “Suka, karena pakaian tradisional Jawa itu indah-indah.”
Wartawan : “Sebelum ikut, pemilihan Mbak dan Mas Jawa Tengah, apakah Mbaj Hana sudah menekuni
dunia model?”
Hana Dewi : “Iya, Mbak memang hobi banget beraktivitas di bidang ini.”
Wartawan : “Apa saja persiapan Mbak selama mengikuti tahap-tahap Pemilihan Mbak dan Mas
Jateng?”
Hana Dewi : “Persiapan hanya melakukan yang terbaik dan belajar sungguh-sungguh.”
Wartawan : “Apakah Mbak memang hobi wisata?”
Hana Dewi : “Hobi dong . . . makanya klop kalau Mbak jadi Duta Wisata Jateng, ha . . . ha . . .”
Wartawan : “Tugas apa saja yang Mbak Hana lakukan sebagai Mbak Jateng 2010, sekaligus sebagai
Duta Wisata Jateng.”
Hana Dewi : “Mempromosikan dan mengembangkan pariwisata di Jawa Tengah.”
Wartawan : “Apakah Mbak sudah mengunjungi hamper semua tempat wisata di Jateng?”
Hana Dewi : “Hampir semuanya.”
Wartawan : “Apa upaya Mbak untuk memasyarakatkan objek-objek wisata itu?”
PELANGI 12
A. Berilah tanda silang ( x ) huruf a, b, c, atau d pada
jawaban yang paling benar !
Dengarkan wawancara antara wartawan Yunior dengan
Peterpan berikut !
Warior : Kali ini apa Peterpan manggung dengan
personel lengkap ?
Peterpan: Ya, di Salatiga ini kami tampil lengkap.
Warior : Pernahkah Peterpan manggung dengan
personil tidak lengkap ?
Peterpan: Pernah, tetapi ada editional player atau
pemain pengganti, waktu itu drumernya tidak
ada.
Warior : Apakah Peterpan pernah mengganti personal ?
Peterpan: Tidak ganti, tetapi ada yang keluar, yaitu
Andika dan Indra.
Warior : Personal Peterpan yang pintar nyanyi, selain
Mas Ariel ada nggak ?
Peterpan: Ada, Mas Luqman juga pintar nyanyi.
Warior : Kali ini Peterpan harus konser di mana ?
Peterpan: Di dua puluh kota di Indonesia. Salatiga
adalah kota ketiga dari konser kami.
1. Dialog tersebut merupakan wawancara antara
wartawan Yunior dengan …
a. Peterpan c. Luqman
b.Ariel d. Mas Ariel dan Mas Luqman
2. Informasi yang tidak terdapat dalam wawancara
tersebut adalah …
a. Peterpan akan manggung di Salatiga dengan personal
lengkap.
c. Peterpan akan konser di dua puluh kota di Indonesia.
b. Personal Peterpan yang bisa nyanyi hanyala Ariel
d. Peterpan belum pernah ganti personal.
Dengarkan wawancara berikut ini !
Teen : Ada biaya khusus buat beli komik gak, Mas ?
Pepeng : Nggak. Paling sebulan sekali lah beli komik.
Tapi gue suka gak rela kalo liat harga
komik sekarang mahal-mahal.
Teen : Ada rencana buat komik, Mas ?
Pepeng: Ada. Kebetulan gue lagi tahap persiapan.
Mudah-mudahan tahun depan gue dan
teman-teman bisan menerbitkan komik sendiri.
Doain ya !
3. Dialog tersebut merupakan wawancara serius Wartawan
Teen dengan …
a. Pembeli komik c. Penulis komik
b. Kolektor komik d. Pedagang komik
4. Informasi yang tidak terdapat dalam wawancara
tersebut adalah …
a. Teen adalah penulis komik terkenal.
b. Pepeng tidak rela kalau melihat komik mahal.
c. Pepeng adalah penulis komik terkenal.
d. Pepeng sedang persiapan menulis komik.
