KALIMAT DALAM BAHASA INDONESIA Kalimat: “Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran yang utuh

/lengkap.” Contoh: 1. Orang itu. (frasa) 1a. Orang itu pergi. (kalimat) S P 2. Karyawan yang berprestasi. (frasa) 2a. Karyawan yang berprestasi diberi penghargaan. (kalimat) S P O Kalimat efektif: “Kalimat efektif ialah kalimat yang mampu mewakili pembicara atau penulis dalam menyampaikan isi pikiran sehingga menimbulkan isi pikiran yang sama pada pendengar atau pembicara”. Ciri kalimat efektif: 1. kesepadanan, yaitu keseimbangan antada pikiran (gagasan) dengan struktur bahasa yang digunakan. Agar sepadan, kalimat harus: a. jelas subjek dan predikatnya Contoh: (1) Kepada yang tidak berkepentingan dilarang masuk. Seharusnya: Yang tidak berkepentingan dilarang masuk. (2) Di dalam karya tulis ini mengemukakan pentingnya bank bagi perekonomian. Seharusnya: Karya tulis ini mengemukakan pentingnya bank bagi perekonomian. atau Dalam karya tulis ini dikemukakan pentingnya bank bagi perekonomian. (3) Menurut Pasal 225 Kitab Undang-Undang Hukum Perniagaan menyatakan bahwa setiap pertanggungan harus dibuat secara tertulis. Seharusnya: Pasal 225 Kitab Undang-Undang Hukum Perniagaan menyatakan bahwa setiap pertanggungan harus dibuat secara tertulis. atau Menurut Pasal 225 Kitab Undang-Undang Hukum Perniagaan, setiap pertanggungan harus dibuat secara tertulis. (4) Kios yang dimilikinya yang sebetulnya memungkinkan untuk hidup lebih baik. Seharusnya: Kios yang dimilikinya sebetulnya memungkinkan untuk hidup lebih baik. (5) Bank syariah sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seharusnya:
1

Karena ia jarang mengikuti perkuliahan. 2. (2) Dana di bank sangat terbatas. 2 . a. Seharusnya: b. tidak mengandung subjek ganda Contoh: (1) Soal itu saya kurang jelas.Bank syariah adalah sarana untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Seharusnya: Ia tidak dapat mengerjakan soal-soal yang mudah itu karena jarang mengikuti perkuliahan. Sehingga tidak semua pengusaha mendapat fasilitas kredit. Seharusnya: Dalam penyusunan laporan ini penulis dibantu oleh dosen pembimbing. Kepaduan. Seharusnya: Dana di bank sangat terbatas sehingga tidak semua pengusaha mendapat fasilitas kredit. atau Soal itu menurut saya kurang jelas. Seharusnya: Bank didirikan supaya perekonomian kita bisa hidup dan berjalan. tidak menggunakan kata penghubung intrakalimat dalam kalimat tunggal Contoh: (1) Bank didirikan supaya perekonomian kita bisa hidup. Supaya perekonomian kita bisa berjalan. yaitu hubungan yang baik dan jelas antara unsur-unsur pembentuk kalimat (SPOK). c. Seharusnya: Soal itu bagi saya kurang jelas. kalimat harus: ringkas (tidak bertele-tele) Contoh: (1) Kita harus dapat mengembalikan kepada kepribadian kita orangorang kota yang telah telanjur meninggalkan rasa kemanusiaan itu dan yang secara tidak sadar bertindak ke luar dari kepribadian manusia Indonesia dari sudut kemanusiaan yang adil dan beradab. (2) Penyusunan laporan ini penulis dibantu oleh dosen pembimbing. b. (1) menggunakan pola aspek + agen + kata kerja dalam kalimat yang berpredikat pasif persona Contoh: Cicilan bank saya belum bayar. Agar padu. (3) Ia tidak dapat mengerjakan soal-soal yang mudah itu.

