P. 1
Makalah Aqidah

Makalah Aqidah

|Views: 686|Likes:
Published by Anhy Untukmu

More info:

Published by: Anhy Untukmu on Dec 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2014

pdf

text

original

Makalah Aqidah

BABI PENDAHULUAN A.Pendahuluan Segala puji bagi Allah. Kami memuji-Nya, memohon pertolongan-Nya, memohon ampunanNya, serta bertobat kepada-Nya. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan-kejahatan diri serta perbuatan-perbuatan buruk kami. Barangsiapa telah diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak ada satu pun yang dapat menye-satkan-Nya, dan barangsiapa yang disesatkan Allah, tidak ada satu pun yang dapat menunjukinya. B. Tujuan Dengan di buatnya makalah ini berharap mempunyai banyak manfaat dan mempunyai banyak tujuan yang baik yang harus dipegang teguh, yaitu untuk mengihlaskan niat dan ibadah kepada AllahI semata. Karena Dia adalah pencipta yang tidak ada sekutu bagiNya, maka tujuan dari ibadah haruslah diperuntukkan hanya kepadaNya juga membebaskan akal dan pikiran dari kekacauan yang timbul dari kosongnya hati dari akidah. Karena orang yang hatinya kosong dari akidah ini, adakalanya kosong hatinya dari setiap akidah serta menyembah materi yang dapat di indera saja dan adakalanya terjatuh pada berbagai kesesatan akidah dan khurafat. Ketenangan jiwa dan pikiran, tidak cemas dalam jiwa dan tidak goncang dalam pikiran. Karena akidah ini akan menghubungkan orang mukmin dengan Penciptanya lalu rela bahwa Dia sebagai Tuhan yang mengatur, Hakim yang membuat tasyri'. Oleh karena itu hatinya menerima takdir-Nya, dadanya lapang untuk menyerah lalu tidak mencari pengganti yang lain. Meluruskan tujuan dan perbuatan dari penyelewengan dalam beribadah kepada Allah dan bermuamalah dengan orang lain. Karena diantara dasar akidah ini adalah mengimani para Rasul, dengan mengikuti jalan mereka yang lurus dalam tujuan dan perbuatan.

BAB II PENGANTAR AQIDAH A. Pengertian Aqidah Aqidah artinya ketetapan yang tidak ada keraguan pada orang yang mengambil keputusan. Sedangkan pengertian aqidah dalam agama mksudnya adalah berkaitan dengan keyakinan bukan pada perbuatan. Seperti pada aqidah dengan adanya Allah dan diutusnya para Rasul. Menurut Bahasa ( Etimologi ) : • Berasal dari Al-aqdu artinya ikatan yang kuat,bisa pula menjadi kepercayaan yang kokoh. • Ikatan janji, terkadang juga disebut aqdun. • Aqidatan berarti keyakinan. Menurut Istilah ( Terminologi ) : Yaitu perkara yang dibenarkan oleh hati dan jiwa menjadi tentram karenanya, sehingga menjadi suatu kenyataan yang kokoh, yang tidak tercampur oleh keraguan dan kebimbangan. Dengan kata lain, keimanan yang pasti tidak terkandung oleh suatu keraguan apapun pada orang yang meyakininya. • Menurut hasan Al-Banna :

“ Aqa‟id ( bentuk jamak dari aqidah ) adalah beberapa perkara yang wajib diyakini kebenarannya oleh hati, mendatangkan ketenangan jiwa, menjadi keyakinan yang tidak bercapur sedikitpun dengan keragu-raguan. ( Al-Banna,tt,hal.465 ) • Menurut Abu Bakar Jabir Al-Jazairy : Aqidah adalah sejulah kebenaran yang dapat diterima secara umum oleh manusia berdasarkan akal, wahyu dan fhitrah. Kebenaran itu dipatrikan oleh manusia didalam hati serta diyakini kesahihan dan keberadaannya secara pasti dan ditolak segala sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran itu. (Al-Jazairy, 1978,Hal.21).

