EMBRIOLOGI

HAMIL ANGGUR
MAKALAH Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Pada Mata Kuliah FISIOLOGI HEWAN Oleh : ROY LESMANA 208 301 236

JURUSAN BIOLOGI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG 2009

maupun isinya. Dan semoga shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada junjuungan kita nabi besar Muhammad SAW yang tetap setia dalam keimanan. keislaman.KATA PENGANTAR Bismillahirrahmanirrahim. Kami menyadari bahwa dalam proses penyusunan makalah ini merupakan pekerjaan yang tidak mudah sehingga memungkinkan adanya kekurangan atau kesalahan baik dalam hal teknik. Bandung. dan keikhlasannya. Oleh karena itu kami mengharapkan saran dan kritik maupun masukan dari para pembaca yang bersifat membangun. Desember 2009 Penyusun i . penulisan. tata bahasa. Puji syukur kami p-anjatkan kepada Allah SWT. Atas segala rahmatNya sehingga setelah melalui proses yang panjang akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada dosen mata kuliah Fisiologi Hewan yang telah memberikan dukungan dan bantuan kepada penulis sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik.

..... Bagaimana cara pengobatannya ? 7................. Rumusan Masalah............................................. Kesimpulan..................................................... Latar Belakang.......................7 1.6 BAB II TINJAUAN PUSTAKA..............i DAFTAR ISI..........1 A................................................................................................................................................................25 BAB IV PENUTUP..... Mengapa hamil anggur bisa terjadi ? 4..... Apa yang dimaksud dengan hamil anggur ? 2.........................28 DAFTAR PUSTAKA ...............1 B................. Saran............. Hamil anggur dapat di bedakan menjadi dua bagian ? 3.............6 C...............................28 B...28 A................ Tujuan..............................................ii BAB I PENDAHULUAN......... Apa dan bagaimana serta dampak lanjut dari kehamilan anggur atau Mola Hidatidosa yang  saya singkat dengan MH ? BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN.........................................................................EMBRIOLOGI DAFTAR ISI KATA PENGANTAR................................................................................................ Apa penyebabnya ? 6....................................................................................................................................................... Bagaimana cara mendeteksi hamil anggur ? 5.....................................

tapi isinya bukan janin. Dokter umum Agustining Rahayu mengatakan. justru menjadi petaka bagi para calon orang tua. Kadang-kadang ada juga yang isinya gelembung mola tetapi masih ada janin. namun gelembung-gelembung tersebut terus saja membesar.ii BAB I PENDAHULUAN A. hamil anggur. sehingga terbentuk jarigan permukaan membrane mirip gerombolan buah anggur. Pada hamil anggur jelasnya sel telur yang dibuahi tumbuh secara liar dan cepat sehingga hanya terbentuk gerombolan gelembung-gelembung yang menyerupai buah anggur. Pada kehamilan anggur ini. Janin yang di kandung biasanya tidak mampu bertahan hidup. biasanya janin tidak bisa dipertahankan dan mengalami keguguran. Latar Belakang Tumor jinak berbentuk gerombolan buah Anggur Hamil dan Anggur. tumbuh terus sehingga Nampak membesar seperti buah anggur. Namun. yakni kehamilan yang tidak normal. oerut wanita terlihat lebih besar disbanding dengan usia kehamilannya. dimana sel telur yang telah di buahi tidak tumbuh dan membelah sebagaimana mestinya. . Hamil anggur adalah Mola Hidatidosa. adalah dua kata yang menjadi kebahagiaan dan berkah bagi manusia. ” Hamil Anggur sepintas lalu seperti hamil biasa. jika menjadi satu untaian kata. Pada keadaan ini. melainkan gelembung-gelembung mola. hamil anggur adalah kehamilan abnormal berupa tumor jinak yang terjadi sebagai akibat kegagalan pembentukan bakal janin.