5. Sebelum wawancara dilaksanakan, langkah pertama
yang harus dilakukan adalah …
a. Menyimpulkan hasil wawancara.
c. Menanyakan hal-hal penting sesuai topik.
b. Menjawab pertanyaan narasumber.
d. Menyiapkan beberapa pertanyaan.
Uji Kompetensi 1
Hana Dewi : “Mempromosikan, nanti adik-adik membuktikan keindahannya dengan mengunjungi
objek-objek wisata itu.”
Wartawan : “Apa bahasa asing yang Mbak kuasai?”
Hana Dewi : “Bahasa Inggris dan Jepang.”
Wartawan : “O, ya, apa sebenarnya cita-cita Mbak?”
Hana Dewi : “Ingin membanggakan orang tua.”
a. Catatlah hal-hal penting dari wawancara tersebut
1. ………………………………………………………………………………………………………
2. ………………………………………………………………………………………………………
3. ………………………………………………………………………………………………………
4. ………………………………………………………………………………………………………
5. ………………………………………………………………………………………………………
b. Tulislah kesimpulan wawancara tersebut !
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
Bahasa Indonesia VII Semester 1 13
6. Pertanyaan yang disampaikan kepada Duta Wisata
Indonesia adalah …
a. Apakah tidak ada pilihan lain selain menjadi duta
wisata?
b. Mengapa Adik tidak memilih lomba yang lain?
c. Apakah rencana Adik selanjutnya setelah terpilih
menjadi Duta Wisata Indonesia.
d. Sebaiknya Adik meminta gaji yang tinggi setelah
terpilih menjadi Duta Wisata.
7. Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah …
a. Lokasi wisata ini nggak cuma kotor tetapi juga berbau.
b. Pantai Kuta banyak dikunjungi turis asing.
c. Bermain-main di pantai Pasir Putih tidak membosankan.
d. Kita segera menuju lokasi Benteng Pendem.
8. Pertanyaan yang disampaikan kepada orang yang
memandu kamu ketika berwisata ke Istana Apel di
Malang, Jawa Timur adalah …
a. Mengapa Bapak tidak berjualan ditempat lain saja ?
c. Sejak kapan Istana Apel ini dibuka untuk umum ?
d. Benarkah Bapak belum makan hari ini ?
9. Pertanyaan yang disampaikan untuk mewawancarai
wisatawan mancanegara yang sedang asyik bermain di
Pulau Kembang, Kalimantan Selatan antara lain …
a. Benarkah pulau ini Pulau Kembang, Tuan?
b. Apa yang Tuan kerjakan di pulau ini?
c. Sudah berapa hari Tuan datang ke Indonesia?
d. Bagaimana menurut Tuan mengenai Pulau Kembang
ini?
Wawancara berikut ini digunakan untuk soal nomor 10
dan 11.
Wartawan : “Ngomong-ngomong, puisi Anda pada ke
mana nih? Kok sepi?”
Penyair : “Ya, belakangan ini saya memang tidak
banyak melahirkan puisi. Saya hanya menyiap
kan banyak kata.”
Wartawan: “Apa sebenarnya cita-cita Anda?”
Penyair : “Ah, mestinya semua orang tahu, penyair itu
harus bercita-cita menemukan bahasa sendiri.
Itu juga yang sekarang sedang saya kejar ke
sana kemari. Berburu kata, berburu tata, dan
cinta. Kelak kalau semuanya terkumpul, nah
saat itulah waktunya mengurus sertihkat
hak cipta: ini bahasa saya.”
Wartawan: “Anda sudah menemukan apa sekarang?”
Penyair : “Terlalu dini untuk saya publikasikan. Tapi,
untuk wawancara ini saja, saya katakan
saya sudah menemukan sebuah awalan,
akhiran, dan kata sambung.”
Wartawan: “Itu saja?”
Penyair :“Ya, memang kenapa? Saya toh tidak sedang
terburu-buru.”
Wartawan:“Boleh tahu awalan, akhiran, dan kata
sambung itu?”