B. Beberapa Istilah Lain Tentang Aqidah Ada beberapa istilah lain yang semakna atau hampir semakna dengan istilah aqidah, yaitu Iman dan Tauhid dan yang semakna dengan ilmu aqidah yaitu Ushuluddin, Ilmu Kalam dan Fikih Akbar. • Iman, mencakup semua permasalahan I‟tiqadiyah dan mebenarkan didalam hati. Sesuatu yang diyakini oleh hati, diucapkan dengan lisan dan diamalkan dengan perbuatan. • Tauhid, Artinya mengesakan ( mengesakan Allah- Tauhidullah ). Ajaran atuhid adalah tema sentral aqidah dan iman, oleh karena itu aqidah dan iman diidentikkan juga dengan istilah tauhid. • Ushuluddin, Artinya pokok-pokok agama, yang mencakup rukun iman, rukun Islam dan apaapa yang telah disepakati oleh para imam. • Ilmu Kalam, Artinya berbicara atau pembicaraan. Dapat dikatakan ilmu kalam karena banyak dan luasnya dialog dan perdebatan yang terjadi antara pemikir masalah-masalah aqidah tentang beberapa hal. Misalnya tentang Al-Quran apakah khaliq atau bukan, hadist atau qadim. Tentang takdir, apakh manusia punya hak ikhtiar atau tidak. Tentang orang yang berdosa besar kafir atau tidak. Pembicaraan atau perdebatan luas seperti itu terjadi setelah cara berpikir rasional dan filsafati mempengaruhi para pemikir dan ulam Islam. • Fikih Akbar, munculnya pemahaman ini bahwa tafqquh fiddin yang diperintahkan Allah SWT, dalamsurah At-Taubah ayat 122.

C. Ruang Lingkup Pembahasan Aqidah Sistematika Hasan Al Banna: a. Ilahiyat, Pembahasan tentang segala yang berhubungan dengan Ilah (Tuhan, Allah) seperti wujud Allah, nama-nama dan sifat-sifat Allah. b. Nubuwat, Berhubungan dengan Nabi dan Rasul (Kitab-kitab Allah, mu‟jizat, Karamah dll) c. Ruhaniyat, berkaitan dengan alam metafisik seperti Malaikat, Jin, Iblis, Syaithan dsb d. Sam‟iyyat, Membahas segala sesuatu yang hanya bisa diketahui lewat Sam‟I (dalil naqli berupa Al Quran dan Sunnah) seperti alam barzkah, akhirat dan Azab Kubur, tanda-tanda

E. Fungsi Aqidah Aqidah adalah dasar. • Aqidah/ keyakinan akan memberikan ketenangan dan ketentraman dalam pengabdian dan penyerahan dirinya secara utuh kepada Zat yang Maha Besar • Iman memberikan daya dorong utama untuk bergaul dan berbuat baik sesama manusia tanpa pamrih. juga bisa melalui berita yang diyakini kejujuran si pembawa berita Anda tidak berhak memungkiri wujudnya sesuatu yang sudah pernah dijangkau oleh inderanya. Iman kepada Allah 2. fondasi untuk mendirikan bangunan. Iman kepada Taqdir Allah D.. Iman kepada Nabi dan Rasul 5. tetapi akal hanya perlu membuktikan jujur atau bisakah kejujuran sipembawa berita tersebut di buktikan secara ilmiah oleh akal dan pikiran itu aja. kepada kitab-kitab-Nya. . kecuali bila akal saya mengatakan “tidak” . tetapi hanya berfungsi memahami nash-nash yang terdapat dalam kedua sumber tersebut. artinya apa saja yang disampaikan oleh Allah dan rasulnya wajib di imani dan diyakini atau diamalkan.kiamat. Iman Kepada Malaikat 3. kepada akhir dan iman kepada qada dan qadar. disamping diperoleh dengan menyaksikan langsung. Keyakinan. akal pikiran tidaklah jadi sumber akidah. saya yakini adanya. Beberapa Kaidah Aqidah Apa yang saya dapat dengan indera saya. kepada nabi dan rasulNya. memiliki akhlak yang mulia dan bermu‟amalat dengan baik. peranan yang sangat besar dalam hidupnya antara lain: • Menopang seluruh prilaku. Iman Kepada Hari Akhir 6. Surga-Neraka dsb. Seorang yang mamiliki aqidah yang kuat.” (an-Nahl. Ibadah seseorang tidak akan diterima oleh Allah swt kalau tidak dilandasi dengan aqidah. Sebagaian ulama berpendapat bahwa pembahasan pokok aqidah Islam harus terumus dalam rukun iman yang enam. Sedangkan akal fikiran bukanlah merupakan sumber Aqidah. dan akal tidak mampu juga menjangkau suatu yang tidak terikat dengan ruang dan waktu. Sistematika Arkanul Iman: 1. membentuk dan memberi corak dan warna kehidupannya dalam hubungannya dengan makhluk lain dan hubungannya dengan Tuhan. Firman Allah: ”. Akal tidak akan mampu menjangkau hal-hal yang ghaib. Yaitu iman kepada Allah. Iman kepada Kitab-kitab Allah 4. tapi hanya berfungsi memahami nash-nash yang terdapat dalam kedua sumber tersebut. kepada Malaikat-Nya. Akal hanya bisa menjangkau hal-hal yang terikat dengan ruang dan waktu Iman adalah fitrah setiap umat manusia keyakinan tentang Hari Akhir adalah konsekuensi logis dari keyakinan tentang adanya Allah F. Akal Pikiran tidak menjadi sumber aqidah. Sumber Aqidah Sumber aqidah Islam adalah Al-Quran dan As-Sunah.16:89)  Apa saja yang disampaikan oleh Allah dalam Al Quran dan Oleh Rasulullah dalam Sunnahnya wajib diimani (diyakini dan diamalkan). pasti akan melakukan ibadah dengan tertib.dan kami turunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Qur‟an) sebagai penjelas atas segala sesuatu petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri..

dan sebagai bahan diskusi dengan harapan semoga materi ini menjadi pegangan ajaran tauhid atau keimanan kita. • Aqidah sebagai filter. musnahlah tuntunantuntunan akhlak dari kehidupan manusia. makalah tentang Aqidah Islamiyah ini dapat disusun dan disajikan sebagai tugas dari mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Kesimpulan Akidah Islam adalah prinsip utama dalam pemikiran Islami yang dapat membina setiap individu muslim sehingga memandang alam semesta dan kehidupan dengan kaca mata tauhid dan melahirkan konotasi-konotasi valid baginya yang merefleksikan persfektif Islam mengenai berbagai dimensi kehidupan serta menumbuhkan perasaan-perasaan yang murni dalam dirinya. Akidah memiliki peranan yang besar dalam membina akhlak setiap individu muslim sesuai dengan prinsip-prinsip agama yang pahala dan siksa disesuaikan dengannya. yang selama ini secara . penyaring budaya-budaya non Islami (sekuler). dan bukan hanya sekedar wejangan yang tidak menuntut tanggung-jawab.• Dengan iman seorang muslim akan senantiasa menghadirkan dirinya dalam pengawasan Allah semata. Karena akhlak tanpa iman tidak akan pernah teraktualkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian. akidah mencerminkan sebuah unsur kekuatan yang mampu menciptakan mu‟jizat dan merealisasikan kemenangan-kemenangan besar di zaman permulaan Islam. Atas dasar ini. Lain halnya dengan aliran-aliran pemikiran hasil rekayasa manusia biasa yang memusnahkan perasaan diawasi oleh Allah dalam setiap gerak dan rasa tanggung jawab di hadapan-Nya. MAKALAH AQIDAH DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA i KATA PENGANTAR Alhamdulillah dengan taufiq dan inayah dari Allah SWT. BAB III PENUTUP A.

ataupun tradisi dari peninggalan nenek moyang kita. kiranya tidak jemu-jemu memberikan koreksi dan kritik untuk memperbaiki materi ini. Untuk itu. penyusun akan menunggu dan menerima dengan segala senang hati. karena telah diubah oleh tangan-tangan jahil manusia dan diprakarsai oleh hawa nafsu yang sesat. Mudah-mudahan dengan seizin Allah SWT. Semoga Allah SWT jugalah yang akan memberi imbalan pahala yang tidak terhingga kepada segenap pihak yang suka membantu untuk mencari kebenaran dalam ajaran agama yang diridhaiNya. diiringi ucapan ribuan terima kasih. 15 November 2006 ii . membina dan memantapkan Aqidah Islamiyah atau keimanannya.tidak terasa keliru karena bercampur baur dengan ajaran-ajaran non Islam. Mataram. Akhirnya harapan penyusun kepada para pembaca. Sebagai bukti nyata dari kekeliruan ini. makalah ini dapat menyumbangkan jasanya untuk membina dan memantapkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Beruntunglah mereka yang sadar dan mau menganalisa. timbullah suatu semboyan “semua agama adalah sama dan baik”. dengan berlandaskan kepada Al-Quran dan Hadits serta mau mempergunakan ratio yang sehat. Hilanglah ajaran agama yang asli yang datangnya dari Sang Khaliq (Allah SWT). Amin. sehingga tidak dapat lagi membedakan mana yang benar dan mana pula yang salah. Sebab kekurangan sudah barang tentu selalu terdapat pada insan yang dhaif. meneliti.

............................ . .............................Sifat-sifat Allah yang Wajib Diketahui............................................................................................................ ....Iman Kepada Kitab-kitab Allah .................................................. ....................................................... 5 II......Iman Kepada Hari Kiamat ......................................... 22 VI....................... 25 VIII......1 I........................................................................................ Hubungannya dengan Islam dan Sasaran Pembahasannya ..............Iman Kepada Para Rasul/Nabi Allah .........Latar Belakang Masalah .......................................................................................5 I........Tujuan Penulisan ................ii DAFTAR ISI ................................. .. 11 iv v V...................................................Definisi Iman.........................................................Jalan Membuktikan Adanya Allah SWT ......................................................... 3 III..................................................................................... i KATA PENGANTAR .................... . ..... ................................ 6 III......... ............. 1 II.........................................................Iman Kepada Qadha‟ dan Qadar ................................................................. 26 IX......................................... ........................................................................... 9 IV............Iman Kepada Para Malaikat .......... 24 VII...................................................iv BAB I. .................................Rumusan Masalah ............................................................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL............. Serta Argumentasinya ................................... ... RUANG LINGKUP PEMBAHASAN AQIDAH ISLAMIYAH (KEIMANAN).... .......................................................................... PENDAHULUAN..............................................................................................................................................Iman Kepada Allah SWT .......... ................. . ....................... .... ................................. 4 BAB II..................................

.................................................................................................... 40 BAB IV.........Analisa Kritis .................................................. 48 ................. PENUTUP.... 38 IV................................ 35 III......................................................... 45 II......................................................................29 BAB III.........................Perkembangan Aqidah .....Kesimpulan ............................................. AQIDAH ISLAMIYAH LEBIH LANJUT...........................32 I.......................................................................................................................................Wasiat Aqidah Imam Syafi‟i ...............Keistimewaan Aqidah Islam dan Manfaat dalam Mempelajarinya ................................45 I.................................................................Penyimpangan Aqidah dan Cara-cara Penanggulangannya .................................................. 32 II..........

Dan (juga) pada dirimu sendiri. antara lain: Artinya : “Dan di bumi ini terdapatlah tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa orang yang mampu untuk mengucapkan kalimat syahadatain di akhir masa hidupnya. maka apakah kamu tiada memperhatikannya.” (QS. Abu Syekh) 10 Beberapa ahli tasawwuf juga mengatakan: Artinya : “Barang siapa yang mengenal akan dirinya.)” (HR.” (HR. III.” (QS. menurut fungsinya masingmasing. Ali Imran: 190) Artinya : “Pikirkanlah olehmu tentang makhluk Tuhan. Adz Dzariyat: 20-21) Artinya : “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda (bukti kekuasaan Allah) bagi orang yang (mau) menggunakan akalnya. Yang Maha Mengatur. dan janganlah kamu pikirkan tentang zat Khaliq (Allah). hanyalah orang.” Hal ini bukanlah berarti Allah SWT itu bersemayam (berada) dalam diri kita. maka dari situ kita bisa mengambil jalan untuk lebih mengenal Allah SWT. sebagaimana beberapa orang mempercayai hal tersebut (manunggaling kawula gusti).9 Artinya : “Barang siapa yang akhir ucapannya (waktu akan mati mengatakan): laa ilaaha illallaah.orang yang semasa hidupnya selalu mengingat kepada Allah SWT dan mengamalkan segala perintah-perintah-Nya. betapa indah alam tersebut. tetapi hal ini berarti bahwa kita menyadari betapa indah dan harmonisnya susunan tubuh kita. begitu teraturnya alam berjalan. (maka) ia akan masuk surga. . Jalan Membuktikan Adanya Allah SWT Banyak jalan yang dapat digunakan untuk membuktikan adanya Allah SWT. Dalam hal ini sangat mudah. asalkan kita mau mempergunakan akal dan pikiran kita. Dan orang tersebut dimasukkan dalam kategori (golongan) orangorang yang meninggal dengan derajat “Husnul Khatimah” (hidupnya berakhir dalam keadaan baik). Terutama dalam soal pengendalian roh. sehingga dapat bekerja praktis. Abu Daud). karena kamu pasti tidak akan dapat menjangkau-Nya (tidak mungkin manusia untuk memikirkan zat Allah SWT. yaitu dengan memperhatikan segala sesuatu yang telah diciptakan-nya. niscaya kenallah ia akan Tuhannya. Hal-hal yang seperti inilah yang menyadarkan kita akan adanya Yang Maha Kuasa. Kemudian kalau kita memperhatikan alam yang ada di sekitar kita. dan Dia adalah Allah SWT.

Ilmu telah membawa akal kita untuk melihat kebesaran Allah SWT dengan apa yang tidak dapat terlihat oleh mata manusia. lebih dari itu tidak dapat berbuat apa-apa. Sir Isaac Newton. jalan pikiran mereka untuk mengenal hakikat yang sebenarnya masih berbeda-beda menurut cara dan konsep mereka sendiri. baik oleh masyarakat Muslim maupun non Muslim.241H/ 855 M-1055 M). Imam Hambali (yang hidup antara tahun 164 H. IV. menganalisa. tetapi cara ibadah dan kebaktian serta perbuatannya menyeleweng dari kehendak Allah SWT. yang asalnya dari sperma dan ovum. Walaupun ada hanya sebagian kecil saja. Serta Argumentasinya Fakta-fakta yang membuktikan adanya Allah SWT. tetapi mereka tetap mempersekutukan Allah dan tidak mau mengakui Islam sebagai agama yang benar. zat Yang Maha Kuasa. Ilmu dan kepintaran manusia tidak sanggup untuk menciptakan sesuatu yang belum ada sebelumnya. akhirnya setelah mengalami proses yang ditentukan. merasakan bahwa ilmu yang ada padanya adalah sekedar hasil penemuan tentang segala apa yang telah tersedia di alam ini. maka jadilah ia manusia yang sempurna. terutama manusia. yaitu: . beliau membuktikan adanya zat Yang Maha Kuasa dengan kejadian makhluk-makhluk.Sebagai contoh. Kalau kita tinjau lebih jauh 11 lagi. tapi hal tersebut hanyalah sekedar pengakuan mereka saja.sifat Allah SWT. sangatlah perlu bagi kita untuk mengetahui sifat. Ketinggian ilmu dan penemuan para ahli hanyalah mengolah dan merubah bentuk. sudah cukup banyak diungkapkan. mereka tidak mau menuruti perintah Allah untuk menghormati Adam as. Tetapi. supaya jangan kita keliru untuk menentukan siapa dan bagaimana Allah Yang Maha Kuasa itu. Sifat-sifat Allah yang Wajib Diketahui. Allah SWT tidak menganjurkan kita untuk mengadakan penelitian. bahkan setan dan iblis juga percaya akan adanya Allah. atau mencari zat-Nya. Untuk itu dapat kita peroleh dengan dua cara. Disinilah Newton membuktikan kekuasaan dan kebesaran Allah SWT sebagai Pencipta alam semesta. Tapi kita diwajibkan hanya untuk mengenal sifat-sifat-Nya. Meskipun ada banyak pengakuan dari ilmuwan non Muslim. bahkan secara terus terang di hadapan Allah. Oleh karena itu. mengobservasi.

1. Al Muhyi. Al Baasith. At Tawwab. Al Khabiir. Al Waasi‟ 12 d. Al Qawiyyu. yaitu semua keterangan diambil dari Al Quran dan Al Hadits yang shahih. Al Mukmin. Al Muta‟aalii. Al Waarits. Ash Shamad. Al Fattaah. Al Ghanii. yang jumlahnya sebanyak 99. Al Mushawwir. Al Hakiim. As Samii‟u. Al Hafizh. Ar Raqiib. b. Al Malik. Kekuasaan dan kepemimpinan-Nya : Al Qaadir. Al Lathiif. inilah yang disebut dengan “Al Asmaul Husna”. Al Baathin. Al Haq. g. Al Haadii. Al Mubdiu. Al Hasiib. Al Kariim. Al „Aziiz. Al Muqtadir. Al Waduud. Kodrat-Nya : Al Qaabidh. Secara langsung dari Al Quran dan Al Hadits. Al Muntaqim. Al Mudzil. Al Matiin. Ar Rahiim. Al Wahhaab. As Syakuur. Al Mumiit. Ilmu Pengetahuan-Nya : Al „Aliim. Al Bashiir. As Syahiid. dengan perincian sebagai berikut: a. Al Qayyuum. Ar Raafi‟. Al Muhaimin f. Ar Raazaq. Al Baa‟its. Al Muhshi. Al Aakhiry. Zul Jalaali wal Ikraam e. Al Haliim. Al Mu‟iid. Al Mu‟izz. Ar Rauuf. Al Badii‟u. Al Qahhaar. Al Wakiil. Al Qudduus. Al Baaqii. Al Majiid. Al Ghafuur. Malikul Muluk. Al Awwal. (nama-nama yang baik). Al Mufiib. Adh Dhaar. Al Hayyi. Al „Aliyyu. Al Muqiit. Al Jaami‟. Al Afuwwu. Al Jabbaar. Kebesaran/keagungan-Nya : Al „Azhiim. Al Maani‟. Al Kabiir. Penciptaan-Nya : Al Khaaliq. Al Baariu. Cara ini hanya mempergunakan satu alternatif saja. Al Mughnii. Azh Zhaahir. Al Hamiid. Zat Pribadi-Nya : Al Waahid. Sifat-sifat-Nya : Ar Rahmaan. Al Ghaffar. Al Maajid. c. . Al Barr. As Salaam. Al Ahad.

Al Muakhir.” Hal ini bukanlah berarti Allah SWT itu bersemayam (berada) dalam diri kita. Al Muqsith. yaitu bahwa yang disebut dengan sifat dua puluh atau lebih diringkaskan menjadi sifat tiga belas. Jumlah sifat tersebut tidak terhingga banyaknya. Secara gabungan. dengan pengertian. M. Adapun tiga belas sifat Allah tersebut adalah sebagai berikut: 5 Dimaksud wajib di sini adalah wajib akal. tetapi hal ini berarti bahwa kita menyadari betapa indah dan harmonisnya susunan tubuh kita. Al Hakam. Hal-hal yang seperti inilah yang menyadarkan kita akan adanya Yang Maha Kuasa. 66) Tugas Agama . yaitu Abul Hassan Al „Asyari. Terutama dalam soal pengendalian roh. yaitu bahwa Allah SWT mempunyai segala macam sifat kesempurnaan. Beliau berpendapat. Al Khaafidh. Iradat-Nya : An Nuur. menurut fungsinya masingmasing. tanpa batas. yang disebut dengan aliran Ahli Sunnah Wal Jama‟ah. Noor Matdawam. Yang Maha Mengatur. Al Waali.h. Al Quran dan pikiran (dalil naqliyah dan aqliyah).Makalah. Pembinaan dan Pemantapan Dasar Agama. begitu teraturnya alam berjalan. (Drs. Secara tafshili (terperinci). Al Mutakabbir. Al Muqaddim. An Naafi‟. sehingga dapat bekerja praktis. dan Dia adalah Allah SWT. hal. cara untuk mengenal sifat-sifat yang wajib5 bagi Allah SWT itu ada dua macam: a. Secara ijmali (global). b. Kemudian kalau kita memperhatikan alam yang ada di sekitar kita. niscaya kenallah ia akan Tuhannya. Ash Shabuur. Al „Adlu. Al Waliiyu. yang tidak dimiliki oleh makhluk-Nya. Al Waajid. sebagaimana beberapa orang mempercayai hal tersebut (manunggaling kawula gusti). . akal manusia wajib meng‟itiqadkan bahwa Allah SWT bersifat seperti dengan sifat-sifat yang diuraikan di bawah ini. betapa indah alam tersebut. maka dari situ kita bisa mengambil jalan untuk lebih mengenal Allah SWT. Akidah Dan Komponen-Komponennya Artinya : “Barang siapa yang mengenal akan dirinya. Al Jaliil.01 . Ar Rasyiid. 2. Cara ini dirumuskan oleh tokoh dalam aliran ilmu tauhid.

terutama manusia. Ilmu telah membawa akal kita untuk melihat kebesaran Allah SWT dengan apa yang tidak dapat terlihat oleh mata manusia. atau mencari zat-Nya. Sir Isaac Newton. tapi hal tersebut hanyalah sekedar pengakuan mereka saja. yaitu: . Ilmu dan kepintaran manusia tidak sanggup untuk menciptakan sesuatu yang belum ada sebelumnya. Tapi kita diwajibkan hanya untuk mengenal sifat-sifat-Nya. jalan pikiran mereka untuk mengenal hakikat yang sebenarnya masih berbeda-beda menurut cara dan konsep mereka sendiri. baik oleh masyarakat Muslim maupun non Muslim. Meskipun ada banyak pengakuan dari ilmuwan non Muslim. tetapi cara ibadah dan kebaktian serta perbuatannya menyeleweng dari kehendak Allah SWT. Walaupun ada hanya sebagian kecil saja. Sifat-sifat Allah yang Wajib Diketahui. bahkan setan dan iblis juga percaya akan adanya Allah. Oleh karena itu. beliau membuktikan adanya zat Yang Maha Kuasa dengan kejadian makhluk-makhluk.sifat Allah SWT. mengobservasi. Disinilah Newton membuktikan kekuasaan dan kebesaran Allah SWT sebagai Pencipta alam semesta. lebih dari itu tidak dapat berbuat apa-apa. merasakan bahwa ilmu yang ada padanya adalah sekedar hasil penemuan tentang segala apa yang telah tersedia di alam ini. tetapi mereka tetap mempersekutukan Allah dan tidak mau mengakui Islam sebagai agama yang benar. Serta Argumentasinya Fakta-fakta yang membuktikan adanya Allah SWT. zat Yang Maha Kuasa. yang asalnya dari sperma dan ovum. bahkan secara terus terang di hadapan Allah. maka jadilah ia manusia yang sempurna. Ketinggian ilmu dan penemuan para ahli hanyalah mengolah dan merubah bentuk. akhirnya setelah mengalami proses yang ditentukan. Imam Hambali (yang hidup antara tahun 164 H. sudah cukup banyak diungkapkan.Sebagai contoh. Tetapi. sangatlah perlu bagi kita untuk mengetahui sifat. Kalau kita tinjau lebih jauh 11 lagi. menganalisa. Allah SWT tidak menganjurkan kita untuk mengadakan penelitian.241H/ 855 M-1055 M). mereka tidak mau menuruti perintah Allah untuk menghormati Adam as. supaya jangan kita keliru untuk menentukan siapa dan bagaimana Allah Yang Maha Kuasa itu. IV. Untuk itu dapat kita peroleh dengan dua cara.

Sifat-sifat-Nya : Ar Rahmaan. Zat Pribadi-Nya : Al Waahid. Al Baariu. Ar Raqiib. Al Haliim.1. Al Qahhaar. Al Badii’u. Al Baathin. Al Lathiif. Al Fattaah. Al Hafizh. Al Barr. Al Mubdiu. Al Baasith. dengan perincian sebagai berikut: a. As Syahiid. Al Kabiir. (nama-nama yang baik). Al Qayyuum. Al Mudzil. Secara langsung dari Al Quran dan Al Hadits. Al Wakiil. Al Muhshi. Ar Raazaq. Al Mukmin. Al Aakhiry. Al Jaami‟. Al Baa‟its. Penciptaan-Nya : Al Khaaliq. Al „Aliyyu. Al Ghafuur. Al Waasi‟ 12 d. Al Hamiid. Al Ahad. Zul Jalaali wal Ikraam e. As Syakuur. b. Adh Dhaar. Al Muqiit. Al Khabiir. As Salaam. Al Matiin. yang jumlahnya sebanyak 99. Al Mumiit. Al Mufiib. c. Kekuasaan dan kepemimpinan-Nya : Al Qaadir. Al Muta‟aalii. Al Hasiib. Ar Rahiim. Al Muntaqim. As Samii‟u. Al Muhyi. Al Baaqii. Al Mu‟iid. Al „Aziiz. Al Awwal. Ar Rauuf. Ash Shamad. Ar Raafi‟. Al Ghanii. Al Wahhaab. Kodrat-Nya : Al Qaabidh. Al Maajid. Al Kariim. Al Muhaimin f. Cara ini hanya mempergunakan satu alternatif saja. Al Waduud. Al Malik. Azh Zhaahir. Al Jabbaar. Al Hayyi. Al Waarits. Al Ghaffar. . Al Majiid. Al Mushawwir. Al Qudduus. Al Mughnii. At Tawwab. Al Bashiir. Al Haq. inilah yang disebut dengan “Al Asmaul Husna”. yaitu semua keterangan diambil dari Al Quran dan Al Hadits yang shahih. Ilmu Pengetahuan-Nya : Al „Aliim. Malikul Muluk. Al Hakiim. Al Mu‟izz. Al Muqtadir. Al Maani‟. Kebesaran/keagungan-Nya : Al „Azhiim. Al Afuwwu. Al Haadii. g. Al Qawiyyu.

Al Hakam. An Naafi‟. Secara gabungan. Pembinaan dan Pemantapan Dasar Agama. Al Quran dan pikiran (dalil naqliyah dan aqliyah).h. Al Waajid. Ar Rasyiid. Info and Rating Islam agama Elmo tugas makalah Akidah . dengan pengertian. Al „Adlu. Al Jaliil. Beliau berpendapat.01 . yaitu bahwa yang disebut dengan sifat dua puluh atau lebih diringkaskan menjadi sifat tiga belas. b.Makalah. Noor Matdawam. 66) Tugas Agama . Al Waliiyu. (Drs. Al Mutakabbir. akal manusia wajib meng’itiqadkan bahwa Allah SWT bersifat seperti dengan sifat-sifat yang diuraikan di bawah ini. yaitu bahwa Allah SWT mempunyai segala macam sifat kesempurnaan. yang tidak dimiliki oleh makhluk-Nya. Ash Shabuur. Secara ijmali (global). Secara tafshili (terperinci). Al Muqsith. Al Waali. Iradat-Nya : An Nuur. hal. Al Khaafidh. Adapun tiga belas sifat Allah tersebut adalah sebagai berikut: 5 Dimaksud wajib di sini adalah wajib akal. tanpa batas. yang disebut dengan aliran Ahli Sunnah Wal Jama‟ah. Cara ini dirumuskan oleh tokoh dalam aliran ilmu tauhid. M. Al Muqaddim. Jumlah sifat tersebut tidak terhingga banyaknya. cara untuk mengenal sifat-sifat yang wajib5 bagi Allah SWT itu ada dua macam: a. Akidah Dan Komponen-Komponennya Download this Document for FreePrintMobileCollectionsReport Document This is a private document. yaitu Abul Hassan Al „Asyari. Al Muakhir. 2.

kenthos Elmo Share & Embed Related Documents PreviousNext 1. p. . p. p.

3. 4. p. p. p.2. p. p. . p.

6. p. 5. p. p. p.p. p. . p.

p.p. 7. . 8. p. p. p. p.

p. 9. p. p. p. p. .p. 10.

. p. p. 12. 11. p. p. p.p. p.

p. 13. p. 14. p. . p. p. p.

. p.p. p. p. p. 15. 16. p.

p. 17. More from this user PreviousNext . p. 18. p. p.p. p.

97 p. 2. 37 p. 64 p. 31 p.1. 3. 11 p. 12 p. .

Recent Readcasters . 9 p. 99 p. 1 p.12 p. 55 p. 4.

Add a Comment 4c2502e60e1dea Submit share: Characters: 400 .

com/scribd facebook.com/scribd About Press Blog Partners Scribd 101 Web Stuff .document_comme 4gen Muhammad Nafileft a comment goooooooood 06 / 04 / 2011 Reply Report Ifha Sweetleft a comment aqidah 09 / 22 / 2010 Reply Report Upload a Document Search Documents           Follow Us! scribd.com/scribd twitter.

       Support FAQ Developers / API Jobs Terms Copyright Privacy Copyright © 2011 Scribd Inc. scribd. . Language: English scribd. scribd. scribd. scribd. scribd. scribd. scribd.

p. p. 14. 15. p. p. p. p. p. p. 13. p. p.12. . p.

p. p. 18.p. p. p. p. More from this user PreviousNext 1. p. 16. . 11 p. p. p. 17.

9 p. 4. 3. 97 p. 12 p. 1 p. 2. 55 p. 37 p. 99 p. 12 p.64 p. 31 p. Recent Readcasters .

Add a Comment Top of Form 4c2502e60e1dea Submit share: Characters: 400 .

+ Create a New Collection Top of Form .document_comme 4gen Bottom of Form Muhammad Nafileft a comment goooooooood 06 / 04 / 2011 Reply Report Ifha Sweetleft a comment aqidah 09 / 22 / 2010 Reply Report Print this document High Quality Open the downloaded document. and select print from the file menu (PDF reader required). so it may only be added to private collections. Download and Print Add this document to your Collections This is a private document.

but you approve or reject additions private: only you can add to this collection.locked Collection Type: public locked: only you can add to this collection.4c2502e60e1dea Name: Description: public . and only you will be able to view it Save collection Cancel Bottom of Form Finished? Back to Document Upload a Document Top of Form . but others can view it public moderated: others can add to this collection.

scribd. scribd.com/scribd facebook. scribd.Search Documents Bottom of Form • • • • • • • • • • • • • • • • • Follow Us! scribd. scribd.com/scribd About Press Blog Partners Scribd 101 Web Stuff Support FAQ Developers / API Jobs Terms Copyright Privacy Copyright © 2011 Scribd Inc.com/scribd twitter. Language: English Choose the language in which you want to experience Scribd: • • • English Español Português (Brasil) scribd. scribd. . scribd. scribd.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->