Bagaimana cara pengobatannya ? 7. Hamil anggur dapat di bedakan menjadi dua bagian ? 3. Apa penyebabnya ? 6. Apa yang dimaksud dengan hamil anggur ? 2. Mengapa hamil anggur bisa terjadi ? 4. Rumusan Masalah 1. Tujuan  Untuk mengetahui tentang bagaimana sebenarnya hamil anggur. C. Apa dan bagaimana serta dampak lanjut dari kehamilan anggur atau Mola Hidatidosa yang  saya singkat dengan MH ? . Bagaimana cara mendeteksi hamil anggur ? 5.EMBRIOLOGI B.

bagian tubuh terbentuk tapi tidak tidak proporsional. janin sama sekali tak terbentuk.com/penyakit/893/Mola_Hidatidosa_Hamil_Anggur. yakni sel bagian tepi ovum atau sel telur. Disebut complete mole atau mola klasik jika kehamilan palsu seluruhnya. pengasuh rubrik Konsultasi Ginekologi . Judi. Sedangkan bila ditemukan janin atau bagian dari janin disebut partial mole. Misalnya. janin yang terbentuk umumnya tidak normal. Pada kasus partial mole. Bahkan. Hamil anggur dapat di bedakan menjadi dua bagian Hamil anggur sendiri dibedakan dalam dua jenis. sehingga terbentuk jaringan permukaan membran (vili) mirip gerombolan buah anggur.BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. "Umumnya.html Hamil anggur atau Mola hidatidosa adalah kehamilan abnormal berupa tumor jinak yang terjadi sebagai akibat kegagalan pembentukan “bakal janin”. janin mati pada bulan pertama meski ada juga yang bisa bertahan hidup sampai cukup besar. yang nantinya melekat di dinding rahim dan menjadi plasenta (tembuni) serta membran yang memberi makan hasil pembuahan http://cakmoki86. Tumor jinak mirip anggur tersebut asalnya dari trofoblas. cukup bulan (aterm). dalam kehamilan.wordpress. http://medicastore. Artinya. yang telah dibuahi." terang dr.com/2007/02/16/hamil-anggur-apaan-sih/ B. Pengertian Tumbuhan Mola Hidatidosa (Hamil Anggur) adalah suatu massa atau pertumbuhan di dalam rahim yang terjadi pada awal kehamilan.

Sel-sel yang membentuk trofoblas inilah yang kelak akan menjadi plasenta. dokter akan melakukan pemeriksaan perut dengan teliti. Pemeriksaan USG bisa dilakukan untuk mencurigai adanya hamil anggur. Padahal. Nah. sel telur yang telah dibuahi tersebut akan berkembang menjadi sekelompok sel (berjumlah ratusan) seperti bola. Jika dilihat melalui mikroskop. sudah dapat dideteksi adanya hamil anggur pada kehamilan 8-10 . setelah pembuahan. Bagaimana cara mendeteksi hamil anggur Sebenarnya kelainan pada kehamilan mola hidatidosa sudah bisa diketahui lebih awal. ada yang hanya berbentuk gumpalan saja. seperti tidak mengandung pembuluh-pembuluh darah di dalamnya. mirip anggur. Dengan USG melalui vaginal. dan sebagainya C. Kendati bisa bertahan hidup. ada kulit. Ukuran gelembung ini pun bervariasi. Normalnya. Sel-sel yang berada di dalam akan berkembang menjadi janin sementara sel-sel yang terletak di bagian luar akan membentuk trofoblas. Pada hamil anggur. tetapi hidup. Bahkan. tulang. "Jika dilihat. tentu saja bayi tadi akan lahir cacat karena memang bagian tubuhnya tidak terbentuk sempurna.EMBRIOLOGI nakita. Ada yang berdiameter 1 milimeter sampai 1-2 sentimeter. Mengapa hamil anggur bisa terjadi kehamilan terjadi karena ada pembuahan di mana sel sperma membuahi sel telur. D. sel-sel yang terbentuk dari trofoblas ini mengalami kelainan. tidak ada pembuluh darah pada villi. kelompok sel inilah yang kemudian membengkak membentuk gelembung-gelembung berisi cairan. ditemukan edema stroma villi. Pemeriksaan ini relatif murah dengan hasil yang cukup akurat. dan proliferasi sel-sel trofoblas (jumlah selnya bertambah). dan melakukan periksa dalam sehingga bisa menemukan kelainan pembesaran uterus (rahim) yang lebih cepat dari normal. Saat konsultasi. Yang terus berkembang malah sel-sel trofoblas tadi. sel telur yang harusnya berkembang menjadi janin justru terhenti perkembangannya.