Penyair : “Nah, saya yakin Anda akan mendesak saya.
Pasti Anda berpikir itu menarik untuk
dijudulkan,m bukan?” He he, jelek-jelek begini
dulu saya pernah ikut pelatihan
wartawan, sebelum tersesat menjadi penyair
betulan.”
Sumber: sejuta-puisi.blogspot.com, diakses tanggal 8 Juli 2010
10. Informasi yang terdapat dalam wawancara di atas
adalah …
a. Penyair sudah menemukan bahasa yang diinginkan.
b. Penyair harus mematenkan bahasa yang telah
ditemukan.
c. Penyair tergesa-gesa untuk menemukan bahasa sendiri.
d. Penyair mempunyai cita-cita untuk menemukan bahasa
sendiri.
11. Kesimpulan dari wawancara tersebut adalah …
a. Cita-cita seorang penyair adalah menemukan bahasa
sendiri.
b. Penyair harus mempunyai bahasa yang khusus.
c. Setiap penyair harus memiliki bahasa yang berbeda.
d. Bahasa yang digunakanpenyair mencerminkan
kepribadian penyair.
Kutipan wawancara berikut ini digunakan untuk soal
nomor 12 dan 13.
Kutipanwawancara berikut dilakukan oleh seorang
wartawan dengan Saut Situmorang, seorang sastrawan,
tentang perang sastra Boemipoetra vs Teater Utan Kayu.
W : Wartawan
SS: Saut Situmorang
W: “Jurnal Boemipoetra yang terbit beberapa bulan
lalu semacam propaganda demonstratif sastrawan
Ode Kampung terhadap perlawanan komunitas Utan
Kayu. Namun, sebagian masyarakat menyatakan itu
bukan jurnal yang semestinya ilmiah sebab kata-kata
dalam jurnal tersebut “kasar”. Bagaimana pendapat
Anda?”
SS:“Coba perhatikan, kalimat macam apa yang kau
tuliskan ini! Membingungkan! Jurnal sastra
Boemipoetra adalah jurnal sastra paling keren dan
cool sepanjang sejarah sastra Indonesia karena
fungsinya hanya satu yaitu menghancurkan Teater
Utan Kayu.”
Sumber: http://komunitassasstra.wordpress.com, diakses tanggal 8
Juni 2010
PELANGI 14
12. Informasi yang dapat diperoleh berdasarkan jawaban
narasumber yaitu …
a. Saut Situmorang mengatakan bahwa jurnal sastra
paling keren dan cool sepanjang sejarah sastra
Indonesia karena fungsinya hanya satu yaitu
menghancurkan Teater Utan Kayu.
b. Jurnal Boemipoetra semacam propaganda demonstratif
sastrawan Ode Kampung terhadap perlawanan
komunitas Utan Kayu. Bagaimana pendapat Anda
terhadap jurnal sastra paling keren dan cool sepanjang
sejarah sastra Indonesia?
c. Pendapat Saut Situmorang mengenai Jurnal sastra
Boemipoetra adalah jurnal sastra paling keren dan cool
sepanjang sejarah sastra Indonesia karena fungsinya
hanya satu yaitu menghancurkan Teater Utan Kayu.”
d. Wartawan menanyakan pendapat Saut Situmorang
menegenai Jurnal Boemipoetra.
13. Kesimpulan kutipanm wawancara tersebut adalah …
a. Jurnal Boemipoetra bukan jurnal karena kata-kata
dalam jurnal tersebut “kasar”.
c. Jurnal Boemipoetra merupakan propaganda
demonstratif sastrawan Ode Kampung.
b. Jurnal Boemipoetra berfungsi untuk menghancurkan
Teater Utan Kayu.
d. Kata-kata dalam jurnal seharusnya ilmiah.
Bacalah wawancara berikut !
Wartawan : “Apakah Anda sependapat dengan
pernyataan generasi muda masa kini mulai
melupakan kesenian daerah?”
Narasumber:“Dikatakan sependapat, saya tidak.
Dikatakan tidak sependapat, saya juga
sependapat. Saya rasa generasi muda
tidak melupakan kesenian daerah,
tetapi tidak terlalu mengenal kesenian
daerah. Oleh karena itu, perlu adanya
upaya memperkenalkan kesenian daerah
kepada generasi muda. hal inilah yang
sulit.”
Wartawan : Mengapa memperkenalkan kesenian daerah
kepada generasi muda
dianggap sebagai hal yang sulit?”
Narasumber:“Jelas sulit karena hanya ada sedikit pihak
yang berusaha memperkenalkan
kesenian daerah kepada generasi muda.”
Wartawan: “Bagaimana caranya supaya generasi muda
mengenal kesenian daerah?”
Narasumber:“Agar generasi muda mengenal kesenian
daerah harus ada organisasi,instansi,
atau keluarga yang berusaha memperkenal
kan generasi muda terhadap
kesenian daerah.”
14. Topik yang dibahas dalam kutipan wawancara adalah

a. Pendapat narasumber mengenai sikap generasi muda
terhadap kesenian daerah dan upaya memperkenalkan
kesenian daerah kepada generasi muda.
b. Sikap generasi muda terhadap kesenian daerah dan
upaya memperkenalkan kesenian daerah kepada
generasi muda.
c. Sikap pemerintah terhadapa kesenian daerah dan upaya
pemerintah melestarikan kesenian daerah.
d. upaya mengenalkan dan melestarikan kesenian daerah
oleh pemerintah dan generasi muda.
15. Hal penting yang terdapat dalam kutipan wawancara
tersebut adalah …
a. Generasi muda melupakan kesenian daerah karena
generasi muda tidak menyukai kesenian daerah.
b. Tidak semua generasi muda melupakan kesenian daerah
karena di daerah-daerah tertentu banyak generasi muda
yang ikut melestarikan kesenian daerah.
c. Memperkenalkan kesenian daerah kepada generasi
muda harus dilakukan sejak kecil oleh keluarga.
d. Kesenian daerah harus diperkenalkan kepada generasi
muda oleh organisasi, instansi, atau keluarga agar
generasi muda mengenal kesenian daerah.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
Bacalah kutipan wawancara berikut !
Warior : Gimana ceritanya Kak Dimas bisa jadi aktor ?
Dimas Beck : Ya… mungkin inilah namanya jalan hidup. Alhamdulillah pertama kali terjun ke
aunia entertain, kakak langsung main hlm layar lebar.
Warior . Apa hlm pertama kakak ?
Dimas Beck . Kakak kali pertama main hln 'Apa Artinya Cinta`. Di hlm itu Kakak aapat peran sebagai
Angga.
Warior . Apa kesan kakak main ai hlm pertama itu ?
Dimas Beck : Waktu syutingnya lama banget, padahal kakak hanya kebagian muncul selama 15 menit, ha ha
ha…
Bahasa Indonesia VII Semester 1 15
Warior : Apa nggak pengalaman seru lainnya ?
Dimas Beck. Aaa. Saking semangatnya kakak memerankan tokoh ai hlm itu, ai rumah pun kakak latihan
memahami karakter tokoh. Kakak latihan nangis di rumah. Sampai-sampai keluarga khawatir
bisa-bisa keterusan gila, ha ha ha…
Warior : Oh ya, siapa sih bintang yang Kak Dimas idolakan ?
Dimas Beck: Johny Deep, karena dia bisa sangat hidup memerankan tokoh dalam.
1. Apa isi percakapan tersebut ?
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
2. Hal apa yang tidak menarik dari percakapan tersebut ?
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
3. Ubahlah percakapan tersebut menjadi narasi !
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
4. Simpulkan isi wawancara tersebut !
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
5. Ubahlah kalimat tidak langsung berikut menjadi kalimat langsung !
a. Margareta mengatakan bahwa Tangkuban Perahu sangat indah.
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
b. Pemandu mengatakan bahwa Taman ini dibangun oleh Pemerintah Daerah setahun yang lalu.
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->