Processor

Processor merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai pusat pengendali dan pengatur dari keseluruhan kegiatan pemrosesan data pada komputer. Bagian – Bagian Dalam Processor - Register Bagian processor yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi dan berguna sebagai penampung sementara pada saat processor sedang memproses data. Secara spesifik, register menyimpan lokasi dimana instruksi akan diambil, menyimpan instruksi pada saat didekode, menyimpan data pada saat ALU memproses, dan serta menyimpan hasil perhitungan dari ALU. Register terdiri dari 16,32, dan 64 bit. - ALU (Arithmetic Logic Unit) Bagian processor yang digunakan untuk melakukan perhitungan dan operasi logika pada saat processor bekerja. - CU (Control Unit) Berfungsi menerjemahkan instruksi menjadi perintah dan menjalankan perintah tersebut. Untuk lebih jelasnya lihat gambar machine cycle di bawah ini:
Step 1. Fetch mengambil instruksi atau data dari memory

Step 4. Store menuliskan hasilnya ke memory

Step 2. Decode menerjemahkan instruksi menjadi perintah

Step 3. Execute menjalankan perintah

Yang Perlu Diperhatikan pada processor

dengan satuan Hz. Socket 7. Intel . dengan hertz. FSB-nya menggunakan teknologi yang disebut quad pumping dengan satuan Hz (hertz). Jika FSB semakin tinggi. bila FSB aslinya berjalan pada 1000 MHz maka hypertransport efektif berjalan pada 2000 MT/s. Untuk prosesor intel. hertz adalah satuan frekuensi. Cache Memory Cache Memory adalah bagian dari processor yang berfungsi untuk menyimpan data yang akan diproses oleh processor. besarnya cache ini menentukan jumlah data yang bisa diproses oleh processor dalam sekali jalan. Pin Pin adalah kaki processor agar bisa menancap pada socket di motherboard. Socket 370) . II. maka FSB asli processor tersebut hanyalah 200 MHz. banyaknya data yang dapat diproses dalam satu detik Sedangkan prosesor AMD menggunakan teknologi FSB yang disebut dengan HyperTransport dengan transfer/second didefinisikan sebagai jumlah data yang satuan T/s (transfer per second). hanya berbeda Sebenarnya teknologi ini seperti teknologi DDR satuan penggunaan saja).Pentium IV terdiri dari beberapa generasi seperti: . FSB Quad Pumping adalah 4 kali dari FSB asli. (dual data rate) yaitu dapat berjalan pada saat sinyal naik maupun sinyal turun.Pentium I. Satuan yang digunakan pada cache memory adalah byte. dimana dapat ditransfer dalam satu detik (mirip menggandakan lebar bus yang digunakan. Tingkatan pada cache dari yang paling cepat adalah:  L1 Cache : paling cepat (saat ini sekitar 30 GB/s)  L2 Cache : lebih lambat dari L1 Cache (saat ini sekitar 12 GB/s)  L3 Cache : lebih lambat dari L2 Cache (tidak ada pada kebanyakan processor) Core / Clock Speed Core / Clock Speed adalah kecepatan dari processor yang digunakan untuk memroses data. jumlah data yang akan ditransfer akan makin tinggi pula. Contohnya. Contoh. Tetapi untuk processor LGA pin tersebut tidak terdapat pada processor melainkan pada motherboard. - - Contoh Gambar Socket LGA775 dan processornya Jenis Processor (Yang dibicarakan dan yang saat ini berkembang) 1.III (Slot 1. jika FSB yang tertulis pada brosur sebesar 800 MHz.- FSB (Front Side Bus) FSB berfungsi sebagai jalur pengangkut data menuju ke processor.