Umumnya obat-obatan ini memberi efek samping. Apalagi jika digunakan color doppler atau power doppler. Dan memang si calon ibu sendiri akan merasakan gejala-gejala kehamilan seperti pada umumnya. Penyebaran yang tidak terkendali dari sel-sel trofoblas tadi bisa merusak fungsi sel-sel lain di sekitarnya. Semua itu disebabkan karena mola hidatidosa bisa menyebar melalui aliran darah. yaitu berupa gambaran badai salju (snow strom atau snow flake pattern). sumsum tulang belakang. "Jenis mola hidatidosa yang melakukan penyebaran ke organ lain adalah koriokarsinoma villosum (invasive mole) dan koriokarsinoma non villosum (koriokarsinoma). Seorang . Hamil anggur bisa juga diketahui dengan cara mengukur kandungan hormon HCG (Hormon Chorionic Gonadotrophin) di dalam air seni atau darah. serta hati. hasil peleburan sel telur dan sel sperma. Kemudian sebulan sekali pada tiga bulan berikutnya. seperti paru-paru. Cara penanganannya dilakukan dengan D & C (dilatasi dan kuretase). Usai penguretan. Kemudian untuk kadar HCG 2 minggu dalam tiga bulan pertama. HAMIL LAGI Hamil anggur tidak selalu mengakibatkan keguguran spontan. Sementara itu. Pengobatan hamil anggur dengan tipe mola ganas dilakukan dengan cara pemberian obat sitostatik. Yaitu. pemeriksaan ini dilakukan setiap 6 bulan sekali. Seperti halnya kanker. hamil anggur ini bisa berkembang menjadi ganas. Tiga tahun berikutnya. yaitu obat penghenti pertumbuhan sel. Lalu 2 bulan sekali untuk 6 bulan berikutnya. misalnya merontokkan rambut dan muntah-muntah. Secara berkala dilakukan pemeriksaan darah setiap minggu dan foto rontgen setiap 4-6 minggu.minggu. pasien harus tetap mendapat pengawasan. Ini disebabkan ibu tetap memproduksi hormon-hormon kehamilan dalam kadar tinggi. vagina. Perlu diperhatikan. sel-sel trofoblas yang ganas bisa menyebar ke organ tubuh lain. memasukkan alat melalui vagina untuk menyedot gelembung-gelembung tadi sampai bersih. HCG adalah hormon yang dikeluarkan oleh zigot. yaitu pemeriksaan USG berwarna untuk menilai perubahan arus darah. Terutama untuk memonitor adanya penyulit seperti kadar hormon HCG secara berkala atau penyebaran sel trofoblas. pemeriksaan hasil urine akan tetap menunjukkan hasil positif kendati yang terjadi adalah kehamilan palsu.

Demi kebaikan Anda dan si janin. Setelah prosedur tersebut.EMBRIOLOGI wanita yang pernah mengalami hamil anggur kemungkinan mendapat kembali hamil jenis ini pada kehamilan berikutnya meningkat menjadi 4-5 kali. Bagaimana cara pengobatannya Mola harus dibuang seluruhnya. Dan kasus hamil anggur ini banyak terjadi pada ibu hamil di bawah 20 tahun di atas 34 tahun. Penyebab terjadinya mola belum sepenuhnya dimengerti. Resiko yang lebih tinggi ditemukan pada wanita yang berusia di bawah 20 tahun atau tahun. agar menunda kehamilan berikutnya dengan menggunakan alat kontrasepsi karet KB. Sering tidak ditemukan janin sama sekali. Tentu saja jangan lupa. Sebaiknya jika Anda pernah mengalami hamil anggur. E.Etisa Adi Murbawani). serta mempunyai banyak anak (lebih dari tiga orang). tetapi diduga pencetusnya antara lain kekurangan gizi dan gangguan peredaran darah rahim (dr. asam folat dan karotin. sampai keadaan Anda benarbenar pulih. Faktor resiko terjadinya mola adalah:  Status sosial-ekonomi yang rendah  Diet rendah protein. setelah hamil kembali untuk selalu memeriksakan diri dengan rutin. Mola hidatifosa berasal dari plasenta dan/atau jaringan janin sehingga hanya mungkin terjadi pada awal kehamilan. 40 rahim dan/atau kekurangan gizi. dilakukan aborsi terapeutik melalui prosedur dilatasi & kuretase. Penyebab yang paling mungkin adalah kelainan diatas pada sel telur. biasanya jika tidak terjadi aborsi spontan dan diagnosisnya sudah pasti. dilakukan pengukuran kadar HCG untuk mengetahui . Massa biasanya terdiri dari bahan-bahan plasenta yang tumbuh tak terkendali. E. Apa penyebabnya Penyebab pasti belum diketahui.

Apa dan bagaimana serta dampak lanjut dari kehamilan anggur atau Mola Hidatidosa yang saya singkat dengan MH  MH dibagi atas MH komplit dan MH inkomplit atau partial. baik dari ras oriental maupun kaukasia mengandung hanya khromosom dari ayah/ paternal tidak ditemukan adanya khromosom ibu. Wanita yang pernah menjalani pengobatan untuk mola sebaiknya tidak hamil dulu 2-3% kasus dalam mola bisa waktu berkembang menjadi 1 keganasan tahun. pembesaran rahim akan jauh lebih cepat. Umumnya ibu hamil normal pada usia kehamilan 20 minggu. maka dalam waktu 8 minggu kadar HCG akan kembali normal. Karena itu sering disebut kehamilan anggur. bahwa didalam inti sel-sel trofoblast MH komplit. karena terlihat seperti setandan buah anggur yang biasa dijual di supermarket. Pembagian ini berdasarkan gambaran mikroskopik dan kelainan khromosom yang terlihat. Karena itu disebut mempunyai asal androgenik. tali pusat dan selaput amnion negatif atau tidak ditemukan. Masing-masing gelembung berdiameter1-30 millimeter dengan janin. Biasanya penderita mola adalah ibu-ibu yang berusia relatif muda di usia 20-30an tahun. Pada kehamilan anggur ini biasanya tidak ditemukan atau tidak dapat diidentifikasi adanya janin atau embryo. terjadi pembuahan sel telur kosong oleh dua sperma haploid yang dilanjutkan kemudian . Hal itu disebabkan. Pada MH. Pada kasus khromosom 46 XY. rahimnya  akan membesar setinggi pusat. daktinomisin atau kombinasi kedua obat tersebut. Jika seluruh mola telah terbuang. terjadinya gametosis dan fertilisasi/pembuahan  abnormal. yaitu 85% 46 XX dan 15% 46 XY. Pada MH jumlah khromosom biasanya normal. Pada kasus khromosome 46 XX.apakah seluruh mola telah terbuang. G. terjadi pembuahan pada sel telur yang kosong oleh satu sperma haploid. (koriokarsinoma). Peneliti dari Jepang Kiajii dan Ohama menemukan. Rahim tampak membesar tidak sesuai dengan usia kehamilan. Sebenarnya MH adalah abnormalitas dari placenta atau ari-ari bayi ditandai oleh pembengkakan struktur villi yang membentuk gelembung mola yang terlihat seperti gelembung buah anggur. Pada koriokarsinoma diberikan kemoterapi yaitu metotreksat.

kalau bisa dengan jumlah sampel besar. barulah tindakan kuret dihentikan. India (1:160). seperti dapat terjadi kanker ganas. sedangkan pembengkakan menyerupai buah anggur hanya fenomena sekunder akibat perubahan fisiologik yang dipicu oleh proliferasi sel trofoblast. Di Indonesia ternyata frekuensi MH komplit tertinggi diseluruh dunia yaitu 1:82 kehamilan. Sedangkan pada MH komplit. Jadi kelaianan primer pada MH komplit terletak pada sel trofoblast. Kalau dipikir-pikir ada benarnya juga. Frekuensi MH komplit dari berbagai belahan dunia. Sebab sel telur kosong bisa disebabkan oleh rendahnya kadar protein dalam tubuh ibu hamil. Ada literatur yang mengkaitkan ibu hamil dengan protein dalam darah yang rendah (hipoproteinemia) yang menjadi penyebab MH. Berturut-turut frekuensi semakin tinggi sebagai berikut:  di Mexico City (1:200). penderita MH komplit seharusnya dilakukan kuret beberapa kali. Seringkali ditemukan gejala keracunan hamil seperti : hipertensi. Bila serum beta-HCG telah normal. level betaHCG terus meningkat setelah usia kehamilan 14 minggu. seharusnya kadar serum betaHCG mulai menghilang pada usia kehamilan 14 minggu. MH komplit dapat berlanjut dengan berbagai kelainan yang lebih berat. Karena itu. pembengkakan terutama di kaki dan albuminuria atau urine yang mengandung protein albumin. Pada kehamilan normal. sehingga sel telur normal yang siap dibuahi tidak pernah terbentuk. bahkan sangat ganas yang disebut Choriocarcinoma. Filipina (1:173).EMBRIOLOGI melakukan fusi dan replikasi. Hal ini perlu penelitian lebih lanjut dengan jumlah sampel yang mencukupi. sampai rahimnya benar-benar bersih dari sel trofoblast yang abnormal. Di Asia Tenggara (tidak termasuk Indonesia) angka kejadian MH komplit 4-5 kali frekuensi di USA. Dan juga sambil berbarengan di check kadar atau level atau titer serum beta-HCG sebagai counter check. Di Amerika Serikat sangat rendah yaitu 1 dari 2000 kehamilan pada ibu muda dan sehat. Taiwan (1:125). berbeda-beda. Mumpung Indonesia menjadi juara satu di dunia dalam kasus angka tertinggi kejadian MH komplit… .

Sel-sel yang berada di dalam akan berkembang menjadi janin sementara sel-sel yang terletak di bagian luar akan membentuk trofoblas. setelah pembuahan. tembus pandang. sel telur yang telah dibuahi tersebut akan berkembang menjadi sekelompok sel (berjumlah ratusan) seperti bola. Sp. kelompok sel inilah yang kemudian membengkak membentuk gelembung-gelembung berisi cairan. sel telur yang harusnya berkembang menjadi janin justru terhenti perkembangannya.OG. berisi cairan jernih. Normalnya. melainkan jaringan berbentuk gelembung-gelembung putih. "MH adalah suatu kehamilan yang berkembang tidak wajar di mana tidak ditemukan janin dan hampir seluruh villi korialis mengalami perubahan hidropik (mengandung banyak cairan). Yang terus berkembang malah sel-sel trofoblas tadi.Bag." jelas dr. Fetomaternal bagian Obstetri dan Ginekologi FK UPN Veteran/RSPAD Gatot Subroto. .BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN A. Sel-sel yang membentuk trofoblas inilah yang kelak akan menjadi plasenta. tidak ada pembuluh darah pada villi. B. Padahal. Pembahasan Kehamilan terjadi karena ada pembuahan di mana sel sperma membuahi sel telur. Pada hamil anggur. sel-sel yang terbentuk dari trofoblas ini mengalami kelainan. Jika dilihat melalui mikroskop. ditemukan edema stroma villi. dan proliferasi sel-sel trofoblas (jumlah selnya bertambah). mirip anggur. Nah. Ada yang berdiameter 1 milimeter sampai 1-2 sentimeter. mirip buah anggur. Ukuran gelembung ini pun bervariasi. staf pengajar Sub. Hasil Kehamilan memang tidak selamanya berjalan mulus sehingga memungkinkan terbentuknya bukan janin di dalam rahim seorang ibu. Dunia kedokteran menyebutnya dengan mola hidatidosa (MH). Judi Januadi Endjun. seperti tidak mengandung pembuluh-pembuluh darah di dalamnya.

Bagi wanita yang belum punya anak. (Sydney Gynaecological Oncology Group). dianjurkan memakai alat kontrasepsi untuk menunda .EMBRIOLOGI PENUTUP A. Kesimpulan Pada dasarnya penderita mola dianjurkan tidak hamil sampai pengawasan lengkap selesai dilakukan.

Saran Langkah bijak untuk menanggulangi kehamilan adalah kontrol teratur selama hamil.us/pages/newforum/posts. Wanita asia umumnya memiliki kecenderungan lebih tinggi. DAFTAR PUSTAKA    http://cakmoki86.kehamilan selama 1 tahun.com/2007/02/16/hamil-anggur-apaan-sih/ http://www. B.wordpress.com/penyakit/893/Mola_Hidatidosa_Hamil_Anggur. angka kejadian mola ( hamil anggur) bervariasi. yakni 1 dari 80-120 kehamilan. dan dapat diketahui secara dini bila menunjukkan adanya kelainan. sedangkan wanita eropa 1 dari 1500-2000 kehamilan. dan bagi yang sudah punya anak dianjurkan tidak hamil selama 2 tahun. Angka Kejadian Berdasarkan referensi. Semoga bermanfaat.bayi. namun untuk memastikan kehamilan tetap tumbuh normal.php?topic=8858 http://medicastore. Bukan saja karena mola.html .

google.com/hamil-anggur-atau-mola-hidatidosa-ditandai-denganpembesaran-uterus-yang-abnormal  http://feedburner.sukmamerati.EMBRIOLOGI  http://www.com/fb/a/headlineanimator .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful