Akibat/Dampak Langsung Dan Tidak Langsung Penyalahgunaan Narkoba Pada Kehidupan & Kesehatan Manusia

Narkotika dan obat terlarang serta zat adiktif / psikotropika dapat menyebabkan efek dan dampak negatif bagi pemakainya. Danmpak yang negatif itu sudah pasti merugikan dan sangat buruk efeknya bagi kesehatan mental dan fisik. Meskipun demikian terkadang beberapa jenis obat masih dipakai dalam dunia kedokteran, namun hanya diberikan bagi pasien-pasien tertentu, bukan untuk dikonsumsi secara umum dan bebas oleh masyarakat. Oleh karena itu obat dan narkotik yang disalahgunakan dapat menimbulkan berbagai akibat yang beraneka ragam.

A. Dampak Tidak Langsung Narkoba Yang Disalahgunakan 1. Akan banyak uang yang dibutuhkan untuk penyembuhan dan perawatan kesehatan pecandu jika tubuhnya rusak digerogoti zat beracun. 2. Dikucilkan dalam masyarakat dan pergaulan orang baik-baik. Selain itu biasanya tukang candu narkoba akan bersikap anti sosial. 3. Keluarga akan malu besar karena punya anggota keluarga yang memakai zat terlarang. 4. Kesempatan belajar hilang dan mungkin dapat dikeluarkan dari sekolah atau perguruan tinggi alias DO / drop out. 5. Tidak dipercaya lagi oleh orang lain karena umumnya pecandu narkoba akan gemar berbohong dan melakukan tindak kriminal. 6. Dosa akan terus bertambah karena lupa akan kewajiban Tuhan serta menjalani kehidupan yang dilarang oleh ajaran agamanya. 7. Bisa dijebloskan ke dalam tembok derita / penjara yang sangat menyiksa lahir batin. Biasanya setelah seorang pecandu sembuh dan sudah sadar dari mimpi-mimpinya maka ia baru akan menyesali semua perbuatannya yang bodoh dan banyak waktu serta kesempatan yang hilang tanpa disadarinya. Terlebih jika sadarnya ketika berada di penjara. Segala caci-maki dan kutukan akan dilontarkan kepada benda haram tersebut, namun semua telah terlambat dan berakhir tanpa bisa berbuat apa-apa.

B. Dampak Langsung Narkoba Bagi Jasmani / Tubuh Manusia 1. Gangguan pada jantung 2. Gangguan pada hemoprosik 3. Gangguan pada traktur urinarius 4. Gangguan pada otak 5. Gangguan pada tulang 6. Gangguan pada pembuluh darah 7. Gangguan pada endorin 8. Gangguan pada kulit 9. Gangguan pada sistem syaraf 10. Gangguan pada paru-paru 11. Gangguan pada sistem pencernaan 12. Dapat terinfeksi penyakit menular berbahaya seperti HIV AIDS, Hepatitis, Herpes, TBC, dll. 13. Dan banyak dampak lainnya yang merugikan badan manusia.

C. Dampak Langsung Narkoba Bagi Kejiwaan / Mental Manusia 1. Menyebabkan depresi mental. 2. Menyebabkan gangguan jiwa berat / psikotik. 3. Menyebabkan bunuh diri 4. Menyebabkan melakukan tindak kejehatan, kekerasan dan pengrusakan. Efek depresi bisa ditimbulkan akibat kecaman keluarga, teman dan masyarakat atau kegagalan dalam mencoba berhenti memakai narkoba. Namun orang normal yang depresi dapat menjadi pemakai narkoba karena mereka berpikir bahwa narkoba dapat mengatasi dan melupakan masalah dirinya, akan tetapi semua itu tidak benar.

Selain itu biasanya tukang candu narkoba akan bersikap anti sosial. 5. Segala caci-maki dan kutukan akan dilontarkan kepada benda haram tersebut. bukan untuk dikonsumsi secara umum dan bebas oleh masyarakat. Dampak Tidak Langsung Narkoba Yang Disalahgunakan 1. Biasanya setelah seorang pecandu sembuh dan sudah sadar dari mimpi-mimpinya maka ia baru akan menyesali semua perbuatannya yang bodoh dan banyak waktu serta kesempatan yang hilang tanpa disadarinya. Kesempatan belajar hilang dan mungkin dapat dikeluarkan dari sekolah atau perguruan tinggi alias DO / drop out. Keluarga akan malu besar karena punya anggota keluarga yang memakai zat terlarang. Danmpak yang negatif itu sudah pasti merugikan dan sangat buruk efeknya bagi kesehatan mental dan fisik. 2. Terlebih jika sadarnya ketika berada di penjara. Dosa akan terus bertambah karena lupa akan kewajiban Tuhan serta menjalani kehidupan yang dilarang oleh ajaran agamanya. 4.Narkotika Narkotika dan obat terlarang serta zat adiktif / psikotropika dapat menyebabkan efek dan dampak negatif bagi pemakainya. . 3. Tidak dipercaya lagi oleh orang lain karena umumnya pecandu narkoba akan gemar berbohong dan melakukan tindak kriminal. 7. Dikucilkan dalam masyarakat dan pergaulan orang baik-baik. Oleh karena itu obat dan narkotik yang disalahgunakan dapat menimbulkan berbagai akibat yang beraneka ragam. A. Bisa dijebloskan ke dalam tembok derita / penjara yang sangat menyiksa lahir batin. namun semua telah terlambat dan berakhir tanpa bisa berbuat apa-apa. Akan banyak uang yang dibutuhkan untuk penyembuhan dan perawatan kesehatan pecandu jika tubuhnya rusak digerogoti zat beracun. namun hanya diberikan bagi pasien-pasien tertentu. 6. Meskipun demikian terkadang beberapa jenis obat masih dipakai dalam dunia kedokteran.