Northwood (Socket 478). LGA775. Cache L2 512 KB.Duron Applebird dan Morgan (Socket A 462) . High End)  Core 2 Quad dan Core 2 Quad Extreme (Cache L2 2x4 MB)  Xeon (server)  Centrino dan Centrino Duo (platform mobile) 2. Market Value. Cache L2 256 KB. boleh meletakkan stiker platform.Arsitektur Core Microarchitecture:  Pentium Dual Core (Market Value. Throughbird.Sempron (Socket 754/AM2. .Turion (jenis mobile) NB: 1. Processor Intel Teknologi yang dimiliki oleh processor intel saat ini antara lain:  Hyper Threading Teknologi yang menggunakan lebih dari satu jalur thread dalam sebuah processor sehingga mempercepat pemrosesan data. Intel mengeluarkan persyaratan khusus pada notebook yang menggunakan processor intel. AMD . Barton (Socket A 462) . Cache L2 256 KB) . seperti centrino atau centrino duo pada notebooknya.2x1MB. LGA 775. High End) . single core) .Athlon FX (Socket 940/AM2. High End). HT 2000 MT/s) . Cache L2 2x512KB .Athlon 64 (Socket 939/AM2. Cache L2 2x1 MB) . . Thunderbird.Willamette (Socket 423). HT hingga 2000 MT/s) . market value adalah prosesor yang didesain khusus untuk pasar kelas menengah ke bawah dengan mengurangi fitur dan teknologi agar harga bisa semurah mungkin.Phenom (Socket AM2.Pentium D (generasi dual core. karena seolah-olah system dikerjakan oleh lebih dari satu processor.Athlon 64 X2 (Socket 939/AM2. Presscott (Socket 478 / LGA 775). Notebook yang lulus persyaratan.Opteron (untuk server). dan Celeron (Market Value) . Cache L2 1 MB)  Core 2 Duo (Conroe) (LGA775. 1.Athlon Palomino. HT hingga 5200 MT/s) .  Intel Extended Memory 64 Technology (Intel EMT64) Teknologi untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang berbasis 64 bit. Fitur dan Teknologi pada Processor  Instruksi Streaming SIMD Extensions (SSE)   Fabrication Process Integrated Memory Controller Memungkinkan Processor untuk melakukan pengaksesan memory langsung tanpa melewati chipset northbridge terlebih dahulu.Celeron D (Market Value. Cache L2 2MB-4MB)  Core 2 Extreme (LGA775. yang disebut dengan platform. Extreme Edition (Socket 478. 2. Cache L2 4x1MB.

 Teknologi pada Core Microarchitecture Teknologi yang awalnya untuk mengoptimalkan dan mengefisienkan konsumsi power. Inovasi teknologi ini diantaranya:  Intel Wide Dynamic Execution  Intel Intelligent Power Capability  Intel Advanced Smart Cache  Intel Advanced Smart Memory Access  Intel Advanced Digital Media Boost  Intel QuickPath Technology Teknologi pengganti FSB. Processor AMD .  Enhanced Intel Speedstep Technology (EIST) Voltase dan frekuensi prosesor disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi sehingga penggunaan power dan suhu dapat berkurang (fitur ini mulai terdapat pada intel prosesor 820 untuk desktop dan centrino untuk mobile).  High K Process Technology Untuk mengembangkan hukum moore (Moore’s Law). dengan akses cepat dengan jalur point-to-point. Teknologi ini dapat meningkatkan kecepatan “switch” pada transistor dan membantu mengurangi konsumsi daya. Execute Disable Bit (xD Bit) Teknologi yang memungkinkan processor untuk mengenali data-data yang mengandung virus dan sejenisnya lalu memindahkannya ke buffer overflow sehingga tidak akan di eksekusi oleh processor. dimana dapat mengurangi bottleneck pada bus. intel menggunakan material baru pada transistornya yang digabungkan dengan gerbang dielektrik high-k dan gerbang metal. 2.

penomoran processor dinamai dengan nomor 5xx. Untuk Intel dikenal dengan sebutan Xeon sedangkan AMD dikenal sebagai Opteron. Kedua jenis processor server ini memiliki kinerja yang luar biasa yang tidak dimiliki processor biasa. dan 9xx. Hal ini memungkinkan pengaturan level power dan meminimalkan konsumsi daya secara keseluruhan. 8xx. Salah satu ciri khas dari prosesor market value ini adalah cache memory yang lebih rendah (biasanya setengah atau seperempat) daripada prosesor non market valuenya.  Cool’n’Quiet Peningkatan kinerja processor sering meningkatkan konsumsi power dan kebisingan. Misalnya Pentium D memiliki cache 1 MB maka versi Celeronnya (Celeron D) hanya memiliki cache 256 KB. Pentium D. Kode pada Processor Kode pada processor bertujuan untuk memudahkan pembedaan processor-processor sesuai product familinya.  Enhanced Virus Protection (EVP) Teknologi yang memungkinkan processor untuk mengenali virus dan sejenisnya sehingga eksekusi terhadap data tersebut tidak akan dilanjutkan oleh processor. dan mengurangi atau mematikan daya pada bagian transistor untuk mengurangi konsumsi daya dan mengurangi panas yang dihasilkan. .Teknologi yang dimiliki oleh processor AMD saat ini antara lain:  Hyper Transport Teknologi penggandaan bus pada jalur system sehingga data yang dapat diantar dalam satu waktu lebih banyak karena lalu lintas data yang lebih cepat.  AMD64 Technology Teknologi untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang berbasis 64 bit. Keterbatasan yang ada disini otomatis mempengaruhi kinerja prosesor bersangkutan. sehingga kecepatan processor pada tiap core bisa berbeda. Setiap produsen prosesor mengeluarkan prosesor terbarunya selalu diiringi dengan prosesor jenis market value yang terbaru pula.  Independent Dynamic Core Technology Memungkinkan pengurangan kecepatan frekuensi processor secara individu. tapi tentu saja harganya pun berbeda jauh. Dengan teknologi ini memungkinkan penggunaan power yang efektif dan sistem yang lebih hening saat menggunakan kinerja sesuai dengan kebutuhan. 6xx. dan Pentium Extreme Edition. Processor Server Ada jenis processor yang direkomendasikan sebagai processor server. selain itu motherboard dan peripheral lain yang digunakan pun tentunya harus bertipe peripheral server. Processor Market Value Yang dimaksud dengan market value disini adalah prosesor yang di desain khusus oleh produsennya untuk para konsumen yang memiliki dana terbatas. Celeron adalah merk market value dari intel. Untuk generasi LGA775 mulai Pentium 4. sedangkan AMD menyainginya dengan mengeluarkan type AMD Sempron.  AMD CoolCore Technology Teknologi ini dapat menentukan bagian tertentu yang dibutuhkan oleh aplikasi. 7xx.

8 GHz. Para penggemar overclocking. seperti Pentium D 920 lebih baik daripada Pentium D 830. Perangkat Pendingin Dengan meningkatnya kecepatan dan kemampuan prosesor. sedangkan untuk processor quad core. Perangkat pendingin standar tersebut memang mampu menangani processor yang standar pula (bukan overclocked). Processor AMD masih menggunakan cara P-Ranting (Performance Ranting) pada processornya dengan membandingkan kode processornya dengan ukuran clock speed pada intel. Contohnya Athlon 64 3000+ diklaim AMD setara dengan processor intel 3000 MHz padahal clock speed processor tersebut hanya 1. ditandai dengan kode ”Q”. ditandai dengan kode ”E” didepannya. pembelian processor pasti disertai perangkat pendingin standar yaitu heatsink dan kipas.Penomoran pada processor tersebut bisa menjadi tolak ukur performa processor. panas yang dihasilkan processor juga semakin bertambah. . Untuk kode pada processor intel dengan Core microarchitecture dengan processor dual core. Dan untuk AMD dual core ditandai dengan kode “X2” kemudian diikuti nilai P-Rantingnya. Untuk mengatasinya. pasti lebih memilih pendingin berkemampuan tinggi untuk memperoleh performa yang baik dan stabilitas yang tetap terjaga.