P. 1
Tugas Akhir Semester DOS

Tugas Akhir Semester DOS

|Views: 93|Likes:
Published by Hardy Gunawan
Tugas Laporan Akhir Semester DAS OS
Tugas Laporan Akhir Semester DAS OS

More info:

Published by: Hardy Gunawan on Dec 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2013

pdf

text

original

Tugas akhir semester Operating system Perintah dasar Dos Command prompt

Hardiyan Ichsan Gunawan

10 November 2011

X – TKJ B 11

MS.DOS

MaPel: DAS OS

Kata Pengantar
Puji syukur kita panjatkan kehadlirat Illahi Robbi karena Ridho-Nya lah saya dapat menyelesaikan tugas akhir semester ganjil ini. Makalah ini disusun berdasarkan apa yang sudah saya pelajari tentang Microsoft Disk Operating System (MS.DOS). Makalah ini mengajari pembaca tengtang isi-isi yang terkandung dalam MS.DOS. Dalam makalah ini pula, para pembaca bisa menggunakan MS.DOS secara efektif. Pertama para pembaca mengenali apa itu MS.DOS, kemudian mengetahui perintah-perintah yang terdapat pada MS.DOS. Dalam penyusunan makalah ini, tentu pasih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna, oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca yang menggunakannya demi kesempurnaan makalah ini di masa mendatang. Ucapan terima kasih saya sampaikan pada guru-guru yang telah membimbing saya dalam mempelajari tentang sistem operasi (OS).

Bandung, September 2011

Penyusun

Pendahuluan
MS.DOS adalah singkatan dari Microsoft Disk Operation System yaitu sebuah sistem operasi yang sering digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS.DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream. Waktu demi waktu Microsoft membuat sistem operasi yang berbasis antarmuka grafis (Graphics User Interface / GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.

MS.DOS pertama dirilis oleh Microsoft . Seiring dengan berjalannya waktu, Microsoft terus mengeluarkan MS.DOS versi terbarunya dari tahun 1981 sampai Microsoft menghentikan dukungan pada MS.DOS pada tahun 2000. MS.DOS merupakan kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak (Software), dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemograman menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah-olah menjadi penguasa dunia. Pada abad modern ini sebenarnya MS.DOS masih digunakan, hanya saja bagi para pengguna komputer pribadi (PC) tidak menyadari bahwa dalam Windows yang mereka pakai itu terdapat sebuah MS.DOS yang dinamakan Command Prompt. Sekarang Command Prompt sudah satu paket dengan Windows yang baru seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dsb. Dalam mempelajari MS.DOS memang agak sulit untuk dipelajari, sehingga untuk mempelajari MS.DOS dibutuhkan ketelitian dalam mengetikan sebuah perintah, entah itu perintah internal atau periintah external. Karena jika salah mengetikan perintah, MS.DOS tidak akan bekerja melainkan memberikan peringatan.

Tujuan
Untuk menyelesaikan laporan akhir semester berdasarkan hasil laporan yang dikumpulkan.

MS.DOS
MS.DOS adalah singkatan dari Microsoft Disk Operation System. MS.DOS merupakan sistem operasi yang berbasis antarmuka karakter (Characters User Interface / CUI). MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer, yang bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson--yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS--pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinya dengn harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM. Pada masa modern yang sekarang ini, MS.DOS sudah diganti menjadi Command Prompt yang terdapat pada sistem operasi Windows. Dalam MS.DOS terdapat perintah-perintah tertentu yang nantinya akan dijalankan oleh MS.DOS sesuai dengan perintah yang diberikan. Perintah dalam MS.DOS ada 2 macam, yaitu Perintah Internal dan Perintah External. Perintah Internal adalah perintah yang sudah tergabung dalam inti sistem operasi. Perintah External adalah perintah yang sudah tergabung tetapi bukan dalam inti sistem operasi.

Dalam perintah external biasanya dibutuhkan yang namanya extension. Berikut contoh file extension :

*.EXE disimbolkan *.COM disimbolkan *.BAT disimbolkan

, , ,

(Tipe File “Application” pada windows) (Tipe File “MS-DOS Application” pada Windows) (Tipe File “MS-DOS Batch File” pada Windows)

Dan masih banyak lagi macam extension seperti diatas.

Dalam makalah ini kita akan mempelajari perintah-perintah yang terdapat pada MS.DOS.

1.Perintah Internal
Berikut perintah-perintah internal : A. Dir : Untuk melihat isi directory Berikut contoh gambar dan kerjanya:

Setelah diketikan dir, maka akan tampil seperti gambar dibawah:

Dari perintah dir ada beberapa tambahan yaitu : - Dir/w = menampilkan isi directory secara melebar - Dir/p = menampilkan isi directory secara per halaman - Dir/ah = menampilkan file yang tersembunyi (hidden attribute) - Dir/? = menampilkan opsi-opsi yang tersedia untuk perintah dir.

B. Cd atau chdir : untuk berpindah directory

Hasilnya akan seperti ini.

Untuk kembali ke directory sebelumnya cukup mengetikan perintah: Cd..  kembali kedirectory sebelumnya Cd\  untuk kembali ke directory awal ( misal : C:\> )

C. Md atau mkdir dan Rd atau rmdir Md atau mkdir  untuk membuat directory

Rd atau rmdir  untuk menghapus directory (catatan directory harus kosong)

D. CLS dan Ren CLS  untuk menghapus semua tulisan yang ada pada window

REN  Untuk mengubah nama sebuah directory.

E. Copy dan Del Copy  untuk mengopi file

Caranya : Copy [nama file/folder] [destinasi]

Del  untuk menghapus file

F. Time dan Date Time  untuk melihat dan mengubah waktu

Melihat waktu, jika ingin mengubah tinggal masukan waktunya.

Date  untuk melihat dan mengubah tanggal

Melihat tanggal, jika ingin mengubah tanggal, tinggal masukan tanggalnya.

Perintah External
A. Format  untuk memformat partisi

Format /q  untuk memformat mode Quick (untuk partisi yang sudah pernah diformat sebelumnya). Format /s  untuk memformat kemudian diberi sistem DOS Format /?  untuk melihat opsi format. B. Chkdsk  memeriksa disk drive

C. Tree  untuk melihat directory secara hierarki (tersusun)

D. Label  untuk melihat label dan mengubah label sebuah volume.

E. Edit  untuk membuat file text plain.

Kesimpulan
Dalam Sistem DOS memiliki banyak perintah-perintah yang mempunyai fungsi tersendiri, untuk menggunakan sistem DOS atau Command Prompt itu sangat sulit karena membutuhkan banyak mengetik dari pada menggerakan mousenya. Dalam DOS juga memiliki perintah DOSKEY yang berfungsi untuk mengulangi perintah yang diketikan barusan dengan cara menekan tombol panah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->