Menyebabkan gangguan jiwa berat / psikotik. Adapun upaya-upaya yang lebih kongkret yang dapat kita lakukan adalah melakukan kerja sama dengan pihak yang berwenang untuk melakukan penyuluhan tentang bahaya narkoba. atau mungkin mengadakan razia mendadak secara rutin. sudah seyogianya menjadi tanggung jawab kita bersama. Gangguan pada jantung 2. Kemudian pendampingan dari orang tua siswa itu sendiri dengan memberikan perhatian dan kasih sayang. teman dan masyarakat atau kegagalan dalam mencoba berhenti memakai narkoba. Namun orang normal yang depresi dapat menjadi pemakai narkoba karena mereka berpikir bahwa narkoba dapat mengatasi dan melupakan masalah dirinya. Menyebabkan depresi mental. 13. C. Hepatitis. Gangguan pada endorin 8. Menyebabkan melakukan tindak kejehatan. Gangguan pada pembuluh darah 7. 2. Upaya pencegahan Upaya pencegahan terhadap penyebaran narkoba di kalangan pelajar. Gangguan pada paru-paru 11. Gangguan pada otak 5. dll. Dan banyak dampak lainnya yang merugikan badan manusia.B. kekerasan dan pengrusakan. pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada siswa. Dampak Langsung Narkoba Bagi Kejiwaan / Mental Manusia 1. Yang tak kalah penting adalah. . Dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua. Dampak Langsung Narkoba Bagi Jasmani / Tubuh Manusia 1. TBC. Pihak sekolah harus melakukan pengawasan yang ketat terhadap gerak-gerik anak didiknya. Dapat terinfeksi penyakit menular berbahaya seperti HIV AIDS. Herpes. akan tetapi semua itu tidak benar. Gangguan pada sistem pencernaan 12. karena biasanya penyebaran (transaksi) narkoba sering terjadi di sekitar lingkungan sekolah. Gangguan pada kulit 9. Gangguan pada hemoprosik 3. guru. Gangguan pada sistem syaraf 10. Gangguan pada tulang 6. Menyebabkan bunuh diri 4. dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba terhadap anak-anak kita. 3. Efek depresi bisa ditimbulkan akibat kecaman keluarga. Gangguan pada traktur urinarius 4.

. Mungkin akan ada kelebihan suatu jenis enzym dan kurangnya transmisi syaraf tertentu. mual. organ-organ vital dalam tubuh seperti liver. bila penggunaan narkoba dihentikan. paru-paru. bayangkan efek-efek yang menyenangkan dari suatu narkoba dengan cepat berubah menjadi GPO yang sangat tidak mengenakkan saat seorang pengguna berhenti menggunakan narkoba seperti heroin/putaw. sehingga harapan kita untuk menelurkan generasi yang cerdas dan tangguh di masa yang akan datang dapat terealisasikan dengan baik DAMPAK FISIK Adaptasi biologis tubuh kita terhadap penggunaan narkoba untuk jangka waktu yang lama bisa dibilang cukup ekstensif. serta liver yang rusak. harus sigap dan waspada. sehingga perbuatan tercela seperti ini pun. gagal ginjal. hal-hal yang ditekan/tidak dapat dilakukan tubuh saat menggunakan narkoba. akhirnya mereka jalani. Oleh sebab itu. Dengan berbagai upaya tersebut di atas. terutama dengan obat-obatan yang tergolong dalam kelompok downers. Salah satu contoh adaptasi biologis dapat dilihat dengan alkohol. linu. Alkohol juga meningkatkan cytocell dan mitokondria yang ada di dalam liver untuk menetralisir zat-zat yang masuk. Bagi para pecandu. akan bahaya narkoba yang sewaktu-waktu dapat menjerat anak-anak kita sendiri. tubuh mencoba untuk mengembalikan keseimbangan didalamnya. dan sebagai orang tua. dari bahaya narkoba tersebut. Tetapi. Sel-sel tubuh ini menjadi tergantung pada alcohol untuk menjaga keseimbangan baru ini. kita selaku pendidik. dll. muntah. kram otot. Misalnya. mulai saat ini. Selain ketergantungan sel-sel tubuh. sakitsakit pada sekujur tubuh dan persendian. akan dilakukan secara berlebihan pada masa Gejala Putus Obat (GPO) ini. Biasanya. terutama. paru-paru yang bolong. pengajar. Tubuh kita bahkan dapat berubah begitu banyak hingga sel-sel dan organ-organ tubuh kita menjadi tergantung pada obat itu hanya untuk bisa berfungsi normal. tetapi GPO yang dialaminya adalah diare. terutama jenis putaw/heroin.dan otak juga mengalami kerusakan akibat penggunaan jangka panjang narkoba. insomnia. GPO ini juga merupakan ‘momok’ tersendiri bagi para pengguna narkoba. jantung. ketakutan terhadap sakit yang akan dirasakan saat mengalami GPO merupakan salah satu alasan mengapa mereka sulit untuk berhenti menggunakan narkoba. Alkohol mengganggu pelepasan dari beberapa transmisi syaraf di otak.Karena salah satu penyebab terjerumusnya anak-anak ke dalam lingkaran setan ini adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang mereka serap. Mereka tidak mau meraskan pegal. Contoh: Saat menggunakan seseorang akan mengalami konstipasi. dll yang merupakan selalu muncul bila pasokan narkoba kedalam tubuh dihentikan. Tiba-tiba saja. ginjal. mari kita jaga dan awasi anak didik kita. ini akan mengubah semua susunan dan keseimbangan kimia tubuh. Banyak sekali pecandu narkoba yang berakhiran dengan katup jantung yang bocor.

. dan merupakan istilah lain untuk Gejala Putus Obat. 2. Ketergantungan yang dialami secara fisik akan lewat setelah GPO diatasi. dalam bentuk yang dikenal dengan istilah ‘sugesti’. karena di satu sisi ada bagian dirinya yang sangat ingin menggunakan narkoba. terjadi juga ketergantungan mental.. setiap kehidupan memiliki dua sisi mata uang. Sakaw bersifat fisik. Jika digunakan sebagaimana mestinya. seperti untuk meningkatkan daya tahan dan stamina serta mengurangi rasa lelah. 3. DAMPAK MENTAL Selain ketergantungan fisik. Sugesti ini bisa digambarkan sebagai suara-suara yang menggema di dalam kepala seorang pecandu yang menyuruhnya untuk menggunakan narkoba.Belum lagi kerusakan fisik yang muncul akibat infeksi virus {Hepatitis C dan HIV/AIDS} yang sangat umum terjadi di kalangan pengguna jarum suntik. Sugesti ini tidak akan hilang saat tubuh sudah kembali berfungsi secara normal. terutama untuk menyelamatkan jiwa manusia dan membantu dalam pengobatan. Opioid Opioid atau opium digunakan selama berabad-abad sebagai penghilang rasa sakit dan untuk mencegah batuk dan diare. Biji ganja juga digunakan sebagai bahan pembuat minyak. Kokain Daun tanaman Erythroxylon coca biasanya dikunyah-kunyah untuk mendapatkan efek stimulan. tetapi setelah itu akan muncul ketergantungan mental.. sedangkan sugesti adalah ketergantungan mental. ini adalah anggapan yang salah. Berikut dampak positif narkotika: 1. Orang seringkali menganggap bahwa sakaw dan sugesti adalah hal yang sama. dan Anda sama sekali tidak bisa sembunyi dari suara-suara itu karena tidak ada tempat dimana Anda bisa sembunyi dari diri Anda sendiri. Dampak positif narkotika bagi kehidupan manusia Walaupun begitu. sementara ada bagian lain dalam dirinya yang mencegahnya. Ganja (ganja/cimeng) Orang-orang terdahulu menggunakan tanaman ganja untuk bahan pembuat kantung karena serat yang dihasilkannya sangat kuat. dan tak jarang bagian dirinya yang ingin menggunakan narkoba-lah yang menang dalam peperangan ini. berupa munculnya keinginan untuk kembali menggunakan narkoba. Di balik dampak negatif. Ketergantungan mental ini lebih susah untuk dipulihkan daripada ketergantungan fisik. narkotika juga memberikan dampak yang positif. Sugesti seringkali menyebabkan terjadinya 'perang' dalam diri seorang pecandu. Suara-suara ini . Bayangkan saja bila Anda harus berperang melawan diri Anda sendiri. Peperangan ini sangat melelahkan.. narkotika memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

karena inilah yang membedakan seorang pecandu dengan orang-orang yang bukan pecandu. Terutama bila orang tersebut pada dasarnya memang orang yang emosional dan bertemperamen panas. mengamuk. Salah satu efek yang diciptakan oleh narkoba adalah perubahan mood.seringkali begitu kencang sehingga ia tidak lagi menggunakan akal sehat karena pikirannya sudah terobsesi dengan narkoba dan nikmatnya efek dari menggunakan narkoba. perasaan. Sugesti inilah yang seringkali menyebabkan pecandu relapse. dan sangat berbahaya. tetapi saat sugestinya muncul. dan seringkali mengakibatkannya melakukan perilaku atau tindakan kekerasan. serta tindakan impulsive. seorang pecandu yang sudah keluar dari sebuah tempat pemulihan sudah mengetahui bahwa ia tidak bisa mengendalikan penggunaan narkobanya. mood atau emosi penggunanya. melempar barang-barang. Narkoba adalah satu-satunya hal yang ada didalam pikirannya. Jenis-jenis narkoba tertentu. tetapi para pecandu akan tetap memiliki sugesti bahkan saat hidupnya sudah bisa dibilang normal kembali. terutama alkohol dan jenis-jenis narkoba yang termasuk dalam kelompok uppers seperti Shabu-shabu. Ia akan menggunakan semua daya pikirannya untuk memikirkan cara yang tercepat untuk mendapatkan uang untuk membeli narkoba. Hal . dalam artian ia selalu mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama. terutama yang sudah dalam tahap kecanduan. Ini semua membuktikan bahwa penyakit adiksi adalah penyakit yang licik. tetapi kita dapat merubah cara kita bereaksi atau merespon terhadap sugesti itu. mood. tetapi di bawah pengaruh narkoba semenit kemudian ia bisa berubah menjadi orang yang seperti kesetanan. Tetapi ia tidak pernah memikirkan dampak dari tindakan yang dilakukannya. tanpa ada sugesti. seperti mencuri. ia akan berpikir bahwa mungkin sekarang ia sudah bisa mengendalikan penggunaannya. Karena pikiran yang terobsesi oleh narkoba dan penggunaan narkoba. maka ia tidak akan takut untuk melakukan tindakan kekerasan terhadap orang-orang yang mencoba menghalaginya untuk menggunakan narkoba. Satu saat tampaknya ia baik-baik saja. Orang-orang yang bukan pecandu dapat menghentikan penggunaannya kapan saja. dapat memunculkan perilaku agresif yang berlebihan dari si pengguna. Ini mengakibatkan tingginya domestic violence dan perilaku abusive dalam keluarga seorang alkoholik atau pengguna Shabu-shabu. Dampak mental yang lain adalah pikiran dan perilaku obsesif kompulsif. berbohong. dan akhirnya kembali menggunakan narkoba hanya untuk menemukan bahwa ia memang tidak bisa mengendalikan penggunaannya! Bisa dikatakan bahwa dampak mental dari narkoba adalah mematikan akal sehat para penggunanya. Narkoba dapat mengakibatkan ekstrimnya perasaan. tanpa pernah dipikirkan terlebih dahulu. Misalnya. Sugesti ini tidak bisa hilang dan tidak bisa disembuhkan. DAMPAK EMOSIONAL Narkoba adalah zat-zat yang mengubah mood seseorang (mood altering substance). serta emosi seseorang ikut terpengaruh. dan bahkan memukuli siapapun yang ada di dekatnya. atau sharing needle karena perilakunya selalu impulsive. Pikiran seorang pecandu menjadi terobsesi pada narkoba dan penggunaan narkoba. Emosi seorang pecandu narkoba sangat labil dan bisa berubah kapan saja. Saat menggunakan narkoba. Sugesti memang tidak bisa disembuhkan. Ia juga selalu berpikir dan berperilaku kompulsif.