Seharusnya: Telah saya kembalikan buku itu kepadamu. tidak menyisipkan kata seperti tentang. 3. Seharusnya: Saya tidak datang ke tempat itu karena tidak diundang. (2) Hama tikus sangat merugikan bagi petani. Seharusnya: Hama tikus sangat merugikan petani. Agar hemat. . yaitu kalimat terbebas dari penggunaan kata-kata yang tidak perlu (mubazir). Bukan: Cicilan bank belum dibayar oleh saya. Saya telah kembalikan buku itu kepadamu. bagi. kalimat harus (1) (2) menghindarkan pengulangan subjek Contoh: Hadirin serentak berdiri setelah mereka mengetahui Presiden datang. Dalam bab ini penulis akan bahas …. Seharusnya: Hadirin serentak berdiri setelah mengetahui Presiden datang. Seharusnya: Dalam bab ini akan penulis bahas …. dan daripada di antara predikat kata kerja dan objek penderita Contoh: (1) Kami sedang mendiskusikan tentang masalah aktual. b. Saya tidak datang ke tempat itu karena saya tidak diundang. Seharusnya: Kami sedang mendiskusikan masalah aktual. Seharusnya: Saya melihat dia naik. Kehematan. Seharusnya: Para anggota DPR sedang membahas tuntutan rakyat. Seharusnya: Saya pikir hal itu penting dibicarakan sebab hal itu ada kaitannya dengan maju-mundurnya perusahaan kita. (3) Saya pikir hal itu penting dibicarakan sebab menurut saya hal itu ada kaitannya dengan maju-mundurnya perusahaan kita. Bukan: Telah dikembalikan oleh saya buku itu kepadamu. menghindarkan pemakaian sinonim kata Contoh: (1) Saya melihat dia naik ke atas. (3) Para anggota DPR sedang membahas daripada tuntutan rakyat. atau 3 a.(2) (3) Cicilan bank belum saya bayar. Bukan: Dalam bab ini akan dibahas oleh penulis ….

Seharusnya: Pada Mei 1998 terjadi kerusuhan. atau Pasangan muda itu merencanakan mempunyai dua anak saja. Seharusnya: Indramayu dikenal sebagai salah satu penghasil sarang walet. kami persilakan memasuki ruangan. (3) Kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan agar supaya hidup kita Sehat. kami persilakan memasuki ruangan. Seharusnya: Gaun yang dikenakan perempuan cantik itu kemerahan. . (2) c. Seharusnya: Pasangan muda itu merencanakan hanya mempunyai dua anak. banyak makalah yang tidak jadi dipresentasikan. Seharusnya: Para tamu undangan. kami persilakan memasuki ruangan. (3) Gaun yang dikenakan perempuan cantik itu warnanya kemerahan. menghindarkan penjamakan bentuk yang sudah jamak Contoh: (1) Karena acara seminar dipadatkan. atau Tamu (tamu) undangan. Seharusnya: Karena acara seminar dipadatkan. Seharusnya: 4 d. Seharusnya: Kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan agar hidup kita sehat. banyak makalah-makalah yang tidak jadi dipresentasikan. Pasangan muda itu merencanakan hanya mempunyai dua anak saja. Atau Kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan supaya hidup kita sehat. (2) Pada bulan Mei 1998 terjadi kerusuhan. menghindarkan penggunaan superordinat dalam hiponimi Contoh: (1) Indramayu dikenal sebagai salah satu penghasil sarang burung walet. (3) Dalam makalah ini ada beberapa kesalahan-kesalahan yang perlu diperbaiki.Saya melihat dia ke atas. (2) Kepada para tamu-tamu undangan.

Kecermatan. Contoh: Angket itu diedarkan kepada guru yang mengajari Matematika. Seharusnya: Angket itu diedarkan kepada guru yang mengajarkan Matematika. Dengan mengucapkan syukur kepada Allah Swt. tahun ini uang kuliah mahasiswa baru dinaikkan. atau Pak Direktur menugaskan (penyelesaian) pekerjaan itu kepada saya. Menurut rencana. (1) (2) (3) (4) (5) (6) (1) (3) Kelogisan. yang telah melimpahkan 5. Seharusnya: Artis terkenal (dari) ibukota itu disambut meriah. yaitu ide kalimat dapat diterima akal sehat (masuk akal). Seharusnya: Menurut rencana. 4. (2) Mayat wanita yang ditemukan itu sebelumnya sering mondar-mandir di ujung gang. Seharusnya: Sebelum meninggal. yaitu kalimat tidak mengandung tafsiran ganda dan tepat dalam piliha kata. Contoh: Anak sekolah dasar itu menukarkan uang dua puluh lima ribuan. Atau Dalam makalah ini ada kesalahan-kesalahan yang perlu diperbaiki. 5 . Seharusnya: Anak sekolah dasar itu menukarkan uang dua-puluh-lima ribuan.Dalam makalah ini ada beberapa kesalahan yang perlu diperbaiki. Sekarang dia pergi ke kantor naik mobil. Pak Direktur menugaskan saya menyelesaikan pekerjaan itu. Seharusnya: Sekarang dia pergi ke kantor naik sedan. tahun ini uang kuliah mahasiswa baru-dinaikkan. Seharusnya: Penulis mengucapkan syukur kepada Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir ini. Seharusnya: Adik lupa menghidupkan lampu garasi. Seharusnya: Pak Direktur menugasi saya menyelesaikan pekerjaan itu. wanita yang mayatnya ditemukan itu sering mondarmandir di ujung gang. atau Anak sekolah dasar itu menukarkan uang dua puluh lima-ribuan. tahun ini uang kuliah mahasiswa-baru dinaikkan. atau Menurut rencana. Artis ibukota yang terkenal itu disambut meriah. Adik lupa menghidupi lampu garasi.

Contoh: (1) Mata pencaharian penduduk Desa Cidadap adalah bertani dan perdagangan. Seharusnya: Alzheimer alias pikun adalah satu segi usia yang paling menakutkan dan membahayakan karena cara mencegah dan mengobatinya belum ada yang tahu.Turun perlahan-lahan para turis dari kapal pesiar yang mewah itu. (3) Alzheimer alias pikun adalah satu segi usia yang paling menakutkan dan berbahaya karena pencegahan dan cara mengobatinya belum ada yang tahu. atau Alzheimer alias pikun adalah satu segi usia yang paling menakutkan dan membahayakan karena pencegahan dan pengobatannya belum ada yang tahu. (5) Untuk mencegah bahaya longsor. Keparalelan. Seharusnya: untuk mencegah bahaya longsor. (2) Sebaiknya harga minyak dibekukan atau menaikkannya secara bertahap. yaitu menonjolkan atau mementingkan ide yang terdapat dalam kalimat. ide yang lain pun harus diungkapkan dengan struktur/konstruksi kata benda. Seharusnya: operasi adalah sarana untuk membantu masyarakat dari beban dan tekanan ekonomi. Seharusnya: Sebaiknya harga minyak dibekukan atau dinaikkan secara bertahap. 6. Ketegasan. . bila sebuah ide diungkapkan dengan struktur/konstruksi kata kerja. bukit yang gundul itu sekarang ditanami rakyat. Koperasi adalah sarana untuk membantu beban dan tekanan ekonomi masyarakat. kita dapat 7. Bila sebuah ide diungkapkan dengan struktur/konstruksi kata benda. Seharusnya: Mata pencahairan penduduk Desa Cidadap adalah bertani dan berdagang. bukit yang gundul itu sekarang ditanami oleh rakyat.(4) rahmat-Nya sehingga dapat menyelesaikan tugas akhir ini. ide yang lain pun harus diungkapkan dengan struktur/konstruksi kata kerja. (1) menempatkan ide pada awal kalimat Contoh: Para turis turun perlahan-lahan dari kapal pesiar yang mewah itu. a. 6 . yaitu menggunakan struktur/konstruksi bahasa yang sama dalam suatu susunan serial. Untuk menonjolkan atau mementingkan ide.

6. barulah laporan itu diseminarkan untuk memperoleh masukan-masukan dari para ahli-ahli. melainkan berpuluh-puluh juta rupiah telah disumbangkan kepada anak-anak terlantar. 7 . mengurutkan secara logis Contoh: (1) Telekomunikasi cepat-vital dimaksudkan untuk mobilitas pembangunan. dan persatuan. (2) Bukan seribu.000. Seharusnya: Bukan seratus.00. Supaya mereka dapat duduk paling depan. Herman Johanes berpendapat bahwa salah satu indikator yang menunjukkan tidak efisiennya Pertamina adalah rasio yang masih timpang antara jumlah karyawan dan produksi minyak.Rasio yang masih timpang antara jumlah karyawan dan produksi minyak. 8.Salah satu indikator yang menunjukkan tidak efisiennya Pertamina. adalah salah satu indikator yang menunjukkan tidak efisiennya Pertamina. Setelah menyusun laporan dengan sebaik-baiknya. 7. seribu. menurut Herman Johanes. Saya akan jelaskan duduk perkara itu kepadanya. 9. Karena aturan itu belum disepakati. Seharusnya: Telekomunikasi cepat-vital dimaksudkan untuk keamanan. Efektifkanlah kalimat-kalimat berikut! Dia tidak tahu dan mengerti akan kebenaran berita tersebut. Penulis terbaik I memperoleh hadiah uang Rp5.  1. dan sejuta. 4. . melainkan berpuluh-puluh juta rupiah telah disumbangkan kepada anak-anak terlantar.(2) . Kepada yang merasa kehilangan jam tangan harap diambil di bagian informasi. adalah rasio yang masih timpang antara jumlah karyawan dan produksi minyak. mobilitas pembangunan. Tujuan daripada seminar ini ialah memperdayakan masyarakat golongan lemah. 10. Tahap ini meliputi tes kemampuan berbicara. menurut Herman Johanes. dan sejuta. seratus. 11. Tahun ini rakyat Indonesia akan merayakan HUT RI ke-63. atau .Dari kapal pesiar yang mewah itu para turis turun perlahan-lahan. dan persatuan. mengevaluasi peran alat bantu pendengaran. 5. datang lebih awal pada acara itu. maka aturan itu belum bisa dilaksanakan. 3. Surat lamaran yang Saudara kirimkan cukup rangkap satu saja. keamanan. b. 2.000. dan cek darah.

Segala usaha dilakukan dalam menangani masalah devaluasi dan perbaikan masalah keuangan. 14. 27. Meskipun prinsip asuransi itu sederhana. Perkara yang diajukan ke meja hijau berjumlah 51 buah. Di dalam karya tulis ini mengemukakan tentang peranan bank syariah dalam memberdayakan ekonomi masyarakat. Dalam simposium yang diikuti oleh banyak para pakar ekonomi tersebut membicarakan tentang masa depan Indonesia.12. Fisika dasar mengkaji beberapa masalah-masalah. baik karangan sendiri mapun terjemahan dari bahasa asing. 28. dan lain-lain. 20. Di antara masalah nasional yang penting itu mencantumkan masalah ekonomi sebagai masalah utama. 22. Walaupun peluh membasahi tubuhnya. Dari pandangan hukum. Selama data-data itu belum diproses atau masih merupakan data mentah. Untuk dunia perbankan berhubungan dengan perusahaan-perusahaan yang memerlukan jasa-jasa bank. tetapi PBB memaksa kedua negara yang bersitegang itu melaksanakannya. 21. Mayat wanita yang ditemukan tewas itu sebelumnya sering mondarmandir di kampung tersebut. sifat gelombang. 8 . 15. 16. namun petani itu tetap mengayunkan cangkulnya di bawah terik matahari. Jika data yang diolah tidak memenuhi syarat. Karena sering kebanjiran. Akhir-akhir ini masalah tamatan SMA yang tidak tertampung di perguruan tinggi yang mendapat sorotan lagi. Dalam hukum syariah yang baru mencantumkan pasal mengenai minuman keras. 29. 25. Buku bacaan yang banyak diterbitkan ialah buku mengenai bisnis. Sedangkan perkara yang telah selesai disidangkan berjumlah 23 buah. gerak gelombang. 18. antara lain macam gelombang. namun pekerjaannya rumit dan memerlukan keterampilan banyak bidang. Walaupun perundingan itu sangat sulit sekali dilaksanakan. 23. jangan diberikan kepada siapa pun. 13. maka hasil penelitiannya pun tidak bisa dapat dipertanggungjawabkan. 26. kontrak dengan mana satu pihak dengan menerima sesuatu nilai yang dikenal sebagai premi. pemerintah tidak menyetujui pembangunan rumah di daerah tersebut. 17. 30. memikul suatu risiko kerugian atau tanggung jawab yang menimpa pihak lain. 24. 19. Pengangguran adalah merupakan hambatan utama dalam pembangunan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful