HARDWARE Perangkat keras (hardware) merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa

dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras. Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya. Motherboard

A.

PENGERTIAN MOTHERBOARD

Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponenkomponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain. B.
• •

FUNGSI MOTHERBOARD Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard
1

Secara umum, motherboard mempunyai fungsi berikut ini : dipasang pada computer yang berfungsi mengatur data komponen komputer lain •

Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi. lalu OS itu sendiri. memori primer dan memori sekunder. tempat menyimpan data yang akan diproses oleh processor. Terbagi atas 2 bagian. FUNGSI HARDISK Fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen. PENGERTIAN MEMORY Memory adalah Tempat penyimpanan data. Semakin cepat hard disk bekerja. semakin cepat pula transfer yang dihasilkan 3. PENGERTIAN HARDISK Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar.2. Memori sekunder adalah tempat menyimpan seluruh data yang bersangkutan dengan 2 . Memory A. Hardisk A. Memori primer adalah tempat kerja bagi processor. B. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi. Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC. salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut. Contohnya adalah RAM dan VRAM.

Casing PC yang juga amat penting adalah sebagai tempat Casing juga punya tugas penting yaitu sebagai “kediaman” menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu dalam CPU. Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal air. FUNGSI CASING Melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu. 4. 4. macam motherboard. power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.dokumen dan perangkat lunak. Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang pun. Disket. PENGERTIAN CASING Kotak komputer yang berisi Processor. 5. Flash disk (disebut dengan USB stick). B. Wadah ini digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard. atau kotoran lainnya pada saat bekerja 2. CD. 1. 3. 3 . panas. CD-ROM drive. power supply disk drive dan komponen-kompenen lainnya. dudukan tombol-tombol maupun lampu-lampu. Pengertian Dan Fungsi Casing A. Motherboard dan peripheral lainnya. dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari. B. harddisk. FUNGSI MEMORY Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. dll. control board. Contohnya: Hard disk.

Administrasi. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer B. Editing. Karena fungsinya begitu besar. keyboard.5. dll yang diproses menjadi bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh komputer sendiri semacam translator gampangnya. VGA 4 . memilih prosesor dalam membangun suatu sistem sangat penting. Processor A. PENGERTIAN PROCESSOR Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Server. Multi Proses. FUNGSI PROCESSOR Fungsinya adalah memproses semua informasi dari input komputer yaitu mouse. Coba di arrange akan di pakai apa PC tersebut. Workstation. Gaming. Atau cuma sekadar punya saja 6.

Linux etc) untuk ditampilkan kembali ke layar monitor anda. yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input. Spesifikasi soundcard ini bermacam-macam mulai dari hanya mengeluarkan suara yang biasa hingga bisa diatur menggunakan equalizer yang terdapat di media player maupun menggunakan software bawaan dari soundcard itu sendiri. juga sering disebut audio card. Memakai sebuah komputer yang tidak memiliki kartu VGA ini sama saja dengan memakai komputer dengan menutup mata. berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor. Sound card. Pengertian Sound Card adalah hardware untuk memproses suara dari software dan Soundcard mengeluarkannya melalui device berupa speaker. Fungsi VGA fungsi utama komponen ini ialah untuk memproses segala yang berhubungan dengan grafis atau tampilan dari sistem operasi (Windows. Pengertian VGA VGA singkatan dari Video Graphics Accelerator. B. Sound Card A. dan biasanya komputer tidak akan bisa hidup tanpa adanya kartu VGA ini. 7. memproses dan menghantarkan data berupa suara. hanya sebuah papan sirkuit dengan beberapa IC yang biasanya memiliki pendingin alumunium baik disertai kipas maupun tidak.A. Bentuk komponen ini sederhana. adalah periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard. VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU(Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga. Komponen ini juga menghubungkan antara komputer kita dengan monitor sehingga sinyal digital gambar bisa diubah menjadi sesuatu yang kita bisa lihat dan pahami. 5 .

2. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port. yaitu sebagai 1.B. Selain itu. pengonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker). seperti menyimpan file dan membuka file. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll). Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk. Mouse Mouse adalah salah unit masukan (input device). karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). dimana letak tombol ini terletak ditengah. umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. yaitu port serial. pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan 4. 9. tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse. angka. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf. Fungsi Sound Card Sound card memiliki empat fungsi utama. synthesizer. usb dan wireless. sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. sebagai MIDI interface. ps2. Keyboard Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol. 8. Selain itu terdapat pula istilah lainnya 6 . dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. 3.

usb dan wireless. daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan). Sementara. Power Supplay Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. 10. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. 7 .yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. mouse ps/2. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial.

dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Yang paling 8 . mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. karena keluarannya adalah berupa signal elektronik. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. 12. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Secara gari besar CDROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat). Monitor monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device.11. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam. CD-ROM CD-ROM kepanjangan dari compact disk read only memori yang artinya bahhwa CDROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja.

Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer. Tipe CD RW juga biasanya dibedakan berdasarkan kemapuan membakar dan membaca. 9 . Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. CD RW tipe 12x8x32 artinya memiliki kemampuan membakar pada CD R seccepat 12x. logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika. Microsoft Visual Basic. maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Pada CD ROM terdapat tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Contoh Software adalah Microsoft Windows Xp. Atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan. Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR RW drive. Macromedia Flas Mx. Jast Animation Shop. membakar pada CD RW secepat 8x. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM). diantaranya adalah sistem operasi. dan membaca CD R/CD RW/dengan kecepatan maksimal 32x. Microsoft Office Xp.mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. FUNGSI CDROM Telah di jelaskan bahwa CD ROM mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Game. SwisHmax. merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. SOFTWARE Software disebut juga dengan perangkat lunak. maupun documen serta arsip lainnya. atau Software-software lainnya. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal. dan data. ACD see Sistem dan lain sebagainya. program. data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah.

000.050.Rp.200.004.634. Motherboard DFI LP DK 790 FXB-M2RSH 3. 1. VGA ASUS EAH5670/DI/1GD5 5.050.- Rp. CD Rom SAMSUNG SH S22 . Cassing CBM Azza Spartan 6.000.266.1 SC-3000L 11.800.- Jumlah 10 . LOGITECH Classic Desktop MK100 (Mouse dan Keyboard 1 set) Rp.Harga Masing-masing komponen Harga yang dikeluarkan untuk 1 PC 1. Processor Intel Core I3 550 2. Monitor LED SAMSUNG S22A100N 8. Rp.976.505.000. 7. Rp.200.NO BOX 9. Rp. Power Supply ANTEC HCG-750 Rp. 1. 1. Hardisk HITACHI Travelstar 10.614. Sound card AIM Hi-Live Theater 5. Rp. Rp. RAM (DDR3) CRUCIAL CT51264BA1339 4.183.000. 7.917. Rp.000. Rp. 976.600.030.105.166.- Rp.047.