karena salah satu efek narkoba adalah mematikan perasaan dan emosi kita. sopan. perasaan tidak berguna. riang. penyendiri. Ini juga sebabnya mengapa ia tidak memiliki pola pikir dan kestabilan emosi seperti layaknya orang-orang lain seusianya. tetapi sebenarnya usia mental dan emosionalnya adalah 16 tahun. Dan perubahan yang muncul ini bukan perubahan ringan. Karena melakukan semua tindakan kekerasan itu di bawah pengaruh narkoba. Saat seseorang menjadi pecandu. Adiksi terhadap narkoba membuat seseorang kehilangan kendali terhadap emosinya. Mereka tidak segan-segan memukul istri atau anak-anak bahkan orangtua mereka sendiri. Tetapi… perasaan-perasaan ini tidak hilang begitu saja. Seorang anak yang tadinya selalu bersikap manis. Ada 10 tahun yang ‘hilang’ saat ia menggunakan narkoba. satu-satunya hal yang penting baginya adalah bagaimana cara agar ia tetap bisa terus menggunakan narkoba. . maka terkadang ia tidak ingat apa yang telah dilakukannya. dan saat ia berusia 26 tahun ia berhenti menggunakan narkoba. Memang secara fisik ia berusia 26 tahun. Para pecandu seringkali diselimuti oleh perasaan bersalah. melainkan ‘terkubur hidup-hidup’ di dalam diri kita. ada suatu kepribadian baru yang muncul dalam dirinya. yaitu kepribadian pecandu atau kepribadian si junkie. Contoh seorang pecandu berusia 16 tahun saat ia pertama kali menggunakan narkoba. ia dapat merasa senang dan nyaman. Kepribadian yang baru ini tidak peduli terhadap orang lain.ini sangat umum terjadi di keluarga seorang alkoholik atau pengguna Shabu-shabu. mengikuti dorongan emosi apapun yang muncul dalam dirinya. perasaan-perasaan yang selama ini ‘mati’ atau ‘terkubur’ dalam dirinya kembali bangkit. dan jago berbohong dan mencuri. Perasaan-perasaan ini pulalah yang membuatnya ingin terus menggunakan. tanpa harus merasakan perasaan-perasaan yang tidak mengenakkan. dan di saat-saat seperti inilah pecandu membutuhkan suatu program pemulihan. dan depresi mendalam yang seringkali membuatnya berpikir untuk melakukan tindakan bunuh diri. untuk membantunya menghadapi dan mengatasi perasaan-perasaan sulit itu. Di bawah pengaruh narkoba. pemurung. Seorang pecandu acapkali bertindak secara impuls. Ini sebabnya mengapa ada perubahan emosional yang tampak jelas dalam diri seorang pecandu. Dan saat si pecandu berhenti menggunakan narkoba. dan jujur berubah total mejadi seorang pecandu yang brengsek. Satu hal juga yang perlu diketahui adalah bahwa salah satu dampak buruk narkoba adalah mengakibatkan pecandu memiliki suatu retardasi mental dan emosional. karena pecandu adalah orang-orang yang memiliki perasaan dan emosi yang sangat mendalam.

Narkoba dianggap sebagai sahabat yang selalu setia menemaninya. anak. Narkoba menjadi jauh lebih penting daripada istri. Ini menyebabkan pecandu seringkali hidup tersolir. teman-teman mungkin menjauhinya. pacar mungkin memutuskannya. bahkan Tuhan mungkin dianggap tidak ada. Ia menjauhi keluarga dan teman-teman lamanya. Ia tidak lagi melakukan hobi-hobinya. sekolah.DAMPAK SPIRITUAL Adiksi terhadap narkoba membuat seorang pecandu menjadikan narkoba sebagai prioritas utama didalam kehidupannya. Ia berhenti melakukan aktivitas-aktivitas yang biasa ia lakukan sebelum ia tenggelam dalam penggunaan narkobanya. ia hidup dalam dunianya sendiri dan mengisolasi dirinya dari dunia luar. Adiksi terhadap narkoba membuat penggunaan narkoba menjadi jauh lebih penting daripada keselamatan dirinya sendiri. atau bekerja seperti biasa. kuliah. dll. . Narkoba adalah pusat kehidupannya. tertangkap polisi. suami. bila sebelumnya ia termasuk rajin beribadah bisa dipastikan ia akan menjauhi kegiatan yang satu ini. dan semua hal/aspek lain dalam hidupnya berputar di sekitarnya. dan karenanya harus disadari bahwa pemulihan bagi seorang pecandu tidak hanya bersifat fisik saja. Ia tidak lagi memikirkan soal makan. menjalani aktivitas normal seperti sekolah. pekerjaan. dll. Tidak ada hal lain yang lebih penting daripada narkoba. dan bisa dikatakan menggantikan posisi Tuhan. Orangtua bisa memarahinya. Adiksi adalah penyakit yang mempengaruhi semua aspek hidup seorang manusia. pacar. tetapi juga harus mencakup ketiga aspek lainnya sebelum pemulihan itu dapat dianggap sebagai suatu pemulihan yang sebenarnya. dan mencari temanteman baru yang dianggap sama dengannya. tetapi narkoba selalu setia dan selalu dapat memberikan efek yang diinginkannya… Secara spiritual. orangtua. Narkoba adalah pusat hidupnya. dan ia menaruh kepentingannya untuk menggunakan narkoba di atas segala-galanya. apalagi dengan khotbah agama yang selalu didengar bahwa orang-orang yang menggunakan narkoba adalah orang-orang yang berdosa. yaitu dunia yang tidak ada hubungannya dengan narkoba. tertular penyakit bila sharing needle. yang dianggap dapat memahaminya dan tidak akan mengkuliahinya tentang penggunaan narkobanya.

dll maka dari itu narkotika sangat berbahaya bagi kita.berikut ini adalah beberapa dari dampak dari penggunaan narkotika : 1.dan yang mencegah dari bahaya narkotika adalah kita sendiri dan dari diri sendiri NAPZA NAPZA merupakan kependekan dari NARKOTIKA.Dampak negatif narkotika Dalam menggunakan narkotika mempunyai dampak yang sangat negatif.wajah tampak lesu 2. PSIKOTROPIKA DAN ZAT .bisa lepas emosi 7.badan lemas 3.mulai dari anak-anak sampai dewasa.dijauhi oleh lingkungan 6.terkena HIV/aids 5.namun walaupun begitu banyak kalangan yang ingin mencoba.mata menjadi merah 4.

dan opioid/opiate (morfin dan heroin). Menunjukkan perkembangan toleransi dan ketergantungan dengan pemberian dosis yang berkepanjangan Efek Samping Efek ini umumnya terjadi beberapa saat setelah digunakan. Di kalangan pemakai biasa dinamakan “sakau”. pupil dilatasi. 1. tapi pada akhirnya menghambat muntah (efek antiemetik).satu dan coma (tiga gejala klasik). Menghilangkan konflik dan kecemasan. Bila sangat hebat. santai. Penyempitan pupil mata (efek miotik). Sindroma putus obat adalah sekumpulan gejala klinis yang terjadi sebagai akibat menghentikan zat atau mengurangi dosis obat yang persisten digunakan sebelumnya. berkeringat banyak. kadang-kadang muncul gangguan mental. Menghambat pusat respirasi dan batuk (efek depresi napas dan antitusif). 5. Pada awalnya menimbulkan mual-muntah (efek emetik). efek obat-obat narkotik/opioid antara lain . Narkotika biasa digunakan untuk terapi menghilangkan rasa nyeri yang sulit diobati dengan obat nyeri biasa. sulit tidur (insomnia). kokain. morfin dapat menyebabkan kesulitan kencing. Penyalahgunaan Penyalahgunaan narkotika merupakan suatu pola penggunaan zat yang bersifat patologik paling sedikit satu bulan lamanya. dan gangguan mental serta perilaku lainnya. Kadang-kadang timbul edema paru (paru-paru basah). seperti intoksikasi akut. Bubuk atau serbuk putih dan mudah larut dalam air. 8. . pernafasan satu. sindroma ketergantungan. Meningkatkan suasana hati: gembira. keluar airmata terus menerus (lakrimasi). Gejala–gejala Putus obat : Nyeri otot dan tulang. yang sering fatal dan menyebabkan kematian. nyeri kepala. Menurunkan rasa nyeri. Secara umum. gemetar. dapat terjadi pelebaran pupil. Sedangkan pada sistema urinarius. 4.ADIKTIF. nadi bertambah cepat. Ngantuk. pada sistema pernafasan berupa depresi pernafasan. oleh karena itu akan memperparah penderita asma. sindroma putus obat. tekanan darah meninggi. dan untuk mengatasinya pecandu berusaha mendapatkan obat walaupun dengan cara merugikan orang lain seperti melakukan tindakan kriminal. berbagai gangguan mental dan perilaku akibat penggunaan zat dikelompokkan dalam berbagai keadaan klinis. Sering disertai juga nausea (mual). menyenangkan (efek euforia). Bentuk sediaan NAPZA: 1. suhu tubuh naik tinggi. 2. Yang tergolong narkotika adalah ganja. 3. Menurut ICD 10 (International Classification of Diseases). 6. Mengenali Gejala kelebihan dosis : Pupil mata sangat kecil (pinpoint). Penyempitan saluran pernafasan. penyakit jantung atau kanker. Bila pemakaian dosis sangat banyak (Overdosis) dapat terjadi kejang dan koma. 7. gelisah dan cemas. keluar air dari hidung (rhinorhea). seperti misalnya pada penderita luka bakar.

dokter-dokter Nazi kala itu sangat terkesan dengan hasil percobaan D-IX dan malah antusias merencanakan program untuk menyuplai seluruh tentara Jerman dengan pil ini. pemakaiannya dengan jalan menyuntik. yang hingga kini sudah merambah dalam “genggaman tangan’ (Handphone). Kandungannya diperkirakan terdiri atas sekitar 25 – 35 mg methamphetamine. memiliki variasi rasa. Kalau dihitung.Kurangnya pendidikan Seks pada anak-anak . perilaku seks menyimpang. 4. Diciptakan November 1944 langsung diuji coba pada manusia.Penyebaran film-film porno yang makin merajalela. Penderita HIV. Alhasil. HIV terdapat didalam cairan tubuh seseorang yang telah terinfeksi seperti didalam darah. Komposisi tepatnya tidak diketahui pasti. seperti kesetanan. Dampak negatif lainnya seperti pelecehan seksual. PERMEN YABA Orang yang pertama kali membuat yaba adalah ahli kimia berkebangsaan Jerman. penyebaran HIV/AIDS. Gonorrhea. D-IX bangkit lagi. sulingan obat batuk. Gilanya. Namanya berubah menjadi yaba. AIDS dan sebagainya. orang yang meminumnya akan mengalami sensasi. air mani atau cairan vagina. Ada rasa anggur. 3. atas pesanan Adolf Hitler untuk membekali tentara Nazi di PD II. Walaupun tampak sehat. jeruk. Dia bisa menjadi terlalu gembira. agresif. para tahanan ini ambruk berjatuhan dan meninggal. Bukan tidak mungkin hasil oplosan garam. perang keburu usai sebelum obat D-IX ini dibikin secara massal. setelah 24 jam pertama.Penyakit Menular Seksual misalnya Siphilis. Cairan putih disimpan dalam ampul atau botol. HIV dan AIDS HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus penyebab AIDS. Selama berjam-jam mereka berbaris sambil bernyanyi dan bersiul mengelilingi lapangan tanpa istirahat. Tablet kecil putih. terutama para tahanan di kamp konsentrasi Saehsenhausen. tapi kode D-IX. oranye. Untungnya. Ada 18 tahanan yang diberi D-IX. dan tidak merasa capek. Pundak mereka diberi beban seberat 20 kg. Akibat perilaku Seks Bebas . dicampur dengan kafein (45 – 65 mg). dan hijau! SEKS BEBAS Timbulnya Seks Bebas merupakan salah satu dampak negatif dari: . para prajurit yang mengonsumsi obat ini sanggup bertempur sepanjang hari tanpa istirahat atau capek. transfusi darah atau . dan vanila.2. Nama asli obat ini bukan yaba. Batangan. mereka dapat menularkan HIV pada orang lain melalui hubungan seks yang tidak aman. bentuk balok-balok kecil dengan ukuran dan warna yang berbeda-beda.Hamil diluar nikah dan tingginya angka pengguguran kandungan. wujud dan rasanya seperti permen. Kini. jarak tempuhnya mencapai lebih dari 90 km! Namun. cairan pembersih rumah. kemudian dipaksa berbaris dan mengelilingi lapangan. . dan lithium baterai kamera! Yang menarik. Warnanya pun beragam dan menarik: kemerahan. Seperti laiknya pil-pil narkoba lain.

3.Kehilangan berat badan secara drastis. ensiklopedia bebas . karena sistem kekebalan didalam tubuhnya telah menurun.Pembengkakan pada leher dan/atau ketiak. . gigitan nyamuk. . HIV dapat ditularkan melalui: 1. menggunakan peralatan makan/minum. Orang yang terinfeksi oleh HIV dalam waktu 5 sampai 10 tahun tidak menimbulkan gejala-gejala khusus. HPV (Human papillomavirus). sentuhan. Jarum suntik yang dipakai secara bergantian. 2.Virus Citomegalo virus (CMV). Komplikasi AIDS Mudah terkena infeksi/ sakit.TBC . misalnya: . .pemakaian jarum suntik secara bergantian. . HIV tidak ditularkan melalui jabatan tangan. Orang yang mengidap AIDS amat mudah tertular oleh berbagai macam penyakit. . AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kumpulan berbagai gejala menurunnya kekebalan tubuh yang disebabkan oleh HIV. Hepatitis. vaginal) yang tidak terlindung dengan orang yang telah terinfeksi HIV. Setelah itu. ciuman.Batuk terus menerus.Jamur: Candidosis.Parasit: Toxoplasma . memakai jamban yang sama atau tinggal serumah.Kanker Narkoba Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Ibu hamil mengidap HIV kepada bayi yang dikandungnya. Tranfusi Darah yang mengandung HIV 4. Sampai sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan AIDS. AIDS mulai berkembang dan menunjukkan tandatanda atau gejala-gejala seperti berikut : . oral. pelukan. Herpes. Seks (anal.Diare yang berkelanjutan.

Ekstasi. Metakualon. Amfetamine. morfina. 22 tahun 1997). jicing. jicingko). dan damar ganja. Bahan Adiktif berbahaya lainnya adalah bahan-bahan alamiah. opium obat. Selain "narkoba". Rohypnol. Mandarax. Metifenidat. Jenis Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman. kokaina. seperti: • Alkohol yang mengandung ethyl etanol. aceton. hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (UndangUndang No. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku (Undang-Undang No. baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika. ether. ekgonina. Psikotropika dan Zat Adiktif. Psikotropika adalah zat atau obat.Sebotol heroin yang merupakan salah satu narkoba yang paling dikenal. Contoh: lem/perekat. opium mentah. Penyebaran . LSD (Lycergic Syntetic Diethylamide). 5/1997). Fenobarbital. Zat yang termasuk psikotropika antara lain: • Sedatin (Pil BK). dsb. baik "narkoba" ataupun "napza". baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran. narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Valium. Semua istilah ini. istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika. Shabu-shabu. semi sintetis maupun sintetis yang dapat dipakai sebagai pengganti morfina atau kokaina yang dapat mengganggu sistim syaraf pusat. Fensiklidin. Magadon. tanaman ganja. mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Yang termasuk jenis narkotika adalah: • • Tanaman papaver. Garam-garam dan turunan-turunan dari morfina dan kokaina. Flunitrazepam. dsb. serta campurancampuran dan sediaan-sediaan yang mengandung bahan tersebut di atas.[rujukan?] Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya. opium masak (candu. inhalen/sniffing (bahan pelarut) berupa zat organik (karbon) yang menghasilkan efek yang sama dengan yang dihasilkan oleh minuman yang beralkohol atau obat anaestetik jika aromanya dihisap. Menurut pakar kesehatan.

dan cenderung membuat seorang pengguna lebih senang dan gembira untuk sementara waktu Depresan.contohnya ganja. organisasi masyarakat. [rujukan?] Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Syaratnya adalah varietas yang ditanam harus mengandung bahan narkotika yang sangat rendah atau tidak ada sama sekali. penanaman ganja diperbolehkan untuk kepentingan pemanfaatan seratnya. bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba. dan pemerintah khawatir. Upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan[rujukan?]. namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa. dan bisa juga dihisap dengan alat khusus bertabung yang disebut bong. efek dari narkoba yang bisa menekan sistem syaraf pusat dan mengurangi aktivitas fungsional tubuh. Seseorang yang sudah mengonsumsi narkoba biasanya akan ingin dan ingin lagi karena zat tertentu dalam narkoba mengakibatkan seseorang cenderung bersifat pasif. heroin. daun ganja kering dibakar dan dihisap seperti rokok. di Aceh daun ganja menjadi komponen sayur dan umum disajikan. efek dari narkoba bisa mengakibatkan bila dikonsumsi dalam sekian dosis tertentu dapat mengakibatkan seseorang menjadi ber-halusinasi dengan melihat suatu hal/benda yang sebenarnya tidak ada / tidak nyata contohnya kokain & LSD Stimulan. sehingga pemakai merasa tenang bahkan bisa membuat pemakai tidur dan tidak sadarkan diri. Kelompok Berdasarkan Efek Berdasarkan efek yang ditimbulkan terhadap pemakainya.Hingga kini penyebaran penyalahgunaan narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Bagi penggunanya. Orang tua diharapkan untuk mengawasi dan mendidik anaknya agar selalu menjauhi penyalahgunaan Narkoba. Di beberapa negara lain.[rujukan?] Tentu saja hal ini bisa membuat orang tua. narkoba dikelompokkan sebagai berikut: • • • • • Halusinogen.[rujukan?] Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anak-anak adalah pendidikan keluarga. putaw Jika terlalu lama dan sudah ketergantungan narkoba maka lambat laun organ dalam tubuh akan rusak dan jika sudah melebihi takaran maka pengguna itu akan overdosis dan akhirnya kematian Di sejumlah negara penanaman ganja sepenuhnya dilarang. . efek dari narkoba yang bisa mengakibatkan kerja organ tubuh seperti jantung dan otak bekerja lebih cepat dari kerja biasanya sehingga mengakibatkan seseorang lebih bertenaga untuk sementara waktu. Contohnya putaw Adiktif. karena secara tidak langsung narkoba memutuskan syaraf-syaraf dalam otak. Sebelum ada larangan ketat terhadap penanaman ganja.

Saat ini Kokain masih digunakan sebagai anestetik lokal. Anti oksidan. Morfin bekerja langsung pada sistem saraf pusat untuk menghilangkan sakit. khususnya untuk pembedahan mata. bersama dengan morfin dan heroin karena efek adiktif. Morfin juga mengurangi rasa lapar. dan meyebabkan konstipasi. karena efek vasokonstriksif-nya juga membantu. euforia. Kokain merupakan alkaloid yang didapatkan dari tanaman Erythroxylon coca. pisikotropika dan bahan kimia dalam makanan . rasa kantuk. Morfin menimbulkan ketergantungan tinggi dibandingkan zat-zat lainnya.• Budidaya Tanaman ini ditemukan hampir disetiap negara tropis. lesu. dimana daun dari tanaman ini biasanya dikunyah oleh penduduk setempat untuk mendapatkan “efek stimulan”. Pasien morfin juga dilaporkan menderita insomnia dan mimpi buruk. Pengertian Zat Aditif. Pengawet. merangsang batuk. hidung dan tenggorokan. • Morfin adalah alkaloid analgesik yang sangat kuat dan merupakan agen aktif utama yang ditemukan pada opium. Bahkan beberapa negara beriklim dingin pun sudah mulai membudidayakannya dalam rumah kaca. Efek samping morfin antara lain adalah penurunan kesadaran. Kokain diklasifikasikan sebagai suatu narkotika. yang berasal dari Amerika Selatan. dan penglihatan kabur.

mempertegas rasa dan aroma makanan. Macam-macam Zat Aditif Zat Pewarna Adalah bahan yang dapat memberi warna pada makanan. butil butirat (rasa nanas). Zat aditif sintesis yang berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping misalnya: gatal-gatal. Contoh: Isoamil asetat (rasa pisang). Bahan baku pembuatannya adalah dari zat-zat kimia yang kemudian direaksikan. Zat pemanis buatan Bahan ini tidak atau hampir tidak mempunyai nilai gizi. pengemasan atau penyimpanan untuk maksud tertentu. Penambahan zat aditif dalam makanan berdasarkan pertimbangan agar mutu dan kestabilan makanan tetap terjaga dan untuk mempertahankan nilai gizi yang mungkin rusak atau hilang selama proses pengolahan. industri makanan memproduksi makanan yang memakai zat aditif buatan (sintesis). Penyedap rasa dan aroma (flavour) Penyedap rasa dan aroma yang banyak digunakan berasal dari golongan ester. menambah. Pada awalnya zat-zat aditif tersebut berasal dari bahan tumbuh-tumbuhan yang selanjutnya disebut zat aditif alami. dan kanker. Contoh pewarna alami: Contoh pewarna sintetik: Anato (orange) a. Umumnya zat aditif alami tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan manusia. isobutil propionat (rasa rum) Penguat rasa (flavour echancer) Bahan penguat rasa atau penyedap makanan yang paling banyak digunakan adalah MSG (Monosodium Glutamate) yang sehari-hari dikenak dengan nama vetsin. contohnya sakarin (kemanisannya 500x gula). Biru berlian (biru) Karamel (cokelat hitam) b. Akan tetapi. Eritrosit (merah) Klorofil (hijau) d. Oleh karena itu. jumlah penduduk bumi yang makin bertambah menuntut jumlah makanan yang lebih besar sehingga zat aditif alami tidak mencukupi lagi. isoamil valerat (rasa apel).Pengertian Zat Aditif Zat aditif adalah zat-zat yang ditambahkan pada makanan selama proses produksi. sehingga makanan tersebut lebih menarik. dulsin (kemanisannya 250x gula). dan natrium siklamat . Hijau FCF (hijau) Penyedap rasa dan aroma serta penguat rasa Zat aditif ini dapat memberikan. Coklat HT (coklat) Beta karoten (kuning) c.

aseton peroksida. asam sitrat. Contoh: asam asetat. minyak makan. untuk daging olahan. Contoh: asam fosfat (pada lemak dan minyak makan). margarin dan mentega. Contoh: Asam askorbat. Asam propionate. Butil hidroksianisol (BHA). aluminium amonium sulfat. kecap. kalsium dinatrium EDTA dan dinatrium EDTA .(kemanisannya 50x gula) dan serbitol. untuk minuman ringan. untuk daging olahan dan keju. amonium bikarbonat. pemantap. digunakan pada daging olahan. gelatin. menetralkan. dan kalsium aluminium silikat (garam meja) Pengeras Zat aditif ini dapat memperkeras atau mencegah melunaknya makanan. kaldu. Pengemulsi. dan kalium). asam laktat. dan pengental Zat aditif ini dapat membantu pembentukan atau pemantapan sistem dispersi yang homogen pada makanan. Anti oksidan Zat aditif ini dapat mencegah atau menghambat oksidasi. untuk roti dan sediaan keju olahan. digunakan untuk lemak dan minyak makanan Butil hidroksitoluen (BHT). digunakan untuk lemak. Contoh: aluminium silikat (susu bubuk). Natrium nitrit (Na No2). dan gom arab Pemutih dan pematang tepung Zat aditif ini dapat mempercepat proses pemutihan atau pematangan tepung sehingga dapat memperbaiki mutu pemanggangan. Natrium nitrat (NaNo3). natrium benzoat dan kalium benzoat. Contoh: Asam askorbat (bentukan garam kalium. Contoh: aluminium amonium sulfat (pada acar ketimun botol). Pengawet Zat aditif ini dapat mencegah atau menghambat fermentasi. kalium sitrat (dalam es krim). dan mempertahankan derajat keasaman makanan. daging awetan dan kornet kalangan. dan kalium bromat Pengatur keasaman Zat aditif ini dapat mengasamkan. natrium. dan natrium bikarbonat Anti kempal Zat aditif ini dapat mencegah pengempalan makanan yang berupa serbuk. asam klorida. Contoh bahan pengawet dan penggunaannya: Asam benzoat. acar ketimun dalam botol dan caos. Contoh: agar-agar. dan kalium glukonat (pada buah kalangan) Sekuestran Adalah bahan yang mengikat ion logam yang ada dalam makanan. dan buah kalangan. pengasaman atau penguraian lain terhadap makanan yang disebabkan oleh mikroorganisme. asam tentrat.

hiperaktif. perubahan alam perasaan dan dapat menyebabkan ketergantungan serta mempunyai efek stimulasi (merangsang) bagi para pemakainya.Tergolong jenis zat psikotropika. Dan hal ini menyebabkan denyut nadi menjadi cepat. Efek yang ditimbulkan oleh pengguna ecstasy adalah: Diare. syaraf otak terganggu. dan biasanya diproduksi secara illegal di laboratorium dan dibuat dalam bentuk tablet dan kapsul. pucat & keringat. rasa haus yang berlebihan. reaksi dari zat-zat ini akan menimbulkan kematian. Dan dalam beberapa kasus. Berbentuk kristal seperti gula atau bumbu penyedap masakan. Contohnya: Asam askorbat. tulang dan gigi kropos. gelisah/tidak bisa diam. dll. Akibat jangka panjangnya adalah kecanduan. menggigil yang tidak terkontrol. Beberapa orang yang mengkonsumsi ekstasi di temukan meninggal karena terlalu banyak minum air dikarenakan rasa haus yang amat sangat. Obat ini juga mempunyai pengaruh yang kuat terhadap syaraf. detak jantung yang cepat dan sering. maka ia di sebut dengan kata lain yaitu Ice. Jenisnya antara lain yaitu gold river. Zat-zat ini menyebabkan munculnya suatu reaksi yang pada tubuh. Jenis jenis psikotropika yang sering disalahgunakan adalah : Ecstasy Ekstasi adalah salah satu obat bius yang di buat secara ilegal di sebuah laboratorium dalam bentuk tablet atau kapsul. . dan vitamin D. Zatzat kimia yang berbahaya sering dicampur dalam tablet atau kapsul ekstasi. Sehingga akibatnya dapat membuat tubuh kita untuk terus bergerak. Kekeringan cairan tubuh dapat terjadi sebagai akibat dari pengerahan tenaga yang tinggi dan lama.Obat ini dapat di temukan dalam bentuk kristal dan obat ini tidak mempunyai warna maupaun bau.Beberapa pemakai ekstasi yang akhirnya meninggal dunia karena terlalu banyak minum akibat rasa haus yang amat sangat. I.Penambah gizi Zat aditif yang ditambahkan adalah asam amino. gangguan cara berpikir. gangguan liver. mual disertai muntah-muntah atau hilangnya nafsu makan. Psikotropika adalah zat/obat yang dapat menurunkan aktivitas otak atau merangsang susunan syaraf pusat dan menimbulkan kelainan perilaku. kancing.Ekstasi dapat membuat tubuh si pemakai memiliki energi yang lebih dan juga bisa mengalami dehidrasi yang tinggi. Sekarang ada yang berbentuk tablet. sakit kepala dan pusing. Ekstasi akan mendorong tubuh untuk melakukan aktivitas yang melampaui batas maksimum dari kekuatan tubuh itu sendiri. disertai dengan timbulnya halusinasi (mengkhayal). ilusi. serta akan menimbulkan paranoia dan halusinasi. feri fosfat. vitamin A. Pengguna ekstasi sering harus minum obat-obatan lainnya untuk menghilangkan reaksi buruk yang timbul pada dirinya. coconut dan kristal. PSIKOTROPIKA Psikotropika adalah suatu obat yang termasuk dalam golongan Narkoba (Narkotika dan Obat-obat berbahaya). dehidrasi.Ekstasi dikenal dengan sebutan inex. mineral. mood berubah. atau vitamin untuk memperbaiki gizi makanan. Sabu-sabu Nama aslinya methamphetamine.

Hirropon.Si pemakai shabu-shabu akan selalu bergantung pada obat bius itu dan akan terus berlangsung lama.Shabushabu juga di kenal dengan julukan lain seperti : Glass. Quartz. Air Bong tersebut berfungsi sebagai filter karena asap tersaring pada waktu melewati air tersebut.Dikonsumsi dengan cara membakarnya di atas aluminium foil sehingga mengalir dari ujung satu ke arah ujung yang lain. bahkan bisa mengalami sakit jantung atau bahkan kematian. Ice Cream. Ada sebagian pemakai yang memilih membakar Sabu dengan pipa kaca karena takut efek jangka panjang yang mungkin ditimbulkan aluminium foil yang terhirup. BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN BAHAN TAMBAHAN PANGAN . Kemudian asap yang ditimbulkannya dihirup dengan sebuah Bong (sejenis pipa yang didalamnya berisi air).

tekstur. Meningkatkan kualitas pangan. BTP adalah bahan yang tidak dikonsumsi langsung sebagai makanan dan tidak merupakan bahan baku pangan. dan penambahannya ke dalam pangan ditujukan untuk mengubah sifat-sifat makanan seperti bentuk. pengepakan. . pengolahan. pengemasan. Klasifikasi BTP . Di dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 3. pengawet. anti gumpal. 2. dan lebih enak di mulut. kekentalan. Mengawetkan pangan dengan mencegah pertumbuhan mikroba perusak pangan atau mencegah terjadinya reaksi kimia yang dapat menurunkan mutu pangan. renyah. Secara khusus kegunaan BTP di dalam pangan adalah untuk: 1. Menggunakan BTP melebihi dosis yang diizinkan. Karena pengaruh terhadap kesehatan umumnya tidak langsung dapat dirasakan atau dilihat.722/Menkes/Per/IX/88 dijelaskan bahwa BTP adalah bahan yang biasanya tidak digunakan sebagai makanan dan biasanya bukan merupakan ingredien khas makanan. Penyimpangan atau pelanggaran mengenai penggunaan sering dilakukan oleh produsen pangan. 2. penyedap rasa. dan pengental. 4. . penyiapan. rasa. ditambahkan ke dalam pangan untuk mempengaruhi sifat atau bentuk pangan. yaitu: l. yang dengan sengaja ditambahkan ke dalam makanan untuk maksud teknologi pada pembuatan. maka produsen seringkali tidak menyadari penggunaan BTP yang tidak sesuai dengan peraturan. Dalam prakteknya masih banyak produsen pangan yang menggunakan bahan tambahan yang beracun atau berbahaya bagi kesehatan yang sebenarnya tidak boleh digunakan dalam makanan. 5. Memberikan warna dan aroma yang lebih menarik sehingga menambah selera. penyimpanan atau pengangkutan makanan untuk menghasilkan atau diharapkan menghasilkan suatu komponen atau mempengaruhi sifat khas makanan tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari BTP sudah digunakan secara oleh masyarakat. pemucat. dan aroma. Menggunakan bahan tambahan yang dilarang untuk makanan. Membentuk makanan menjadi lebih balk. mempunyai atau tidak mempunyai nilai gizi. atau untuk mempermudah proses pengolahan. . warna. Halini disebabkan karena ketidaktahuan produsen pangan.Food Additive atau Bahan Tambahan Pangan (BTP) adalah bahan atau campuran bahan yang secara alami BUKAN merupakan bagian dari bahan baku pangan. untuk mengawetkan. antara lain bahan pewarna. termasuk dalam pembuatan makanan jajanan. baik mengenai sifat-sifat dan keamanan maupun mengenai peraturan tentang BTP. perlakuan. tetapi. Menghemat biaya.

Pengelompokan BTP yang diizinkan digunakan pada makanan menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No.BTP dikelompokkan berdasarkan tujuan penggunaannya di dalam pangan. Pemanis buatan. yaitu BTP yang dapat menyebabkan rasa manis pada makanan.P ew a r n a. 2. yaitu BTP yang dapat memperbaiki atau memberi warna pada makanan. 722/Menkes/Per/IX/88 adalah sebagai berikut: 1. yang tidak atau hampir tidak mempunyai nilai gizi .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful